Contoh Ilmu Ekonomi Deskriptif yang Terdapat Pada Kehidupan Sehari Hari

Ilmu ekonomi belakangan ini berkembang sangat pesat dan digunakan untuk kepentingan bisnis yang semakin kompleks. Ilmu yang mempelajari aktifitas dan kegiatan jual beli dan produksi ini menjadi sangat penting agar suatu negara, perusahaan atau individu bisa mengelola perekonomian nya sendiri secara mandiri.

Salah satu cabang materi yang dipelajari dalam ekonomi adalah ekonomi deskriptif. Ada banyak contoh ilmu ekonomi deskriptif yang terdapat pada berbagai aspek kehidupan. Dan kali ini kosngosan akan membahasnya khusus untuk kamu.

Perhatikan, orang-orang banyak mencari contoh penerapan ilmu ekonomi berikut contoh ilmu ekonomi deskriptif yang terdapat pada berbagai aspek. Selain itu kamu juga bisa menemukan berbagai contoh artikel ekonomi deskriptif di media massa. Namun sebelumnnya ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai ekonomi secara umum dan lebih luas, supaya lebih menambah wawasan mu ketika selesai membaca artikel ini.

Baca juga : 10 Mata Kuliah Wajib Jurusan Ekonomi Syariah yang Harus Kamu Ambil

Kamu pasti pernah atau sering mendengar ilmu ekonomi bukan? Pada dasarnya, ilmu ini mempelajari seputar kegiatan manusia demi mencapai kemakmuran beserta gejalanya dan hubungan yang timbul akibat dari usaha tersebut.

Atau menurut Bapak Ilmu Ekonomi itu sendiri yaitu, Adam Smith, beranggapan bahwa ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. Berbeda dengan pendapat MAslow yang mengatakan bahwa ekonomi merupakan upaya pengkajian mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia dengan memanfaatkan segala sumber ekonomi yang ada.

Kamu juga pasti pernah mendengar pembagian ekonomi makro dan ekonomi mikro bukan? Secara umum makro berarti besar dan mikro berarti kecil. Jadi dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi makro adalah cakupannya luas, sedangkan ekonomi mikro kecil.

Ekonomi makro bisa didefinisikan sebagai cabang ilmu ekonomi secara agregat atau keseluruhan, menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak orang, perusahaan, negara dan juga pasar. Pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, stabilitas harga serta keseimbangan neraca merupakan beberapa aspek yang dipelajari oleh ekonomi jenis ini.

Sementara ekonomi mikro tentunya lebih sempit. Khusus mempelajari tingkah laku konsumen serta perusahaan dengan penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan dan juga variabel ekonomi dalam skala kecil seperti perusahaan dan rumah tangga.

Contoh Ekonomi Deskriptif


ekonomi deskriptif

Sekarang kita masuk pada materi intinya yaitu ekonomi deskriptif. Secara umum deskriptif artinya adalah penjabaran atau penjelasan mengenai suatu hal.

Dan apabila dikaitkan dengan ilmu ekonomi, maka bisa diartikan sebagai cabang ilmu ekonomi yang menjelaskan keterangan data faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka, grafik, kurva atau penyajian lainnya yang diperolah melalui berbagai metode pengumpulan data.

Beberapa contoh penerapan ekonomi deskriptif secara makro diantaranya adalah :


Kondisi ekonomi Indonesia pada tahun 70-an
Kondisi ekonomi Amerika pasca perang dunia II
Sistem pertanian Bali
Inflasi yang meningkat di Indonesia di tahun 1998
Penetapan APBN tahun 2019
Prediksi pertumbuhan ekonomi pada semester I tahun 2019
Jumlah PDB Indonesia tahun 2018

Dan masih banyak lagi yang terkait dengan penggambaran kondisi ekonomi. Biasanya penelitian dan penerapan ekonomi deskriptif secara makro dilakukan oleh lembaga negara yang bernama Badan Pusat Statistik.

Contoh penerapan ekonomi deskriptif secara mikro pada kehidupan sehari hari diantaranya :


Kondisi perekonomian suatu rumah tangga
Perhitungan pengeluaran biaya rumah tangga dalam sebulan
Pertumbuhan ekonomi desa ujung gurap tahun 2019
Pendapatan Asli Desa (PAD) pada tahun 2018
Perencanaan anggaran biaya hidup anak kos selama sebulan
Penetapan anggaran belanja rumah tangga untuk sebulan
Kenaikan biaya uang kuliah per semester
Kenaikan inflasi di lingkungan kampus per semester

Dan masih banyak lagi beberapa contoh penerapan ekonomi deskriptif yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari. Kamu tinggal tambahkan saja di kolom komentar dibawah ini

Baca juga : Penyelesaian Persengketaan Bidang Ekonomi Syariah

Bagaimana? sudah mengerti mengenai materi contoh ekonomi deskriptif diatas? Semoa materinya bisa bermanfaat untuk kalian para pembaca ya. Jangan lupa berikan komentar dan bagikan postingan ini di media sosial milik kalian. Salam sukses dari mimin.
By

0 Response to "Contoh Ilmu Ekonomi Deskriptif yang Terdapat Pada Kehidupan Sehari Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel