12 Teknik SEO Baru untuk Meningkatkan Traffic Blog 2019

12 Teknik SEO Baru untuk Meningkatkan Traffic Blog 2019

Baca juga :

Mendapatkan unique dan organic visitor dengan jumlah traffic yang banyak menjadi impian banyak blogger di dunia. Terlebih dengan jumlah pengunjung yang tinggi, nantinya bisa menghasilkan income dari pemasangan iklan pada blog. Tapi secara rutin, Google dan mesin pencari lainnya selalu memperbaharui algoritma mereka, yang menjadikan persaingan dalam dunia blog semakin ketat.

Pada intinya memang tidak ada yang betul betul diutamakan selain konten. Entah pada tahun tahun berikutnya konten, tetap adalah raja. Semakin seorang blogger menghasilkan konten yang berkualitas dan banyak dicari orang, semakin ia memenangkan persaingan di mesin pencari.
teknik seo 2019

Kamu sudah mendengar jutaan kali, banyak yang berbagi konten di Facebook atau Twitter. Sebaliknya, kamu akan melihat teknik dan tips seo ampuh yang cukup baru dan jarang kamu dengar pada blog lain. Karena tips ini  mimin dapatkan dari menonton video youtube dari salah satu pakar seo yang cukup terkenal di luar sana.

Mimin akan jujur, situs web pertama mimin mengalami kegagalan total. Tentu hari ini mimin merasakan hal yang berbeda ketika beberapa tahun lalu mengelola sebuah blog. Salah satu kekurangan terbesar dalam mengelola blog adalah berkurangnya trafik.

Baca juga : Membuat Website Wordpress dengan Hosting Gratis 000Webhost dan Domain Freenom

Saat itulah mimin mulai googling hal-hal seperti "cara mendapatkan lebih banyak trafik" dan "meningkatkan trafik situs web." Dan sebagian besar saran yang mimin baca tidak berhasil untuk diterapkan pada blog sendiri.

Kamu tahu hal yang mimin bicarakan dan direkomendasikan oleh para pakar, seperti membuat halaman Facebook dan memulai blog. Membagikan konten di media sosial. Hal tersebut tentunya tidak akan mengirim ribuan trafik pengunjung yang ditargetkan ke situs mu.

Kenapa? karena semua orang di dunia menggunakan strategi yang sama persis seperti apa yang kamu lakukan itu. Jadi setelah mencoba puluhan teknik yang berbeda, mimin kemudian memutuskan untuk mencoba sesuatu yang baru.

Teknik SEO Terbaru untuk dicoba pada tahun ini


Secara khusus, mimin mulai menguji banyak teknik trafik yang berbeda sendiri. Itu tidak mudah tetapi seiring waktu mimin menemukan beberapa teknik SEO yang belum dimanfaatkan banyak orang dan benar-benar berfungsi.

Sekarang saatnya untuk mengungkapkan teknik yang terbukti ini dan menunjukkan kepada mu bagaimana menggunakannya. Untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situsmu, mari mulai dengan beberapa teknik dibawah ini :

1. Memanfaatkan Link Profil Guest Post


link profil

Ketika kebanyakan orang membaca posting tamu milikmu, mereka sepenuhnya akan melewati bagian tentang penulis dan mimin tidak menyalahkan mereka, karena mimin juga pasti akan melewatkan link biografi penulis pada artikel guest post

Sebagian besar kotak profil penulis diletakkan di bagian bawah dari halaman post dan inilah yang merupakan masalah utamanya. Jika orang tidak melihat tautan profil mu itu,  maka mereka tidak akan mengunjungi situs mu. Itu kuncinya.

Untungnya, ada solusi sederhana untuk masalah ini.  Pertama, tulis posting tamu seperti biasanya. Selanjutnya, sertakan bagian topik pembahasan yang bermanfaat di seluruh pos. Beberapa bagian harus terhubung dan sertakan link profil mu sebagai salah satu sumber referensi yang bermanfaat.

Masukkan informasi dan tautan situs utama mu pada halaman profilmu. Seperti di Google Plus, Facebook, Twitter atau Instagram dan berikan deskripsi mengenai websitemu di halaman profil tersebut. Nantinya ini akan membuat trafik menuju ke halaman utama blog mu.

2. Menggunakan tombol Click for Tweet dan Click for Share


Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan trafik.  Kamu akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari media sosial. Bahkan, tautan klik untuk tweet adalah salah satu dari cara utama dan paling work untuk dilakukan pada saat ini.

Pertama, buatlah sesuatu yang tweetable di kontenmu. Ini bisa berupa teknik, strategi, kutipan atau informasi statistik. Apa itu tweetable? Sejenis post yang merangsang pengunjung untuk membagikan konten mu lewat twitter.

Misalnya posting dari blog mu ada banyak strategi dan teknik SEO yang banyak dicari oleh blogger pemula.  Jadi kamu menganggap setiap list dari strategi SEO tersebut bersifat "tweetable". Selanjutnya, buat tautan klik untuk tweet. Untuk melakukannya, silakan menuju ke clicktotweet.com
dan tulis tweet mu dan alatnya akan menghasilkan tautan khusus untuk mu. Cara ini hanya work untuk pengguna wordpress ya.

Kemudian tambahkan tautan itu ke konten mu. Setiap kali pengunjung mengklik tautan tersebut mereka mendapatkan tweet yang sudah ditulis sebelumnya agar mudah dibagikan. Sangat mudah dan simple bukan?

3. Membuat artikel yang bertema Daftar atau List


article list

Situs BuzzSumo baru-baru ini menganalisis satu juta artikel untuk melihat jenis konten mana yang paling berhasil mendapatkan traffik. Dan mereka menemukan bahwa postingan yang bersifat daftar adalah yang terbaik. Seperti yang diteliti, postingan daftar menghasilkan trafik lebih banyak dibandingkan artikel biasa.

Sebagai contoh, kamu bisa menulis daftar tool SEO yang work dan banyak dipakai. Hal yang paling penting lainnya adalah berikan penjelasan yang lengkap terhadap poin per poinnya. jangan hanya menulis list tanpa menjelaskan point atau daftar yang dimaksud.

4. Mengupdate artikel lama


Teknik sederhana ini bisa mendatangkan trafik 50 persen terhadap blog mu apabila dilakukan dengan baik dan benar. Bagaimana cara mengupdate artikel lama kita ? Temukan konten pada blog mu yang sudah kedaluwarsa.

Perbaharui dan perbaiki konten yang ada di dalam postingan. Secara khusus kamu bisa menambahkan screen shoot, data grafik atau tabel baru terhadap konten yang kamu rasa kurang. Dan hapus konten lama yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi saat ini.

Kalau kamu ingin membaca lebih lengkap mengenai cara memperbaharui artikel lama mu menjadi lebih baru dan unik serta bisa mendapatkan pageone, kamu bisa baca postingan kosngosan sebelumnya mengenai "cara update artikel lama supaya pageone disini"

5. Membuat artikel yang bersifat "share trigger"


share trigger

Kamu bisa membuat artikel yang bersifat share trigger pada konten blog mu.  Dalam pengalaman mimin, sebagian besar konten berhasil atau gagal menghasilkan trafik adalah berdasarkan satu faktor yaitu apakah konten tersebut memiliki unsur yang dinamakan "share trigger".

Jadi, apa itu share trigger? share trigger adalah suatu unsur yang terdapat dalam artikel yang memicu visitor untuk membagikan artikel mu di media sosial milik mereka. Hal yang terdapat dalam kontenmu yang mendorong orang untuk membagikannya secara sukarela.

Saat kamu memasukkan share trigger dalam konten mu, orang orang mungkin akan lebih senang membagikan dan menautkannya pada akun media sosial mereka. Misalnya, salah satu yang paling kuat bernama click bait positif.

Click bait adalah suatu teknik pemberian judul pada postingan dan juga mengisi konten dengan hal hal yang viral, banyak dicari orang dan mengundang orang lain untuk membagikan nya ke profil media sosial mereka. Cara ini tergolong baik apabila judul masih relevan dan tidak bersifat hoax atau menipu.


6. Menggunakan konten visual dan infografis pada konten


Faktanya, infografis menghasilkan banyak kunjungan yang ditargetkan dalam beberapa hari ketika di publish. Banyak alasan mengapa infografis bisa menghasilkan banyak trafik ke dalam sebuah blog. Dan menurut penelitian memang orang orang cenderung lebih memahami suatu informasi melalui konten visal ketimbang teks. Itulah yang menyebabkan youtube dan instagram lebih populer dibanding website dan facebook.

Jadi setiap kali seseorang membagikan infografis yang ada dalam artikel mu seperti tabel, grafik, kurva atau sejenisnya, maka itu akan memperkaya timeline sosial media mereka. Dengan kata lain, itu meningkatkan status mereka bagi teman atau pengikutnya.

Infografik juga mendapat fitur dalam google news. Dan itu semua bisa kamu masukkan asalkan terlihat natural dan relevan. Bagaimana, masih bisa melanjutkan teknik berikutnya? Mari perdalam lagi teknik SEO mu di tahun ini.

7. Diversifikasi konten


Apa maksud dari diversifikasi konten? Begini, ketika kamu sudah punya satu pembahasan yang berwujud artikel dan sudah dipublish pada website mu, maka kamu bisa memberikan berbagai jenis konten yang berbeda yang memiliki pembahasan serupa. Misalnya kamu buat podcast, ebook, presentasi dan video dan unggah pada media yang berbeda beda dan berikan backlik post ke masing masing media tersebut.

Seperti misalnya untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas, buka podcast. Survei di Amerika menemukan bahwa 24% masyarakatnya secara rutin mendengarkan podcast. Buatlah podcast tamu dan biasanya kamu akan diberikan backlink gratis untuk itu.

Selain itu ada banyak lagi media yang bisa kamu manfaatkan seperti membuat ebook di scribd, academia atau YouTube untuk konten video dan masih banyak lagi. Jangan lupa sertakan backlink yang mengarah ke postingan mu.

8. Membuat konten viral yang dapat diprediksi


Apakah ada formula untuk membuat konten yang viral, tidak. Jika ada, semua orang akan menggunakannya. Ada empat hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemungkinan konten mu menjadi viral. Yaitu :

Konten viral cenderung mengandung banyak visual. Ini bisa berupa banyak gambar, atau infografis, atau video. Jenis gambar tidak terlalu penting, yang penting adalah kamu menggunakan visual dalam konten mu.

Konten viral cenderung memiliki utilitas atau nilai guna yang tinggi. Utilitas berarti bahwa konten tersebut berguna dalam beberapa hal. Mungkin kamu menjelaskan kepada orang bagaimana cara menanam brokoli dalam sistem hidroponik dan sebagainya.

Konten panjang cenderung menjadi viral lebih sering daripada artikel pendek dalam posting blog. Seperti yang mimin sebutkan sebelumnya dalam artikel ini, situs BuzzSumo meneliti dan menyimpulkan bahwa panjangnya suatu artikel cenderung dan signifikan lebih banyak dibagikan dan disukai oleh pengunjung ketimbang artikel yang singkat.

Konten viral membutuhkan dorongan awal untuk melanjutkan. Mengapa?  berdasarkan penelitian, 2 juta posting blog di publish setiap hari. Jadi agar konten mu menonjol, kamu perlu mempromosikannya melalui berbagai media yang ada.

9. Membagikan artikel di media sosial pada waktu yang strategis


share sosial media

Laman CoSchedule baru-baru ini menganalisis waktu terbaik untuk memposting di situs media sosial seperti Facebook, Pinterest, dan Instagram. Mereka menemukan bahwa  waktu terbaik untuk memposting artikel mu ada pada jam jam tertentu yang disebut sebagai golden time.

Misalnya kamu tidak akan mendapat banyak tanggapan ketika membagikan postingan blog di grup facebook pada jam 3 pagi bukan? Mulailah buat jadwal share artikel pada waktu yang tepat misalnya pada jam 7 pagi, jam 12 siang dan jam 6 sore.

10. Menganalisis sumber lalu lintas website kompetitor mu dengan bantuan SimilarWeb


Sumber lalu lintas bisa kamu dapatkan secara gratis dengan SimilarWeb. SimilarWeb tidak hanya menampilkan ikhtisar yang bagus dari suatu situs,  tetapi juga dari mana mereka mendapatkan lalu lintas itu.

Jadi, apa yang dapat kamu lakukan dengan informasi ini? Misalnya, katakan kamu memperhatikan dari pesaing mu cara mendapat sumber lalu lintas terbesar mereka, katakanlah mereka mengarahkan banyak pengunjung dari YouTube, mungkin sudah waktunya untuk menyiapkan shannel YouTube juga, bukan?

11. Mendapatkan trafik dari forum


Tips ini bisa dikatakan sudah sering kamu baca, tapi masih banyak yang menyepelekannya. Forum bisa mengarahkan lalu lintas terhadap blog mu. Forum adalah sumber lalu lintas yang sangat diremehkan. Ketika kamu menjadi anggota forum yang aktif, maka sebenarnya kamu sudah memiliki calon visitor yang potensial untuk blog mu.

Di Indonesia sendiri ada banyak forum online yang aktif dan bisa kamu ikuti seperti KasKus, Brainly dan Kompasiana.  Kamu harus tahu bahwa SEO dan media sosial itu bisa menjadi luar biasa bila dikelola dengan baik dan tidak spam.

Kamu bisa menjadi anggota aktif dari forum pemasaran populer dan menjawab pertanyaan yang diajukan orang di forum, dan mimin bahkan memposting beberapa konten asli. Dan ini menyebabkan trafik masuk dengan sendirinya.

12. Fokus konten, pengalaman pengguna dan kecepatan blog


Walaupun ketiga hal tersebut sejatinya sudah lama kamu ketahui, namun tetap saja di tahun ini konten akan lebih menjadi penguasa daripada backlink dan teknik abu abu lainnya. Menulis sesuatu yang berguna dan banyak dicari masyarakat, membuat navigasi blog yang baik, konten yang positif sehingga membuat pengalaman pengguna positif, serta mengoptimalkan kecepatan blog sesuai anjuran google, bila perlu tambahkan plugin AMP.

Hal hal dasar ini mimin kira sudah harus kamu ketahui di tahun ini. Bila masih ada pertanyaan yang mengganjal, kamu bisa tanyakan di kolom komentar dibawah, sebisa mungkin akan mimin jawab. Jangan ragu untuk belajar dan mencari sendiri materi SEO di internet.

Baca juga : Cara Daftar Domain Freenom Gratis Terbaru .tk .ga .cf. gq .ml (Dijamin Work)

Pastinya kamu akan bertanya, tapi itu kan trafik dari forum dan media sosial, bukan trafik organik dari mesin pencari? Tentu saja ini adalah nonorganic traffic. Hal ini tetap perlu untuk memberi tahu google bahwa konten kamu sedang dibuat dan dibaca oleh orang, jadi pasti google akan melirik konten mu dan menampilkannya pada hasil pencarian pertama, selama artikel tersebut original dan berkualitas.

Bagaimana, sudah mengikuti beberapa tips SEO terbaru yang mimin berikan diatas. Kamu bisa terapkan teknik SEO tersebut untuk pengembangan blog mu. Bagi kalian yang merasa artikel ini cukup bermanfaat, mohon dukung mimin untuk memperluasnya dengan membagikan tautan ini di media sosial milik kalian. Terimakasih.
Buka Komentar