Tips Motivasi setelah Dipecat kerja atau Kena PHK Perusahaan

Tips Motivasi setelah Dipecat kerja atau Kena PHK Perusahaan

Bagaimana rasanya dipecat oleh perusahaan? tentu selalu ada hikmah dibalik kejadian yang terjadi. Kamu harus bangkit setelah dipecat atau di PHK oleh perusahaan yang selama ini menaungi mu. kali ini kosngosan akan membahas beberapa tips dan sedikit kata mutiara bagi kalian yang saat ini sedang mengalami pemecatan.

Pengalaman dipecat Tentu saja sangat menyedihkan dan membuat kita frustasi. Oleh karena itu kamu perlu membaca postingan ini untuk memotivasi kembali dirimu agar bangkit dan mencari penghasilan yang lain dan tidak serta merta mengalami masa menganggur yang cukup lama.

Dipecat, PHK dan Pemutusan Hubungan Kerja merupakan keputusan yang dibuat oleh perusahaan bagi tenaga kerjanya dengan berbagai alasan, seperti misalnya adanya efisiensi anggaran atau perusahaan mengalami kebangkrutan secara finansial.

Beberapa orang mengalami pemecatan selalu merasa bahwa dirinya mengalami kesialan yang teramat dalam. bahkan juga jarang mereka berputus asa dan tidak mau mencari pekerjaan lain sebagai pengganti.

Baca juga : Peluang bisnis startup dan virtual office untuk anak kuliahan

Hal ini Tentu saja sangat disayangkan. mengingat ada banyak peluang bisnis di luar yang menunggumu. dan salah satu Hikmah apabila kamu mengalami pemecatan dalam pekerjaan adalah bahwa pekerjaan yang dulu tidak baik untuk karir ke depan mu. Oleh karena itu kamu harus fokus mencari pekerjaan lain yang dapat menjemput kesuksesan mu di masa depan.

Apa saja yang bisa kamu lakukan setelah dipecat?


Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah dipecat adalah menerima kondisimu saat ini dengan lapang dada. apabila kamu memiliki keluarga maka konsultasikan terlebih dahulu mengenai keadaanmu saat ini. berterus terang lah kepada mereka dan Mintalah pendapat mereka mengenai karier mu kedepan seperti apa.

motivasi setelah dipecat

Ada banyak kisah orang sukses setelah dipecat. Dan kamu akan menjadi salah satunya dengan menerapkan beberapa langkah sederhana. Ini adalah beberapa tips untuk kamu yang mengalami pemecatan atau phk oleh perusahaan :

1. Menenangkan diri, intropeksi mengenai kelebihan dan kelemahanmu


Pada tahap awal penting untuk tidak panik. Bila kamu keburu emosional, bisa-bisa kamu akan melakukan hal yang tidak diinginkan dan tidak bisa menyusun rencana dengan tenang. Jika pemecatan mu memang legal dan bukan karena diskriminasi, maka keluarlah dengan baik dengan cara seprofesional mungkin.

Penting untuk intropeksi diri. Tentang kelebihan dan kekurangan mu apa saja. Apakah pemecatan ini murni karena perusahaan ingin mengurangi jumlah karyawan atau memang karena kesalahanmu karena kurangnya kompetensi. Oleh karna itu instropeksi dan memperbaiki diri sangat diperlukan bagi kamu.

2. Mintalah kompensasi dan surat keterangan pengalaman bila perlu


Sebelum keluar dari perusahaan, cari tahu apakah perusahan memberikan pesangon yang bisa kamu klaim atau segala hal kemungkinan negosiasi lainnya. Hal ini jelas diatur dalam regulasi ketenagakerjaan, jadi jangan ragu untuk menanyakan nya ke pihak perusahaan.

Selain itu kamu perlu meminta surat pengalaman apabila kamu sudah lama bekerja di perusahaan tersebut. Konsultasikan kepada pihak HRD apakah ada pemberian surat pengalaman kerja. Ini akan sangat berguna apabila kamu ingin mencari kerja kembali.

3. Jangan menyerah, kembali atur strategi dan rencana hidupmu dari awal


Ini adalah yang terpenting untuk tidak menyerah dan merasa bersalah atas semua yang terjadi. Kamu harus menerima keadaaan mu yang sekarang. Untuk itu perlu berkonsultasi dengan keluarga. Berikan kejelasan status mu sekarang.

Selain itu mengatur ulang kembali rencana hidupmu seperti karier dan masa depan mu dalam bekerja tentunya penting dilakukan agar kamu tahu arah tujuan hidup mu. Bila kamu ingin tetap berkarier pada bidang yang sama, maka carilah pekerjaan yang berkorelasi atau bila kamu sudah bosan dibidang itu, kamu bisa beralih ke langkah berikutnya.

4. Mulailah berbisnis wirausaha sambil menunggu panggilan kerja yang lain


Berwirausaha menjadi pilihan bagi kamu yang saat ini mengalami pemecatan. Selain mudah dilakukan, bisnis kecil menengah bisa saja minim modal bahkan ada yang tanpa modal sekali pun. Jadi sembari menunggu panggilan kerja yang lain, kamu bisa berbisnis sampingan.

Namun apabila kamu sudah memutuskan untuk fokus ke dunia wirausaha, tidak ada salahnya mengembangkan bisnis ini secara total. Ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu ambil. Kamu bisa baca postingan peluang bisnis setelah keluar dari perusahaan berikut ini.

5. Rajin beribadah dan ingat untuk selalu memperluas koneksi pertemanan


Banyak yang menyepelekan ibadah. Mungkin ada baiknya kamu memiliki persepsi bahwa pemecatanmu itu adalah salah satu bentuk ujian agar kamu bisa kembali berhubungan dengan Tuhan. Yakinlah apa yang terjadi sekarang adalah ketentuan-Nya dan kamu harus memperbaiki kualitas ibadahmu juga.

Selain beribadah secara khusyuk, kamu juga harus memperbaiki  kembali hubungan mu dengan manusia. Carilah pertemanan seluas luasnya. Bangun kembali koneksi dengan teman kantor dulu. Persaudaraan ini bisa menjadi pembuka pintu rezeki mu. Kamu bisa memanfaatkan pertemanan ini untuk membangun karier mu dari awal lagi.

Lihat juga : Tips melamar kerja lewat job fair atau bursa kerja

Demikianlah pembahasan kita mengenai tips dan motivasi setelah dipecat dari pekerjaan. Semoga kamu yang baru saja mengalami PHK diberikan kesuksesan dengan pekerjaan baru MU kali ini. jangan lupa membagikan tulisan ini di media sosial milik kalian.

Buka Komentar