Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Umum, Islami, Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Umum, Islami, Bahasa Inggris

Baca juga :

Kata pembuka dan penutup dalam suatu presentasi atau seminar merupakan hal penting yang bisa menarik perhatian audiens kita. Memberikan atensi berupa kalimat persuasif dan atraktif diyakini bisa menambah pesona dan fokus pendengar terhadap materi yang akan disampaikan dalam suatu acara presentasi.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi singkat baik yang ada di kelas atau pun di kampus. Presentasi merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk menjelaskan tugas per kelompok dan sering kali juga menjadi tugas akhir yang diberikan oleh dosen atau guru.

Ketika diawal presentasi, tentunya kamu harus mempersiapkan diri agar terlihat menarik di depan audiens bukan? selain penampilan yang formal, gaya bahasa dan mempersiapkan materi apa yang akan disampaikan juga cukup penting.

Presentasi yang berkualitas memberikan materi yang bermanfaat bagi audiens. Agar audiens benar-benar paham apa yang disampaikan narasumber, kamu harus bisa menyampaikan materi sesederhana mungkin dengan gaya penyampaian yang menarik perhatian.

Baca juga : Cara Sukses Berbicara Lancar di Depan Umum (Mudah dan Work)

Bagaimana seharusnya kamu tampil, harus bisa menguasai panggung agar audiens selalu mendengarkan apa yang kamu sampaikan. Dengan mempelajari kalimat pembuka dan penutup dalam presentasi, kamu bisa memiliki kepercayaan diri dalam memulai suatu presentasi.

Contoh kata pembuka presentasi seminar secara umum


Secara umum kamu bisa menggunakan beberapa kalimat umum yang biasa dipakai banyak orang ketika membuka dan menutup suatu acara presentasi. Berikut beberapa contohnya, bisa kamu hapalkan dan improvisasi :

Kata pembuka

Assalamualaikum, Salam sejahtera untuk kita semua. Syukur kita ucapkan atas nikmat kesehatan dan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul dalam seminar ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaian materi presentasi yang berjudul (...). Sebelumnya saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak (sebutkan pihak yang dihormati)
Terimakasih kasih sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk tampil menjabarkan materi presentasi ini. Baiklah kita mulai dari latar belakang yang mendasari saya untuk ikut terlibat dalam penelitian selama satu bulan kemarin.

Kata penutup

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Saya berharap hasil presentasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk audiens. Bila merasa ada kekurangan dan kesalahan, saya meminta maaf karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Untuk sesi tanya jawab akan saya buka setelah pembawa acara memulai. Namun sebelum itu izinkan saya memberi pantun penutup yang saya karang sendiri.

Contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi islami


Bagi yang muslim, beberapa kalimat pembuka khas islami mungkin bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menyelipkan beberapa kalimat berbahasa arab. Sebagai contohnya kamu bisa baca dibawah ini :

Kata pembuka

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Alhamdulillaahirobbil 'aalamiin washsholaatu wassalaamu' alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursalina, wa-'alaa aalihi washohbihi ajma'iina." amma ba'du. Pertama dan yang paling utama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan kesempata-Nya sehingga kita bisa berkumpul ditempat yang penuh berkah ini.

Shalawat salam kita berikan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Yang saya hormati (sebutkan pihak yang terlibat). Baiklah dalam pembahasan materi presentasi kali ini, izinkan saya untuk membicarakan sedikit mengenai latar belakang mengapa saya memilih topik ini (dan seterusnya)

Kata penutup

Demikian isi presentasi saya kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan sungguh hanyalah milik Allah SWT saja.

Akhirul kalam, Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an laa-ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik. Wallahul muwaffiq ila aqwamithaaryq. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi dalam bahasa inggris


contoh ucapan presentasi

Ketika kamu dihadapkan dengan presentasi menggunakan bahasa inggris, kamu mungkin akan bingung mempersiapkan kalimat pembuka dan penutupnya. Berikut adalah contoh salah satu kalimatnya yang bisa kamu gunakan :

Kata pembuka

Thanks MC, for giving me the opportunity to explain my presentation. First of all, lets pray and thanks unto our god, who has been giving us some mercies and blessings so we can attend and gather in this place in good condition and happy situation. Standing in front of you all, i would like to deliver my presentation under the tittle (kasih judul presentasimu).

Kata penutup

Thats all my presentation, I hope my research will be usefull for you all. As human being, I relieze that i can’t avoid the mistakes, so I apologize. And I don’t forget to say thanks so much for your attention. May you have some critics or suggest, please give me. I feel free to accept them. 

Baca juga : Contoh kata sambutan ketua panitia acara dan cara membuatnya

Demikianlah pembahasan kita mengenai Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Singkat kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya. Jangan lupa untuk tampil percaya diri ketika didepan umum ya. Bagikan tips ini di media sosialmu dan bantu kawan kawan mu untuk tampil memukau dalam setiap presentasi mereka.
Buka Komentar