Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Channel YouTube Dari Awal Hingga Menghasilkan Uang

Bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube? Tentunya kamu harus memiliki channel dengan subsciber dan viewer yang banyak dulu. Siapa yang tidak kenal dengan social media ini? zaman sekarang YouTube menjadi salah satu platform media sosial yang berbasis video paling populer di tanah air. banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi youtuber dan mendapatkan penghasilan yang besar dari channel yang dibangunnya.

Lihat saja seperti Atta Gledek dan Ria Ricis, yang menjadi youtuber paling berpengaruh di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Mereka semua mulai dari awal, dari yang bukan siapa siapa, subscriber nol, menjadi seorang youtuber yang terkenal.

Pada kesempatan kali ini, kosngsoan akan membahas Bagaimana cara menjadi youtuber sekaligus tips tips ampuh untuk membangun channel dimulai dari awal. Ada banyak sekali pertanyaan Bagaimana cara cepat untuk memiliki subscriber dan viewer banyak di YouTube. Yang bisa mimin katakan adalah semua itu butuh proses dan usaha untuk menghasilkan konten video yang berkualitas dan disukai oleh banyak orang.

Niche Gaming atau saat ini tetap menjadi yang paling populer, seperti game moba analog atau battle royale. Tapi mimin sarankan untuk membuat channel yang sesuai dengan kemampuan kamu dan jangan memaksakan dirimu untuk membuat vidio di luar kemampuan dan passion.

Selain niche gaming, niche Vlog juga banyak penggemarnya. sobat kosngosan bisa baca tips membuat Vlog untuk Youtube yang disukai banyak orang disini.

Hal ini tentunya akan berdampak terhadap hasilnya yang bisa saja hancur. Misalnya kamu jago editing di photoshop, maka kamu hanya bisa membuat video mengenai cara edit berbagai tipe editing yang ada di photoshop seperti efek smudge. Jangan membuat vidio gaming atau fakta unik karena mungkin saja kamu tidak bisa main game dengan benar dan speaking kamu minim untuk membuat video fakta unik seperti On The Spot.

Perlu kamu perhatikan adalah mengenai originalitas vidio, apakah melanggar hak cipta atau tidak? Pengawasan vidio di YouTube lebih ketat dibandingkan pengawasan artikel pada dunia blog.

Jadi buatlah vidio yang tidak ada duanya di dunia ini supaya channel kamu terlihat profesional nantinya. Mungkin jika sobat kosngosan adalah seorang blogger dan ingin terjun ke dunia peryutuban, maka itu bukanlah hal yang sulit bagi kamu apalagi bisa membuat vidio original di blog.

Sebelum bepergian pastinya kamu membutuhkan yang namanya persiapan, begitu juga ketika kamu ingin memulai sesuatu misalnya menjadi YouTuber profesional. Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi YouTuber adalah sebagai berikut. Check these out!

Niat dan motivasi dari diri sendiri


Jika sobat kosngosan memang dari awal inigin bercita-cita menjadi YouTuber profesional, maka pastilah kamu akan lebih mudah dan cepat sukses menjadi YouTuber. Jangan menjadi materialistis dengan mengutamakan Adsense terlebih dahulu ketika memulai menjadi YouTuber. Seharusnya yang kamu fokuskan terlebih dahulu adalah vidio yang berkualitas dan original.

Nah setelah subscribe dan viewer kamu sudah memenuhi syarat, maka kamu lanjut untuk mendaftar ke AdSense jika syaratnya sudah terpenuhi. Jika kamu hanya ingin ikut-ikutan dan agar kelihatan keren, maka itu akan  percuma.

Karena dari situ saja bisa dipastikan bahwa konsistensi kamu tidak ada dan nantinya kamu akan mendapatkan kekecewaaan yang mendalam.

Bisa dilihat, apabila kamu tidak memiliki niat dan motivasi sama sekali, kamu pasti sering melakukan reupload video. yang nantinya bakal sering terkena copyright. Berikut Cara Reupload Video YouTube tanpa Klaim Copyright, 100% Aman.

Memiliki Akun Google dan Buat Channel YouTube Baru


tips youtube

Menjadi sebuah keharusan untuk mempunyai akun Google jika ingin membuat login ke YouTube.Com dan membuat channel. YouTube sendiri merupakan salah satu produk Google yang sangat populer selain Blogger, Gmail, dan AdSense.

Mimin yakin kamu semuanya pasti sudah memiliki akun Google baik itu kamu gunakan untuk e-mail (Gmail : baca disini cara membuat email via hp), kelas online (Classroom), menulis blog (Blogger) dan lain-lain.

Cara membuat channel itu sangatlah mudah, yaitu dengan cara klik pojok kanan atas yang merupakan foto profil akun Google kamu. Lalu klik ikon gerigi dan create a new channel. Ada banyak tutorialnya deh di internet, tinggal cari saja.

Skill editing dan kemampuan berbicara


Mengedit atau membuat video yang berkualitas untuk konten youtube itu tidaklah mudah. Kamu harus punya dan menguasai tekniknya. Anak multimedia pasti menganggap membuat video adalah hal yang mudah dan bisa dikerjakan dengan santai, lalu bagaimana dengan yang lain? sobat kosngosan pasti akan kesulitan karena tidak memiliki teknik dasarnya.

Dalam bidang skill editing, kamu harus memiliki timing yang tepat, bagaimana kamu memasukkan sound effect yang sesuai dan dengan timing yang tepat tersebut. Begitu juga ketika memasukkan gambar animasi harus yang tepat pula. Dan jangan lupa, kemampuan berbicara mu juga harus bagus, memiliki keunikan dan khas.

Modal materi dan wawasan yang luas


Kamu membutuhkan yang namanya modal yaitu uang, sebelum memulai menjadi youtuber. Uangnya untuk apa? Untuk membeli peralatan, seperti mikrofon, kamera resolusi HD atau 4K, headphone, kursi, tripod, laptop atau komputer spesifikasi mumpuni dan tentunya untuk beli kuota atau memasang jaringan internet.

Untuk yang memiliki wawasan luas, mungkin kamu bisa jagonya. Hanya saja berbeda beda porsinya, ada yang punya wawasan di otomotif, kuliner, politik, ekonomi dan sebagainya.

Bagi yang sudah jadi blogger penulis lepas ini bukanlah masalah karena memang karakter dari seorang blogger adalah memiliki wawasan luas. Lalu untuk yang belum pernah jadi blogger bagaimana? Banyak membaca dan belajar untuk merangkai kata demi kata dengan diksi yang tepat

Menginstall Software editing


Setiap ada video yang ingin sobat kosngosan unggah ke channel terlebih dahulu harus melalui proses editing. Nah yang membantu anda dalam melakukan proses editing ini adalah software. Ada banyak software editing video yang telah disediakan untuk keperluan umum.

Untuk nama softwarenya ada Adobe Premiere, VideoLan Movie Creator, Windows Live Movie Maker, Camtasia, Adobe After Effect, Lightworks dan masih banyak lagi. Sobat kosngosan silahkan pilih saja dari beberapa software yang ada sesuai dengan kebutuhan. Untuk pengguna Smartphone, kamu bisa pakai software bernama KineMaster Pro untuk android.

Mempersiapkan Peralatan Merekam Video


peralatan youtube

Masing-masing peralatan tersebut memberi kemudahan saat melakukan record atau merekam. Kamera dan tripod digabungkan untuk merekam video tanpa adanya getaran seperti yang terjadi jika merekam dengan menggunakan tangan kamu sendiri.

Mikrofon gunanya untuk merekam suara dengan baik dan bisa menghilangkan noise pada suara kamu. Kamera HD gunanya untuk merekam video dengan kualitas yang memuaskan agar videonya tidak burik. Dan masih banyak peralatan lain yang memiliki fungsinya masing-masing.

Selain di atas yang sobat kosngosan persiapkan adalah rasa semangat dan pantang menyerah. Jangan lupa untuk mempromosikan channel di media sosial kamu supaya banyak yang bisa menonton hasil karya yang kamu buat dengan susah payah.

Memilih Niche yang Tepat


Mimin sarankan untuk membuat niche channel yang unik. Kalau kamu mau membuat channel tentang gaming, sulit untuk bersaing karena sekarang YouTuber gaming itu ada ribuan dan persaingannya sangat ketat (namun bukan tidak mungkin untuk kamu sukses, asalkan tadi, kamu harus konsisten dan lebih kreatif lagi menyajikan konten gaming yang disukai banyak orang)

Atau kamu lebih baik mengikuti jejak Bule londokampung yang bisa bahasa Jawa. Misalnya kamu punya kemampuan berbahasa inggris dan bahasa batak, kamu bisa ubah penampilan mu jadi seperti orang luar, kemudian berpura pura berbahasa inggris, yang pada akhirnya kamu selesaikan dengan bahasa batak. Konsep nya sama dengan londokampung.

Atau video menyamar jadi orang gember atau miskin. ada pesan moral yang bisa kamu sampaikan kepada penonton, sobat kosngosan bisa kasih mereka bantuan kecil-kecilan, seperti yang dilakukan Baim Wong, atau  Atta Halilintar. Konten-konten sosial juga menurut mimin cukup prospektif dan tetap bermanfaat dan menarik perhatian banyak orang.

Jangan lupa subscribe channel kosngosan di youtube ya. Yah sesekali promosi chanel di postingan blog juga tidak apa apa. Disana mimin memberikan video yang berkaitan dengan artikel panduan yang suda dipublish di sini. Jadi semacam pengembangan konten, dari panduan hingga quotes yang menginspirasi. 

Baca lainnya : Cara Agar Video YouTube Mudah Ditemukan di Halaman Pertama Pencarian

Demikianlah artikel seputar YouTube mengenai cara membangun channel YouTube dari awal hingga menjadi terkenal dan memiliki banyak subscriber. Sobat kosngosan bisa menerapkan tips-tips di atas dan lakukan secara konsisten, maka Yakinlah hasil tidak akan menghianati proses yang kamu lakukan selama ini.

Jangan lupa untuk like, subscribe dan share video-video channel kosngosan di YouTube ya, juga tekan tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini di media sosial mu, terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya