22 Mata Kuliah Wajib Jurusan Keperawatan untuk Syarat Lulus Mahasiswa

Apakah kamu ingin masuk jurusan keperawatan? Ada beberapa pelajaran yang harus kamu ambil untuk menyelesaikan studi perawat mu dan memperoleh lisensi sebagai perawat. Saat ini ada banyak sekali lembaga pendidikan untuk jurusan keperawatan, baik itu tingkat SMK maupun perguruan tinggi dengan jenjang D3 atau S1.

Syarat kuliah perawat memang relatif lebih sulit dibandingkan dengan jurusan lain dibidang non kesehatan. Kamu harus menyelesaikan berbagai jenis materi kuliah keperawatan mulai dari semester 1 hingga semester akhir, serta menyusun karya tulis (D3) dan juga skripsi (S1). Sebelum membahas mata pelajarannya, kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertiannya.

jurusan perawat

Apa itu keperawatan? Definisi keperawatan berbeda dengan perawat. Kita bisa melihat diberbagai referensi buku dan undang undang. Keperawatan adalah bagian dari pelayanan kesehatan professional yang menjadi bagian integral dari layanan kesehatan berlandaskan ilmu keperawatan.

Ilmu ini berbentuk bio-psiko-sosio-spiritual komprehensif yang diberikan untuk individu, keluarga atau kelompok yang sedang sehat atau sakit. Layanan ini mencakup keseluruhan proses kehidupan manusia.

Baca juga : Ini bedanya jurusan ners, perawat dan bidan, lebih baik mana?

Sementara Perawat bisa diartikan sebagai profesi dari seseorang yang sudah mendapatkan pendidikan keperawatan baik di luar negeri maupun di dalam negeri, dan juga sudah memiliki lisensi perawat, dan bisa bekerja sebagaimana seorang perawat pada umumnya.

Biaya kuliah jurusan keperawatan di Indonesia memang bervariasi. Hal ini tergantung dari ketetapan internal dari pihak kampus yang disesuaikan dengan jenjang uang kuliah tunggal, bagi para perguruan tinggi negeri dan swasta untuk uang kuliah yang lebih bervariasi lagi. Kisaran SPP jurusan keperawatan antara 3.000.000 hingga 9.000.000 rupiah per semester.

Mata kuliah jurusan keperawatan


Secara umum jurusan Keperawatan memang memiliki beberapa mata kuliah atau materi pelajaran yang harus dipelajari dan dikuasai apabila ingin mendapatkan gelar sarjana keperawatan. Berikut sudah mimin rangkum beberapa diantaranya :

Mata kuliah ilmu biomedik


Ilmu biomedik merupakan cabang ilmu kesehatan yang menggunakan asas dan pengetahuan ilmu pengetahuan alam seperti biologi kimia dan fisika dalam menjelaskan fenomena hidup pada tingkat molekul sel organ dan organisme utuh serta hubungan antar bagian tersebut dengan penyakit serta memberikan solusi untuk mencegah mengobati dan memulihkan penyakit tersebut.

Mata kuliah antropologi kesehatan


Apakah sobat kosngoasn jarang mendengar antropologi kesehatan? Mata kuliah ini merupakan ilmu yang mempelajari paduan antara cara hubungan antara manusia budaya dan kesehatan. Karena perawat juga membutuhkan yang namanya interaksi sosial dengan berbagai pasien, oleh karena itu ilmu ini sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh perawat

Mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia


anatomi manusia

Sobat kosngosan akan belajar mengenai anatomi dan fisiologi tubuh manusia. Dan ini adalah pendalaman dari mata kuliah biologi yang mungkin sudah  kamu terima di bangku SMA, tentu saja akan sangat bagus apabila kamu sudah mengambil jurusan IPA sebelumnya.

Tidak seperti biologi di SMA, mata kuliah anatomi fisiologi (anafis) akan mempelajari struktur dan proses tubuh secara mendalam. Biasanya, sobat kosngòsan akan ditugaskan untuk menghafal organ-organ dalam tubuh, tulang-tulang manusia, tentunya dengan berbagai peran dan fungsinya untuk tubuh.

Selain itu, mata kuliah anafis juga membahas tentang fungsi normal dari sistem yang bekerja dalam tubuh manusia, tentang bagaimana suatu organ bekerja dan berfungsi dalam keadaan normal, dan bagaimana organ tersebut mempengaruhi kinerja organ-organ lainnya.

Ini merupakan dasar yang harus sobat kuasai dengan baik agar kedepannya Kamu tidak boleh tertinggal ketika mengambil mata kuliah yang satu ini. Karena mata kuliah yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Jika kamu kurang dalam penguasaan materi anafis ini, di semester 3 atau 4 ketika sobat belajar mengenai Patofisiologi, kamu akan keteteran sendiri. Saran mimin, jika sobat ingin menjadi seorang perawat, pahamilah sistem tubuh manusia dengan baik.

Mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan


Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang seluk beluk ilmu keperawatan. Teori-teori yang mendasarinya, serta tokoh-tokoh yang melahirkan teori-teori tersebut. Disini juga kamu akan berkenalan dengan tokoh dan profil dari Keperawatan Modern seperti Florence Nightingale, Betty Neuman, Dorothea Orem dan lain masih banyak lagi.

Ditambah lagi, disini juga kamu akan belajar mengenai etika keperawatan, nilai-nilai keperawatan dan juga normal yang harus dimiliki oleh seorang perawat. Konsep dasar ini sangat penting, walaupun belajar konsep selalu membosankan, namun percayalah, disini sobat kosngosna akan menemukan the true definition of nursing.

Mata kuliah Konsep Dasar Asuhan Keperawatan


Mata kuliah Asuhan keperawatn merupakan jiwanya dari profesi perawat. Jika kamu bertanya, apa itu pekerjaan perawat? Maka jawabannya adalah "melakukan asuhan keperawatan terhadap pasien". Apa asuhan keperawatan itu?

Asuhan keperawatan merupakan suatu proses atau tahapan kegiatan pelayanan keperawatan yang diberikan oleh seorang perawat secara langsung kepada pasien dalam berbagai tatanan pelayanan kesehatan yang meliputi pelayanan kebutuhan biologis, psikologis, sosial dan spiritual.

Bingung? Wajar. Apalagi jika baru mendengar asuhan keperawatan pasti bingung. Namun tidak usah khawatir, hal tersebut dakan dipelajari secara tuntas di bangku perkuliahan nanti. Kamu bisa mempelajarinya secara perlahan dengan membaca artikelnya di internet.

Mata kuliah Farmakologi Dasar


Selanjutnya adalah mata kuliah farmakologi dasar yang biasanya akan dipelajari mulai semester 2 atau 3. Dalam mata kuliah ini sobat akan banyak belajar mengenai obat-obatan beserta fungsinya untuk tubuh. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga sobat kosngosan akan belajar tentang cara menghitung kebutuhan obat dan tentunya belajar membaca resep dokter yang tulisannya kadang susah dimengerti

Mata kuliah Psikologi Dasar


Seperti yang sudah mimin katakan diawal bahwasannya perawat akan mempelajari berbagai disiplin ilmu lain, salah satunya adalah ilmu psikologi. Kenapa perawat harus belajar ilmu psikologi? Karena perawat akan secara langsung berurusan dengan yang namanya manusia dengan segala sifat, sikap dan perilakunya masing-masing.

Oleh karena itu, sobat kosngosan perlu untuk mengetahui ilmu psikologi manusia, dengan demikian nantinya diharapkan perawat mampu secara optimal dan maksimal melakukan adaptasi terhadap berbagai macam sifat, sikap dan perilaku manusia.

Mata kuliah Farmakokinetik


Mata kuliah farmakokinetik juga akan kamu pelajari di bangku kuliah keperawatan. Apasih bedanya dengan farmakologi? Bedanya, farmakokinetik lebih menekankan tentang proses perjalanan dan reaksi obat terhadap tubuh manusia.

Setelah menelan obat batuk dan obat masuk ke lambung, bagaimanakah prosesnya sampai obat tersebut dapat meredakan batuk? Hal-hal tersebut  akan dipelajari dalam mata kuliah farmakokinetik. Kamu sudah harus menguasai di luar kepala mengenai anatomi dan fisiologi tubuh.

Mata kuliah Patofisiologi


Mata kuliah Patofisiologi yang merupakan lanjutan dari mata kuliah anatomi fisiologi. Berbeda dengan mata kuliah anafis yang membahas struktur dan fungsi normal tubuh, dalam mata kuliah patofisiologi Kamu akan belajar tentang keadaan tidak normal/abnormal dalam tubuh.

Pembahasan seperti bagaimana sebuah penyakit dapat terjadi, bagaimana penyakit dan menimbulkan komplikasi dan ha-hal lain yang terkait dengan ketidaknormalan fungsi tubuh akan dipelajari disini. Apabila jamu kurang menguasai pelajari anafis, siap-siap saja untuk keteteran dalam mata kuliah ini.

Mata kuliah Komunikasi Efektif dan Terapeutik


Kamu juga akan mempelajari ilmu komunikasi. Karena salah satu pekerjaan perawat itu "berbicara". Jadi perawat tidak bisa diam. Harus dan harus selalu bicara, entah itu berinteraksi dengan pasien, melakukan pengkajian ataupun penyuluhan kesehatan.

Tanpa komunikasi yang baik, efektif dan terapeutik, sobat kosngósan akan kesulitan untuk berinterasi dengan pasien. Kamu akan belajar bagaimana melakukan pengkajian yang baik, menyapa pasien, mendengarkan pasien, membujuk pasien dan belajar bagaimana cara menyampaikan berita "buruk" terkait keadaan pasien kepada keluarga.

Mata kuliah Keperawatan Anak


keperawatan anak

Disini mulai masuk kedalam ilmu inti keperawatan. Kamu harus tahu bahwa selain kerjaannya banyak, urusan perawat juga tidak hanya terbatas pada orang dewasa saja. Tapi, dari mulai anak bayi sampai orang lanjut usia, bahkan dalam detik-detik terakhir kehidupan, semua itu adalah ranahnya seorang perawat.

Ilmu keperawatan terbagi lagi sesuai dengan tahap perkembangan manusia. Salah satunya adalah keperawatan anak. Sobat akan belajar tentang bagaimana cara merawat anak dengan baik, tentunya dalam konteks pelayanan kesehatan.

Disini juga sobat akan menemukan bahwa seorang perawat ternyata belajar tentang ilmu-ilmu parenting. Seperti yang sudah mimin katakan, masuk jurusan keperawatan itu beruntung. Karena menyelam sambil minum air, toh nantinya ilmu ini bakalan berguna banget kelak ketika kamu mempunyai anak, ya kan?

Mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah


Mata kuliah kali ini kamu akan belajar seperti layaknya film dan drama Korea yang bertema medis. Kamu akan belajar lebih dalam mengenai penyakit, proses pembedahan, pendalaman materi patofisiologi dan hal-hal luar biasa menarik lainnya.

Mata kuliah Keperawatan Jiwa

Sobat juga akan belajar keperawatan jiwa. Fokusnya adalah pasien-pasien yang punya gangguan jiwa, nantinya sobat kósngosan akan melakukan praktik di Rumah Sakit Jiwa. Dan ini, sangat-sangatlah menyenangkan.

Baca juga : Mata kuliah wajib jurusan kedokteran yang harus kamu tahu

Hari praktik akan dilalui dengan luapan perasaan gembira, serasa dihibur pasien. Namun tentunya dengan perasaan empati. Dan, dari sini kamu juga akan belajar menghargai hidup dan bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Tuhan seru sekalian alam.

Mata kuliah Keperawatan Gawat Darurat


Untuk yang suka dengan hectic nya IGD, mata kuliah ini bakalan terasa menyenangkan. Digabungkan dengan ilmu critical thinking, dalam mata kuliah ini sobat kòsngosan akan mempelajari kasus-kasus kegawatan dan kasus-kasus kedaruratan yang mana tentunya membutuhkan pertolongan segera yang cepat, sigap dan juga tepat.

Mata kuliah Keperawatan Kritis


Apabila untuk keperawatan kritis, ini lebih ke penanganan pasien-pasien yang membutuhkan perhatian lebih. Nantinya, ilmu ini akan bermanfaat banget untuk di ruangan Intensive Care Unit atau ICU.
Yang namanya intensif, tentunya membutuhkan perhatian dan penanganan yang ekstra. Dan semua itu bakalan di dapatkan dari mata kuliah keperawatan kritis ini.

Mata kuliah Keperawatan Maternitas


Dalam keperawatan maternitas, mata kuliah ini erat kaitannya dengan ilmu kebidanan. Dalam praktiknya memang seperti itu. Kamu akan belajar tentang haid, menstruasi, kehamilan, perawatan kehamilan sampai proses melahirkan. Dan jangan salah, mahasiswa laki-lakipun akan belajar materi ini lho!

Mata kuliah Keperawatan Komunitas dan Keluarga


Apabila mata kuliah keperawatan komunitas dan keluarga ini ditujukan agar perawat mampu melaksanakan asuhan keperawatan di masyarakat dan keluarga.

Disini sobat akan belajar berbagai hal tentang masyarakat, tentang perkembangan keluarga dengan berbagai masalah kesehatannya, belajar bagaimana berbicara di depan umum dan melakukan penyuluhan serta pelayanan dalam ruang lingkup tatanan masyarakat dan keluarga.

Mata kuliah Critical Thinking


Karena perawat merupakan profesi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, maka mata kuliah berfikir kritis atau critical thinking ini harus dikuasi. Dalam mata kuliah ini kamu akan belajar tentang bagaimana menganalisa sebuah kasus

Kemudian menentukan prioritas dan melakukan tindakan berdasarkan analisa dan prioritas dengan cepat dan tepat. Seringkali pertolongan pertama dalam tatanan pelayanan kesehatan dilakukan oleh seorang perawat. Sehingga, kemampuan berfikir kritis ini sangat diperlukan oleh seorang perawat.

Mata kuliah Keperawatan Gerontik


Dalam keperawatan gerontik atau geriatrik, atau dalam bahasa umum disebut lanjut usia, sebagaimana namanya, sobat kosngosan akan belajar mengenai tata cara perawatan pasien-pasien lanjut usia. Disini juga Kamu akan belajar mengenai penyakit-penyakit degeneratif yang berhubungan dengan proses penuaan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kehidupan lanjut usia.

Mata kuliah Manajemen Keperawatan


Seperti halnya manajemen, dalam mata kuliah manajemen keperawatan ini sobat akan belajar tentang bagaimana sebuah asuhan keperawatan dapat diberikan secara maksimal dan optimal dengan memperhitungkan berbagai aspek seperti jumlah tenaga, waktu dan efektifitas pelayanan.

Disini juga kamu akan belajar mengenai cara menghitung kebutuhan perawat, manajemen kasus keperawatan serta bagaimana sebuah manajemen dapat meningkatkan kualitas kehidupan pasien.

Mata kuliah Bahasa


Karena pelayanan kesehatan dan keperawatan bersifat universal, artinya terbuka untuk khalayak umum, maka kemampuan bahasa ini juga akan dipelajari oleh seorang calon perawat.

Mata kuliah bahasa yang dipelajari adalah bahasa inggris, namun ada beberapa fakultas dan stikes keperawatan yang mulai melirik bahasa lain seperti bahasa Jepang. Contohnya adalah Universitas Pendidikan Indonesia yang sudah menerapkan pembelajaran bahasa Jepang untuk para mahasiswa keperawatannya.

Mata kuliah Kewirausahaan Perawat


Mata kuliah lain yang juga cukup penting adalah mata kuliah kewirausahaan, atau seringkali disebut dengan Nursepreneur atau Entreprenurse.

Seperti yang kita ketahui kewirausahaan ini guna untuk membuka pemikiran para calon perawat supaya dapat mengembangkan kemampuan bisnisnya, supaya tidak hanya terpaku dengan bekerja sebagai perawat namun juga bisa berbisnis di bidang keperawatan.

Baca juga : Cara Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Keperawatan Supaya Bertahan hingga akhir Bulan

Demikian beberapa kumpulan mata kuliah yang harus kamu pelajari selama mengenyam pendidikan di jurusan Keperawatan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian calon mahasiswa atau pelajar yang ingin belajar di dunia keperawatan

Sebagai bentuk kontribusi kalian jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini di sosial media milik kalian. Jangan lupa juga untuk memberikan pertanyaan atau komentar di bawah ini terima kasih
By

0 Response to "22 Mata Kuliah Wajib Jurusan Keperawatan untuk Syarat Lulus Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel