Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat YouTube Stories Keren dan Kekinian

Bagaimana syarat mendapatkan fitur youtube story? YouTube memberikan fitur Stories ke para kreator konten yang memiliki lebih dari 10.000 subscriber. Fitur ini hanya bisa diakses dari perangkat smartphone. Terdapat perbedaan antara YouTube Stories dengan Instagram Stories, yaitu youtube bisa bertahan selama tujuh hari di aplikasi smartphone, sementara IG hanya 24 jam saja.

Pihak Youtube sendiri baru merilis fitur ini belakangan ini. Fungsinya hampir sama dengan yang ada di instagram atau pun whatsapp. Ternyata populernya fitur stories yang pertama kali diusung oleh media sosial Snapchat, kemudian di adaptasi juga oleh Instagram dan whatsapp tersebut membuat pihak Google selaku pemilik YouTube tertarik untuk memasukkannya kedalam fitur YouTube juga. Pihak YT sendiri telah dikabarkan menyiapkan layanan serupa untuk dinikmati oleh penggunanya.

Tepatnya di bulan November tahun lalu, YouTube sudah mulai melakukan uji coba fitur video pendek seperti stories tapi dinamakan berbeda, yaitu namanya adalah Reels. Karena masih percobaan dan edisi beta, Reels hanya dapat dimanfaatkan oleh konten kreator yang sudah memiliki lebih dari 100 K Subscriber di channel youtubenya.

Dan akhirnya fitur Reels ini diganti namanya dengan stories. Hadir-nya YouTube Stories diketahui pertama kali dirilis secara bersamaan dengan fitur mode gelap di aplikasi Android beberapa waktu silam. Dan kini fitur ini sudah siap untuk dipergunakan.

Untuk penampilannya, Youtube stories ini sih hampir sama dengan kepunyaan Instagram. Namun yang berbeda mungkin bisa dikatakan ialah warna pada lingkaran story-nya. Jadi ketika seorang youtuber mengunggah video -nya di YouTube Stories ini maka akan ada lingkaran menjadi warna merah sesuai dengan warna dasar di YouTube.

Baca DULU : Kumpulan Kata Ending Video YouTube yang Keren


Cara Membuat YouTube Stories


cara membuat youtuber stories

Dan tiba kita pada bagian panduan membuat youtube stories. Buat kamu yang penasaran bagaimana sih membuat youtube stories itu? Pastikan channel mu sudah memiliki 10k subscriber ya, untuk bisa menikmati fitur khusus dari YT ini.

Jadi kamu bisa membuat Youtube stories yang keren dan kreatif sama seperti saat menggunakan Instagram stories dan Status di WhatsApp. Adapun cara untuk mulai membuat nya adalah sebagai berikut :

Pertama :

Buka aplikasi Youtube di smartphone Android atau iOS milikmu. Login menggunakan akun Gmail mu yang biasa kamu gunakan ketika masuk ke channel youtubemu seperti biasanya.

Kedua :

Setelah masuk ke dashboard channel youtubemu, maka selanjutnya kamu ketuk ikon video atau kamera yang ada di kanan atas kemudian pilih opsi "Story" maka kamera akan muncul dan mulai melakukan perekaman.

Ketiga :

Setelah itu kamu tahan tombol merah untuk mulai merekam aksi dan kejadian yang ingin kamu bagikan. kamu juga bisa menambahkan efek seperti musik, filter, stiker serta tambahan teks. Kamu juga bisa melakukan trim pada story dan menyimpannya ke rol kamera di HP mu.

Keempat :

Setelah berhasil merekam atau mengambil foto, maka kamu bisa Klik "post" yang terletak di sebelah kanan. selesai, kini Youtube stories-mu sudah bisa dilihat oleh para subscriber youtube mu.


Tips YouTube Stories yang Keren


Ketika menggunakan youtube stories, kamu seharusnya mengunggah sesuatu yang penting atau menarik, sehingga para subscriber mu bisa melihat kejadian sehari hari yang telah kamu alami, itu bila channel mu adalah jenis vlog atau milik pribadi. Berikut tips sederhana membuat yt stories lebih bermakna :


Jadwal unggah yang tepat


Kamu akan mendapatkan atensi dari subscriber mu ketika mengunggah stories pada waktu yang tepat. Biasanya pada kreator banyak mengunggah stories mereka pas jam jam istirahat

Seperti siang jam 12, atau ketika pulang bekerja saat sore jam 5 atau waktu primetime malam antara jam 6-9 malam. Begitu juga dengan video utama yang diunggah memperhatikan waktu tersebut, biasanya akan banyak mendapatkan atensi pentonton.


Tambahkan dari galeri HP


Kamu juga bisa mengambil foto dan video yang sudah tersimpan di galeri Hp mu lho, tinggal klik ikon persegi di bagian kiri bawah. Mungkin ada beberapa hal penting yang ingin kamu bagikan dan sudah kamu simpan di galeri, maka bisa gunakan opsi ini


Berkreasi dengan Item Tambahan


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stories ini sama seperti yang ada di IG, memiliki banyak efek-efek lain yang bisa membuat story semakin menarik (walau tidak selengkap IG, tentunya). Mulailah untuk mempercantik dan memperkeren storiesmu dengan adanya musik, filter, stiker serta teks tambahan. Kreatifitasmu akan diuji disini


Bisa Highlight komentar di story


Kamu juga dapat menampilkan highlight untuk melihat respons subscribermu dengan stiker komentar. Yaitu dengan meng-klik ikon Comments, pilih komentar mana yang ingin sobat kosngosan highlight dan tap Reply in Story.

Baca juga : Kumpulan Kata Opening Video YouTube yang Keren


Kata Penutup


Pada saat artikel ini dibuat, fitur Youtube Stories masih dalam proses ujicoba dan terbatas untuk berbagai pengguna saja. (UPDATE!!) Namun sekarang, para content creator youtube sudah bisa menggunakannya pada perangkat mobile. Jadi kalau mengakses lewat PC atau Laptop, fitur ini tidak akan muncul.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Membuat YouTube Stories Keren dan Kreatif kali ini, semoga kalian yang aktif sebagai youtuber juga bisa segera mendapatkan fitur keren ini yah! Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman temanmu yang lainnya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.
Oleh harahap reza