Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Umum, Islami, Bahasa Inggris

Kata pembuka dan penutup dalam suatu presentasi atau seminar merupakan hal penting yang bisa menarik perhatian audiens kita. Memberikan atensi berupa kalimat persuasif dan atraktif diyakini bisa menambah pesona dan fokus pendengar terhadap materi yang akan disampaikan dalam suatu acara presentasi.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi yang bisa kamu lakukan lewat google meet atau secara offline. Presentasi merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk menjelaskan tugas per kelompok dan sering kali juga menjadi tugas akhir yang diberikan oleh dosen atau guru.

Ketika diawal presentasi, tentunya kamu harus mempersiapkan diri agar terlihat menarik di depan audiens bukan? Mempersiapkan materi power point (ppt) yang dibuat di ms office, bisa juga lewat canva atau aplikasi edit video. Penampilan yang formal juga penting, gaya bahasa dan mempersiapkan materi apa yang akan disampaikan juga penting.

Presentasi yang berkualitas memberikan materi yang bermanfaat bagi audiens. Agar audiens benar-benar paham apa yang disampaikan narasumber, kamu harus bisa menyampaikan materi sesederhana mungkin dengan gaya penyampaian yang menarik perhatian.

Bagaimana seharusnya kamu tampil, harus bisa menguasai panggung agar audiens selalu mendengarkan apa yang kamu sampaikan. Dengan mempelajari kalimat pembuka dan kata penutup dalam presentasi, kamu bisa memiliki kepercayaan diri dalam memulai suatu presentasi.


Contoh Presentasi Bisnis Produk

contoh presentasi bisnis produk

Secara umum kamu bisa menggunakan beberapa kalimat umum yang biasa dipakai banyak orang ketika membuka dan menutup suatu acara presentasi. Berikut beberapa contohnya, bisa kamu hapalkan dan improvisasi :

Assalamualaikum, Shalom, Om swastiastu, Namo Buddhaya dan Salam kebajikan

Yang kami hormati Bapak/Ibu konsumen sekalian. Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, bahwa hari ini kita dapat bertatap muka untuk perkenalan produk baru dari kami di Auditorium Kosngosan kali ini.

Kami ucapkan terimakasih atas sambutan dan waktu yang telah diberikan kepada kami untuk sedikit memberikan pengenalan tentang Laptop SMK, sekaligus promosi akan produk kami yang super hebat ini.
Sebelumnya, perkenalkan dulu, saya bernama Cipto Danang, saya aslinya orang Padang. 

Saat ini saya bekerja sebagai head of marketing di Laptop SMK yang beralamat di Yogyakarta. Kehadiran kami disini untuk mensosialisasikan spesifikasi produk laptop kami sekaligus promosi produk kami ini.

Bapak dan Ibu yang kami hormati, Laptop SMK adalah produk yang dibuat dan dirancang oleh anak anak bangsa sendiri, dimana para pekerjanya adalah mereka yang lulus SMK jurusan yang elektronika dan teknologi informasi yang kami rekrut dari berbagai sekolah terbaik di Indonesia

Saat ini Laptop SMK sedang marak-maraknya di promosikan, karena banyak penelitian akan pengenalan produk lokal yang semoga membantu membuat produk ini menjadi terkenal mampu dipakai oleh berbagai kebutuhan produktifitas kalian semuanya.

Bapak-bapak yang kami hormati, sayangnya masyarakat kita belum begitu memahami dan mengerti akan local pride dari produk ini. Selain itu ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa kualitas dan garansi dari produk lokal tidak ada. 

Hal ini tidak benar pak, justru Laptop SMK memiliki kualitas yang setara dengan brand lain dengan masa garansi selama 2 tahun full.

Hal tersebut karena dalam setiap proses pengerjaannya, kami melibatkan ahli dan tenaga profesional dan membuat produk sesuai dengan standar internasional. 

Untuk Laptop SMK yang kami jual di pasaran, kami memiliki 2 varian harga dengan spesifikasi yang berbeda, yaitu paket harga  Rp,6,999,000,- dan Rp,7,199,000,-

Adapun tambahan Features yang bisa kalian dapatkan yaitu : Bluelight Shield Technology RAM and Storage yang bisa diupgrade, untuk Kelengkapan dalam setiap pemblian, yaitu Unit Laptop, Tas Laptop, Charger, Kartu Garansi, Box / Dus Laptop

#FREE : MOUSE + OFFICE 202x dan APLIKASI LENGKAP sesuai permintaan.

Untuk ketentuan garansinya,  Barang 100% Baru dan Bergaransi, Garansi 1 tahun, full sparepart, Garansi toko 7 hari, ganti unit (hanya untuk kerusakan bawaan pabrik)

Harap konfirmasi ketersediaan barang terlebih dahulu sebelum pemesanan.

Demikian kiranya penjelasan kami, apabila kurang jelas bisa hubungi kami di nomor telpon yang ada di brosur yang sudah kami sediakan.

Terimakasih atas perhatiannya, Wassalamu'alaikum, Shalom, Om swastiastu, Namo Buddhaya dan Salam kebajikan


Kata pembuka

Assalamualaikum, Salam sejahtera untuk kita semua. Syukur kita ucapkan atas nikmat kesehatan dan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul dalam seminar ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaian materi presentasi yang berjudul (...). Sebelumnya saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak (sebutkan pihak yang dihormati)
Terimakasih kasih sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk tampil menjabarkan materi presentasi ini. Baiklah kita mulai dari latar belakang yang mendasari saya untuk ikut terlibat dalam penelitian selama satu bulan kemarin.

Kata penutup

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Saya berharap hasil presentasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk audiens. Bila merasa ada kekurangan dan kesalahan, saya meminta maaf karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Untuk sesi tanya jawab akan saya buka setelah pembawa acara memulai. Namun sebelum itu izinkan saya memberi pantun penutup yang saya karang sendiri.



Contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi islami


Bagi yang muslim, beberapa kalimat pembuka khas islami mungkin bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menyelipkan beberapa kalimat berbahasa arab. Sebagai contohnya kamu bisa baca dibawah ini :


Pembuka

Alhamdulillahilldzii kaana ya’ibaadihi khairan bashiiran, tabaarakalladzii ja’ala fiis samaa’i buruujan wa ja’ala fiihaa siraajan wa qamaraan muniiran. 

Asyhadu allaa ilaaha illallahu wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhulladzii ba’atsahu bil haq basyiiraw wandziira. wa daa’iyaa ilaal haq biidznihi wa siraajam muniira. 

Allahumma shalli alaihi wa alaa alihi wa sahbihi wa sallim tasliiman katsiiran. Amma ba’du.


Pembuka 2

Alhamdulillahi was shalaatu was salaamu alaa asyrafil ambiyaa’i wal mursaliin, wa alaa aalihi wa ashabihi wa man tabiahum bi ihsaanin ilaa yaumiddin, amma ba’du.

Alhamdulillahi wa kafaa, was shalaatu was salaau alaa rasuulihil musthafaa, wa alaa aalihi wa sahbihi wamanih tada, amma ba’du


Penutup

Baarakallahu lii wa lakum fiil quranil adhiim, wa nafa’ni wa iyyakum bimaa fiihi mina aayaati wadz dzikrul hakiim, wa taqabbal minni wa minkum tilaawawatahu, innahu huwas samii’ul aliim, aquulu qauli hadzaa wastaghfirullahl adhiim lii wa lakum wa lisaairi muslimiin, fas taghfiruuhu innahu huwal ghafuurur rahiim.

Akhirul kalam, subhanakallahu maa wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha anta, astaghfiruka wa atuubu ialaih, Wallahul muwaffiq ila aqwamithaaryq, wallahu alam bis shawab. (salam)


Kata pembuka

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Alhamdulillaahirobbil 'aalamiin washsholaatu wassalaamu' alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursalina, wa-'alaa aalihi washohbihi ajma'iina." amma ba'du. Pertama dan yang paling utama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan kesempata-Nya sehingga kita bisa berkumpul ditempat yang penuh berkah ini.
Shalawat salam kita berikan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Yang saya hormati (sebutkan pihak yang terlibat). Baiklah dalam pembahasan materi presentasi kali ini, izinkan saya untuk membicarakan sedikit mengenai latar belakang mengapa saya memilih topik ini (dan seterusnya)

Kata penutup

Demikian isi presentasi saya kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan sungguh hanyalah milik Allah SWT saja.
Akhirul kalam, Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an laa-ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik. Wallahul muwaffiq ila aqwamithaaryq. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi bahasa inggris


Ketika kamu dihadapkan dengan presentasi menggunakan bahasa inggris, kamu mungkin akan bingung mempersiapkan kalimat pembuka dan penutupnya. Berikut adalah contoh salah satu kalimatnya yang bisa kamu gunakan :

Kata pembuka

Thanks MC, for giving me the opportunity to explain my presentation. First of all, lets pray and thanks unto our god, who has been giving us some mercies and blessings so we can attend and gather in this place in good condition and happy situation. Standing in front of you all, i would like to deliver my presentation under the tittle (kasih judul presentasimu).

Kata penutup

Thats all my presentation, I hope my research will be usefull for you all. As human being, I relieze that i can’t avoid the mistakes, so I apologize. And I don’t forget to say thanks so much for your attention. May you have some critics or suggest, please give me. I feel free to accept them. 

Baca juga : Contoh kata sambutan ketua panitia acara


Kesimpulan


Demikianlah pembahasan kita mengenai Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Singkat kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya. 

Jangan lupa untuk tampil percaya diri ketika didepan umum ya. Bagikan tips ini di media sosialmu dan bantu kawan kawan mu untuk tampil memukau dalam setiap presentasi mereka.
Oleh rezaharahap