Membuat Website Wordpress dengan Hosting Gratis 000Webhost dan Domain Freenom

Membuat Website Wordpress dengan Hosting Gratis 000Webhost dan Domain Freenom

Baca juga :

Salah satu layanan hosting gratis terbaik menurut mimin saat ini adalah 000webhost. Mereka memberikan full akses terhadap cpanel untuk kepentingan penggunaan website secara online. Selain itu adanya fitur auto install wp juga sangat membantu, mengingat layanan ini gratisan. Keberadaannya sudah menjadi penyelemat bagi mimin disaat tahun 2016 hendak membuat tugas akhir dan membutuhkan penyimpanan online untuk website kelapasawitpedia yang mimin buat.
membuat wordpress gratis

Well kali ini kita akan khusus membahas bagaimana sih cara membangun website wordpress CMS self hosting menggunakan layanan 000webhost dan menghubungkannya dengan layanan domain gratisan dari freenom seperti .tk, .ga, .cf, .ml dan .gq. Kalau kamu ingin mengetahuinya, mari simak pembahasannya dibawah ini.

000webhost sendiri merupakan perusahaan jasa web hosting yang cukup terkenal dikalangan newbie seperti mimin. Mimin cukup akrab dengan webhosting satu ini, mengingat perkenalan mimin pertama kali dengan dia adalah saat membuat website kelapasawitpedia.tk atas kepentingan tugas akhir. 000webhost berani memberikan fasilitas cpanel dan kecepatan server yang cepat dan stabil dan tak kalah dengan hosting berbayar.

Baca juga : Cara Daftar Iklan Mgid dan AdNow, Alternatif Google AdSense

Kamu yang baru pertama kali mendengar perusahaan ini pastinya bertanya tanya, apasih fitur yang diberikan oleh 000webhost ini? Jawabannya adalah sebagai berikut :

  • 1500 MB of Disk Space, 100 GB Bandwidth
  • Full akses domain sendiri
  • CPanel Powered Hosting
  • Ada Lebih dari 500 website template yang siap untuk digunakan
  • Easy to use website builder (termasuk wordpress installer)
  • Free POP3 Email Box dengan akses Webmail
  • FTP dan Web based File Manager
  • PHP, MySQL, Perl, CGI, Ruby
  • Dan masih banyak lagi.

Sejarah 000webhost


000webhost merupakan anak perusahaan dari hostinger (salah satunya juga adalah niagahoster) yang menjadi basis pelayanan webhosting gratis diseluruh dunia. Mereka mengklaim bahwa 000webhost adalah web hosting gratis pertama yang memberikan akses ke Autoinstaller. 1-click installer adalah sistem yang didesain untuk memudahkan instalasi script populer. Dengan adanya 50 script populer seperti WordPress, Drupal, Joomla, Prestashop, Photo Gallery dan lain-lain.

Membahas sejarah 000webhost berarti membahas sejarah induk perusahaanya yaitu Hostinger International, Ltd.yang didirikan pada tahun 2004, di Kaunas, Lithuania. Hostinger pada awalnya bernama Hosting Media. Kemudian pada tahun 2011, diubah namanya menjadi Hostinger setelah mencapai 1 juta pengguna.

Pada tahun 2007 berdirilah anak perusahaannya yang bernama 000webhost kemudian setahun setelahnya tepatnya di tahun 2008, hosting web USA merek Hosting24 diluncurkan yang berpusat di Asheville, NC dan Inggris. Kemudian bagai gayun bersambut, didirikanlah Niagahoster.co.id yang berpusat di Yogyakarta. Tahun 2014, layanan Hostinger dibagi menjadi kedalam 39 negara. Kemudian pusat data baru dan perusahaan di Singapura diluncurkan pada bulan Oktober di tahun yang sama.

Cara membangun wordress menggunakan 000webhost


Kembali ke pembahasan awal, maka bila kamu tertarik untuk belajar, melangkah dari yang awalnya adalah seorang blogger yang hanya berkecimpung di blogspot saja, maka mimin anjurkan agar jangan langsung membeli layanan hosting dan domain. Coba saja 000webhost ini.

Lalu pertanyaannya adalah bagaiamana cara memulai membangun website menggunakan 000webhost? Berikut adalah langkah langkahnya :

Langkah 1 :

Buat akun 000webhost terlebih dahulu. Buka situsnya kemudian pilih sign up atau daftar dan isikan email, password dan nama website yang akan kamu buat. Kemudian klik tombol get free hosting dan lalui verifikasi capchta-nya. Atau kamu bisa lihat panduan yang mimin berikan dibawah ini :


Penting : Ubah bahasa 000webhost ke bahasa Indonesia. Pada beberapa kasus, bila masih menggunakan bahasa inggris, kamu tidak bisa log in kedalam dashboard-nya.

Langkah 2 :

dashboard 000webhost

Selanjutnya kamu sudah berada di dashboard utama akun 000webhost seperti pada gambar diatas ini. Setelah itu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan domain yang kamu punya dengan akun 000webhost. langkahnya seperti dibawah ini :

Cara menghubungkan domain freenom ke wordpress di 000webhost


Pergi ke dashboard freenom terlebih dahulu. Pada bagian nameserver di akun freenom, gunakan nameserver dari 000webhost yaitu "ns01.000webhost.com" dan "ns02.000webhost.com". Untuk cara register domain di freenom terbaru kamu bisa baca postingan kosngosan sebelumnya disini.

Kembali ke dashboard 000webhost, Klik manage website untuk memiliki web mana yang akan kamu bangun terlebih dahulu. Setelah itu pilih tab "set web address" dan akan muncul notifikasi floating, pilih paling bawah yang bertuliskan "it's ok, i don't mind 000webhost branding"

park domain

Pilih own domain, klik pada bagian use domain. Akan muncul kotak floating, kemudian isikan domain yang sudah kamu register di freenom sebelumnya. Klik park domain. Tunggu beberapa menit hingga kedua akun tersebut terhubung. Biasanya sambil kamu refresh saja, sehingga muncul seperti dibawah ini :

domain freenom

Langkah 3 :

Setelah domain terhubung, maka kamu bisa segera menginstall wordpress menggunakan fitur build website yang ada di 000webhost. Klik tab "build website"dan pilih pada bagian kotak "Build Wordpress Website" klik "install now" pada bagian bawah.

Langkah 4 :

Akan muncul kotak floating lagi, kemudian isikan data akun wordpress mu sebelum di-install. Isi admin, password, url domain dan bahasa yang digunakan untuk setiap login ke wordpress mu nanti. Penting untuk mengingat informasi ini.

install wordpress

Langkah 5 :

Klik install, tunggu hingga proses pemasangan selesai. Kemudian kamu akan dibawa pada halaman wp-admin dari wordrepss baru mu. Ketikkan informasi username dan password nya. Dan selamat, kamu sudah punya website wordpress dengan modal gratisan.

Kesimpulan


Lihat betapa mudahnya membuat website wordpress menggunakan 000webhost. Karena mereka menyediakan fitur build wordpress otomatis tanpa repot lagi mengintall cms wordrepss secara manual dan membuat database yang bisa membuat mu pusing.

Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa layanan hosting gratis yang diberikan tetap memiliki batasan. Ya iyalah, namanya saja gratisan jadi jangan berharap banyak dari layanan ini. Suatu waktu website mu akan dinonaktifkan untuk beberapa lama, secara bergantian, untuk meminimalisir penggunaan resources yang berlebih. Ini merupakan kebijakan baru dari 000webhost.

Tapi tidak masalah, selama kamu menggunakan layanan ini untuk pembelajaran, tanpa maksud komersialisasi, maka mimin kira masih bisa digunakan. Biasanya jadwal penonaktifan hosting lebih sering dimalam hari. Jadi bila kamu hendak buka website wordpress mu, bukalah di pagi hari atau siang.

Baca juga : Cara Menulis Rewrite yang Menghasilkan Artikel baru dan Original

Demikianlah postingan yang membahas mengenai Membuat Website Wordpress Menggunakan 000Webhost dan Domain Gratisan Freenom kali ini, semoga bisa memberikan panduan pada kalian yang ingin memulai membangun blog nya menggunakan media gratisan ya! Jangan lupa share tulisan ini sebagai bentuk rasa terimakasihmu.
Buka Komentar