Cara Menghindari CopyRight Video dan Musik di YouTube

Cara Menghindari CopyRight Video dan Musik di YouTube

Baca juga :

YouTube sebagai salah satu platform media sosial berbasis video menjadi salah satu media yang paling populer saat ini. Kepunyaan Google ini sudah memberikan keuntungan besar bagi pihak google dan juga bagi para youtuber atau content creator.

Banyak anak muda, pebisnis, penggemar film dan sebagainya yang memanfaatkan youtube sebagai media hiburan sekaligus tempat mencari uang dari pengiklan adsense. Apalagi bagi yang memiliki subscriber jutaan dengan view video yang juga jutaan, maka otomatis akan membuat para pemilik channel youtube mendapatkan penghasilan setiap bulannya.

Adanya perubahan trend antara membaca dari blog atau website menuju menonton konten visual seperti video di youtube atau instagram memang harus sedang terjadi saat ini. Maka tidak jarang ada banyak para content creator yang berloma lomba membuat video di youtube.

Para pemula ini melakukan berbagai cara untuk dapat menghasilkan video yang berkualitas dan juga update setiap harinya. Bagi yang memilih cara positif, maka mereka menciptakan video yang benar benar berasal dari hasil keringat mereka sendiri.

Baca juga : Pertimbangan Menentukan Niche Topik Blog dan Website Bagi Pemula

Bagi yang bermain negatif seperti reuploader, mengapload ulang video orang lain dengan mengadakan editing sedemikian rupa, sehingga menghasilkan konten video yang "dirasa baru" kemudian diterbitkan di channel milik sendiri dan diberi deskripsi dan judul yang berbeda.

Jadi hal yang perlu kamu ketahui saat ini adalah, YouTube sendiri sudah memiliki teknologi canggih yang bisa mencari konten duplikasi dan yang melanggar copyright atau hak cipta. Jadi ada banyak pertanyaan seperti, bagaimana cara lolos copyright youtube? bagaimana cara menghindari copyright audio atau video di youtube?

Apakah memungkinkan kamu bisa mengedit audio dan video agar tidak kena copyright? Well pada dasarnya itu semua bisa dilakukan asal kamu sudah membaca aturan dan tos yang diberlakukan oleh YouTube itu sendiri.

Tips Menghindari Hak Cipta di YouTube


copyright youtube

Mimin akan kasih tau 5 hal agar akunmu terhindar dari masalah copyright yang bisa bikin channel youtubemu lenyap dan hangus tak bersisa apabila benar benar terjadi pelanggaran yang serius. Ada banyak yang mengalami channel youtube yang di suspended, iklan di stop, video diblok dan sejenisnya.

Sudah bikin video capek-capek, mengedit siang malem, upload sampe kuota jebol dan malah videonya terkena masalah copyright. Dan paling apesnya adalah channel kesayanganmu terhapus pula. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan sebentar mengenai postingan ini.

1. Menggunakan Video, Gambar di dalam Video dan Thumbnail


Mimin banyak banget ngeliat hal ini, kalau kamu pakai materi ber hak cipta. Nantinya kamu akan berisiko terkena masalah. Memang ada klausul fair use atau penggunaan wajar. Akan tetapi didalemnya banyak hal-hal teknis yang harus dipahami.

Misalnya pakai gambar bintang film yang kita ambil dari google, dan kita pasang di thumbnail, jika ketahuan yang punya foto, kita bisa kena klaim. Ada banyak contoh channel youtube terkenal yang hangus karena karena pakai thumbnail punya orang.

Mimin ingin kasih tau kalian kalau ada channel yang bener-bener kena suspend sebenernya masalahnya sangat sepele. Seperti misalnya kamu ambil thumbnail mereka dan kamu edit, isi nama tulisan, ganti kepala terus kamu edit sedikit gambarnya dan tidak langsung kamu ambil punya mereka dan kamu pasang, dan itu cuma thumbnail.

Sekali lagi bukan karena konten videonya tapi karena thumbnailnya! walaupun katanya thumbnailnya udah di edit, youtube tidak peduli. Dan setelah 3 kali terkena klaim, akhirnya itu channel hangus hilang ditelan bumi.

Buat youtuber indonesia memang memiliki posisi yang cukup susah, karena hukum yang akan digunakan dan berlaku berasal dari Amerika. Kalau kamu kena masalah hak cipta, mau ke pengadilan sana untuk banding? Jadi saran mimin adalah stop memakai materi yang berhak cipta.

2. Memakai logo resmi punya Perusahaan atau pihak lain


Youtube sangat menghargai konten yang berkualitas dan memburu konten video yang menyesatkan dan berisi informasi hoax. Contohnya kalau channel mu tentang musik, dan kamu pasang logo di thumbnailmu seakan-akan kamu dari sebuah label misalnya dari SONY dan sebagainya, maka bisa dipastikan kamu akan terkena masalah dikemudian hari.

Dalam hal ini kamu melanggar bagian penipuan identitas atau menggunakan brand yang menyesatkan penonton. Ini dilarang di youtube. Jadi intinya jangan pakai logo resmi punya orang. Buatlah brand logo sendiri dengan buatan sendiri yang tanpa mengandung brand orang lain yang sudah ada.

3. Jangan memakai Lagu atau Musik yang mengandung Hak Cipta


hak cipta youtube

Pada suatu waktu, kamu suka banget lagu Bruno Mars, dan kamu merasa sangat cocok dengan video yang akan kamu upload nanti di YouTube. Selama kamu nggak punya izin dari perusahaan rekaman Bruno Mars-nya, maka jangan sekali-sekali menggunakan musik tersebut dalam videomu.

Youtube memiliki teknologi yang disebut sebagai ContentID yang bisa otomatis mendeteksi audio. Bahkan kemarin ada yang iklannya dihapus karena menggunakan musik yang mengandung hak cipta dengan contoh kasus seperti ini, ketika live streaming ada teman disebalahnya memutar lagu dan masuk kerekam dalam video tersebut. Alhasil ini bisa kena klaim. Bahaya sekali bukan?

Jadi bagaimana dong solusinya? Kalau kamu mau aman, pakai backsound dari Youtube saja. Atau cari musik free copyright, ada banyak kok bertebaran di internet. Tinggal download saja. Walaupun akan banyak yang memakai, tetapi ini akan lebih melegakan.

4. Belajar dari kasus Give Away


Kamu pasti sering menemui video yang memberikan barang give away di Youtube, bukan? Faktanya, apabila kamu tidak memberikan disclaimer yang jelas dan mematuhi aturan youtube akan bisa terkena masalah juga dikemudian hari. Wah baru tahu kan?

Youtube tidak mau menjadi media yang digunakan sebagai ajang penipuan yang bisa merugikan pihak pihak tertentu. Pihak Youtube sudah memberikan pedoman ketika kita ingin membuat kontes semacam give away.

5. Hindari membeli subsciber dan viewer


Sekarang untuk yang belum tahu, kalau kamu membeli subscriber, viewer dan hal yang bisa mendongrak popularitas channel youtube mu secara tidak sehat, seperti misalnya cara pintas, maka segeralah untuk bertaubat sebelum channel kesayanganmu hilang tak berbekas.

Jangan termakan hoax dengan menonton 1 menit aman. Faktanya subs to subs atau aktifitas saling melakukan subscribe pada channel Youtube masing masing tetap tidak akan aman dan tidak akan pernah aman. Selain merusak channel mu, juga bisa merusak channel milik orang lain.

Baca lainnya : Cara verifikasi PIN google adsense memakai kartu domisili selain KTP

Percayalah, kalau kamu bermain youtube sudah lama, maka kamu pasti sudah pernah merasakan pahit manisnya kehidupan sebagai seorang youtuber. Ditambah lagi sekarang Toutube semakin mengetatkan peraturannya.

Bagaimana? sudah paham bukan bahwa menjadi youtuber itu tidaklah gampang. Dibutukan passion dan konsistensi dalam menghasilkan konten yang benar benar berkualitas dan bebas hak cipta. Jadi silahkan bagikan tulisan ini di media sosial milik mu ya!
Buka Komentar