Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membayar UKT Mahasiswa Lewat ATM

Bagaimana cara membayar Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa semester baru? Apa itu UKT? Uang Kuliah Tunggal atau biasa disingkat UKT adalah suatu sistem pembayaran uang kuliah pada perguruan tinggi negeri, dengan pembayaran satu kali yang meliputi seluruh biaya lainnya dalam satu paket. Hal ini bertujuan untuk menutup celah adanya pungutan liar dikalangan kampus

UKT dan BKT sendiri ditetapkan berdasarkan kebijakan Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 55 tahun 2013 yang telah terjadi perubahan pada Peraturan Mentri No 73 tahun 2013. Tujuan sebenarnya penerapan sistem ini adalah untuk meringankan biaya kuliah bagi yang kurang mampu.

Namun pada kenyatannya, ada banyak calon mahasiswa yang mendapatkan tingkatan UKT yang tidak tepat sasaran, seperti masih banyaknya yang ditemui mahasiswa kaya mendapatkan UKT rendah, atau mahasiswa yang kalangan menengah mendapatkan UKT mencekik

Uang kuliah tunggal ini sudah meliputi yang namanya biaya pembangunan gedung, SPP, biaya almamater, biaya praktikum dan biaya-biaya lain yang disatukan dalam sistem pembayaran satu kali.

UKT ini dibagi dalam beberapa tingkatan, ada yang mendapatkan UKT tingkat I dengan tarif 500 ribu rupiah, hingga UKT V dengan biaya kuliah bervariasi, tergantung dari kebijakan kampus, jenis jurusan dan keadaan mahasiswa tersebut.

Baca juga : Cara Membuat KTM-Kartu Tanda Mahasiswa Baru


Cara Membayar UKT lewat ATM


cara membayar ukt mahasiswa

Nah perlu kamu ketahui adalah, ketika kamu sudah membayarkan UKT, maka apabila kamu masih mendapati praktek pemungutan uang dalam rangka perkuliahan, maka kamu bisa melaporkannya kepada pihak terkait, karena pada kenyataannya masih ada beberapa oknum yang memang melakukan praktek ini.

Bagaimana cara membayar uang kuliah lewat berbagai ATM bank di Indonesia? Pada kesempatan kali ini kosngosan akan membahasnya kepada kalian, para mahasiswa baru atau yang baru lulus sekolah menengah atas, dan berencana hendak kuliah.

Berikut langkah pembayaran UKT yang bisa kamu terapkan pada umumnya di semua perguruan tinggi negeri di Indonesia :

Langkah 1


Pada dasarnya, setiap perguruan tinggi memiliki kerjasama dengan beberapa bank dalam hal pembayaran UKT. Seperti misalnya bank Mandiri, BNI atau BRI. Jadi pastikan kamu harus membayar ke bank mana, sesuai dengan ketentuan PTN yang kamu masuki.


Langkah 2


Datangi kantor cabang bank tersebut, dan ambillah formulir setor tunai, transfer atau multipayment. Cantumkan nomor pendaftaran di kolom berita, apabila diminta.

Tulis nominal UKT yang akan dibayarkan. Setiap bank yang sudah bekerjasama, biasanya sudah memiliki format khusus untuk pembayaran ini, jadi kamu tinggal menulis NIM dan nama mu saja.


Langkah 3


Selanjutnya tunggulah sampai namamu dipanggil oleh Teller. Maka berikan uang kuliahmu beserta slip setoran ke teller.

Tunggu beberapa saat hingga pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database Universitas yang bersangkutan. Pada tahap ini kamu sudah berhasil membayar UKT dengan metode setor tunai.


Langkah 4


Untuk metode pembayaran lewat transfer, kamu cukup memilih apakah mengirim lewat Internet Banking, melalui ATM langsung atau lewat mobile banking. Pilih menu payment, dan masukkan kode pembayaran UKT pada masing-masing PTN.

Pada beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan PTN, ada pilihan pembayaran UKT di menu pembayaran, jadi kamu cukup memasukkan nomor induk mahasiswa saja, setelah itu data akan tertera berikut dengan jumlah UKT yang akan dibayarkan.


Langkah 5


Apabila bank yang bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi sudah memiliki fasilitas ATM Cash, maka kamu bisa mengirimkan uang cash melalui mesin ATM tanpa mengantri di teller bank lagi. Caranya :

  • Sobat kosngosan memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM, lalu pencet nomor PIN kartu ATM mu
  • Tunggu hingga tempat penerima uang secara ototmatis akan terbuka
  • Pastikan uang yang kamu setor sudah rapi, jangan lecek, kotor, tertekuk, robek atau sesuatu yang membuat uang menjadi tidak rapi. Jangan campur nominal uang berbeda dalam satu, akan tetapi silahkan pisahkan dan susun rapi nominal yang sama
  • Mesin ATM hanya menerima nominal tertentu seperti pecahan 50.000 dan 100.000
  • Setelah uang dimasukkan, kotaknya akan tertutup otomatis dan mesin ATM tersebut akan langsung memulai penghitungan uang setoran
  • Ketika uang sudah selesai dihitung, pada layar nantinya akan tampil jenis setoran yang ingin disetor ke rekening universitas
  • Silakan pilih jenis setoran mu, kemudian tunggu hingga selesai dan struk akan keluar sebagai tanda terima setoran


Baca juga : Tips Memilih Universitas dan Jurusan yang Tepat


Kata Penutup


UKT memang menjadi sistem pembayaran bagi perguruan tinggi negeri yang telah berlaku saat ini. Bagi kamu yang baru mendaftar menjadi mahasiswa tahun ini, mungkin akan membutuhkan informasi diatas untuk kamu jadikan sebagai referensi.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membayar Uang Kuliah Tunggal UKT Lewat ATM kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. Mimin doakan semoga kalian bisa segera diterima di perguruan tinggi favorit kalian ya. Jangan lupa bersykur, share tulisan ini dimedia sosial milik kalian, dan jangan lupa berikan komentar dibawah ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya