Cara Reupload Video YouTube tanpa Klaim Copyright, 100% Aman

Banyak pemula yang menginginkan menjadi youtuber handal dalam waktu singkat, tanpa perlu menghasilkan konten video dengan susah payah, dan langsung memiliki viewer dan subscriber ribuan, bahkan jutaan. Apakah itu mungkin? pertama, kamu harus tahu hukum bisnis didunia ini, tidak ada bisnis yang instan dan tanpa usaha.

Jadi bila kamu menginginkan kesuksesan instan dan cepat dari sebuah channel youtube-mu, maka sebaiknya kamu berhenti dari sekarang. Baik itu youtube atau blog, sama sama membutuhkan proses pengembangan, hingga menghasilkan masterpiece seperti Channel Atta Halilintar atau Blog MaxManroe.
reupload video youtube

Jadi pertanyaan paling sering di tanyakan oleh pemula adalah, bagaimana cara reupload video youtube tanpa kena hak cipta? Atau bagaimana cara edit video agar lolos dan tidak terkena copyright? itu adalah pertanyaan klise yang banyak diajukan.

Jawabannya tentu saja ada. Teknik dan trik khusus yang bisa kamu terapkan kepada video di channel youtube baru mu itu. Karena semakin baru, pihak youtube terus saja mengembangkan teknologi dalam mendeteksi adanya plagiasi terhadap setiap konten video yang diapload di situs mereka, maka dari itu kita harus mematuhi aturan dari mereka.

Baca juga : 11 Tips Ampuh Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses

Tapi sayangnya masih banyak youtuber amatir yang bandel dengan pelanggaran keras ini. Sekali kamu kena strike hak cipta, maka bisa saja channel mu berhenti monetize, atau yang paling menyedihkan sampai dihapus.

Oleh karena itu, pelajari lagi ketika menggunakan ulang konten orang lain pada video-mu. Ada aturan yang ketat, mengatur hal tersebut. Bukan berarti kamu tidak boleh mencamtukan karya orang lain pada karyamu, hanya saja kamu harus mematahui aturannya, seperti dibawah ini:

1. Pahami istilah Fair Use


Fair Use, Fair Dealling atau penggunaan wajar adalah suatu aspek hukum yang memperbolehkan pengguna secara hukum untuk menggunakan bahan dan konten yang sudah diupload di Youtube yang sudah memiliki copyright, dengan syarat tertentu. Masih bingung?

Singkatnya adalah kamu diperbolehkan menggunakan kembali konten yang sudah memiliki hak cipta, sebagai bahan dasar tanpa perlu meminta izin kepada yang punya untuk keperluan pembuatan video dengan konten baru, seperti video kompilasi yang ada di channel calon sarjana, YtCrahs, Daftar Lima, Shiny Peanut dan sebagainya.

Untuk selengkapnya mengenai peraturan ini, kamu bisa baca ketentuan fair use youtube. Disitu ada juga video penjelasan yang bisa membantu kamu memahami apa yang sebenarnya diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan.

2. Edit video "Fair use" mu menggunakan teknik ini


Bila kamu menggunakan konten video orang lain dalam videomu, setelah kamu memenuhi syarat fair use, maka ada baiknya kamu menggunakan editing kembali pada video- tersebut supaya lebih aman. Hal apa saja yang perlu kamu edit untuk membuat video mu terlihat unik dan baru kembali?

Membuat opening dan ending buatan sendiri


Opening dan ending adalah bagian awalan dan akhiran yang bisa kamu masukkan dalam video mu. Ini adalah sebagai pemberi identitas tersendiri, jadi apabila kamu menemukan ada opening khas dari video lama, segera cut dan hapus, ganti dengan video opening dan ending barumu.

Mengedit sound pada video


Music dan suara sangat diperhatikan dalam konten video. Jangan menggunakan musik yang memiliki hak cipta. Bila ada musik yang mengandung hak cipta, segera hilangkan ganti ke musik fee lisensi.

Mengedit kecepatan dan transisi video


Hal ini bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi pengedit video, mengatur kecepatan video lebih cepat kira-kira menjadi 10-30 persen lebih cepat dan memberikan efek transisi pada setiap pergantian video, seperti yang dilakukan oleh calon sarjana, YtCrash dan channel kompilasi lainnya.

Mengedit pencahayaan dan warna video


Mengedit cahaya dan warna pada video bisa menggunakan aplikasi maupun tidak. Penggunaan aplikasi seperti camtasia atau aplikasi yang lebih pro lainnya, bisa menambahkan warna sesuai yang kamu mau. Atau kamu cukup memanfaatkan menu creator studio yang sudah disediakan oleh Youtube. Perhatikan agar video tetap enak ditonton ya.

Jangan langsung memberikan status publik pada video mu setelah publish


Ini memang terdengar sedikit subjektif, ada yang mengatakan bahwa ketika kamu mempublish videomu tersebut, jangan langsung memberikan status public, berikan status privacy selama kira kira 3 hari, kemudian ubah statusnya menjadi public. Hal ini untuk membuat pihak Youtube tidak langsung mengecek video yang baru kamu publish tersebut. Well, ini bisa kamu percaya atau tidak ya.

3. Masukkan Term and Condition pada deskripsi Videomu


Walaupun tidak menjadi kewajiban, kamu bisa saja membuat syarat dan ketentuan dalam setiap video kompilasi yang kamu buat. Seperti dalam video calon sarjana yang menegaskan kembali tentang peraturan fair use, dan apabila ada pihak-pihak yang merasa keberatan, maka bisa melaporkan nya langsung kepada pihak mereka.

Contohnya seperti dibawah ini :

Copyright Disclaimer
Title 17, US Code (Sections 107-118 of the copyright law, Act 1976):
All media in this video is used for purpose of review and commentary under terms of fair use
All footage, and images used belong to their respective companies
Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing
For copyright matters please contact us at: calonsarjana@hotmail.com

Pada channel YtCrash, kamu mungkin akan mendapati kata-kata di deskripsi videonya seperti yang ada dibawah ini

For Copyright Issues, business cooperation (including media & advertising) please contact : ytcrash27@gmail.com

4. Membuat video reaksi


Selain membuat video kompilasi, ada juga pilihan terbaik untuk kamu sebagai youtuber pemula, yaitu membuat video reaksi. Kamu bisa menggabungkan video reaksimu dengan video asli yang akan kamu tanggapi. Misalnya kamu bisa saja mengapload ulang sinopsis film terbaru dan menyertakan video reaksimu dibawahnya. Tentunya dengan pengeditan yang sudah dilakukan seperti pada langkah awal tadi.

5. Adakah Reupload yang aman?


Pada dasarnya, setiap video yang sudah diapload di youtube, bisa saja di upload ulang oleh pemilik hak ciptanya tanpa terkena masalah, mungkin dengan tujuan perbaikan kualitas video dan sebagainya. Karena pada dasarnya dia memang yang punya videonya. Berbeda dengan orang lain yang mencuri video dan memasukkan video tersebut di channel miliknya.

Hal ini pada awalnya memang terlihat aman, apabila video reapload tersebut tidak diklaim oleh pemilik aslinya, bisa saja pemilik asli melihat namun mengabaikannya, atau memang tidak melihatnya sama sekali. Jadi ya hal itu termasuk probabilitas, sama saja dengan berjudi. Namun secara umum, tidak ada reupload yang aman.

Untuk itulah kamu diharuskan benar-benar menghargai karya setiap orang, meskipun itu terlihat sepele dan sederhana. Karena youtube adalah tempat bagi mereka yang benar-benar berkarya, bukan plagiator atau reuploader. Hasilkan lah karya yang benar-benar berkualitas dan disukai banyak orang.

Baca juga : Cara Membuat Vlog YouTube yang Menarik dan Populer

Salam dari youtuber pemula. Kamu lebih baik menghasilkan video amatiran, namun tetap berasal dari hasil karya kerasmu, dibandingkan mencuri kepunyaan orang dan mengaploadnya ke channel milikmu. Itu sama saja membahayakan channel yang selama ini kamu bangun dengan susah payah. CMIIW

channel kosngosan

Perlu kamu ketahui juga, kosngosan kini sudah memiliki channel di YouTube lho. apabila kamu ingin subscribe dan mendapatkan video menarik yang terkait langsung dengan blog kosngosan, silahkan kunjungi, like, share dan subscribe channel kosngosan disini.

Bagaimana? semoga cita-citamu untuk menjadi youtuber profesional tersampaikan, ya. Jangan lupa untuk terus belajar edit video dan bagaimana menghasilkan konten yang disukai banyak orang. Bila kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar mu dibawah ya. trims sudah berkunjung di kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel