Cara Agar Video YouTube Mudah Ditemukan di Halaman Pertama Pencarian

YouTube menjadi salah satu media sosial berbasis video yang sangat populer belakangan ini. Ada banyak youtuber (sebutan untuk content creator youtube) yang sukses dan memiliki jutaan subscriber dan menghasilkan ribuan dollar setiap bulannya. Hal ini yang menjadikan para youtuber awam untuk memulai mengisi video pada channel mereka.

Namun seperti halnya bisnis kecil yang pada awalnya sulit untuk bergerak, dibutuhkan effort dan usaha yang ekstra dalam meningkatkan viewers dan subscriber channel youtube milikmu. Dan kali ini kosngosan akan spesial membahas mengenai cara agar video youtube kita ada dihalaman pertama dan dilihat banyak orang.
cara agar youtube

Video youtube yang berkualitas tentunya banyak direkomendasikan oleh youtube itu sendiri. Tidak hanay muncul di halaman pencarian youtube, bahkan bila video mu bagus juga akan tampil di halaman pencarian google.

Masalah sebenernya mengapa videomu susah ditemukan itu karena ranking video dan brand dari channel mu sendiri. Kalau ranking video kamu bagus, maka selain akan muncul di halaman pertama youtube, juga akan muncul di suggested video atau atau rekomendasi video.

Rekomendasi video itu video kamu yang muncul setelah video lain diputar. Selain fitur rekomendasi, faktor lain yang bisa meningkatkan viewer mu adalah fitur jelajah sekitar 25% yang artinya video ditonton orang karena muncul di halaman depan youtube.

Baca juga : Cara Menghindari CopyRight Video dan Musik di YouTube

Traffic lain yang tidak kalah pentingnya adalah hasil penelusuran youtube dan sisanya dari fitur lain youtube seperti layar akhir, kartu video, playlist dan sebagainya. Pada kesimpulannya kamu bisa mengoptimasi channel milikmu dengan memaksimalkan SEO.

Trik Meningkatkan Kemunculan Video di YouTube


Kamu pastinya bertanya, bagaimana caranya supaya video kamu bisa mendapatkan ranking bagus? Pastikan kamu melakukan beberapa langkah sederhana yang akan mimin bagikan dibawah ini. Jadi tetap stay dan scrool ya!

#1. Riset kata kunci


Yang terpenting itu bukan hanya memilih kata kunci yang kemudian di tempel di judul, tag dan sebagainya. Akan tetapi bagiamana menemukan kata kunci yang tepat. Ini yang menantang dan harus kamu kuasai bila menjadi youtuber profesional.

Cara menemukan kata kunci yang tepat itu begini. Saat kamu ke pencarian youtube, silahkan ketik kata yang kamu bidik, akan tetapi jangan membuat kata pencarian sendiri. Kamu bisa memakai kata yang muncul otomatis di situ.

Lalu kamu lihat hasil pencarian jumlahnya berapa. Prinsipnya semakin sedikit, semakin bagus. Cara ini biar kamu tahu sebesar apa kompetisi dari kata kunci tadi. Untuk channel baru sebisa mungkin kamu hindari yang jumlahnya diatas ratusan ribu apalagi jutaan.

Carilah hasil yang berkisar dibawah 50 ribu. Lalu bagaimana caranya kamu bisa yakin bahwa kata kunci tersebut bagus untuk dibuatkan videonya? Buka browser mu seperti chrome atau firefox, kemudian  copy kata kunci yang kamu targetkan.

Tekan control F untuk looking for dan paste disitu. Yang memakai keyword serupa akan keliatan warnanya. Semakin banyak yang nyala, artinya banyak yang memakai kata kunci tersebut dan akan semakin susah untuk bersaing.

Dengan cara yang sederhana ini kamu bisa tahu kata kunci yang kamu bidik punya saingan yang tinggi atau justru potensial untuk dibuatkan videonya.  Semakin sedikit semakin bagus, namun jangan memilih kata kunci yang aneh dan yang jarang orang cari.

#2. Pakai judul berdasarkan kata kunci dari langkah pertama


Buatlah video dan upload video tersebut menggunakan judul yang berdasarkan riset yang kamu lakukan pada langkah pertama tadi, jangan dirubah. Kalau kamu mau memberikan kata tambahan, tulis dulu judul sesuai kata kunci, tambahkan strip baru kata tambahannya.

Rekomendasi mimin kamu lebih baik memakai judul dengan keyword saja. Karena semakin pendek judul, akan semakin relevan dan videomu akan dikenali youtube dengan topik yang fokus. Karena mesin pencari youtube sangat menyukai konten yang relevan dan berkualitas serta tidak campur aduk dengan topi dan keyword lain.

#3. Tulis deskripsi menarik yang mengadung keyword


Langkah ini adalah cara paling penting untuk optimasi SEO. Selain itu juga agar calon penonton
bisa mendapatkan gambaran lebih detail mengenai videomu. Deskripsi yang kamu buat harus singkat, padat dan mengandung semua keyword target yang sudah kamu riset pada langkah awal tadi. Hindari deskripsi yang menyesatkan dan bersifat hoax atau click bait ya.

#4. Pakai TAG yang relevan


Tag atau Hashtag pada video youtube bermanfaat supaya mesin pencari youtube lebih paham videomu isinya apa. Nantinya tag akan digunakan youtube mengelompokkan videomu pada topik yang tepat. Ketikkan tag dengan kata yang relevan.

Kamu bisa menggunakan trik dengan memasukkan kata kunci pada tag dan dijamin videomu akan semakin banyak viewer dan penontonnya. Masukan kata kunci pada langkah pertama tadi, kemudian lihat kata kunci lain yang muncul.

Tambahkan yang relevan dengan videomu. Video mu akan bisa mendapatkan ranking dari kata pencarian yang kamu gunakan dalam tag.  Jadi dengan merencanakan tag dengan baik, maka nantinya videomu akan lebih bisa bersaing di pencarian Youtube.

#5. Mengucapkan keyword dalam video


Ini adalah salah satu rahasia youtube, bahwa mesin pencari youtube ternyata bisa mengenali kata kunci yang ada di dalam video. Artinya youtube bisa mendengerkan suara di didalam video. Ketika kamu mengapload video,  youtube akan mencatat apa yang dia dengar dan menambahkannya sebagai meta data video kamu.

Tidak percaya? Lihat saja Youtube memiliki opsi close caption atau subtitle yang bisa otomatis keluar
di video kamu jika kamu inginkan. Ya walapun saat ini bahasa indonesia belum tersedia. Akan tetapi kamu bisa membuatnya secara manual.

#6. Membuat subtittle video


Subtitle ini ternyata pengaruh untuk memperkuat SEO. Buktinya bahwa youtube bisa mendeteksi isi video kamu. Kamu bisa membuat subtittle secara manual atau otomatis dari ucapan yang ada di video. Yang paling penting berikan pilihan subtitle mu untuk menggunakan minimal 2 bahasa yaitu bahasah indonesia dan bahasa inggris.

#7. Share di berbagai media (hindari spam)


Setelah membuat video dan mengoptimasinya, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah coba share ke berbagai tempat saat kamu selesai upload video. Cara ini supaya video kamu segera dapat respon dari penonton.

Mengapa ini penting? karena pada akhirnya youtube merekomendasikan video kamu karena membaca sambutan dari penonton yang like, share dan komen pada video youtube mu tersebut. Ini adalah sedikit rahasia agar video mu yang barusan diupload mudah ditemukan di youtube.

Kesimpulan


trik youtube

Bagi yang baru memiliki channel youtube,  biasanya kamu tidak memikirkan mikirin niche. Ini adalah kesalahan paling awal. Biasakan kalian punya target terlebih dahulu yang mau menonton videomu itu siapa.  Untuk channel kecil, mulailah dari membahas satu topik terlebih dahulu. Nah apabila nanti channel mu sudah besar, kamu bisa mengembangkan menjadi beberapa topik lagi.

Cara ini supaya youtube bisa mengetahui bahwa channel baru mu itu fokus membahas apa. Apabila mesin youtube sudah memahami konten channel kamu, maka perlahan dia akan memberikan rekomendasinya kepada video videomu.

Jadi perhatikan SEO dasar pada video YouTube seperti :

  • Judul 
  • Thumbnail
  • Deskripsi
  • TAG
  • Subtittle

Baca juga : Cara Membuat YouTube Stories Keren dan Kreatif

Demikianlah pembahasan kosngosan mengenai Cara agar Video YouTube Mudah Ditemukan di Halaman Pertama Pencarian. semoga kalian yang saat ini bercita cita hendak menjadi youtuber sukses bisa terwujud. Yakin saja, tidak ada yang tidak mungkin asalkan kamu bisa terus konsisten memproduksi video yang berkualitas dan banyak dicari orang di Youtube.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel