Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurusan Farmasi: Mata Kuliah Wajib, Kelebihan, Kekurangan & Prospek Kerja

Apa saja mata kuliah wajib program studi farmasi? Apa kelebihan dan kekurangannya? Dan bagaimana peluang kerja jurusan ini 5 tahun kedepan? Bagi kalian yang berstatus pelajar sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, maka sudah harus merencanakan mengambil jurusan apa nantinya. Supaya bisa fokus mempersiapkan diri dalam seleksi masuk nanti

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas mengenai jurusan yang tidak asing lagi bagi kamu, yaitu jurusan farmasi yang akrab dengan dunia kesehatan. Artikel kali ini cukup penting bagi kamu yang memang berencana memilih jurusan farmasi.

Mimin akan membahas mengenai hal apa saja yang akan kamu dapatkan bila berkuliah di jurusan farmasi. Pertama bagi kamu yang suka dengan pelajaran kimia biologi fisika atau pelajaran IPA lainnya, ini merupakan kabar yang sangat bagus.

Mengapa? karena pada jurusan farmasi akan banyak membahas semua hal yang berkaitan dengan MIPA. Pada Jurusan Farmasi kamu diajarkan bagaimana cara membuat obat. Jadi jadi kamu nanti akan diajarkan bagaimana cara formulasi sebuah obat atau membuat sebuah obat dalam bentuk tablet, puyer atau sirup.

Intinya apa yang biasa kamu lihat di apotik, itu semua akan kamu pelajari di jurusan farmasi. Jadi pada pelajaran farmasi kamu akan membahas bagaimana cara kerja obat, perjalanan penyakit dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan dunia kesehatan.

Kamu juga akan melakukan percobaan terhadap beberapa hewan dan memberi perlakuan terhadap hewan. Dan bagian terburuknya adalah bagi kamu yang tidak suka tikus atau mencit, tidak suka hewan-hewan percobaan lainnya, ini bisa saja menjadi mimpi buruk.

Karena sebagian besar praktikum farmakologi pasti menggunakan hewan percobaan. Nah berkaitan dengan tugas akhir atau skripsi, kamu yang ingin masuk Jurusan Farmasi maka nanti tugas akhir kamu atau skripsi kamu pasti berkaitan dengan obat semuanya.

Meskipun sobat kosngosan mengambil jurusan farmakologi, jurusan teknologi farmasi, kimia bahan alam atau kimia farmasi analisis, semuanya pasti berhubungan dengan obat dan itu sangat menarik sekali.

Baca dulu : Kata Bijak Bidan dan Perawat Indonesia


Mata Kuliah Wajib Farmasi


mata kuliah jurusan farmasi

Kuliah jurusan farmasi memiliki beberapa mata kuliah yang wajib kamu ambil, supaya persyaratan sks mu terpenuhi. Beberapa matkul farmasi yang paling banyak dipelajari oleh mahasiswanya antara lain :

  1. Mata kuliah Farmasetika (ilmu yang mempelajari cara penyediaan obat menjadi bentuk tertentu hingga siap digunakan sebagai obat)
  2. Mata kuliah Farmakognosi (ilmu yang mempelajari bagian tanaman atau hewan yang bisa digunakan sebagai obat alami yang telah melewati berbagai macam uji)
  3. Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi (MPKT)
  4. Mata kuliah Fisika Farmasi
  5. Mata kuliah Statistika Farmasi
  6. Mata kuliah Patobiokimia
  7. Mata kuliah Teknologi Sediaan Padat
  8. Mata kuliah Metodologi Penelitian Kesehatan
  9. Mata kuliah Biofarmasetika
  10. Mata kuliah Kimia Medisinal
  11. Mata kuliah Teknologi Sediaan Padat
  12. Mata kuliah Analisis Sediaan Farmasi
  13. Mata kuliah Teknologi Sediaan Steril dan Aseptik Dispensing
  14. Mata kuliah Farmakokinetik
  15. Mata kuliah Teknologi Sediaan Setengah Padat dan Cair


Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi


Tentunya apabila kamu ingin kuliah di jurusan farmasi kamu harus tahu mengenai kelebihan dan kekurangan dari jurusan ini sebelum memutuskan untuk kuliah. Ibaratnya kamu tentu tidak ingin membeli kucing dalam karung bukan?

Kelebihan dari jurusan farmasi termasuk ke dalam prospek kerjanya yang masih cerah untuk beberapa tahun kedepan. Karena memang tenaga racik obat, tidak akan bisa digantikan oleh robot dan teknologi, karena ini menyangkut nyawa orang banyak

Kamu juga memiliki gaji dan pendapatan yang relatif lebih tinggi dan dianggap sebagai jurusan yang premium atau berkelas karena memang tidak banyak orang yang berhasil diterima dalam jurusan ini.

Jurusan farmasi juga punya kelebihan dimana kamu bisa mengabdikan profesimu kepada masyarakat luas, apalagi ketika kamu membuka praktek di tempat tempat marginal, dimana banyak dari masyarakat yang membutuhkan jasa kesehatan darimu, seperti meracik obat, membuatkan resep yang terbaik, membantu sebagai konsultan kesehatan dan sebagainya


Berbicara mengenai kekurangan dari jurusan ini termasuk ke dalam proses kuliahnya yang cukup lama karena memang harus menjalani berbagai mata kuliah dan syarat-syarat lain yang mengharuskan kamu untuk tamat lebih lama.

Jurusan farmasi juga cukup banyak peminatnya, jadi apabila kamu ingin bekerja sebagai cpns nantinya, maka sudah tentu kamu punya banyak saingan  untuk mendapatkan posisi sebagai ASN tersebut. Karena ada banyak lulusan sarjana farmasi diluar sana yang saat ini juga sedang mencari pekerjaan.

Selain itu seperti yang dibicarakan sebelumnya kamu harus siap untuk lembur dan belajar lebih giat karena memiliki praktek dan jadwal yang padat, kamu juga harus siap bekerja dan belajar dalam tekanan serta bersaing dengan jurusan lain


Prospek Kerja


Seperti apa prospek kerja dari lulusan farmasi ini? Sebenarnya kita bisa melihat bahwa karier yang kamu ambil ketika memutuskan sudah kuliah dibidang ini adalah karier untuk bidang kesehatan. Baik itu yang bersinggungan langsung dengan rumah sakit atau pun membuat apotek sendiri.

Sebagai contoh, jika kamu mengambil bidang keahlian farmakologi, kamu nantinya akan membuat sediaan obat dari bahan alam atau mungkin sediaan sintetik lainnya. Kemudian kamu berikan pada hewan percobaan dan mengamati efeknya apakah benar memiliki efek atau tidak.

Topik penelitian lain misalnya kamu ingin mencoba toksisitas obat. Maka kamu akan memberikan sebuah obat yang telah sobat kosngosan desain sebelumnya kepada hewan percobaan dan nanti setelah beberapa hari kamu uji efeknya dengan menggunakan peralatan yang ada di laboratorium untuk farmakologi.

Bidang Teknologi Farmasi, berkaitan sekali dengan obat. Jadi pada teknologi farmasi kamu akan memformulasi sebuah obat.  Kamu akan membuat sebuah sediaan obat salut gula, ada yang salut selaput, suppositoria, injeksi, tablet biasa, puyer dan sebagainya.

Bidang Kimia Farmasi Analisis, kamu akan menganalisa sebuah obat di dalam matriks biologis atau dalam matrik sampai obat jadi. Kamu bisa membandingkan obat yang beredar di pasaran juga. Seperti misalnya dalam obat tertera 500 mg, maka kamu nanti akan membahas atau menguji apakah betul kandungannya 500 mg dan itu menyenangkan bagi mereka yang menyukai dunia farmasi.

Bidang Kimia Bahan Alam, yang sangat berkaitan dengan jamu fitofarmaka obat herbal terstandar dan yang lainnya. Pada bagian tugas akhir ini kamu akan mencari tahu sebuah tanaman herbal obat yang berperan sebagai obat. Atau kamu akan berperan sebagai herbalis.

Kamu bisa melamar pekerjaan pada posisi seperti dibawah ini :

  • Melamar di lembaga pemerintahan, seperti Kementerian Kesehatan, Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  • Melamar di Divisi Administrasi Pelayanan Obat pada Lembaga Pemerintahan, POLRI, Perusahaan BUMN atau bahkan TNI
  • Bisa melamar menjadi tenaga pengajar di sekolah atau Dosen
  • Menjadi apoteker, bekerja di divisi instalasi farmasi pada rumah sakit
  • Bekerja di Perusahaan yang berkutat pada Industri obat-obatan
  • Bekerja di perusahaan kosmetik
  • Melamar di perusahaan makanan pengolahan
  • Bekerja pada bidang produksi jamu atau obat tradisional
  • Bekerja pada bidang perdagangan industri terkait penjaminan mutu, kemanan, dan kualitas makanan, obat-obatan atau kosmetik
  • Dan masih banyak lagi

Saran dari kami adalah ketika kamu ingin mendapatkan penghidupan yang lebih baik lagi di bidang farmasi, kamu harus bisa membuka apotek di daerah terpencil, pedesaan atau perkampungan dan bahkan bisa membuka praktek mu sendiri. Karena selain saingan yang sedikit, kamu juga bisa membaktikan ilmu mu bagi masyarakat disana yang sedang membutuhkan.

Baca juga : Mata Kuliah Wajib Jurusan Keperawatan


Penutup


Nah apa yang bisa mimin rekomendasikan kepada kamu? Apabila kamu punya sifat yang sedikit malas dan suka menunda pekerjaan, sebaiknya kamu merubah kebiasaan burukmu tersebut. Karen akamu tidak akan bisa benar benar fokus untuk masuk ke jurusan Farmasi.

Kuliah jurusan Farmasi sebenarnya akan menyita waktu mu sangat banyak, terutama di bagian praktikum. Belum lagi paginya kita teori dengan dosen, sorenya kita praktikum atau sebaliknya. Nah begitulah suka duka kuliah jurusan farmasi

Bagaimana? mimin harap kamu sudah menentukan jurusan mana yang akan kamu ambil nanti nya setelah lulus sekolah. Kasih tahu mimin lewat kolom komentar ya. Jangan lupa share juga tulisan ini di media sosial milikmu, terimakasih!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya