Bisnis Sampingan Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Budidaya Daun Seledri dan Ternak Lele

Bisnis Sampingan Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Budidaya Daun Seledri dan Ternak Lele

Baca juga :

Siapa yang tidak suka berbisnis? Banyak orang yang lebih menyukai dunia enterpreneurship ketimbang bekerja secara kantoran. Dan biasanya orang sering bingung hendak memulai dari mana. Saran mimin adalah mulailah dari sekitar mu, seperti memanfaatkan lahan kosong disekitar rumahmu.
produktif lahan kosong

Lahan kosong yang tidak produktif bisa kamu manfaatkan untuk melakukan bisnis pertanian dan perikanan. Dan salah satu contohnya adalah menanam daun seledri dan beternak ikan lele. Kedua komoditas ini selalu memiliki pangsa pasar yang prospektif karena memang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Berikut ini mimin akan membuat panduan singkat mengenai pemanfaatan lahan kosong terutama dilingkungan rumah kamu, dari pada kamu net enggak ada kegiatan apa-apa lebih baik kamu membuat binis kecil-kecilan, walaupun tidak seberapa namun bisa menambah pendapatan kamu sendiri, bahkan bisa lebih. Berikut ini tipsnya :

Bisnis sampingan menanam daun seledri


Mungkin kamu tidak asing lagi dengan tanaman ini, apa bila kamu kewarung atau ketempat penjual makanan pasti kamu jumpai di dalam bumbu masakan terdapat daun sop, bahkan daun sop/seledri ini menjadi kebutuhan mendasar bagi penjual makanan, seperti warung miso, bakso, mie ayam, bahkan restoran bersekala besar.

Baca juga : Contoh dan cara membuat proposal bisnis sederhana untuk pemula

Dapat kamu analisa juga di sekitar rumah kamu ada penjual nasi goreng, miso, bakso, mie ayam dan lain sebagainya, hal ini dapat kamu manfaatkan peluang bisnis tersebut, bahkan dalam waktu singkat kamu bisa berpenghasilan yang cukup dengan memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami seledri tersebut. Memang kamu harus sabar dan telaten dalam merawat tanaman ini, karena tanaman ini sensitif mudah patah dan mudah mati.

Dalam menanam daun sop kamu dapat mengunakan media pot atau tanah pelataran, minimal dalam satu hari disiram sekali. Dalam satu bulan kamu dapat memanennya, jika dirawat dengan baik, terutama di perhatikan terlebih dahulu sebelum menam media tanah yang kamu gunakan harus subur dan lembab untuk menjaga dari kekeringan tanah.

Apabila tanah kering tumbuhan ini mudah mati. ushakan disiram pada waktu pagi atau sore. dan jangan lupa setiap 2 minggu sekali diberikan mes buah agar seledri atau sop dapat tumbuh dengan baik.

Cara memanen daun sop kamu cukup memetik daunnya saja jangan dipotong batangnya, hal ini bertujuan untuk mempermudah regenerasi baru dengan cepat pada daun sop, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk memanennya, bahkan dalam 3 hari sekali kamu dapat memanen daun sop ini.

Cukup kamu menanam 50 pot saja pasti merasakan hasil dari jualan daun sop ini, dan saya sudah memperaktekkan hal ini di rumah saya sendiri, bahkan sekarang sudah bnyak langganannya sehingga saya memutuskan untuk terus mengembangkan usaha daun sop tersebut. Walaupn awalnya sepele tapi hasilnya luar biasa.

Bisnis sampingan ternak ikan lele


Tidak asing lagi kamu dengan namanya ikan lele. dimana-mana rumah makan pasti ada menu ikan lele, baik ikan lele bakar maupun lele goreng, dan ada jugak yang menjual dengan nama pecel lele. Kamu net dapat memanfaatkan peluang bisnis ini, karan ikan pada dasarnya juga kebutuhan pokok bagi manusia, dan ikan ini cukup banyak diminati oleh kalangan masyarakat karena rasanya yang enak.

Cara pemanfaatan lahan kamu cukup membuat kolam dari terpal ataupun batu baik berbentuk bulat maupun persegi empat tergantung seperti apa keinginan kamu sendiri. jika membuat kolam cukup ukuran lebar kolam 3 meter dan panjangnya kisaran 6 meter, tinggi tembok kolam 1,5 meter dengan 2000 bibit unggulan.

Memang awal dalam mengembangkan bisnis ini kamu perlu ketelatenan dan usaha yang keras, karena kamu harus memperhatikan makanan yang di berikan, karena jika ikan lele ini sudah kelparan maka dia akan memakan sesamanya seperti yang kamu kenal kanibalisme, minimal sehari 2 kali memberikan pakan pelet atau pakan alternatif jika pelet kamu sudah habis kamu dapat memanfaatkan katak, dan usus ayam.

Jika kamu merawatnya dengan baik dan memberi makan secara teratur, dalam jangka waktu 2 atau 3 bulan kamu net dapat memanennya, bahkan kamu bisa membuka tempat penjualan lele sendiri langsung kemasyarakat, harga jual perkilonya biasa di tempat saya sendiri 26 ribu rupiah, jika kamu kalikan dengan ikan lele yang ada, misal :

Ini lah beberapa tips dari saya, sebenarnya mash banyak lagi tips yang lain, dilain waktu blogeren akan membuat tambahan dari artikel ini. Mudah-mudahan dari beberapa tips ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi kamu net yang membacanya, mungkin kamu tertarik untuk mecoba dirumah, anggap saja terlebih dahulu ini pekerjakan pokok dulu dirumah kamu

Baca juga : Peluang bisnis setelah dipecat dari perusahaan

Akan tetapi setelah itu kamu dapat menganggap pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan dari pekerjaan pokok kamu yang lebih utama, walaupn sederhana namun sulit untuk kamu terapkan karena perlu ada kemauan dan tekat yang kuat, dan juga kamu harus punya jiwa kewirausahaan yang tinggi sebagai modal utama dalam memanfaatkan lahan kosong dirumah kamu. percayalah walaupn kamu anggap pekerjaan ini sampingan tetapi punya omset yang besar jika kamu kerjakan dengan sunguh-sungguh.
Buka Komentar