6 Cara Membuat Vlog YouTube-mu Terlihat Keren dan Menghasilkan Uang Pakai HP

Menjadi seorang youtuber sukses memang diidamkan oleh oleh banyak orang. Untuk menjadi seorang content creator youtube, kamu diharuskan membuat video yang berkualitas dan mengapload secara rutin di channel milikmu. Sehingga nantinya subscriber dan viewers mu perlahan akan bertambah.

Dan salah satu niche yang lumayan banyak di tonton di youtube adalah vlog. Apa itu vlog? vlog adalah kepanjangan dari Video Blog, semacam video yang menampilkan aktifitas keseharian seseorang. Penasaran cara membuat vlog yang baik dan benar? yuk intip pembahasannya dibawah ini.

Pertanyaan nya adalah bagaimana cara membuat vlog yang keren? Mau jadi vlogger, mau membuat video tutorial, tutorial gaming, video prank dan sebagainya, tergantung dari passion yang kamu punya. Intinya adalah video mengenai kamu yang menceritakan berbagai hal seperti hobbi, pekerjaan, saat travelling dan sebagainya.

Apa yang membedakan vlog dengan video jenis lainnya? vlog berfokus pada kamu sebagai objek utamanya. Berbeda dengan video tutorial misalnya yang fokusnya adalah materi tutorial. Ada juga yang bahkan tidak menampilkan wajahmu di video seperti channel milik calon sarjana atau ytcrash.

Vlog nilai jual utamanya adalah dirimu. oleh sebab itu, sebenarnya tidak ada aturan yang pasti dan juga tidak ada formula khusus, misalnya kamu harus begini atau begitu. vlogmu akan sukses dan ramai apabila menarik. Dan itu semua tergantung dari dirimu, kepribadian kamu.

Baca juga : Cara Membuat YouTube Stories Keren dan Kreatif

Kalau penonton menggemari seorang vlogger, pada akhirnya mereka tidak peduli dia bahas tentang apa. Apakah mau bahas hal sepele, hal konyol, no problem. Karena penonton tertarik dengan orangnya, bukan apa yang dibahas didalamnya. Apapun yang dia lakukan, penonton akan senang melihatnya.

Pernyataan yang sering mimin dengar adalah, tapi kan saya tidak punya kisah hidup yang menarik,
tidak punya hobby yang keren, saya hidup di perantauan, atau saya hidup di kampung yang tidak ada apa-apanya. Semua itu tidak menjadi masalah.

Inti dari vlog adalah kamu sebagai inti ceritanya. Dan yang terpenting dari vlog adalah kamu harus bisa share apa yang kamu suka. Misalnya kamu suka fotografi, atau kamu suka kopi, kamu suka mainan action figur, bongkar pasang perangkat android, travelling menaiki motor, main musik, memasak dan sebagainya.

Bagaimana kamu bisa membuat cerita yang menarik dan share ke semua orang. Sekarang bagaimana kamu memulai channel vlog itu?

Kamu harus menyusun rencana. Jangan asal membuat vlog yang tidak ada konsepnya. Hasilnya akan kacau dan sia sia. Siapa juga yang mau menonton misalnya kamu cuma mengangguk angguk mendengarkan musik, atau kamu lagi minum kopi saja sambil bengong?

Penonton akan bosan dan tidak tertarik bukan? Oleh karena itu kamu tulis terlebih dahulu mengenai ide-idenya. Buat semacam script, mulai dari mana dan keseruannya apa aja. Pesan yang mau kamu sampaikan, dan sisi kreatifnya apa saja yang kamu tonjolkan.

Kebutuhan nge-vlog-mu

Sebagai contoh sobat kosngosan bisa buat vlog sederhana tentang cara mengambil gaji dari youtube di video channelmu. Sebelumnya sudak kamu rencanakan lebih dulu, apa saja syarat mengambil gaji dari adsense dan harus bawa apa aja. Dimana kamu mengambil uangnya dan sebagainya.

vlog youtube

Membuat persiapan dan rencana seperti itu maka kamu bisa lebih mudah dalam menyampaikan cerita.  Dan kunci sukses video vlog itu harus fun, termasuk fun to make, fun to shoot dan fun to share. Intinya kalau kamu tidak merasa fun saat bikin video vlogmu, berarti ada yang harus dikoreksi lagi.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan video blog yang berkualitas dan disukai banyak orang untuk ditonton.

1. Perlengkapan alat teknis


Dalam menghasilkan vlog yang berkualitas, kamu bisa memakai kamera apapun sebenarnya yang penting bisa memenuhi kebutuhanmu. Termasuk kamu bisa memakai Kamera smartphone, Action Cam, DSLR, Mirrorles dan lainnya. Khusus untuk kamera smartphone, pilih smartphone yang sudah memiliki kamera beresolusi mumpuni.

Lalu kamu harus memikirkan audionya. Kamu bisa memakai microphone tambahan supaya suaranya clear dan jelas. Jangan sampai suara background mengalahkan suara utamamu. Orang akan segera pergi meninggalkan videomu karena suaranya yang tidak jelas.

Jangan lupa pakai tripod, steady cam, hendheld dan sebagainya. Karena video yang goyang dan tidak fokus akan membuat pusing para penonton. Penonton tidak akan suka melihat vlog amatiran seperti itu. Termasuk juga gambar kamu yang berantakan disaat kamu bergerak atau berjalan.

2. Proses perekaman video


Vlog harus kuat alur ceritanya. Walaupun tokoh utamanya kamu, bukan berarti kamu cuma akan menampilkan hal hal sepele yang tidak ada pesan khususnya. Orang akan bosan dan tidak tertarik. Kecuali kalau kamu sudah mejadi artis dan banyak sekali penggemarnya.

Seperti misalnya kamu lagi ngupil saja mungkin penonton akan senang melihatnya. Seperti acara tv yang sehari bersama si anu, isinya sudah jelas tidak ada pesan moralnya dan tidak penting, tapi banyak yang nonton karena yang dia adalah artis.

Jadi perekaman video harus sesuai dengan cerita yang telah sobat kosngosna rencanakan. Tips bagaimana kamu mengemas cerita dalam sebuah video. Kamu bisa membagi videomu dalam 3 segmen yaitu beginning, middle dan ending.

Baca juga : Cara Menghindari CopyRight Video dan Musik di YouTube

Pada bagian begining atau awalan, kamu kasih opening yang menarik, ini untuk mengikat emosi penonton agar penasaran. Isinya cuplikan singkat yang menggambarkan keseruan di videomu. Kemudian berikan gambar persiapan. Misalnya kamu bercerita bahwa kamu hendak melakukan apa atau mau kemana.

Pada bagian middle, kamu isi dengan cerita utama. Mulai dari awal hingga klimaksnya. semua keseruan, memberikan informasi dan hal konyo masukkan pada bagian ini. Seperti disaat kamu cerita perjalanan kamu, bisa kasih lihat dari awal perjalanan kamu ada apa aja disana, berikan beauty shoot, timelapse drone dan sebagainya.

Pada bagian akhir, sobat kosngosan bisa menyimpulkan dengan memberikan kesan, pesan dan tips untuk penonton. Ada banyak cara untuk mengemas cerita, dan yang paling mudah adalah dengan membaginya menjadi 3 bagian seperti yang mimin katakan tadi.

Selanjutnya adalah isi ceritamu dengan hal yang menghibur dan informatif. Nanitnya para penonton bisa menikmati konten vlog mu itu. Kamu bisa memberikan clip B Roll. B roll bisa berisi video clip sinematik, slow motion dan sebagainya.

3. Proses editing


Setelah semua proses perekaman video berjalan dengan baik, maka proses yang paling penting pun segera dimulai yaitu kamu harus mengedit keseluruhan video yang akan kamu apload nanti di channel youtube mu.

Kamu bisa memberikan vlog dengan background musik yang menarik (hati hati, kasih musik yang terbebas dari hak cipta ya), berikan juga perpindahan gambar yang keren dan juga penggunaan transisi yang tepat.

Hasil editing akan memegang peranan penting dalam menjaga mood cerita vlog mu. Kalau hasil editingmu berkualitas, orang tidak akan merasa bosan dan akan terus ketagihan menonton sampai habis.

4. Tentukan judul dan thumbnail yang menarik


Tahapan ini adalah proses terakhir sebelum kamu mengapload video mu. Hal ini yang menentukan videomu akan ditonton orang atau tidak. Karena Youtube punya mesin algoritma tersendiri, yang bisa  mengetahui apakah suatu video layak direkomendasikan atau tidak.

Dan juga apabila optimasi SEO di video mu optimal, maka video mu akan dengan mudah dicari orang pada halaman pencarian.

Kamu bisa baca artikel kosngosan sebelumnya mengenai cara optimasi SEO video youtube agar tampil pada halaman pertama pencarian disini

5. Perhatikan tag, tagar, tanggal perekaman, card


Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah beberapa teknik SEO yang bisa kamu terapkan yaitu menggunakan tag, atau sejenis kata kunci (keyword) yang terkait dengan video yang akan kamu upload. Misalnya kamu mengupload video tentang jalan-jalan di Bali maka kamu bisa menambahkan keyword jalan jalan bali, liburan bali dsb

Selanjutnya tambahkan juga tagar pada deskripsi isi tanggal perekaman Kapan kamu merekam video tersebut kemudian terakhir tambahkan card atau kartu yang nantinya muncul di ujung paling kanan video. Tambahkan card yang relevan dengan video mu saat ini

6. Buat deskripsi menarik


Terakhir sebelum mengupload video perhatikan betul kata-kata deskripsi yang akan kamu rangkai di bawah video. Kata deskripsi merupakan salah satu penjelasan yang sangat penting untuk video dan menjadi faktor penentu Seo yang akan menjadikan video trending dan banyak viewer.

Untungnya admin kosngosan sudah Menulis artikel mengenai tips membuat kata deskripsi youtube yang baik dan benar. Kamu bisa baca artikelnya dibawah ini

Baca juga : Contoh Kata Deskripsi Video Channel YouTube yang Keren


Kesimpulan


Membuat Vlog memang membutuhkan kreativitas dan teknik editing yang mumpuni. Selain itu kemampuan kamu berkomunikasi secara atraktif juga sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian penonton. Mungkin kamu bisa berlatih berkomunikasi cara yang menarik perhatian orang sehingga blog mu bisa terlihat lebih natural dan disukai

Akhir kata mimin ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog sederhana ini. Jangan lupa untuk share artikel ini agar teman teman mu yang lain juga bisa mengikuti tips diatas dan menjadi youtuber sukses dimasa depan. amin.
By

0 Response to "6 Cara Membuat Vlog YouTube-mu Terlihat Keren dan Menghasilkan Uang Pakai HP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel