Alternatif Melamar Pekerjaan Selain PNS untuk Fresh Graduate yang Perlu Dicoba

Alternatif Melamar Pekerjaan Selain PNS untuk Fresh Graduate yang Perlu Dicoba

Baca juga :

Melamar menjadi Pegawai Negeri Sipil memang menjadi favorit para kalangan yang baru lulus kuliah atau sekolah. Menjadi ASN yang baik dan memiliki gaji tetap tentunya menjadikanmu aman secara finansial dimasa depan. Hal inilah yang menjadikan profesi ini begitu banyak diburu oleh masyarakat kita. Namun sulitnya proses seleksi CPNS menjadikan kamu harus ekstra mempersiapkan diri.
pekerjaan selain pns

Tidak jarang orang yang gagal melamar CPNS merasa frustasi kemudian lebih suka bermain dan menghabiskan waktu menganggurnya untuk hal hal yang tidak berguna. Padahal bila mau mencari, ada ribuan peluang kerja yang bisa mendatangkan gaji tinggi selain menjadi PNS. Dan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa solusi pekerjaan yang cocok untukmu selain menjadi aparatur sipil negera. Penasaran? yuk simak pemabahasannya dibawah ini.

Bekerja memang menjadi kebutuhan manusia. Mendapatkan gaji untuk menghidupi diri dan orang yang disayang. Pada dasarnya jenis pekerajan secara garis besar dibagi dua, yaitu bekerja kepada pihak lain atau yang biasa disebut karyawan dan bekerja sendiri atau yang biasa disebut wirausahawan.

Masing masing keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bila dibandingkan, bekerja kepada orang lain adalah "cari aman" karena memiliki gaji tetap setiap bulannya, sedangkan bekerja sendiri dinilai "nekad" untuk mencari rezeki secara lebih mandiri dengan hasil yang tentunya sepenuhnya bergantung dari effort -mu sendiri.

Baca juga : Tips mengerjakan soal CAT CPNS supaya lewat passing grade

Jangan khawatir bila kamu memang jauh dari PNS. Selalu gagal di Tes Kompetensi Dasar atau justru tidak pernah lolos di syarat administrasinya. Karena dunia tidak sesempit daun kelor, maka ada banyak hal yang bisa kamu gapai diluar sana.

Jadi tunggu apalagi, segera persiapkan lamaran kerjamu untuk melamar kembali ke berbagai instansi dibawah ini. Ingat untuk selalu memanfaatkan waktu menganggur mu untuk mencari pengalaman kerja, sembari menunggu pembukaan cpns tahun depan.

Berikut adalah beberapa alternatif pekerjaan yang mungkin kamu minati :

Menjadi tenaga honorer


Biasanya istilah honorer dikaitkan dengan tenaga pembantu pada instansi pemerintahan. Seperti tenaga guru honorer di sekolah negeri atau tenaga honorer di kantor walikota. Walaupun sebagai tenaga pembantu, apabila kamu cukup berpengalaman dan memiliki masa bakti cukup lama, tidak jarang yang diangkat langsung menjadi PNS dengan aturan tertentu.

Walaupun sebenarnya gaji yang diberikan lebih rendah dibanding PNS, tergantug dari institusi yang bersangkutan. Ada juga honorer yang diberikan serfitikasi untuk meningkatkan gaji mereka. Selain itu menjadi honorer terkadang juga harus siap diganti atau diberhentikan kapan pun karena memang tidak ada ikatan formal yang terbentuk antara lembaga dengan honorer.

Menjadi karyawan swasta


Ini yang paling banyak dilirik oleh orang yang baru lulus kuliah selain menjadi pegawai negeri. Karyawan swasta banyak jenisnya. Intinya adalah kamu bekerja di salah satu perusahaan milik swasta baik terikat kontrak maupun tidak.

Bila perusahan swasta tersebut terbilang besar dan terkenal, tidak jarang gaji yang kamu dapatkan bisa diatas UMP bahkan diatas PNS sekali pun. Biasanya hasil kinerja mu yang menjadi patokannya, karena memang hasil akhir adalah indikator besaran gaji yang kamu terima, selain tentunya keahlian, pengalaman dan jabatan mu.

Menjadi pekerja startup


Kaum milenial sekarang ini sangat banyak bekerja di perusahan rintisan. Bedanya startup dengan perusahaan swasta adalah terletak pada skala usahanya. Startup biasanya hanya terdiri dari beberapa tim dan dikepalai oleh si pencetus bisnis.

Baca juga : Lowongan kerja shift malam yang harus kamu coba

Namun jangan salah, menjadi karyawan startup cukup untuk mendapatkan gaji standar. Selain itu ada banyak pengalaman yang kamu dapatkan disini. Seperti misalnya kamu bekerja sebagai seo analysis untuk meneliti perkembangan toko online milik klien dan sebagainya. Hampir sama dengan karyawan swasta, besaran gaji pekerja startup sangat bergantung dengan hasil kerja mu.

Menjadi pegawai bank atau BUMN


Menjadi pegawai bank dan bumn memiliki gaji yang cukup dan tidak kalah bila dibandingkan dengan ASN. Biasanya setelah menjalani masa training dan kontrak, kamu akan diangkat menjadi pegawai tetap. Tentunya kamu harus bersiap ditempatkan dimana pun diseluruh unit kerja Bank atau BUMN tersebut.

Kenaikan gaji dan tunjangan akan mengikuti lama dan pengalaman yang kamu miliki selama bekerja di lembaga tersebut. Untuk pegawai keduanya sebenarnya cukup memiliki prestise dan bisa dibanggakan. Jadi keduanya selain memiliki gaji yang lumayan juga biasanya terikat kontrak dan ada juga yang bersifat karyawan tetap.

Menjadi freelancer


Bagi kamu yang tidak suka bekerja kantoran dengan waktu kerja yang stagnan dan terkekang maka kamu bisa menjadi pekerja lepas atau yang bahasa kerennya disebut freelancer. Kamu bisa memanfaatkan keahlian yang kamu punya seperti menulis artikel bahasa asing, penerjemah, pembuat aplikasi, game dan sebagainya dan menjual keahlianmu tersebut di forum freelancer Indonesia dan luar negeri.

Jadi sistemnya hampir sama dengan pekerja kontrak. Kamu disewa untuk melakukan sesuatu sesuai kesepakatan, setelah selesai maka pekerjaanmu beres. Kamu akan digaji berdasarkan kesepakatan kontrak kerja. Yang membedakan dengan pekerja kontrak konvensional adalah kamu bisa bekerja dimana dan kapan pun menggunakan perangkat teknologi selama waktu yang disekapakati.

Menjadi konsultan


Ada banyak jenis konsultan yang bisa kamu jadikan alternatif pekerjaan seperti menjadi pengacara, translator, konsultan kesehatan, psikologi, konsultan perkebunan dan banyak lagi. Namun menjadi konsultan yang profesional harus memiliki latar belakang pendidikan yang relevan ya agar klien bisa percaya dengan kemampuan mu.

Menjadi atlet berprestasi


Tidak jarang atlet berprestasi ditawarkan posisi pns dikemudian hari bila memang berhasil mengharumkan nama negara di pentas dunia. Bila kamu memiliki passion di salah satu bidang olahraga, maka saran mimin kembangkan dan fokuslah untuk mengembangkan kariermu tersebut.

Seperti banyak atlet yang berhasil meraih medali emas pada ajang asian games kemarin, mereka diberikan bonus dan jaminan masa depan berupa posisi pns pada kementrian olahraga. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang memang gagal masuk pns dari jalur umum.

Menjadi publisher iklan


Pada dasarnya seorang blogger atau youtuber adalah seorang publisher iklan dari yang namanya Google Adsense. Intinya adalah semakin tinggi traffic, kemungkinan menghasilkan duit dari iklan akan semakin besar juga.

Menjadi publisher iklan sangat beragam contohnya. Kelebihan pekerjaan ini adalah kamu tidak perlu memiliki pengalaman, keahlian atau pendidikan sekalipun. Karena setiap orang punya kesempatan yang sama untuk berkarya di internet. Selama konten mu berkualitas dan disukai banyak orang, maka selama itu juga kamu berpotensi menghasilkan dollar dari setiap klik iklan.

Lihat juga : Cara mengetik surat lamaran lewat HP dan dikirim via email

Demikianlah artikel mengenai alternatif pekerjaan selain PNS yang cocok bagi kamu fresh graduate. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah kamu dapatkan hari ini. Jangan menyerah karena gagal PNS, dunia mu lebih berharga untuk diperjuangkan. Cari alternatif lain ya! Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman mu yang lain juga.
Buka Komentar