Cara Daftar Internet, SMS dan Mobile Banking BJB (Bank Jabar Banten)

Salah satu bank pembangunan daerah terbesar di Indonesia. BJB atau kepanjangan dari Bank Jawa Barat Banten merupakan bank daerah yang berada di provinsi yang sesuai namanya. Para nasabah banyak yang belum tahu bahwa bank ini memiliki fitur utama seperti bank konvensional lain yaitu internet dan mobile banking.

Dan kali ini kosngosan akan memberikan panduan untuk mengurus fitur tersebut. Fitur mobile dan internet banking adalah suatu kebutuhan yang wajib ada di layanan perbankan saat ini. Karena dengan adanya fitur ini, para nasabah akan terbantukan dalam melakukan setiap transaksi.

Layanan yang memanfaatkan koneksi jaringan internet ini membuat jarak dan waktu tidak menjadi hambatan lagi.

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah bank bjb. Bank ini awalnya bernama Pt Bank Karja Pembangunan Daerah Djawa Barat yang merupakan hasil nasionalisasi bank “NV Denis” pada masa pemerintahan Belanda. Kemudian pada tahun 1999 Bank ini mengalami Perubahan Bentuk Hukum Bank Jabar dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan terbatas (PT).

Baca juga : 6 Sumber Dana Umat Islam Membutuhkan Modal untuk Usaha

Bank BJB menjadi Bank Pembangunan Daerah pertama di Indonesia yang menjalankan dual banking system, yaitu memberikan layanan perbankan dengan sistem konvensional dan dengan sistem syariah. Kemudian pada tahun 2007, bank ini mengalami pergantian nama menjadi PT.Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten dengan sebutan “Bank Jabar Banten”.

Ada banyak sekali produk dan inovasi yang dilakukan oleh bank BJB seperti :

  • Meluncurkan Kredit usaha Bhakti
  • Meluncurkan Laku Pandai BJB Bisa
  • Meluncurkan PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu)
  • Meluncurkan bjb Sahabat usaha,
  • Meluncurkan Program BJB Cinta Guru
  • Menjadi Bank Persepsi Tax Amnesty
  • Menambah Kantor Wilayah untuk daerah timur Indonesia
  • Meluncurkan co-branding Kartu E-Money, Launching Kartu Debit Visa bank bjb
  • Bank BJB melayani pembayaran Samsat Online Nasional

Hingga tahun lalu, total aset bank BJB telah menembus 108,6 triliun rupiah dan sudah 7 tahun melantai di Bursa Efek Indonesia.

Cara mendaftar mobile dan internet banking bank BJB


Baiklah langsug saja kita bahas langkah per langkah dalam pengurusan iB dan mB bank BJB kali ini, Ada dua pilihan untuk mengaktifkan iB, mB dan sms banking BJB, yaitu dengan langsung menemui Customer Service  atau mendaftar terlebih dahulu di ATM terdekat kemudian melakukan aktivasi.

Sebelum mendaftar, perhatikan kamu sudah memenuhi syarat dibawah ini :

  • Kamu sudah memiliki Rekening berstatus aktif yang dilengkapi Kartu ATM/Debit Bank
  • Kamu harus memiliki alamat e-mail yang telah terdaftar pada sistem Bank.
  • Kamu harus memiliki Nomor Handphone, dimana Nomor Handphone harus memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan proses validasi bjb NET dan Aktivasi bjb NET.
  • Kamu harus terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Apabila Registrasi bjb NET berhasil, kamu akan menerima Kode Aktivasi bjb NET, kode tersebut digunakan untuk melakukan Aktivasi bjb NET pada situs bjb NET.
  • Pada saat pertama kali menggunakan layanan bjb NET, Nasabah diharuskan melakukan Aktivasi bjb NET di situs bjb NET dengan cara memasukkan Kode Aktivasi bjb NET yang diperoleh dari Registrasi bjb NET dan selanjutnya membuat User ID dan Password bjb NET.
  • Kamu bisa menggunakan bjb NET apabila User ID dan Password bjb NET berhasil dibuat.
  • Kamu sudah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan bjb NET.

Pendaftaran lewat Customer service


Pendaftaran lewat CS langsung bisa lebih sederhana dan tidak merepotkan, karena kamu hanya mengikuti setiap instruksi yang diberikan. Biasanya syarat yang diperlukan hanya membawa buku rekening dan ktp.

Jangan lupa sediakan alamat email, nomor handphone, password, dan user id yang kemudian akan digunakan setiap kali log ini ke alamat "https://ib.bankbjb.co.id/bjb.net"

Begitu juga untuk login ke aplikasi BJB Digi yang merupakan brand dari mobile banking bank BJB. Kamu cukup download aplikasinya di google play (atau klik disini) dan install di smartphonemu.

Setelah itu, nomor handphone mu yang sudah diaktifkan (nomor yang sudah didaftarkan hanya bisa digunakan untuk login pakai aplikasi BJB Digi)  masukkan password dan username. Selesai kamu sudah bisa bertransaksi lewat BJB Digi.

Untuk SMS banking mimin kira caranya juga sederhana, cukup mengikuti instruksi yang diberikan oleh customer service yang  nantinya akan mendaftarkan nomor handphone mu dan setelah aktif, kamu sudah bisa menggunakan sms sebagai transaksi.

Pendaftaran lewat ATM BJB


bank bjb

Mendaftar internet banking lewat ATM juga terbilang cukup sederhana. Kamu cukup mendatangi mesin ATM BJB terdekat dan melakukan beberapa instruksi dibawah ini :

Langkah 1 : Masukan kartu ATM ke mesin ATM Bank BJB, pilih bahasa - PIN ATM - Lainnya

Langkah 2 : Muncul pilihan Daftar E-Banking, pilih dan pilih Tabungan sesuai dengan nomor rekening yang akan didaftarkan internet banking

Langkah 3 : Pilih setuju untuk registrasi layanan BJB NET, masukkan nomor handphone dan harus sesuai dengan nomor handphone yang dimasukan ketika mendaftar nasabah bank BJB. Apabila nomor yang dimasukan berbeda, segera kunjungi CS bank BJB di kantor cabang terdekat

Langkah 4 : Pilih benar dan masukan nomor handhopne kamu sekali lagi dan pilih benar. Tungguh hingga selesai. Pada tahap ini kamu sudah berhasil mendaftar iB BJB. Selanjuntnya adalah aktivasinya.

Aktivasi iB BJB

Langkah 5 : Kunjungi Website BJB NET dengan mengetik "https://ib.bankbjb.co.id/bjb.net" di browser mu. Mimin sarankan menggunakan laptop atau komputer dengan jaringan internet pribadi, jangan pakai WiFi ya.

aktivasi internet bankin bjb

Langkah 6 : Pada Menu aktivasi, klik lanjut dan tekan tombol setuju untuk meneruskan proses aktivasi.

Langkah 7 : Isi nomor rekening, kode aktivasi sesuai kode aktivasi didapat di struk ATM, isi juga nomor kartu ATM BJB yang kamu punya, kemudian klik tombol proses.

Langkah 8 : Selanjutnya isi nama ibu kandung, nomor handphone dan email. Klik tombol proses. Isi lagi bagian username, password, konfirmasi password dan ketikkan kode captcha yang muncul. Cek lagi, pastikan username dan password mu benar benar kamu simpan, setelah yakin tidak ada yang salah lagi maka klik daftar.

Pada tahap tersebut, apabila proses aktivasi berhasil maka akan muncul pesan "Aktivasi telah berhasil" dan kamu sudah bisa login untuk memanfaatkan berbagai layanan. Ada banyak keuntungan mengaktifkan layanan iB, mB dan sms banking ini, diantaranya adalah :

Layanan bjb Call - 14049
Informasi Saldo
Mini Statement

Inquiry Tagihan seperti :

Telepon (PSTN, Flexi Postpaid)
Ponsel (Telkomsel, Indosat, XL/Axis)
Air Minum (Tirta Wening dan Tirta Raharja)
Kartu Kredit (HSBC, Standard Chartered, Danamon dan CIMB Niaga)
TV Berlangganan (Transvision/Telkomvision, Indovision/Oke Vision/Top TV)
Internet (Speedy)
Pendidikan (Unpad)

Transaksi finansial seperti Transfer bank bjb dan antar bank online

Pembayaran Tagihan tagihan seperti

Telepon (PSTN, Flexi Postpaid)
Ponsel (Telkomsel, Indosat, XL/Axis)
Air Minum (Tirta Wening dan Tirta Raharja)
Kartu Kredit (HSBC, Standard Chartered, Danamon dan CIMB Niaga)
TV Berlangganan (Transvision/Telkomvision, Indovision/Oke Vision/Top TV)
Internet (Speedy)
Pendidikan (Unpad)
Pembelian pulsa (Telkomsel, Indosat, XL/Axis, Smartfren, Esia, Flexi)

Lihat juga : Membeli Emas ANTAM LM Delivery Order Online Langsung ke Rumah

Sekian pembahasan kita seputar panduan mendaftar Internet dan Mobile Banking BJB. Semoga kamu bisa memanfaatkan fitur ini dengan semaksimal mungkin ya. Jangan lupa share tulisan ini kepada teman mu yang lainnya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel