Contoh Pembuatan Undangan Wirid Yasin Pengajian

Bagi masyarakat muslim yang tinggal dalam kehidupan sosialnya, ada berbagai kebiasaan dan budaya yang melekat dari dulu hingga sekarang. Berbagai acara perkumpulan berbasis agama seperti tahlilan dan yasinan adalah salah satu contohnya. Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan contoh surat undangan khusus wirid yasinan dan cara membuatnya agar banyak yang menyukai.

Wirid Pengajian Yasinan merupakan kegiatan rutin yang digelar masyarakat dengan berbagai tujuan. Ada yang mengadakan sebagai bentuk syukuran, bentuk peringatan dan doa kematian dan ada juga yang rutin digelar untuk menjaga silaturahim antar warga di suatu perkampungan. Tujuan ini tentu saja positif dan layak untuk dipertahankan.

Daftar isi :
Panduan pembuatan undangan wirid yasin
Contoh undangan wirid yasin doc

Namun sebagain keluarga yang hendak menggelar acara ini sering suka kebingungan karena tidak bisa mendesain dan membuat surat undangan yang sudah pasti dibutuhkan untuk memberitahukan teknik acara kepada para undangan.

Nah untungnya kalian berada di postingan kali ini. Selain format template undangan, akan mimin berikan tips dan cara membuat undangan yang baik dan benar. semoga bisa membantu kalian ya. Namun sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah dan budaya pengajian ini di masyarakat.

Baca juga : Contoh Undangan Syukuran Haji doc dan Cara Membuatnya

Bagaimana sejarah tahlilan, wirid dan yasinan dalam masyarakat Indonesia? Sebelum islam datang, masyarakat Indonesia punya keyakinan Animisme dan Dinamisme.

Banyak yang sudah menyakini bahwa arwah yang telah di cabut dari jasadnya akan gentayangan selama tujuh hari, kemudian akan kembali pada hari ke empat puluh, hari keseratus dan hari keseribunya.

Lalu para pembawa agama Islam saat itu berusaha menghapusnya dengan perlahan, dengan cara menggantinya dengan bacaan thoyyibah yang dibenarkan menurut ajaran Islam dengan harapan supaya masyarakat tersebut berubah sedikit demi sedikit dan meninggalkan acara tersebut menuju acara Islam yang murni.

Cara Pembuatan Surat Undangan Yasinan yang Baik dan Benar


undangan wirid yasin

Terlepas dari kontroversi atau perbedaan pendapat antara para ulama tentang hukum pelaksanaan acara yasinan ini, mimin kita kita sebagai masyarakat juga harus memandang ini sebagai salah satu kegiatan budaya yang bisa menjadikan kehidupan bersosial dan bermasyarakat lebih erat dan positif.

Ada pun bebeberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai membuat undangannya antara lain :

Langkah 1 :


Membuka lembar kerja baru ms word, kemudian mengatur margin surat sesuai keinginan, misalnya 2-2-2-2, spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya, jenis font times new roman, ukuran font 12 dan teknis lain yang perlu.

Langkah 2 :


Membuat cover atau sampul undangan. Sampul adalah bagian depan yang menjadi penarik bagi undangan dalam melihat isi undangan. Bisa diberikan semacam desain pada pinggiran, kotak tujuan undangan, perihal undangan dan nama pengirim (bisa lihat pada bagian contoh surat dibawah ini)

Langkah 3 :


Membuat badan surat yang berisi pendahuluan, isi dan penutup surat.  Pendahuluan berupa kata pendahuluan, salam. Bagian isi memberikan penjelasan singkat mengenai teknis acara, seperti mulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan acara.

Berikan kata penutup dengan ucapan terimakasih, pengharapan akan kehadiran pihak yang diundang dan juga pemberian salam.

Langkah 4 :


Tanda tangan pihak pengundang atau keluarga besar, setiap surat informal pada bagian akhirnya juga harus dicantumkan bagian diketahui, atau pihak pengirim undangan. Bisa bentuk namanya individual atau atas nama keluarga besar.

Kamu bisa cetak undangan dibawah ini, dan menggunakan jenis undangan lipat 3. Artinya tidak perlu pemberian amplop lagi, untuk menghemat biaya. Cukup sesuaikan ukuran cover dan lipat tiga bagian suratnya.

Contoh Blangko atau Template Undangan Yasinan Format Doc


Nah seperti janji mimin diatas, bagi kamu yang tidak ingin repot membuat surat undangan wirid yasinan dari awal, kosngosan memberikan contoh format surat undangan doc yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan. Tinggal ganti alamat, nama dan lainnya, dan cetak. Kemudian fotocopy sebanyak target undangan.



Kamu dapat mengunduh file undangan diatas, dengan mengklik tautan undangan wirid yasinan doc disini

Petunjuk download


Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh

Baca juga : Contoh Undangan Lomba Adzan dan Baca Al-Quran di Masjid

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Pembuatan Undangan Wirid Yasinan Pengajian kali ini, semoga bisa membantu kalian yang saat ini hendak mencari template-nya. Semoga acaranya berjalan dengan lancar ya. Jangan lupa bagikan postingan ini di media sosial kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel