5 Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Tentang Alam Sekitar

Bagaimana cara mendapatkan ilmu pengetahuan baru? Ilmu pengetahuan alam adalah salah satu bidang keilmuan yang mempelajari mengenai gejala fenomena maupun hal-hal yang berkaitan dengan alam semesta. Bagaimana cara mengetahui pengetahuan mengenai alam sekitar? Tentunya pertanyaan ini sering kali diungkapkan oleh banyak orang.

Pada kesempatan kali ini blog akan membahas mengenai suatu cara dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang kemudian disusun menjadi kerangka ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan alam atau yang sering disebut sebagai sains, memiliki setidaknya 10 cabang ilmu pengetahuan alam yang di antaranya adalah, biologi, fisika, kimia, astronomi, geologi, geografi, ilmu bumi, oceanografi, klimatologi, dan bioteknologi.

Banyak contoh ilmu pengetahuan alam berikut ini tergolong ilmu pengetahuan alam seperti penerapan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, memprediksi cuaca dan iklim di suatu daerah, perkembangan internet dan komunikasi dan penemuan-penemuan lain yang membantu kehidupan manusia.

Bagaimana cara manusia memperoleh ilmu pengetahuan? Tentunya dengan proses belajar dan melakukan penelitian terhadap setiap fenomena atau permasalahan yang ada. Ilmu pengetahuan yang kita peroleh saat ini berasal dari akumulasi ilmu pengetahuan yang sudah ditemukan oleh penemu atau ilmuwan ilmuwan di masa lalu.

Dengan memperoleh data serta informasi yang akurat kemudian dianalisis demikian rupa manusia dapat menghasilkan kesimpulan dan solusi yang bermanfaat untuk kehidupan. Hal tersebut yang membuat ilmu pengetahuan berkembang pesat terutama saat ini adalah ilmu pengetahuan teknologi.

Bagaimanapun manusia memiliki sifat ingin tahu yang mendorong dirinya untuk mencari ilmu pengetahuan baru tentang alam sekitar. Ciri-ciri ilmu pengetahuan seperti bersifat sistematis, rasional, objektif, general dan shahih. Karena itu ilmu pengetahuan memiliki fakta-fakta penting yang saling berkaitan dan tidak bisa dibantah.

Baca juga : Contoh dan Bentuk IPA Sebagai Ilmu, Produk, Sikap Ilmiah dan Aplikasi


Cara mendapatkan ilmu pengetahuan


cara mendapat ilmu pengetahuan

Ada beberapa jenis atau cara untuk menemukan ilmu pengetahuan baru mengenai alam sekitar diantaranya adalah sebagai berikut

1. Melalui pengalaman indrawi


Yaitu dengan memanfaatkan organ panca indera manusia. Manusia setelah melihat mendengar atau pun merasakan suatu fenomena yang terjadi di sekitar mereka. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana untuk mencari ilmu pengetahuan baru.

Misalnya ketika sobat kosngosan melihat spesies hewan yang ada di suatu tempat, kemudian dipelajari bahwa hewan tersebut adalah spesies baru. Indra mata menjadi alat untuk menemukan ilmu baru tersebut.

Atau misalnya dengan menyentuh beberapa campuran zat kimiawi, yang meninmbulkan efek panas. Maka dicatat bahwa zat tersebut bersifat korosif atau berbahaya.

2. Melalui konseptualisasi


Konseptualisasi merupakan pengalaman atas suatu benda diabstraksi dan kemudian disatukan menjadi pengalaman mental yang disimpan dalam otak. Hal ini merupakan proses pembentukan konsep dengan berdasarkan pada gejala hasil pengamatan selama ini. Proses ini berjalan secara induktif, dengan mengamati sejumlah gejala secara individual, lalu merumuskan hasilnya dalam bentuk konsep yang biasanya bersifat abstrak.

3. Melalui trial and error


Seperti namanya, kita bisa artikan Trial yaitu mencoba dan error artinya salah. Kita mencoba hal hal baru untuk mendapatkan hasil yang banyak, baik itu berhasil atau gagal, sehingga akan disimpulkan menjadi suatu pengetahuan baru. Banyak dilakukan menggunakan kemungkinan dalam memecahkan masalah dan apabila kemungkinan tersebut tidak berhasil maka akan dicoba kemungkinan yang lain.

Trial dan Error kerap kali berhubungan erat dengan cara berlajar otodidak, yaitu suatu metode belajar sendiri tanpa bantuan orang lain. Setiap kali melakukan percobaan, belum tentu pasti akan berhasil. Sehingga perlu untuk terus mencoba dan mencoba kembali supaya dapat menuju hasil yang diharapkan.

4. Melalui jalan pikiran


Kemampuan manusia dalam menggunakan penalaran atau jalan pikir dalam memperoleh pengetahuan, bisa dimanfaatkan untuk menganalisis alam sekitar cara ini juga tergolong sederhana dan belum bisa membuktikan suatu kebenaran akan hasil yang diperoleh. Namun banyak ilmu pengetahuan yang berhasil dicapai dari cara ini, contohnya saja Albert Einstein yang membuat teori relativitasnya hanya dengan percobaan pikiran. Baginya, imajinasi adalah langkah paling hebat untuk menemukan ilmu pengetahuan.

5. Melalui metode ilmiah


Dengan melakukan penelitian ilmiah. Cara inilah yang paling banyak digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan baru karena sebelumnya para ahli hanya melalui proses berpikir tanpa disertai pembuktian langsung atas hasil berpikir tersebut. Dalam metode ini setiap hasil pemikiran harus dianalisis dulu sehingga menghasilkan fakta yang tidak terbantahkan.

Kesimpulan


Menurut ahli yang bernama Charles Price, terdapat empat jenis cara untuk mendapatkan pengetahuan tentang alam sekitar, yaitu


  • Metode Ilmiah, yaitu sesuatu yang dianggap ilmiah apabila memiliki patokan yang menjadi standar untuk menentukan benar atau salah.
  • Percaya, karena manusia akan mendapat pengatahuan karena dia telah percaya pada hal tersebut adalah benar.
  • Wibawa, yaitu sesuatu akan dianggap benar apabila seseorang yang berwibawa menyatakannya benar
  • Apriori, yaitu suatu keyakinan atau anggapan bahwa sebelum mengetahuai (melihat,mendengar,menyelidiki) keadaan tertentu.


Baca juga : Cara Mengetahui Apakah Pengetahuan itu Ilmiah atau Tidak

Demikian pembahasan kita mengenai bagaimana cara mengetahui ilmu pengetahuan di alam sekitar Semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan menambah referensi pengetahuan Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial milik kalian
By

0 Response to "5 Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Tentang Alam Sekitar"

Post a Comment

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads