Resep Mie Instan Buatan Sendiri vs Buatan Warung

Mengapa mie instan seperti Indomie, Mie Sedap, Sarimi dan merek lain lebih enak buatan warung ketimbang buatan sendiri di rumah atau kost? Hal ini masih menjadi misteri bagi sebagian orang. Akan tetapi kali ini kita akan membahas beberapa resep dan bumbu yang membedakan keduanya. Simak pembahasannya dibawah ini.
mie instan isi dua satu

Mie instan senantiasa jadi makanan praktis yang digemari banyak orang. Seperti krupuk dan makanan merakyat lainnya, mie instan dinilai lebih enak dan murah untuk mengganjal perut yang lapar. Terlepas dari banyaknya pihak yang menghindari makan mie instan karena katanya membahayakan bagi kesehatan.

Mengapa mie instan sendiri begitu disukai? Karena memang budaya makan mie tidak hanya dikenal oleh maasyarakat jepang atau korea saja. Sejak dahhulu masyarakat indonesia juga mengenal yang namanya makanan mie untuk beberapa acara besar.

Mie instan di Indonesia punya harga yang relatif murah. Hal inilah yang menjadikan banyak warung makanan pinggir jalan menggunakannya sebagai bahan baku masakan andalannya.

Baca juga : Kelebihan Makan Mie Instan Isi 2 daripada Isi 1

Seperti mie mie kebanyakan, kita lebih menyukai mie instan dengan berbagai tambahan bahan, dan hal inilah yang mungkin menjadikan mie instan buatan warung atau kedai lebih enak ketimbang mie instan buatan sendiri.

Dalam beberapa sumber yang mimin lansir, ada 2 orang ilmuwan yang telah menjawab rasa penasaran kamu mengenai suatu hal yang sering sekali timbul dalam kehidupan sehari-hari.

Mie rebus yang gurih dan nikmat bagi kedua ilmuwan ini, mereka akan membahas bagaimana mie instan buatan warung dan mie instan buatan sendiri itu berbeda sensasi kenikmatannya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, dua orang pemuda sebut saja A dan B melaksanakan blind testing. Dengan metode klasik ini, para pembeli akan dikasih dua mangkok berisi mie instan dengan rasa yang sama. Satu buatan ibu warung tetangga dan satunya lagi buatan sendiri dengan resep ala kadarnya.

Penyebab Mie Instan Buatan Warung lebih Enak dibandingkan Buatan Sendiri


Ada 3 pembeli yang melaksanakan blind testing. Pembeli yang pertama mengatakan mangkok A memiliki rasa yang lebih nikmat.

Meskipun dua lainnya mengatakan mangkok B punya rasa yang lebih nikmat. Jadi bisa disimpulkan bahwa tidak selalu benar bahwa mie rebus buatan warung tidak selezat dibandingkan dengan buatan rumah.

Para tester menuturkan bahwa unsur sugesti bisa saja menambah kenikmatan dalam mengkonsumsi mie instan buatan warung. Hanya saja itu bisa terjadi apabila kita melihat dan merasakan sensasi duduk dan makan di warung, ditambah dengan suasana yang juga mendukung.

Ada beberapa penyebab lain, yang membuat mie instan terkesan lebih enak buatan warung ketimbang buatan sendiri, misalnya ketika di warung, mienya telah dimasak dan ditawarkan tidak sendiri. Di meja juga tersedia saus, cabai, kerupuk dan gorengan.

Selain itu pada masakan mie instan buatan warung, sering diberikan bumbu tambahan seperti cabai dan air kari dari rebusan daging ayam yang menambah kenikmatan mie instan.

Resep mie instan buatan sendiri

Pada resep mie instan buatan sendiri, kita justru lebih sering memasak dengan cara sederhana, menggunakan bumbu apa adanya. Paling banter menggunakan tambahan cabe, bawang putih, bawang merah dan telur. Serta kita terkadang tidak mengetahui kapan waktu yang tepat mengangkat mie, bisa lebih lama yang mengakibatkan mie jadi kembang, atau lebih singkat yang menyebabkan mie masih alot atau mentah.

Resep mie instan buatan warung

Biasanya warung menyediakan resep tertentu untuk pembuatan mie instan mereka, seperti selain menggunakan mie instan, bumbu dan tambahannya, ada juga memakai telur, daun bawang, udang, daging, bawang merah, bawang putih dan tambahan air kaldu hasil rebusan daging ayam.

Pada meja makan bisanya akan tersedia cabe, kecap, saos dan juga aneka kerupuk yang membuat makan mie menjadi lengkap. Plus ditambah es teh manis atau juice sebagai peredam panasnya mie instan.

Kesimpulan


Jadi bagaimana pun, masakan mie instan buatan warung dan buatan sendiri memiliki kenikmatan yang sama apabila bumbu dan cara penyajiannya juga sama. Adapun anggapan yang mengatakan bahwa mie buatan warung lebih nikmat dibanding buatan sendiri itu adalah mitos. Semoga kamu paham arti persepsi yang digambarkan pada blind test diatas.

Baca juga : 6 Tips Bahagia Untuk Anak Rantau

Demikian pembahasan kosngosan kali ini mengenai Resep Mie Instan Buatan Sendiri vs Buatan Warung. Semoga bisa menambah pengetahuanmu ya. jangan lupa share dan berikan komentar mu dibawah ini. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel