Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Website Manga Komik Online Bahasa Indonesia Terbaik

Apakah kamu suka baca manga dan komik online sub indo? Sedang mencari rekomendasi situs penyedia konten manga dan komik berbahasa indonesia yang update setiap hari dan gratis? Semoga postingan kosngosan kali ini dapat memberikan referensi buat teman teman sekalian.

Membaca menjadi kebiasaan positif yang musti dipupuk sejak dini. Tujuan membaca sendiri selain untuk menambah pengetahuan, juga bisa untuk menghibur. Salah satu membaca dengan tujuan menghibur adalah membaca komik. Komik dalam istilah Jepang disebut juga dengan Manga. Dan ada banyak penggemar Manga ditanah air.

Kali ini, kosngosan akan membahas beberapa situs penyedia konten manga (komik asal jepang) yang paling update dan terlengkap dengan hasil terjemahan bahasa Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sudah punya traffic ratusan ribu perharinya.

Tidak mengherankan memang. Karena kebanyakan pengunjung di Internet juga menginginkan hiburan. Dan salah satu hiburan itu adalah dengan membaca komik online (termasuk manga ecchi, wkwkwk)

Ada berbagai kelebihan komik online yang bisa kamu dapatkan, seperti kamu tidak perlu lagi membeli manga aslinya. Cukup bermodalkan komputer atau smartphone dengan koneksi internet, kamu sudah bisa membaca komik setiap harinya.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah jangan pernah melakukan pencetakan atau print terhadap komik yang kamu dapatkan, karena memiliki hak cipta. Bila kamu sebar luaskan, maka kamu harus bersiap menghadapi tuntutan hukum.

Website Baca Manga Sub Indo Terbaik

website manga sub indo terbaik

Kamu juga bisa cari website download anime bahasa indonesia juga. Setelah kita membicarakan sedikit mengenai manga, maka sampaikan kita pada yang ditungu tunggu.

Kamu bisa membaca manga secara online dan gratis dengan mengunjungi situs situs dibawah ini :

1. Komikid


Situs komikid banyak memberikan update manga mulai dari yang paling terkenal seperti one piece, boruto, black clover, attack on titan dan manga lain. Tampilannya sederhana dan relatif lebih sedikit iklan.

komikid situs baca manga

Buat kamu yang menyukai membaca tanpa scrolling, bisa mengunjungi situs ini. Karena situs ini memberikan pengalaman membaca manga lewat page per page.

Jadi kamu bisa menekan next atau before di tombol keyboard komputer atau laptop milikmu.


2. Mangaku


Situs mangaku menyediakan berbagai macam manga berbagai genre mulai dari manga yang masih ongoing hingga manga yang sudah selesai atau cuma beberapa season saja.

Tampilannya yang cukup clear dan simple membuat kita bisa membaca dengan leluasa. Ya walaupun ada beberapa iklan pop up yang dipasang, tapi tidak terlalu mengganggu sih.

3. Otakuindo


Pertama kali membuka situs ini kamu akan menemukan beberapa list pilihan manga rekomendasi dari penulis.

Otakuindo tampil dengan interface yang clean berwarna putih bersih dan minim dari space iklan yang bertebaran (untuk iklan pop up memang masih ada).

Kamu bisa membaca manga di sini dengan scrool kebawah seperti pada kebanyakan situs manga lain. Dan semuanya juga sudah update dan terbaru.

Jadi tidak perlu khawatir mengenai manga kesayanganmu seperti one piece, one punch man, nanatsu no taizai dan banyak lagi manga lain.


4. Mangaid


Mangaid dot me adalah situs yang punya banyak sekali koleksi komik dari jepang. Background situsnya yang berwarna hitam kelam dan cukup bersih dari iklan, membuat kamu akan merasa nyaman untuk berlama lama di situs ini.

Ya walaupun kebanyakan komik manga yang diberikan disini tidak terlalu update, sepertinya mereka fokus memberikan manga yang kurang populer. Mimin tidak menemukan manga one piece di situs ini.


5. Komikfox


Komikfox merupakan situs penyedia manga dan komik berbagai genre yang cukup lengkap. Walaupun ada banyak banner iklan yang bertebaran, namun tidak lantas membuat mimin berkecil hati untuk mengunjungi situs ini. Karena memang hanya itulah sumber pendapatan pemiliknya :D

Situs ini terbilang cukup fast load, memberikan berbagai manga dan juga tidak lupa review dari para pembacanya.

Jadi selagi kamu asyik membaca manga utama, kamu juga bisa membaca opini dan review dari penggemar manga tersebut.


6. Komikindo


Ada dua jenis situs ini yaitu komikindo dot web dot id dan juga komikindo dot tv. Kedunya sama sama memberikan konten manga yang terbaru dan terupdate.

Tampilannya yang ringan dengan warna putih membuat kita tidak bosan berlama lama disini.

Manga yang diberikan juga banyak dan cukup lengkap, seperti one piece, boruto, shokugeki no souma, dan banyak lagi manga lain. Kamu cukup search saja di situsnya dan ketik judul manga kesukaanmu.


7. Bacamangaku


Bacamangaku dot com tampil dengan background estetik yang memanjakan mata. Sangat sedikit iklan dan kamu bisa mendapatkan banyak manga disini.

Walaupun update nya jarang, karena terakhir mimin cek manga one piece disini sudah cukup ketinggalan ceritanya. Tapi cukuplah untuk diversifikasi situs manga di Indonesia :D


8. Mangaindo


mangaindo dot web dot id merupakan situs yang cukup ringan untuk dibuka. Punya dominansi warna dark dan minim iklan.

Walaupun masih ada pakai iklan pop up, tapi mimin tidak mempermasalahkannya. Update an manga nya juga cukup cepat, karena mimin lihat untuk komik onepiece sudah pada chapter yang terbaru kok.


9. Mangakita


Mangakita dot net adalah salah satu penyedia situs komik paling lengkap di Indonesia. Memiliki background hitam dan terbilang cukup ringan.

Memberikan banyak genre manga seperti genre comedy, romance, adventure, game, action, dan berbagai jenis lainnya. kamu bisa cek list manganya disinimangakita.net/manga-list

Situs ini cukup banyak pengunjungnya dan bisa dibilang paling update untuk mengeluarkan manga setiap minggunya. Jadi jangan khawatir ketinggalan manga favoritmu. Kamu cukup mengunjungi situs ini dan baca manga dengan puas.


10. Mangacanblog


Mangacanblog memberikan pengalaman membaca komik manga online dengan baik. Ya walaupun cukup banyak iklan dan pop up yang melanda.

Situs ini memberikan pilihan untukmu membaca secara page per page atau membaca secara full untuk scroll ke bawah.

Sangat update setiap minggunya. Jadi jangan khawatir ketinggalan manga kesukaanmu. Kunjungi aja situs ini dan baca manga dengan sepuasnya.

Biasanya mimin selalu buka situs ini, mangakita atau komikid, dan mencari mana yang pertama kali update manga one piece dan shokugei no souma :D

Baca juga : Lagu Jepang Soundtrack Anime Terbaik


11. Kiryuu


Situs Kiryuu dot co punya tampilan ciamik dan ringan ketika dibuka. Banyak list manga yang akan kamu dapatkan di situs ini. Manga seperti Black clover, Owari no seraph, dan lain lain bisa kamu temu disitus ini.

Situs ini memberikan banyak genre manga seperti Ecchi, Game, Adventure, Action, Mystery, School, SciFi, Shoujo, Shounen dan banyak lagi. Tinggal kamu pilih kunjungi saja situsnya ya.

Update terbaru

12. Ciayo Komik


Apabila kalian penikmat konten komik yang banyak terdapat di Instagram seperti tahi lalat atau komik si nopal, maka kalian sudah tidak jarang lagi untuk membuka situs yang satu ini.

Ini banyak menyajikan beberapa konsep komik dari animator lokal yang akan memanjakan kamu sepanjang hari

13. ReOn Komiks


Seperti namanya, kamu bisa mendapatkan beberapa komik dari berbagai latar belakang negara seperti dari animator jepang, korea dan memang dikhususkan untuk animator lokal di indonesia.


14. Manga Panda


Situs ini cukup lama menyajikan berbagai konten manga dari negara Jepang yang di update setiap hari dan menggunakan bahasa Indonesia. Koleksi dari manga-nya juga cukup lengkap dan bisa memanjakan kamu


15. Komik Gue


Mungkin dari nama situsnya saja kamu sudah bisa menebak bahwa situs ini memberikan komik online, dalam bahasa Indonesia.

Sebenarnya situs ini memberikan koleksi manga yang cukup lengkap. Jadi harus dipertanyakan kembali, seharusnya si pemilik situs membuat nama manga gue, bukan komik gue, hehehe


16. Manga Reader


Nah kali ini Apabila kamu ingin belajar bahasa Inggris kamu bisa membaca Manga Reader yang menyajikan berbagai konten manga dari negara Jepang dengan menggunakan bahasa Inggris.

Karena menggunakan bahasa Inggris tentu saja update-nya lebih cepat dibanding manga yang menggunakan bahasa indonesia.


17. Manga Shiro


Ini bukanlah situs yang dimiliki oleh Shiro. Entah alasan apa sang pemilik menambahkan situs ini dengan mangasiro.

Namun untuk koleksi manga-nya jangan tanyakan lagi. ada berbagai jenis update manga dari Jepang yang gratis untuk dibaca.


18. Manga Rock


Selanjutnya ada situs yang kembali menyajikan bahasa Inggris untuk teks dalam manganya. Dan ini adalah jawaban dari kebiasaan mu membaca engslish

Seperti namanya situs ini menyajikan manga dari Jepang dengan bahasa Inggris, yang tentu saja updatenya lebih cepat dari manga yang menggunakan bahasa Indonesia.


19. Webtoon


Siapa yang tidak kenal dengan Webtoon? Aplikasi milik Line ini, digemari oleh anak muda untuk dijadikan sebagai media dalam membaca komik.

Ribuan jenis judul komik dari berbagai negara yang bisa kamu baca di aplikasi ini dan tentunya sangat menarik. Kamu bisa mengunjungi situsnya atau menginstal aplikasinya langsung di perangkat Android atau iOS milikmu


20. Crunchyroll Manga


Situs ini sedikit sulit dalam pengucapannya, menyajikan banyak sekali konten anime dan juga manga dari Jepang.

Kamu bisa mengaksesnya secara gratis menggunakan trial dan menjadi anggota member premium untuk mendapatkan konten yang lebih memuaskan.


21. WebComics


Ini merupakan salah satu aplikasi baca komik online yang bisa kamu instal di perangkat Android atau iOS milikmu.

Kamu bisa membaca berbagai jenis genre komik sesuai selera dengan gratis. Namun ingat aplikasi ini hanya menyediakan komik dengan bahasa Inggris


22. RayManga


Rekomendasi terakhir ada pada aplikasi yang bernama Ray Manga ini. Kamu bisa membaca dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Namun Sayangnya kamu harus menjadi member Premium untuk mendapatkan konten dari komik-komik yang ada di dalamnya secara full.

Tips Cari Website Manga dan Komik terbaru : Buat kamu yang ingin update terus mendapatkan website baca manga dan komik online, kamu bisa cara di mesin pencari, tapi jangan menggunakan google.
Pakai mesin pencari DuckDuckGo dot com kemudian cari dengan menggunakan kata kunci "Baca Manga Indonesia" atau sejenisnya


Video Website Manga Sub Indo



Kata Penutup

Well itu semua adalah nama nama situs yang mungkin bisa mimin berikan. Masih banyak lagi sebenarnya situs penyedia komik manga di Indonesia.

Kamu cukup search saja dengan kata kunci "baca manga indo" di mesin pencarian yahoo atau yandex (jangan google, karena google sudah pasti melakukan de-index terhadap situs2 diatas)

Nih buat yang mau nonton situs rekomendasi baca komik dan manga online versi videonya, sudah mimin upload di youtube milik kosngosan dibawah ini, tinggal klik play dan tonton, jangan lupa subscribe, like dan share ya

Jadi sebenarnya situs diatas cukup rentan untuk mengalami deindex, atau penurunan peringkat karena memang dianggap melanggar hak cipta atau terkait copyright. Jadi silahkan cari di mesin pencarian lain selain google.

Demikianlah beberapa daftar Situs Download Baca Manga Kartun Bahasa Indonesia Paling Update kali ini. Semoga bisa menambah referensi kalian dalam mencari bacaan yang mengibur. Jangan lupa share tulisan ini kepada teman teman mu yang lain ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya