Berapa Biaya Transfer ATM Antar Bank Swasta, Bank BUMN dan BPD di Indonesia?

Apa itu ATM? ATM merupakan kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri, dimana suatu sistem yang mempermudah nasabah bank dalam melakukan transaksi perbankan tanpa perlu lagi mengantri di kantor cabang dan menemui teller.

Kebanyakan dari kita sudah menggunakan ATM dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya untuk melakukan transaksi pembayaran gaji, membeli barang secara online, atau membayar tagihan listrik dan air.

Pelayanan ini dilakukan secara mandiri oleh nasabah bank, dengan membawa kartu ATM ke mesin ATM yang sudah tersebar di seluruh Indonesia kita bisa melakukan transfer ke sesama bank atau antar bank, juga bisa melakukan tarik tunai dan membayar segala jenis tagihan.

Baca lainnya : Begini Cara Mengurus Kartu Kredit Untuk Mahasiswa dan Pelajar 

Karena pesatnya teknologi dan tingginya pembangunan fasilitas dan infrastruktur, tentunya banyaknya mesin ATM yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi di mana-mana dari kota sampai ke berbagai pelosok desa.

Selain memudahkan dalam bertransaksi, sistem ATM juga dapat memberikan keamanan kepada nasabah. Karena kita tidak perlu lagi membawa uang secara tunai dalam jumlah yang banyak, yang bisa menimbulkan risiko pencurian atau kerugian yang tidak diinginkan.

Sayangnya ada banyak sekali jenis bank baik itu bank swasta, bank negeri ataupun Bank Pembangunan Daerah serta Bank Internasional yang mendirikan kantor di Indonesia. Apabila kamu ingin melakukan transfer atau kirim uang, ke bank yang berbeda tentu saja di kenakan tarif yang nominalnya selalu berubah-ubah setiap tahun atau sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Berapa tarif transfer antar bank di Indonesia?


Pertanyaan tersebut memang sudah banyak ditanyakan oleh pengguna bank berbagai jenis, seperti Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank Bukopin, BTN, Bank Permata, Bank Mega, dan lainnya.

Tentu saja untuk biaya transfer sesama bank yang sejenis, tidak dikenakan biaya tambahan. Namun apabila berkirim duit melalui 2 bank yang berbeda, maka akan dikenakan tarif. Apabila bank tersebut sudah bekerja sama dengan bank lain, dalam bentuk kerjasama ATM Bersama, maka biaya transfer akan lebih mudah.

Biaya transfer ATM Bersama


biaya transfer bank

Apabila kamu sudah memiliki ATM dari bank yang sudah bekerja sama dalam jaringan ATM bersama, dan kamu melakukan transfer pada mesin ATM dengan tanda ATM bersama, besaran biayanya adalah sebagai berikut :


  • Dari Kartu ATM Bank Mandiri melakukan transfer ke Bank BCA, BNI, BRI, dan BPD (Bank Daerah) dikenakan tarif sebesar  Rp 5.000
  • Dari ATM  BRI  melakukan transfer ke Bank BCA, BNI, Mandiri, BPD dikenakan tarif Rp 6.500
  • Dari ATM BNI mengirim duit ke bank Mandiri, BNI, BCA, BPD dikenakan tarif Rp 6.500. 
  • Biaya transfers antar bank dari BCA ke bank BNI, Mandiri atau BRI melalui ATM BERSAMA dikenakan tarif Rp 6500
  • Biaya transfer antar bank dari BCA menuju bank BNI, Mandiri, BRI melalui ATM PRIMA dikenakan tarif sebenar Rp 6500
  • Biaya transfer dari BRI ke Bank BCA, Mandiri, BNI, BPD dikenakan tarif sebesar Rp 6.500


Biaya Transfer Mobile Banking atau Internet Banking



  • Untuk penggunaan Mobile Banking atau Internet banking, biaya transfer dair BRI ke BCA, Mandiri, BNI, BPD dan bank lain adalah sebesar Rp 6.500
  • Untuk penggunaan Mobile banking atau Internet banking, biaya transfer dari BNI ke BRI, BCA, Mandiri, BPD dan lainnya dikenakan sebesar Rp 5.000
  • Melalui mobile banking atau internet banking dari bank Mandiri menuju bank BNI, BCA, BRI, BPD dan bank lain dikenakan Rp. 6.500


Terakhir untuk biaya cek saldo  semua bank hampir sama, berkiras antara Rp 4.000- Rp 5.000, begitu juga dengan melakukan tarik tunai pada mesin ATM bersama, maksimal biayanya Rp.7000

Baca juga : Cara membuat berita transfer pada struk atm non tunai

Sekian informasi dari kosngosan mengenai tarif dan besaran biaya transfer yang akan dikenakan antar bank. Semoga informasi di atas dapat memberikan referensi dan pengetahuan kepada kalian para nasabah bank di Indonesia. Mohon untuk menekan tombol share artikel di bawah ini untuk membagikannya di media sosial kalian, Terima kasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel