Cara Mendaftar Internet, Mobile dan SMS Banking Bank Jateng

Cara Mendaftar Internet, Mobile dan SMS Banking Bank Jateng

Baca juga :

Bank Jateng merupakan salah satu Bank Pembangunan Daerah yang berada di provinsi Jawa Tengah. Bank ini menjadi salah satu bank BPD yang cukup besar dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa panduan dalam mengurus fitur internet banking dan mobile banking.
bank jawa tengah

Bank ini menjadi penyedia jasa layanan perbankan bagi masyarakat jawa tengah. Kamu yang terdaftar menjadi salah satu nasabahnya bisa memanfaatkan fitur internet dan mobile banking yang akan memudahkan setiap transaksi secara realtime dan cepat.

Fitur mobile banking dan internet banking sebenarnya menjadi hal yang wajib bagi layanan perbankan zaman sekarang. Karena ada banyak sekali kebutuhan nasabah yang termudahkan akibat penggunaan fitur ini. Namun jangan salah, ada juga banyak BPD yang belum memiliki kedua fitur ini, dan hanya mengandalkan sms banking semata.

Untunya bank Jateng sudah termasuk bank daerah yang cukup besar dan lengkap fasilitasnya. Sehingga memiliki layanan tersebut. Setelah itu kamu akan bertanya, apa sih keuntungan dari kedua fitur ini?

Baca juga : Melirik Peluang Internet Marketing Bagi Mahasiswa dan Pelajar

Selain kemudahan bertransaksi, kamu juga bisa melakukan transfer, melakukan pembayaran dan juga mengecek saldo langsung dari perangkat seperti laptop atau smartphone milikmu. Sehingga lebih praktis, karena perangkat tersebut bisa berperan layaknya ATM berjalan.

Seterusnya kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah pendirian bank Jateng secara singkat. Bank Jateng dahulunya bernama Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau yang disingkat dengan BPD Jateng.

Bank ini menjadi salah satu bank daerah yang didirikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Jawa Tengah.

Bank yang memiliki kantor pusat di kota Semarang ini didirikan pada tahun 1963 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (PT BPD Jateng).

Pendirian tersebut dipelopori oleh Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakaat dan tokoh pengusaha swasta di Jawa Tengah atas dasar pemikiran perlunya suatu lembaga keuangan yang berbentuk Bank, yang secara khusus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di daerah.

Prosedur pendaftaran iB, mB dan sms banking bank Jateng terbaru


Selengkapnya untuk pengurusan internet, mobile dan sms banking bank jateng, bisa kamu ikuti dengan memilih mendaftar lewat mesin ATM atau mendatangi langsung Customer Service di kantor cabang bank Jateng terdekat.

Mendaftar lewat Mesin ATM Bank Jateng


Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan penggunaan ketiga layanan ini, yaitu :

  • Kamu sudah memiliki rekening simpanan aktif dan terelasi dengan kartu BPD Card
  • Kamu memiliki nomor handphone yang telah terdaftar di system Bank.
  • Kamu harus memiliki alamat E-mail.
  • Kamu telah mendaftar melalui ATM Bank Jateng dan memperoleh User ID dan Token dari Bank untuk keperluan aktivasi di situs Internet Banking Personal Bank Jateng.
  • Kamu sudah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Internet Banking Bank Jateng

Langkah 1 : 

Datangi mesin ATM bank Jateng terdekat. Kemudian masukan kartu ATM BPD yang kamu miliki serta masukan PIN ATM seperti biasanya.

Langkah 2 : 

Klik menu “Lainnya” dan pilih “Registrasi”, klik menu “Internet Banking” dan masukkan nomor handphone yang aktif (nomor ini akan digunakan sebagai nomor penerima notifikasi dari bank Jateng) Ambil struk yang berisi kode aktivasi.

Langkah 3 : 

Langkah selanjutnya adalah aktivasi internet banking. Kunjungi "https://ibanking.bankjateng.co.id" pada browser milikmu. Klik login dan pilih "Aktivasi user"

Langkah 4 : 

Di bagian halaman Syarat dan ketentuan Layanan Internet banking Personal Bank Jateng, klik “Lanjut” lalu klik “Setuju”.

Langkah 5 : 

Kamu harus mengisi User ID, Email, Nomor Handphone, Token (yang kamu dapatkan dari struk ATM tadi), Password dan konfirmasi password. Selesai. Pada tahap ini kamu sudah berhasil memiliki akun iB bank Jateng.

daftar internet banking jateng

Namun hanya bisa sekedar cek saldo, belum bisa melakukan transaksi keuangan. Untuk mengaktifkan fitur selengkapnya, maka datangi customer service nya langsung, ikuti langkahnya dibawah ini.

Pendaftaran Melalui Customer Service


Bisa dibilang mendaftar lewat CS lebih mudah dan praktis, walaupun kamu harus mendatangi cs dan mengantri. Berikut adalah beberapa langkahnya :

Langkah 1 :

Persiapkan segala persyaratan umum nya seperti kartu rekening, KTP, nomor handphone yang aktif, smartphone dan akses internet. Kamu juga harus sudah punya pulsa untuk mendaftar sms banking nantinya.

Langkah 2 :

Datangi kantor cabang bank jateng terdekat dan temui customer servicenya. Minta untuk mengaktifkan internet banking, sms banking dan juga mobile banking.

Nantinya kamu tinggal mengikuti setiap instruksi dan permintaan dari CS. Kelebihan mendaftar lewat CS kamu langsung bisa mengaktifkan iB dan mB yang full akses, artinya kamu sudah bisa langsung melakukan transfer, berbeda dengan mendaftar iB lewat ATM yang hanya bisa menggunakan fitur check saldo.

Mendaftar eBima (mobile banking bank jateng)


Aplikasi ini merupakan dompet elektronik android yang dapat di download di Google Play Store dengan menggunakan smartphone dengan OS minimal versi kit kat atau lebih tinggi. Cara penggunaannya antara lain :

Cara Mendapatkan Aplikasi :

  • Buka Google Play Store dan cari “Bank Jateng eBima” klik “install”
  • Registrasi dengan mengisi nomor hp dan email kamu, klik “daftar”
  • Masuk ke halaman registrasi dan klik “Registrasi”
  • Masukkan data nama, nomor handphone dan email
  • Kemudian centang (v) “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan” klik “daftar”
  • Cek SMS di smartphone mu yang berisi kode verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi, lalu klik “Verifikasi”
  • Registrasi berhasil, aplikasi eBima sudah siap digunakan

Lihat juga : Mendaftar Kartu Kredit Untuk Mahasiswa yang Belum Berpenghasilan

Sekianlah pembahasan seputar Cara Daftar Internet, Mobile dan SMS Banking Bank Jateng kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin menikmati fasilitas ini. Ayo maksimalkan fungsi perbankan dan jadilah individu yang produktif dan melek teknologi informasi!
Buka Komentar