Teknik ReWrite yang Menghasilkan Artikel Baru dan Original, Berikut Contohnya

Teknik ReWrite yang Menghasilkan Artikel Baru dan Original, Berikut Contohnya

Baca juga :

Postingan blog yang rutin dan konten yang selalu fresh memang menjadi salah satu kebutuhan blogger. Tidak jarang mereka rela menulis saban hari demi menciptakan artikel yang berkualitas dan unik. Konten asli buatan sendiri tanpa copy paste memang sangat disukai mesin pencari google. Namun dalam kenyataannya, ada banyak blogger pemula yang merasa frustasi karena tidak bisa menulis secara natural.
rewrite artikel

Pada postingan kosngosan kali ini kita akan membahas bagaimana cara rewrite artikel bahasa indonesia yang baik dan benar. Walaupun teknik ini bisa saja kamu terapkan pada artikel bahasa lain seperti english misalnya, namun kita fokuskan saja pada konten bahasa indonesia ya.

Pertanyaannya adalah, bagaimana teknik membuat artikel baru dari hasil rewrite? Apakah memang google sendiri menyukai artikel hasil rewrite? Adakah software yang direkomendasikan untuk melakukan rewrite tanpa susah susah menulis dari awal lagi? Well segudang pertanyaan klasik diatas akan mimin coba jawab sebisa mungkin buat kamu.

Pertama, buang pemikiran kamu tentang menghasilkan konten berkualitas tanpa usaha. Bila kamu masih berpikiran ada "jalan singkat" menuju kesuksesan, maka segeralah berhenti jadi blogger dan bekerjalah didunia nyata. Jadi prinsip pertama adalah perlu usaha dalam menciptakan konten berkualitas, sekali pun itu rewrite.

Kedua, jangan sekali kali tergiur dengan software rewrite, spinner atau apalah namanya. Walaupun premium dan work menghasilkan tulisan unik, tidak akan sebanding dengan artikel hasil tulisan tangan sendiri dengan bahasa dan pemilihan kata nya natural.

Setelah memegang kedua prinsip diatas, maka kita lanjut ke pengertian rewrite. Rewrite atau secara bahasa yang bermakna tulis ulang adalah suatu kegiatan menulis ulang, menggabungkan dan melengkapi berbagai sumber tulisan menjadi satu tulisan utuh yang sifatnya benar benar baru, fresh dan update.

Baca juga : Daftar iklan Mgid dan AdNow, sebagai alternatif Adsense

Google sendiri menyukai artikel yang unik, fresh, up to date dan disukai banyak orang. Jadi selama kamu melakukan rewrite artikel tanpa melanggar hak cipta dan benar benar menghasilakn konten yang berkualitas setelah itu, maka mimin rasa sudah cukup membuat mereka puas. Karena tidak ada larangan rewrite selama konten akhir mu unik.

Pada faktanya, ada banyak blogger yang melakukan aktifitas rewrite ini dengan cara yang salah. Seperti misalnya melakukan copy paste secara mentah, copy paste dengan hanya mengubah paragraf pertama saja, copy paste dan edit cuma kosa katanya saja, menggunakan tool spinner dan sebagainya. Dengan melakukan itu maka sangat mungkin postingan mu sulit mendapatkan pageone. Apalagi sekarang google sedang gencar gencarnya melakukan update algoritma baru.

Teknik menulis ulang menghasilkan artikel yang benar benar baru


Jadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara yang benar dalam rewrite? tentunya kamu mengklik postingan ini karena ingin mencari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut bukan? Baiklah kita langsung saja ke TKP.

Cari artikel dari berbagai sumber yang legal


Untuk mendapatkan ide menulis memang tidaklah gampang. Dibutuhkan effort yang nyata agar kemauan dan inspirasi menulis itu muncul. Kalian bisa mencari dulu di google, atau melakukan blog walking di beberapa website yang terkenal. Tidak jarang juga mimin mendapatkan ide menulis dari membaca berita di portal besar seperti detik atau tribunews. Kemudian baca dan pahami setiap kalimat supaya saat penulisan nanti kamu bisa mengembangkannya sendiri.

Kemudian pilih dua atau tiga sumber bacaan yang isinya kira kira sama.  Pelajari secara keseluruhan supaya kamu semakin bisa menentukan mana yang akan dikembangkan dan mana yang harus di skip. Kamu bisa membuka beberapa situs lagi supaya nantinya postingan mu lebih kaya akan konten.

Fokus pada 2 paragraf pembuka


Ini sangat penting untuk dilakukan. Jangan sekali kali melakukan copy paste pada paragraf pembuka disetiap postinganmu. Selain karena mesin pencari akan mengatahui bahwa artikel mu ternyata tidaklah unik dan bersiaplah untuk jelek di pencarian google. Pastikan untuk paragraf pertama dan kedua kamu menggunakan tulisan sendiri yang tetap berhubungan dengan judul.

Kamu harus membuat tulisan yang semenarik mungkin. Ibarat komik atau majalah, kalimat pembuka ini adalah cover yang menjadi bom waktu. Bisa jadi menarik bisa jadi tidak. Konsekuensinya apabila menarik, ya tentu saja pengunjung akan betah dan melanjutkan scrooling kebawah. Jika tidak? skip dan kembali  ke halaman pencarian, dan kamu akan memiliki bounce rate yang tinggi.

Tulis ulang di badan artikel dengan gaya penulisanmu sendiri


Kamu jangan sampai menulis sembarangan pada isi artikelnya. Kamu bisa menulis kembali dengan kalimat dan gaya kepenulisan yang berbeda. Khusus untuk artikel daftar, supaya tidak terlihat sama persis kamu bisa mengganti urutan daftarnya item per item. Dan untuk artikel tutorial, jangan sekali kali menggunakan gambar yang sama dengan gambar yang ada. Buat gambar sendiri dengan melakukan screen shoot pada perangkatmu.

Lihat juga : Cara mencegah copy paste di salah satu postingan blog

Itu artinya kamu harus terjun langsung dalam tutorialnya. Seperti misalnya kamu ingin menulis ulang artikel tentang panduan cara membuat channel youtube, jangan pernah mengambil gambar yang sudah diberikan di postingan orang tersebut. Kamu cukup ikut membuat channel youtube dari awal dan screen shoot tiap langkah pada layar.

Jangan lupa berikan paragraf akhir sebagai ciri khas


Untuk kalimat penutup biasanya mimin membuat satu paragraf khas yang menandakan bahwa postingan sudah berakhir. Pada paragraf ini juga jangan melakukan copy paste ya. Karena setiap blog punya gaya penulisan untuk penutup yang berbeda beda. Jadi buatlah gaya mu sendiri dengan menulis sendiri kalimat tersebut.

Contoh penulisan ulang yang benar itu kira kira seperti ini


Kalau kamu penasaran bagaimana proses editing nya, kamu bisa lihat contoh studi kasusnya seperti dibawah ini, perhatikan ya, ini adalah artikel yang mimin dapatkan dari salah satu portal berita terkenal di tanah air :

contoh artikel

Nah setelah mimin dapat, mimin buka tab baru untuk segera menulis pada dashboard blogger. Buka setengah tab untuk masing masing layar sehingga mudah untuk menulis nanti.

cara rewrite

Perhatikan pembuatan judul postingan, jangan samakan dengan judul post sebelumnya. Lakukan riset kw dan hasilkan judul yang benar benar unik dan banyak dicari orang. Setelah itu mulailah menulis artikel dari awal hingga akhir dengan memperhatikan artikel sumber dari portal berita diatas.

Mimin sudah selesai melakukan rewrite artikel secara singkat, dibawah ini adalah artikel hasil rewrite yang mimin tulis sendiri dari sumber bacaan diatas. Ini masih sepertiganya ya, ada baiknya kamu menambah sumber informasi lain agar postingan mu benar benar lengkap nantinya.


Anak muda atau kaum milenial idealnya tidak cukup dengan hanya bercita-cita sebagai pegawai saja. Sebagai calon penerus masa depan, kita harus mendorong diri sendiri agar lebih kreatif dan inovatif dalam berbisnis. Seperti yang kita lihat sendiri banyak anak muda yang ingin menjadi pegawa, terutama saat seleksi CPNS berlangsung beberapa waktu lalu. Bahkan mayoritas pelamar merupakan sarjana dari perguruan tinggi ternama.


Karena sebagian besar ingin jadi pegawai, maka persaingan sangat ketat. Banyak yang mengalami kegagalan untuk tes CPNS tahun ini. Untuk itu, hal ini harus diperbaiki. Admin menyarankan agar anak muda harus mencoba hal-hal baru seperti berbisnis dan memulainya dari awal. Buang gengsi dan gaya hidup hedon. Seperti misalnya membuka restoran, bila terkenal nantinya bisa antrenya bisa sampai 3 bulan baru bisa makan di restorannya. 

Ada banyak generasi muda yang takut jika ingin mencoba hal-hal baru. Tetapi bila mereka tidak memiliki keberanian untuk mencoba hal baru, mereka tak akan mengerti bagaimana jungkir balik dunia bisnis. Karena Tidak ada alasan untuk takut. Kamu harus buka wawasan, jika tidak, nanti akan terjebak pada dunia yang sempit. Siapapun bisa asal mau belajar dan membuka diri, tidak ada rasa tidak bisa


Baca juga : Membuat Website Wordpress dengan Hosting Gratis 000Webhost dan Domain Freenom

Jadi bagaimana, kamu sudah siap melakukan rewrite yang benar? Lakukan saja seperti yang mimin katakan diatas dan nikmati proses nya. Niscaya kamu akan mendapatkan rezeki dari traffic blog mu yang berlimpah tersebut. Amin, jangan lupa share tulisan ini ya.
Buka Komentar