Mengenal Jurusan Farmasi dan 15 Mata Kuliah Wajibnya

Bagi kalian yang berstatus elajar sekolah menengah atas atau sederajat, hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, kalian sudah harus merencanakan hendak mengambil jurusan apa nantinya. Supaya bisa fokus mempersiapkan diri dalam seleksi masuk nanti

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas mengenai jurusan yang tidak asing lagi bagi kamu, yaitu jurusan farmasi yang akrab dengan dunia kesehatan. Artikel kali ini cukup penting bagi kamu yang memang berencana memilih jurusan farmasi.
jurusan farmasi

Mimin akan membahas mengenai hal apa saja yang akan kamu dapatkan bila berkuliah di jurusan farmasi. Pertama bagi kamu yang suka dengan pelajaran kimia biologi fisika atau pelajaran IPA lainnya, ini merupakan kabar yang sangat bagus.

Mengapa? karena pada jurusan farmasi akan banyak membahas semua hal yang berkaitan dengan MIPA. Pada Jurusan Farmasi kamu diajarkan bagaimana cara membuat obat. Jadi jadi kamu nanti akan diajarkan bagaimana cara formulasi sebuah obat atau membuat sebuah obat dalam bentuk tablet, puyer atau sirup.

Intinya apa yang biasa kamu lihat di apotik, itu semua akan kamu pelajari di jurusan farmasi. Jadi pada pelajaran farmasi kamu akan membahas bagaimana cara kerja obat, perjalanan penyakit dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan dunia kesehatan.

Baca juga : Ingin kuliah jurusan Kedokteran? Ini 10 Mata Kuliah Wajib yang harus kamu ambil

Kamu juga akan melakukan percobaan terhadap beberapa hewan dan memberi perlakuan terhadap hewan. Dan bagian terburuknya adalah bagi kamu yang tidak suka tikus atau mencit, tidak suka hewan-hewan percobaan lainnya, ini bisa saja menjadi mimpi buruk.

Karena sebagian besar praktikum farmakologi pasti menggunakan hewan percobaan. Nah berkaitan dengan tugas akhir atau skripsi, kamu yang ingin masuk Jurusan Farmasi maka nanti tugas akhir kamu atau skripsi kamu pasti berkaitan dengan obat semuanya.

Meskipun kamu mengambil jurusan farmakologi, jurusan teknologi farmasi, kimia bahan alam atau kimia farmasi analisis, semuanya pasti berhubungan dengan obat dan itu sangat menarik sekali.

Sebagai contoh, jika kamu mengambil bidang keahlian farmakologi, kamu nantinya akan membuat sediaan obat dari bahan alam atau mungkin sediaan sintetik lainnya. Kemudian kamu berikan pada hewan percobaan dan mengamati efeknya apakah benar memiliki efek atau tidak.

Topik penelitian lain misalnya kamu ingin mencoba toksisitas obat. Maka kamu akan memberikan sebuah obat yang telah kamu desain sebelumnya kepada hewan percobaan dan nanti setelah beberapa hari kamu uji efeknya dengan menggunakan peralatan yang ada di laboratorium untuk farmakologi.

Bidang Teknologi Farmasi, berkaitan sekali dengan obat. Jadi pada teknologi farmasi kamu akan memformulasi sebuah obat.  Kamu akan membuat sebuah sediaan obat salut gula, ada yang salut selaput, suppositoria, injeksi, tablet biasa, puyer dan sebagainya.

Bidang Kimia Farmasi Analisis, kamu akan menganalisa sebuah obat di dalam matriks biologis atau dalam matrik sampai obat jadi. Kamu bisa membandingkan obat yang beredar di pasaran juga. Seperti misalnya dalam obat tertera 500 mg, maka kamu nanti akan membahas atau menguji apakah betul kandungannya 500 mg dan itu menyenangkan bagi mereka yang menyukai dunia farmasi.

Bidang Kimia Bahan Alam, yang sangat berkaitan dengan jamu fitofarmaka obat herbal terstandar dan yang lainnya. Pada bagian tugas akhir ini kamu akan mencari tahu sebuah tanaman herbal obat yang berperan sebagai obat. Atau kamu akan berperan sebagai herbalis.

Mata Kuliah wajib jurusan farmasi


Kuliah jurusan farmasi memiliki beberapa mata kuliah yang wajib kamu ambil, supaya persyaratan sks mu terpenuhi. Beberapa matkul farmasi yang paling banyak dipelajari oleh mahasiswanya antara lain :

1. Mata kuliah Farmasetika (ilmu yang mempelajari cara penyediaan obat menjadi bentuk tertentu hingga siap digunakan sebagai obat)
2. Mata kuliah Farmakognosi (ilmu yang mempelajari bagian tanaman atau hewan yang bisa digunakan sebagai obat alami yang telah melewati berbagai macam uji)
3. Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi (MPKT)
4. Mata kuliah Fisika Farmasi
5. Mata kuliah Statistika Farmasi
6. Mata kuliah Patobiokimia
7. Mata kuliah Teknologi Sediaan Padat
8. Mata kuliah Metodologi Penelitian Kesehatan
9. Mata kuliah Biofarmasetika
10.Mata kuliah Kimia Medisinal
11.Mata kuliah Teknologi Sediaan Padat
12.Mata kuliah Analisis Sediaan Farmasi
13.Mata kuliah Teknologi Sediaan Steril dan Aseptik Dispensing
14.Mata kuliah Farmakokinetik
15.Mata kuliah Teknologi Sediaan Setengah Padat dan Cair

Penutup


Nah apa yang bisa mimin rekomendasikan kepada kamu? Apabila kamu punya sifat yang sedikit malas dan suka menunda pekerjaan, sebaiknya kamu merubah kebiasaan burukmu tersebut. Karen akamu tidak akan bisa benar benar fokus untuk masuk ke jurusan Farmasi.

Kuliah jurusan Farmasi sebenarnya akan menyita waktu mu sangat banyak, terutama di bagian praktikum. Belum lagi paginya kita teori dengan dosen, sorenya kita praktikum atau sebaliknya. Nah begitulah suka duka kuliah jurusan farmasi.

Baca juga : Ingin masuk ilmu kelautan dan perikanan? Kenali 10 Mata kuliah wajibnya

Bagaimana? mimin harap kamu sudah menentukan jurusan mana yang akan kamu ambil nanti nya setelah lulus sekolah. Kasih tahu mimin lewat kolom komentar ya. Jangan lupa share juga tulisan ini di media sosial milikmu, terimakasih!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel