Cara Aman Belanja Online dengan Hemat Saat Bulan Puasa Tiba

Cara Aman Belanja Online dengan Hemat Saat Bulan Puasa Tiba

Baca juga :

Belanja di bulan Ramadhan memang memberikan pengalaman religius yang lebih dibandingkan berbelanja pada bulan lain. Namun sayangnya ketika bulan ramadhan tiba, harga cenderung lebih mahal begitu juga dengan para pelapak online yang menjual dagangannya lewat toko online. Tapi tenang saja, kita bisa mengakalinya dengan menerapkan beberapa tips dibawah ini.

Kali ini kosngosan bakalan membahas mengenai tips dan cerita pengalaman belanja online di bulan ramadhan bagi anak kos. Kalau kamu merasa nafsu belanjamu melonjak di bulan Ramadhan ini, apa yang bakal kamu lakukan? Pasrah? Ngirit? Atau minta tambahan bulanan dari ortu? Apa pun pilihanmu, mimin yakin bahwa anak kost tetaplah anak kost yang menginkan belanja sebanyak-banyaknya dengan harga semurah-murahnya.

Dan kalian bakal bertanya, hellow? Mana mungkin belanja bisa hemat di bulan ramadhan yang terkenal dengan inflasi musimannya? Dan mimin menjawab, sudah tau ecommerce terbesar di tanah air blon? Dan semua pada nyimak. Sebagai salah satu pionir market place-nya Indonesia, siapa sih kaum milenials yang tidak mengenal e commerce?

Baca juga : Cara Melaporkan Pelaku Penipuan Jual Beli Online ke Bank dan Polisi

Karena berbelanja online di saat bulan puasa akan memuaskan nafsu belanja kebutuhan lebaran dan buka puasa mu, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan anggaran khusus untuk membeli kebutuhan selama di bulan puasa ini.

Tips belanja di toko online ketika bulan ramadhan


Dan sebelum mimin menceritakan pengalaman belanja disaat bulan ramadhan, mimin nge-share dulu beberapa tips mainstream belanja online di bulan ramadhan ini. Penasaran? ayo baca satu satu di bawah ini :

belanja hemat ramadhan

1. Set goal dan niat


Kamu tidak akan melakukan sesuatu tanpa niat dan tujuan. Ibarat ada udang dibalik batu, kamu tetap ingin memperhitungkan untung ruginya. Kamu berbelanja juga pasti ingin mendapatkan produk yang kamu inginkan dengan cara sesimpel mungkin, bukan?

Dan pilihlah toko online yang benar benar memberikan pengalaman berbelanja yang maksimal memuaskan yang cukup untuk membuktikan itu. Kalau kamu masih keukeuh, tidak ada salahnya belanja keperluan ramadhan di ecommerce dalam partai besar, seperti mie instan atau shampoo pesanan satu komplek kost an.

2. Teliti si pelapak atau penjual


Banyak dari kamu yang masih awam berbelanja, menggunakan jasa market place abal-abal dan akhirnya mengalami penipuan. Sekarang kamu tidak perlu takut lagi, berbelanjalah di toko online yang sudah terbukti dan sering beriklan di media mainstrem.

Lihat review dan ulasan ataupun testimoni pelanggan yang sudah membeli produk dari si penjual. Faktor rating dan ulasan yang positif turut meningkatkan kredibelitas si penjual. Jadi, yakin deh dengan toko online yang akan kamu pakai untuk berbelanja.

3. Carilah promo, cashback atau diskon pada banner atas toko online


Biasanya dihari hari tertentu misalnya akan ada promo atau diskon khusus untuk barang barang tertentu, seperti hari kamis promo khusus furniture, atau rabu untuk pakaian maskulin pria dan sebagainya. Kamu harus bisa memanfaatkan promo, diskon dan cashback pada banyak akun di e-commerce milikmu.

4. Beli produk murah lewat Flash Sale


Flash sale memang menggiurkan. Harga yang ditawarkan pada event flash sale bisa mencapai 50% lebih murah dari harga normal. Akan tetapi butuh perjuangan ekstra untuk mendapatkannya. Kamu harus rela bersaing membuka halaman flash sale tepat pada jam, menit dan detik yang sedang berlaku.

Misalnya flash sale di e-commerce A menjual smartphone dengan harga 799.999 misalnya pada jam 10.00 wib, maka kamu harus stay di website atau aplikasinya pada jam 09.59 dan kamu harus bersaing dengan puluh ribuan bahkan jutaan orang yang menginginkan barang tersebut. Berikut baca tips flash sale lazada disini.

3. Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi kantong


Ini nih yang mimin suka dari berbagai metode pembayaran di ecommerce nasional. Setelah konfirmasi pesanan, kamu bakalan disuguhi banyak metode pembayaran seperti transfer via atm, kartu debit, ind*maret, alf*mart, cicilan, krediv*, alip*y, d*ku e-wallet dan yang paling mimin suka adalah metode bayar ditempat.

Karena kurir yang sudah menyebar di seluruh kota besar di Indonesia, kamu bisa pesan barang tanpa khawatir lagi dengan alasan klasik seperti tidak ada rekening, takut barang tidak dikirim langsung oleh pihak kurir ketiga dan macem-macem.

4. Waiting and praying


Selama satu sampai tujuh hari kerja (biasanya sih mimin paling lambat tiga hari deng!) kamu mungkin harap-harap cemas bukan? Tenang saja. Babang kurir akan membawakan belanjaanmu dengan aman.

Satu saran buat kamu, tolong sediakan duit pas untuk transaksi di tempat. Kasihan kan abang kurir-nya kalau ternyata dia harus memecah duitmu? Apa kamu mau dikasih kembalian permen seperti di swalayan? (Tentu tidak mungkin :D)

5. Jangan lupa untuk merawat barang tersebut


Intinya kalau kamu puas, kamu bakalan menceritakan pengalaman berbelanjamu kepada semua kenalanmu. Begitu juga dengan mimin. Mimin memberikan tips diatas karena memang semua berdasar pada pengalaman belanja mimin dibulan ramadhan kemarin.

Bila kamu sudah mendapatkan barang yang kamu incar, jangan sampai kamu lalai untuk menjaganya. Barang yang kamu beli sepenuhnya adalah tanggung jawab mu. Jadi rawat dan jagalah karena dia adalah milik pribadimu.

Ceritanya mimin hendak membeli krim penumbuh rambut brand terkenal itu. Mimin butuh untuk melebatkan jidat atas yang jenong sekaligus berniat menyuburkan jenggot sesuai Sunnah. Mungkin atmosfir ramadhan membuat mimin pengen brewok supaya terlihat macho dan kusyu' dalam beribadah.

Sibuk bekerja dari pagi sampe sore, menyebabkan alternatif terbaik mimin buat berbelanja online. Karena hanya di ecommerce mimin bisa transaksi di tempat. Dan karena mimin berada di Kota Pekanbaru, cuma akses kurir mereka lah yang bisa mewujudkannya

Baca juga : Cara Belanja Online Bayar di Tempat dan Gratis Ongkir

Betul saja, setelah menunggu tiga hari (sebelumnya mimin menerima email notifikasi status pengiriman barang), bang kurir menelepon mimin yang sedang bekerja. Untungnya mimin telah mempersiapkan duit pas dan mengalihkan penerimaan barang kepada kawan sekost.

Walhasil, mimin kini sudah berpenampilan brewok berkat belanja ramadhan aman lewat online. Bukan hanya itu, banyak diskon menarik selama bulan puasa kali ini.

Lengkaplah hidupmu karena telah terbantukan untuk belanja online tanpa ribet dan murah. Segera berbelanja online untuk selengkapnya Gaes! Sekian tips dan pengalaman mimin mengenai belanja online ramadhan kali ini.
Buka Komentar