10 Tren Gaya Desain Grafis Terbaru 2020 yang Wajib Kamu Terapkan

Bagaimana tren design grafis saat ini? Pernah mendengar istilah design grafis? sebagian dari kamu mungkin adalah expert dibidang ini. Jurusan desain grafis juga saat ini cukup banyak disediakan oleh perguruan tinggi. Selain itu, ada banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan keahlian design grafis.

Pesatnya pertumbuhan teknologi informasi ditambah persaingan bisnis yang semakin ketat membuat promosi dan brand adalah modal penting bagi perusahaan. Melalui bantuan design grafis, perusahaan biasanya menghasilkan iklan dan konten yang menarik, dengan harapan menarik konsumen baru.

tren design grafis

Tidak hanya itu, bidang ini memang sudah memiliki hati tersendiri bagi masyarakat. Banyaknya konten visual dan animasi di media sosial seperti instagram dan youtube, membuat para pekerja seni semakin mendapatkan tempat.

Pembuatan komik, logo, brand, promosi iklan dan media visual lainnya saat ini seperti sudah sangat akrab bagi masyarakat milenial. Apalagi banyak bantuan software pengolah visual dan design grafis yang membantu pengerjaan project lebih efektif dan efisien.

Baca juga : Download Template ID Card Karyawan Format PSD Gratis

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa informasi kepada kalian mengenai tren dan gaya terkini dari desain grafis. Sama seperti model pakaian, design grafis juga selalu berubah mengikuti selera zaman. Apa yang menjadi trend pada tahun ini? well, kita akan bahas satu per satu setelah ini.


Tren Desain Grafis Terbaru


Beberapa tren yang bisa sobat kosngosan terapkan dalam setiap project mu, seperti dibawah memang tidak semuanya sesuai dengan selera klien. Akan tetapi umumnya pasar memiliki beberapa kecendrungan seperti ini :

1. Bold Colors Trend


Tahun lalu, banyak sekali desain yang memakai warna yang bold atau mencolok. Dan kelihatannya tren ini akan terus berlanjut di tahun 2019 ini. Tren warna yang bakalan tren di tahun ini akan semakin ngepop, semakin mencolok.

Sobat kosngosan bisa melihat perpaduan warna yang mimin maksud di beberapa contoh yang ada di internet. Untuk contonya, situs resmi Pantone juga sudah merilis The Pantone Color, Yaitu pallete warna yang mereka rilis tahun ini yang mereka sebut the Panton Living Coral

2. Custom Illustration Trend


Berdasarkan beberapa statistik, Custom Illustration ini bisa terkonversi 7 kali lebih baik daripada menggunakan stock photo biasa. Artinya misal kamu menggunakan ilustrasi tersebut didalam sebuah situs website pengunjung akan lebih tertarik untuk melakukan sales atau melakukan sebuah action pada situs tersebut daripada hanya menampilkan stock foto biasa pada situs tersebut.

Custom illustration ini juga dipadukan dengan tren Bold Colors yang sudah disebutin sebelumnya, sehingga menghasilkan desain ilustrasi yang benar-benar mencolok dan menarik perhatian. Custom Illustration diprediksi bakalan lebih berkembang lagi ditahun ini.

Terlebih saat ini sudah bermunculan beberapa situs yang menyediakan ilustrasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk commercial use. Diantaranya ada situs UnDraw dan juga Humaaans

3. Asymmetric Trend


Asymmetri atau penggunaan bentuk yang tidak beraturan atau tidak terlalu kaku pada garis guide yang kamu pakai selama ini di desain. Kamu bisa lihat beberapa contohnya di berbagai contoh project terbaru di google image.

Kebanyakan dari kamu pasti sudah sering melihat layout seperti ini di tahun lalu. Dan tren gaya ini diprediksi akan lebih banyak dipakai lagi di tahun ini. Mungkin selama ini kamu mengenal istilah GRID pada desain.

Jadi ketika kamu mendesain sesuatu website atau poster atau apapun itu kamu menggunakan grid supaya terlihat rapi. Saat ini saatnya kamu mengucapkan selamat datang pada eranya asimetris. Kamu tetap menggunakan GRID, tapi hasilnya terlihat seperti tidak beraturan atau tidak kaku

4. Monoline Trend


Gaya monoline ini sangat khas dan mudah untuk dikenali. Gaya design ini menggunakan garis dengan ketebalan yang sama untuk membentuk suatu desain. Gaya design ini juga banyak dipakai di beberapa bidang desain. Contohnya ilustrasi, logo, packaging, dan lain sebagainya.

5. Isometric Trend


Isommetric ini seperti perpaduan flat design dua dimensi dengan desain 3 dimensi. Kamu sudah melihat gaya ini dipakai di beberapa tahun sebelumnya dan tampaknya gaya ini terlihat semakin banyak dipakai dan digemari. Ini menandakan bahwa gaya ini menjadi salah satu gaya yang bakalan tren di tahun ini.

6. Duo Tone dan Gradient Trend


Gradient atau transisi warna dan Duo Tone sudah menjadi tren beberapa tahun terakhir. Akan tetapi di tahun ini penggunaan transisi warna dan duotone ini diprediksi semakin diminati. Namun yang berbeda di tahun ini adalah terjadi kombinasi antara keduanya untuk membuat hasil desain terlihat lebih menarik dari sekedar gaya design yang pernah kamu lihat beberapa tahun terakhir.

7. Minimalism Trend


Kamu pasti sering mendengar ungkapan "Less is more" atau "Keep it Simple!". Ungkapan ini sangat tepat kalau kamu membicarakan gaya desain minimalism. Dengan menggunakan gaya ini artinya kamu berusaha menggunakan sedikit mungkin elemen pada desain kamu, sehingga terlihat simple sederhana namun sangat kelas dan premium.

8. Responsive Trend


Tren responsive sebenarnya sudah banyak disukai pada tahun - tahun sebelumnya, sejenis desain yang hampir 10 tahun digunakan dalam industri website design. Semakin banyaknya pengguna internet yang melakukan browsing melalui berbagai perangkat smartphone.

Hal ini menuntut rensposifitas, maka dibutuhkan adanya modernisasi perubahan desain web yang ada. Sebagai tuntutan tersebut, maka banyak website resmi perusahaan mengganti logo mereka dengan desain yang lebih segar, sederhana, dan terlihat modern dari yang sudah ada.

Update

9. Futuristic Trend


Futuristik bisa menggambarkan teknis tentang masa depan, dengan perpaduan antara warna warna cerah yang menghasilkan ledakan sentuhan dengan berbagai kolaborasi ajaibnya. Desain ini memang terlihat fresh, keren serta dapat mencuri perhatian khalayak umum. Penggunaan warna cerah akan mampu menarik perhatian dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi mu yang semakin membuat desain ini begitu diminati.

10. Original Stock Photo


Foto asli dengan berbagai sentuhan, mungkin akan menjadi tren ditahun ini. Ada cukup banyak brand dari berbagai perusahaan yang lebih mengedepankan sisi kreatif yang tampak lebih asli dan otentik. Sehingga identitas mereka sebagai perusahaan bisa dikenali, tanpa anonimitas yang dinilai sebai suatu ketidakprofesionalan. Ini menjadikan photo asli akan lebih diminati lagi ditahun ini.


Baca juga : Contoh Desain Family Tree PNG dan PSD Beserta Cara Pembuatannya

Kesimpulan


Desain grafis memang selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. sebagai seorang desaigner, atau profesi yang berkutat di bidang desain grafis, sudah saatnya untuk up to date, fleksibel dan mengerti akan perkembangan trend tersebut dari waktu ke waktu. Supaya bisnis mu tetap diminati dan tidak kalah saing dengn kompetitor.

Bagaimana, sudah mendapatkan inspirasi dari artikel Tren dan Gaya Desain Grafis Terbaru kali ini? semoga saja kamu bisa menyelesaikan project design mu ya. Jangan lupa berikan komentar dan bagikan tulisan ini di media sosial mu.
By

0 Response to "10 Tren Gaya Desain Grafis Terbaru 2020 yang Wajib Kamu Terapkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel