Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Domain Freenom Gratis Terbaru Work 100%

Bagaimana cara daftar domain gratis freenom? Buat kamu yang ingin mendapatkan domain gratisan seperti .ga dari negara gabon, .tk dari negara tokelau, .cf dari negara central africa, .ml dari negara mali dan .gq dari negara guinea, kali ini kosngosan akan memberikan cara membuat domain gratis ini sekarang. Karena ternyata pertengahan tahun kemarin kalau tidak salah, freenom secara mendadak menutup layanan mereka untuk pendaftaran gratis di beberapa negara.

Hal ini mimin ketahui ketika hendak mendaftar beberapa domain untuk keperluan safelink. Namun ternyata gagal dan tidak bisa menggunakan akun lama yang sudah mimin buat di tahun 2016. Mirisnya lagi mimin juga mengalami kegagalan ketika menggunakan akun baru

Faktanya memang pihak freenom telah memblokir IP adress dari Indonesia untuk layanan domain gratis mereka. Mengapa hal ini terjadi? mungkin karena banyaknya oknum blogger dari indonesia yang memanfaatkan layanan mereka untuk keperluan penipuan seperti phising, judi dan situs ilegal lainnya

Penggunaan domain seperti .tk, .ml, .ga, .gq dan .cf memang banyak digunakan untuk keperluan berbagai pihak. Namun yang paling merugikan pihak freenom adalah banyaknya pelaku penipuan yang memanfaatkan domain tersebut secara massif dan tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu mereka memblokir pendaftaran domain baru untuk user yang memiliki ip adress Indonesia.

Kita balik lagi sekilas mengenai freenom yang punya andil besar terhadap promosi kelima ekstensi domain dari negara berkembang tersebut. Memang pihak freenom mengratiskan layanan domain regional dari kelima negara tersebut untuk mempromosikan nama mereka keseluruh dunia.

Freenom adalah penyedia domain pertama dan gratis di seluruh dunia. Misi mereka memang cukup mulia yaitu membantu negara berkembang dalam mengembangkan ekonomi digital. Domain gratis yang kamu dapatkan disitus ini sama hak aksesnya seperti domain berbayar lainnya. 

Kamu dapat menggunakan domain tersebut untuk kepentingan web, blog dan akun email. Menggunakannya melalui URL Forwarding, Layanan DNS (Domain Name Server/Sistem Penamaan Domain) atau menggunakan DNS sendiri

Selain memberikan domain gratis, freenom juga melayani penjualan domain berbayar seperti .com, .net, .org dan top level domain lainnya. Tentunya dengan harga yang terbilang kompetitif. 

Dan yang perlu kamu ketahui adalah menggunakan layanan freenom berarti tunduk pada TOS yang mereka buat. Kamu bisa baca syarat dan ketentuan freenom disini (https://www.freenom.com/id/termsandconditions.html)

Baca juga : Teknik Rahasia SEO Terampuh


Cara Mendapatkan Domain Gratis Freenom Terbaru


daftar domain gratis freenom

Pertanyaannya sekarang adalah, bisakah orang indonesia mendaftarkan domain freenom secara gratis lagi? Jawabannya adalah sangat bisa. Walaupun harus mengeluarkan trik yang cukup panjang lebar tentunya.

Walaupun di pertengahan tahun ini memang sudah tidak bisa mendapatkan domain freenom menggunakan IP Indonesia, di tahun ini, nanti juga mimin prediksi akan tetap sama. 

Adapun cara yang paling work adalah dengan mengganti IP adress milik kita. Berikut adalah tutorial paling lengkap dan sederhananya berdasarkan pengalaman mimin pribadi :


Langkah 1 :

Persiapkankan peralatan utamanya yaitu smartphone atau laptop. Kali ini mimin rekomendasikan menggunakan smartphone android saja. 

Jika pakai PC juga tidak apa apa. Selain itu aplikasi yang digunakan adalah pengubah IP adress.

Untuk smartphone android pakai aplikasi gratisan bernama Turbo VPN (Download disini). Untuk PC kamu bisa gunakan add on untuk browser chrome atau modzilla firefox bernama anonymoX. 

Googling saja pasti ketemu kok atau Klik disini untuk chrome dan disini untuk modzilla firefox.


Langkah 2 :

cara daftar domain gratis freenom

gambar 2 cara daftar domain gratis freenom

cara daftar domain gratis freenom

Setelah itu install aplikasi turbo vpn. Buka dan pilih negara mana yang akan kamu gunakan untuk pemakaian IP nantinya. Saran mimin pilih saja negara UK atau USA. Begitu juga untuk lewat browser PC


Langkah 3 :

Setelah VPN terhubung, maka silahkan akses situs freenom.com. Saran mimin gunakan saja mode incognito pada browser mu. Untuk meminimalisir tertinggalnya history atau cache nantinya.


Langkah 4 :

Isi dengan nama domain yang kamu cari pada kolom “Find a new FREE domain” Kemudian klik Check Availability.  

Jika tersedia dan belum diambil orang, maka akan ada beberapa pilihan ekstensi domain seperti .tk, .ml, .ga, .cf dan .gq

cara daftar domain gratis freenom

Langkah 5 :

Pilih salah satu domain. Klik Get it now (sampai tertandai ceklist selected). Scroll keatas dan pilih Checkout untuk mengakiri pemesanan.


Langkah 6 :

Pada pilihan period ganti menjadi 12 months @Free. Ini adalah pilihan maksimal untuk domain gratisan freenom. 

Untuk memperpanjang nantinya, kamu akan dikirimkan email notifikasi sebulan sebelum domain kadaluarsa. Jadi tidak perlu cemas selama kamu mematuhi tos mereka, domainmu akan tetap aktif.


Langkah 7 :

Continue untuk menuju halaman Review and heckout. Kamu akan diminta memasukkan email. Nah pada tahap ini kita menggunakan email temporary yang bisa kamu pakai secara gratisan. 

Kunjungi situs http://temp-mail.org/ untuk mendapatkan email sementara yang nantinya akan kita gunakan disetiap kali masuk ke akun freenom.

Masuk, pilih tab ubah atau change. Masukkan alamat email sementara mu, pilih akhiran ekstensi emailmu seperti @rupayamail.com, @patonce.com dan banyak lagi. 

Jangan tutup halaman tersebut, nantinya masih diperlukan untuk menerima email verifikasi dari freenom-nya.


Langkah 8 :

Setelah memasukkan alamat email dari temp-mail tadi, maka silahkan klik verify my email. Kembali lagi ke halaman temp-mail.org tadi. 

Klik tab refresh. Cek di inbox ada email notifikasi dari freenom. Klik link tautan tersebut.

cara daftar domain gratis freenom

Lihat juga : Cara mematikan copy paste dan control U di salah satu postingan blog saja

Kamu akan diarahkan ke halaman pengisian biodata untuk melengkapi pemesanan domain mu. Isikan dengan lengkap. Kamu tidak harus mengisinya dengan sesuai biodata aslimu. 

Cukup sesuaikan dengan IP negara yang kamu pakai saja. Misalnya kamu pakai IP USA, maka tinggal cari saja alamat mu di fakeaddressgenerator.



gambar cara daftar domain gratis freenom

cara daftar domain gratis freenom


Langkah 9 :

Setelah mengisi seluruh data yang diperlukan, maka centang TOS-nya dan klik Complete order. Bila tidak ada data yang salah, kamu akan berhasil order dan beralih ke halaman seperti dibawah ini.

cara daftar domain gratis freenom

Berhasil. Seterusnya kamu bisa menggunakan domain tersebut untuk kepentingan pembelajaran mu. Kamu juga bisa menghubungkannya ke layanan penyedia hosting gratisan 000webhost.com untuk membuat website platform wordpress. Caranya akan mimin jelaskan pada postingan selanjutnya.


Tonton Video Panduannya di Channel Kosngosan


Kamu juga bisa menonton video tutorialnya di channel kosngosan dibawha ini. Tinggal klik play button, dan ikuti setiap proses yang mimin jelaskan. Bila ada pertanyaan, kasih komentar ya. Jangan lupa subscribe juga channel nya, like dan share ke teman-temanmu


Lihat juga : Cara Dapat Uang dari Safelink


Kata Penutup


Sekian artikel kosngosan yang membahas seputar Pendaftaran Domain Gratis Freenom .tk .ga .cf. gq .ml yang Work dan Update di tahun ini. 

Semoga kamu yang berhasil mendapatkan domain tersebut bisa benar benar memanfaatkannya untuk kepentingan positif ya.

Ingat, jangan melakukan hal yang ilegal, bila tidak ingin dibanned oleh pihak freenom. Share postingan ini ke media sosialmu sebagai bentuk terimakasih mu karena telah berkunjung. Terimakasih atas perhatiannya :)
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya