Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Internet, Mobile dan SMS Banking Bank Aceh

Bagaimana cara daftar mobile banking dan internet banking bank Aceh? Salah satu fitur yang banyak dipakai oleh nasabah zaman sekarang adalah m banking dan ib, yang memudahkan setiap transaksi perbankan. Bank Aceh memiliki fasilitas diantaranya yang bisa memudahkan kamu dalam melakukan transfer atau pun cek saldo hanya dengan menggunakan perangkat canggih seperti handphone.

Kosngosan akan memberikan panduan dalam mendaftar dan mengaktifkan layanan dari bank pembangunan daerah di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini. Dengan mengaktifkan layanan ini, maka kamu akan tahu cara cek saldo bank aceh lewat hp yang terkoneksi internet.

Mengapa layanan ini penting ? karena memang sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat untuk bertransaksi di mana dan kapan pun itu. Dengan adanya sms banking misalnya, para nasabah hanya mengandalkan handphone ditangannya untuk bertransaksi

Masyarakat Aceh yang terkenal dengan perda syariah-nya dikenal selalu mengedepankan peraturan dan hukum yang bersifat islami. Hal ini juga lantas membuat produk perbankan dari bank aceh juga banyak yang bersifat syariah.

Sebelum membahas mengenai panduan pendaftarannya, ada baiknya kita bahas sedikit mengenai sejarah pendirian bank ini. Bank Aceh yang dulunya bernama Bank Pembangunan Daerah Aceh atau disingkat dengan BPD Aceh merupakan lembaga perbankan daerah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Provinsi Aceh.

Bank Aceh memiliki kantor pusat di kota Banda Aceh. Bank ini pertama kali didirikan pada tahun 1973 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Aceh (PT BPD Aceh). Kamu bisa mengajukan program Kredit Modal Kerja dan Investasi setelah terdaftar menjadi nasabahnya

Bank ini diprakarsai oleh Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakaat serta para pengusaha swasta di Aceh. Hal ini berdasar pada pemikiran tentang perlunya suatu lembaga perbankan Bank, yang secara khusus membantu pemerintah daerah dalam pelaksaanaan pembangunan di Aceh.


Cara daftar M banking dan Internet Banking Bank Aceh

cara daftar mobile banking bank aceh

Sayangnya untuk saat ini, fasilitas internet banking dan mobile banking dari bank aceh masih belum tersedia. Kedepannya kita harapkan bank aceh bisa meningkatkan fitur ini. Jadi yang sudah tersedia saat ini adalah SMS banking saja.

Sebagai penggantinya juga, selain sms banking, ada fitur yang bernama BPDnet Online yaitu jaringan Delivery Channel yang diciptakan oleh ARTAJASA. 

Fitur ini hanya bisa dimanfaatkan oleh BPD seluruh Indonesia dalam memberikan service kepada nasabah dan non nasabah supaya bisa melakukan transaksi antar BPD.

Dan juga ada fitur tambahan dari bank aceh berupa M-ATM Bersama yang menjadi layanan untuk nasabah bank Aceh. 

Layanan ini merupakan kerjama sama dengan Telkomsel yang membantu pengguna telkomsel bertransaksi di jaringan ATM BERSAMA. M-ATM Bersama yaitu layanan berbasis Menu yang ditujukan untuk memberi kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi.

Lalu bagaimana cara pendaftaran SMS banking bank Aceh? Berikut langkah langkah yang perlu kamu lakukan :

Langkah 1 :

Pastikan kamu sudah terdaftar menjadi nasabah dan memiliki salah satu jenis tabungan yang ada di bank aceh atau giro perseorangan. 

Setelah itu bawa persyaratan seperti fotocopy KTP, kartu rekening dan nomor handphone yang aktif


Langkah 2 :

Kunjungi kantor cabang Bank Aceh terdekat yang ada di daerahmu. Datangi Customer service-nya dan mintalah formulir registrasi SMS Banking.

Formulir dapat diperoleh melalui Customer Service Bank Aceh. Isi formulir tersebut.


Langkah 3 :

Kamu harus menyerahkan foto copy KTP yang masih berlaku serta buku tabungan yang asli bagi nasabah tabungan. 

Untuk dapat melakukan transfer dengan SMS Banking, kamu harus mendaftarkan nomor rekening tujuan transfer. 

Pendaftaran nomor rekening tujuan dilakukan melalui Customer Service BPD Aceh dan dapat dilakukan kapan saja


Langkah 4 :

Setelah melakukan pendaftaran SMS Banking Bank Aceh, kamu akan memperoleh nomor aktivasi. nomor aktivasi ini harus dikirimkan melalui SMS ke 3322 untuk mengaktifkan layanan SMS Banking Bank Aceh di HP.

Berikut adalah jenis perintah SMS Banking dari Bank Aceh :

  • Meminta Informasi Daftar Perintah (Ketik "HELP")
  • Ganti Pin (ketika PIN spasi PIN BARU spasi PIN LAMA, contoh: PIN 9966 1831)
  • Informasi Saldo (ketik SALDO spasi REK[1..4] spasi PIN, contoh: SALDO REK2 1831)
  • Melakukan transfer (ketik TRANSFER spasi REK[1..4] spasi REK_TUJUAN.HP spasi NILAI spasi PIN)
  • Informasi 5 Transaksi Terakhir (ketik TRANSAKSI spasi REK[1..4] spasi PIN, contoh: TRANSAKSI REK1 1831)
  • Cek Jumlah Tagihan (Ketik TAGIHAN spasi Operator{TSEL,ISAT} spasi No.HP, contoh: TAGIHAN TSEL 0811682888 1831)
  • Bayar tagihan (ketik BAYAR spasi REK[1..4] spasi Operator{TSEL,ISAT} spasi NO.HP spasi PIN, contoh: BAYAR REK1 TSEL 0811682888 1831)
  • Beli Pulsa Isi Ulang Nomor Sendiri (ketik BELI spasi REK[1..4] spasi NO.HP spasi NILAI spasi PIN, contoh: BELI REK1 081534216999 75 1831)
  • Cek Nilai Nominal Voucher yang Tersedia (ketik HELP spasi BELI, contoh: HELP BELI)

Ada banyak keuntungan dari sms banking ini, seperti kamu bisa mengetahui informasi saldo, informasi 5 transaksi terakhir, mutasi transaksi, jumlah tagihan Kartu HALO dan MATRIX, melakukan pembelian pulsa isi ulang, dan melakukan transfer antar rekening Bank Aceh

Cara mengaktifkan layanan M-ATM Bersama dan BPDNet Online dari Bank Aceh?


Pada dasarnya untuk mengaktifkan kedua layanan tersebut, kamu harus mengunjungi kantor cabang bank aceh dan meminta langsung kepada customer service untuk memgaktifkan layanannya. Ikuti saja petunjuk dan arahan dari CS.

Ada banyak keuntungan menggunakan BPDNet Online, seperti setor tunai di teller, pemindahbukuan di Teller, transfer ke BPD lain di Teller serta enerima Transfer dari BPD lain

Sementara untuk kelebihan dari M-ATM Bersama yaitu bisa cek informasi saldo, melakukan penarikan dana tunai di gerai merchant yang telah ditunjuk atau terdapat logo ATM Bersama

Kamu juga bisa melakukan transfer dana antar anggota ATM Bersama, bisa membeli pulsa isi ulang, membeli di gerai merchant yang ditunjuk atau terdapat logo ATM Bersama, serta membayar tagihan atas produk dari institusi yang telah ditunjuk atau terdapat logo ATM Bersama.

Baca juga : Biaya Transfer Antar Bank di Indonesia


Kata Penutup


Nah demikianlah postingan kosngosan mengenai panduan pendaftaran Internet, Mobile dan SMS Banking Bank Aceh pada kesempatan ini. 

Semoga kamu bisa segera mendapatkan layanannya dan memanfaatkannya untuk produktifitas mu. Jangan lupa berikan share dan komentar mu ya.
Oleh rezaharahap