Cara Mendaftar Internet dan SMS Banking Bank Papua

Cara Mendaftar Internet dan SMS Banking Bank Papua

Baca juga :

Papua adalah daerah paling timur Indonesia yang menyimpan potensi kekayaan alam. Selain sumber daya alam, juga terkenal dengan kekayaan flora fauna dan juga destinasi wisatanya yang berlevel internasional seperti raja ampat. Salah satu bank pembangunan dari papua bernama Bank Papua yang saat ini menajadi bank besar dan melayani setiap transaksi bagi masyarakat di pulau Papua.
bank papua

Apakah Bank Papua memiliki fitur internet atau mobile banking? Hingga berita ini ditulis, Bank Papua tengah mengupayakan beberapa platform digital yang diantara lain seperti Mobile Banking, Internet Banking, dan layanan SMS Banking berbasis Android.

Untuk layanan mobile banking sendiri sedang dalam proses di OJK dan menunggu izin prinsip. Produk internet banking sedang melengkapi kajian feasibility study ke OJK.

Jadi kkita tunggu saja, untuk para nasabah bank papua, untuk bisa menggunakan fitur ini. Semoga ke depannya masyarakat papua juga bisa melek teknologi dan memanfaatkan adanya internet banking yang sebentar lagi akan diurus ini.

Nah sebenarnya mobile dan internet banking begitu diperlukan untuk zaman sekarang. Gunanya adalah untuk mempermudah setiap transaksi seperti pembelian token listrik, tagihan air, isi pulsa hingga transfer.

Dengan adanya layanan ini, nasabah tidak perlu lagi mengunjungi ATM fisik atau bahkan ke kantor cabang untuk mengecek saldo, melakukan transfer dan transaksi lainnya. Jadi kita doa kan saja agar bank papua segera mempercepat proses upgrade layanan ini.

Kita bahas sedikit mengenai sejarah pembangunan bank ini. Bank Papua tentu saja memiliki kantor pusat di kota Jayapura. Bank ini didirikan pada tahun 1966 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Irian Jaya (PT BPD Irian Jaya).

Baca juga : Mengenal Cara Kerja QNet, Korban dan Isu Penipuan yang Dilakukan Anggotanya

Pendirian bank ini berkat rekomendasi dari Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakaat dan tokoh pengusaha swasta di Papua atas dasar pemikiran perlunya suatu lembaga keuangan yang berbentuk Bank, yang secara detail membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di untuk daerah timur Indonesia.

Jadi, kita fokus ke panduan bagaimana cara mendaftar SMS banking bank Papua. Pada dasarnya, mendaftar sms banking dan internet banking atau mobile banking itu sama saja, kamu harus mengunjungi kantor cabang terdekat dan melengkapi segala persyaratan yang diminta.

Panduan daftar sms dan internet banking bank papua


Baiklah, langsung saja berikut adalah beberapa langkah dalam seperti yang tertera dibawah ini :

Langkah 1 :

Pastikan kamu sudah terdaftar menjadi nasabah dari bank Papua. Kamu sudah harus memiliki jenis tabungan seperti tabungan Simpeda, Simanja, Simpel atau TabunganKu.

Langkah 2 :

Setelah itu, persiapkan terlebih dahulu persyaratan yang nantinya akan diminta, seperti KTP, buku tabungan, Kartu ATM, E-mail dan nomor HP yang valid.

Langkah 3 :

Kemudian datangi kantor cabang bank papua yang sudah tersebar di berbagai kota dan kabupaten yan ada di Papua. Temui petugas customer servicenya dan tanyakan mengenai kepengurusan internet atau sms banking. (untuk saat ini mungkin internet banking masih belum tersedia)

Langkah 4 :

Kemudian kamu diharuskan mengisi formulir pendaftaran fasilitas SMS Banking dan melampirkan buku rekening tabungan mu kepada petugas CS. Untuk internet banking mimin rasa sama saja persyaratannya. Jadi minta instruksi dari CS saja.

Langkah 5 :

Lalu kamu menyerahkan fotokopi kartu identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/KITAS) yang masih berlaku. Jangan lupa Untuk Keamanan Jagalah Kerahasian PIN milikmu dan setelah transaksi segera hapus pesan sms yang sudah ada di Inbox untuk menjaga kerahasian PIN.

Langkah 6 :

Cara menggunakan sms banking yaitu kamu mengirim pesan ke 3132 (Kode SMS Bank Papua), maka kamu akan menerima balasan SMS atas transaksi yang diinginkan dan bila kamu ingin melanjutkan transaksi lainnya dapat mengikuti petunjuk penggunaan SMS Banking.

Lalu apa yang bisa dilakukan dengan SMS banking papua? Kamu bisa melakukan berbagai tujuan seperti :

  • Membeli Voucher
  • Informasi Tagihan
  • Pembayaran Tagihan
  • Help
  • Informasi saldo
  • Informasi Suku Bunga
  • Perubahan PIN
  • Pendaftaran rekening tujuan transfer
  • Transfer Internal

Kesimpulan


Untuk saat ini fitur Internet Banking belum tersedia, nanti akan mimin update lagi cara mengurusnya setelah tersedia. Untuk sms banking,
merupakan layanan perbankan yang dapat diakses melalui layanan SMS dengan menggunakan fasilitas HP. adapun keunggulannya diantara lain adalah Kemudahan bertransaksi, kapan saja dan di mana saja serta Kenyamanan bertransaksi.

Lihat juga : Memilih Investasi Deposito Syariah Berjangka Tanpa Suku Bunga

Demikianlah pembahasan seputar Cara Daftar Internet dan SMS Banking Bank Papua kali ini, semoga bisa membantu para nasabah dalam memanfaatkan layanan perbankan ini di tanah papua. Jangan lupa share tulisan ini ya!
Buka Komentar