Tips Ramadhan Menghadapi Bulan Puasa Bagi Anak Kost

Tips Ramadhan Menghadapi Bulan Puasa Bagi Anak Kost

Baca juga :

Selamat datang bulan ramadhan. Bulan dimana umat muslim seluruh dunia melakukan ibadah puasa. Dan pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan pembahasan cara menghadapi bulan puasa yang berkualitas bagi anak kost dan mahasiswa. Karena puasa tidak hanya sekedar beribadah, namun juga bisa membuka peluang dan potensi diri menjadi lebih maksimal lagi.

Bagi mimin yang seorang anak kost, bulan ramadan boleh dikatakan adalah momen yang paling tepat untuk mengadakan penghematan. Frekuensi makan berkurang dan melimpahnya buka bersama gratis merupakan salah satu penyebab bergairahnya anak kos pada bulan ramadan. Namun hal tersebut tidak lantas membuat kita bersantai dan berlamas malasan bukan? Ada beberapa cara menghabiskan waktu ketika puasa agar waktu kita juga berkualitas.
ramadhan anak kos

Berkaca pada ramadan tahun lalu, mimin yang masih menyandang status mahasiswa mungkin masih bisa fokus pada ibadah sunnah karena memang selalu libur akademik. Tetapi ramadan kali ini jelas berbeda.

Persiapan apa saja yang mimin lakukan demi menghindari efek malas dan sering mengantuk saat ramadhan sambil bekerja, adalah sesuatu yang mesti mimin share, terlebih buat kalian yang menyandang status anak kost.

Bagaimana sih Ramadhan Berkualitas Bagi Anak Kost itu? Yang pasti bukan seberapa tahan kalian terhadap godaan makanan dan minuman. Karena perut anak kost sudah terbiasa akan kekosongan, tidak berdampak signifikan lagi bila dikaitkan dengan efek berpuasa pada umumnya.

Lebih dari itu, kebiasaan anak kost yang punya sifat hedonis, hura hura, buang waktu percuma, nonton hal hal yang tidak bermanfaat dan setiap aktifitas negatif lainnya adalah sesuatu yang mesti kamu hindari dalam menyambut ramadhan.

Baca juga : Tips Belanja Online Aman dengan Hemat Saat Bulan Puasa Tiba

Selagi diberikan umur untuk bertemu ramadan, kita mesti mengisinya dengan kegiatan bermanfaat, bukan? Persiapkan diri lahir dan batin. Seperti melunasin hutang ke teman kost, sungkeman dengan ibu kost, minta keridhoan hati dari sang pemilik rumah makan padang yang sering kamu kibulin semasa ngemil kerupuk, bersihkan kamar kost dan yang terpenting adalah bertekad untuk menjadi anak kost yang lebih baik setelah lebaran nanti.

Tips menghadapi bulan puasa untuk anak kost


Bagi anak kost dan perantauan yang jauh dari keluarga, menjalani bulan ramadhan bukannya hal yang menyenangkan. Karena ada banyak tantangan dan kesibukan yang menyita waktu dan tenagamu, karena dilakukan sendiri tanpa bantuan ibu atau ayah misalnya. Namun jangan khawatir, beberapa tips dibawah ini akan bisa memaksimalkan bulan puasamu :

1. Bersihkan kamar dan kendaraan sebelum bulan ramadhan tiba


Kebersihan adalah sebaian dari iman. Pastinya agama juga mengajarkan kebersihan kepada umatnya. Kamu harus membersihkan dan membereskan kamar mu sebelum bulan puasa tiba. jangan sampai kamu beribadah kurang khusuk dan rawan akan serangan penyakit karena banyak kotoran di kamar kosan mu. Selain kamar kos, kamu juga harus membersihkan kendaraan mu seperti motor atau mobil. Jangan lupa yang terpenting untuk membersihkan hati menyambut bulan ramadhan.

2. Meminta maaf kepada keluarga, saudara, teman kost dan seluruh pihak yang kamu kenal


Ada tradisi yang perlu untuk dilestasikan, yaitu saling menghubungi keluarga dan kenalan ketika sebelum ramadhan tiba. Hal ini bisa kamu lakukan lewat chatting, telepon, sms atau bertemu langsung dengan orangnya. Cukup saling meminta maaf supaya hati bersih dan pikiran tentram dalam menghadapi bulan puasa.

3. Persiapkan masakan sahur untuk puasa


Sahur pertama kali bagi anak kost memang sedikit sulit, karena harus bangun pada jam 2-3 an yang biasanya bangun pas shubuh atau bahkan bangun jam 7 pagi. Oleh karena itu set alarm mu dan persiapkan masakaan yang sudah kamu simpan di magic com misalnya, jadi kamu tidak perlu keluar lagi untuk memberi makanan. Atau bagi kamu yang memasak, juga bisa mempersiapkan sahur, namun tentunya harus bangun lebih pagi.

4. Memulai aktifitas seperti biasanya


Setelah shalat shubuh, jangan tidur lagi. Hal ini agar perutmu tidak sakit. Kamu bisa berolahraga ringan atau jalan jalan santai di kompleks kost (jangan ikut asrama subuh!). Setelah itu mulailah beraktifitas seperti bisanya. Apabila kamu mahasiswa maka belajarlah di kampus atau kamu yang sudah bekerja, berangkat ke kantor dan bekerja seperti biasa.

5. Lakukan ibadah wajib lainnya


Bulan puasa berarti ibadah wajib lainnya juga harus meningkat dong kualitasnya. Jangan justru dengan berpuasa, kita jadi loyo untuk shalat, baca al quran dan berdzikir. Jadi puasa dan ibadah wajib dan sunnah lainnya harus tetap dimaksimalkan agar meraih pahala yang maksimal juga.

6. Buka puasa di mesjid yang menyediakan buka bersama gratis


Ini adalah rahasia umum para anak kost yang terkenal dengan keiritan nya. Kamu bisa cara mesjid yang menyediakan buka puasa gratis. Di banyak kota besar, apalagi mesjid raya-nya pasti menyediakan bukaan yang bisa menghemat budget makan malam mu. Jadi seperti sambil menyelam minum air bukan?

7. Jangan lupa shalat tarawih


Sehabis buka puasa, jangan malah ngacir dan tidur di kosan. Walaupun sunnah, tapi shalat tarawih adalah salah satu ibadah khas bulan puasa yang harus kamu lestarika. Kalau kamu bekerja dan tidak bisa setiap hari shalat, minimal shalatlah yang rutin dan janga sampai tidak shalat sama sekali. Jangan lupa tutup shalat tarawih mu dengan shalat witir ya.

8. Atur rencana setelah lebaran


Dan berbicara mengenai goal lebaran nanti, ini adalah cara supaya kamu bisa menjalani bulan ramadhan dengan lebih berkualitas. Kamu bisa rumuskan planning seperti apa atau resolusi seperti apa yang akan kamu raih setelah lebaran usai. Buatlah itu dalam suatu mind mapping atau kerangka tulisan. Agar kamu bisa membaca dan mengingatnya setiap hari.

Baca juga : Contoh Desain Jadwal Imsakiyah Ramadhan Terbaru PSD

Selain pengalaman dan persiapan menyambut ramadan kali ini, mimin juga mengingatkan kalian untuk selalu menjaga pola makan dan tidur ketika ramadan. Kebiasaan anak kost jikalau malam taraweh selalu begadang hingga sahur dan tewas diwaktu pagi sampai siang.

Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Selain itu sering makan beringas saat buka dan makan seadanya saat sahur. Dan pada akhirnya, hari hari ramadan tidak diisi dengan aktifitas positif. Akhir kata, mimin pun menghimbau, yuk hidupkan ramadan dengan persiapan bareng keluarga tercinta.

Demikian artikel mengenai Tips Ramadhan Menghadapi Bulan Puasa Bagi Anak Kost kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya. Jangan lupa untuk share dan komentar di bawah ini ya. Terimakasih sudah berkunjung.
Buka Komentar