11+ Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Supaya Awet dan Tahan Lama

Apa itu menikah? menikah adalah salah satu ikatan atau perjanjian antara lelaki dengan perempuan untuk hidup bersama. Negara sebagai lembaga yang melegalkan dan memberikan izin pernikahan kepada warga negaranya, menjadi institusi yang berhak memberikan status resmi pernikahan dan juga perceraian.

Lalu bagaimana cara menjaga supaya hubungan dalam pernikahan tetap awet? atau dalam ucapan sering disebut langgeng, hingga maut memisahkan? Karena seperti yang kita ketahui, pernikahan banyak juga yang berujung pada perceraian.

Mengapa perceraian marak terjadi? karena ketidak mampuan masing-masing pasangan dalam menjaga ikatan suci pernikahan tersebut. Ada banyak faktor yang menyebabkan perceraian terjadi, namun kita tidak akan membahasnya kali ini.

Kali ini kosngosan akan fokus memberikan kepada kalian, baik yang sudah menikah atau pun yang akan berencana menikah, bagaimana tips menjaga hubungan supaya tetap bertahan dan solid. Ini menjadi penting, karena tidak semua orang yang bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Belum Menikah +Cara Membuatnya

Baiklah, langsung saja bagi pengunjung kosngosan untuk membaca tips-tips dibawah ini. Semoga apa yang sudah mimin beberkan dibawah ini bisa kamu aplikasikan kedalam kehidupan rumah tangga kalian. Silahkan scrool saja, let's check these out!

Memiliki Komitmen


Harus ada komitmen dari kedua pasangan komitmen buat sama-sama setia komitmen buat sama-sama menjaga hati untuk hanya dia seorang, komitmen untuk menjaga cinta kalian cuma untuk pasangan walau jarak mu dan pasangan mu itu jauh tapi kalau kalian sama-sama berkomitmen untuk setia untuk menjaga perasaan kalian masing masaing, mimin akan jamin bakal awet hubungan kalian hingga maut memisahkan.

Mau Berjuang


Kamu sama pasangan mu harus sama sama berjuang buat pertahanin hubungan kalian. kalau cuma kamu yang berjuang sendiri atau cuma pasangan kamu yang berjuang sendiri, hubungan kalian tidak bakal langgeng dan  tidak bakal bertahan lama, kenapa? karna tidak ada guna nya hubungan di pertahanin sama satu orang saja karena berjuang sendiri itu sakit dan capek tentunya

Saling Percaya


Kamu harus percaya sama pasangan kamu. jangan dengerin apa kata orang, jangan dengerin omongan orang, kamu harus percaya sama pacar mu, jangan mudah percaya sama perkataan orang maupun itu dari sahabat ataupun dari sahabat nya dia. kalau sahabat kamu atau sahabat nya dia ada yang bilang pasangan kamu jalan sama cewe atau cowo lain, ada baiknya bicarakan langsung dengan pasanganmu.

Kamu jangan mudah percaya, kamu tanya ke pasangan kamu apa perkataan sahabat kamu benar atau tidak, dan bertanya-nya pun harus baik-baik tidak boleh kasar atau bentak, karena tidak baik buat keberlangsungan hubungan kalian kedepannya.

hubungan pernikahan


Berpikiran Positif


Kamu harus berpikir yang positif', mengenai pasangan mu. Jangan berpikir buruk dan negatif melulu. Misal pasangan kamu tidak ada kabar seharian atau tidak menghubungi kamu,kamu harus berpikir positif lu mungkin pasangan mu sibuk atau hp nya rusak jadi tidak bisa sms mu atau kasih kabar ke sobat kosngosan, kalau kamu bisa positif thingking hubungan kamu bakal awet dan langgeng

Rajin Memberikan Kabar


Tip sini sanagt penting sekali buat yang LDR. Jadi kamu harus kasih kabar ke pasangan, walaupun kamu lagi sibuk. Ingat kamu harus luangin waktu untuk memberikan kabar ke pasangan, agar pasangan mu tidak khawatir dan cemas. Memberikan kabar itu sangat penting dalam sebuah hubungan.

Jangan membuat pasangan terbiasa tanpa kabar, karna jika dia sudah terbiasa dengan kamu menhilang berhari-hari, bahkan berbulan bulan, maka pasangan kamu bakal cuek dan tidak akan khawatir sama kamu lagi. Dan itu sangat bahaya dalam sebuah hubungan apalagi LDR, bisa jadi inilah yang menyebabkan timbulnya perselingkuhan yang tidak diinginkan

Saling Pengertian


Kamu harus selalu memberikan pengertian untuk pasangan kamu. jangan memenangkan ego kamu sendiri.  Apabila kamu tidak bisa mengerti apa yang dimau oleh pasanganmu, hubungan kamu tidak akan awet dan langgeng. Jadi, butuh kepekaan, dan juga rasa untuk mengalah demi mengerti dan mencari titik tengah dari suatu konflik yang pastinya sering terjadi dalam rumah tangga.

Mengurangi Egoisme


Jangan egois karna kalau kamu egois, tentunya akan membuat pasangan kamu tidak akan nyaman lagi bersama mu bukan? Siapa juga orang yang bertahan dengan sifat keras kepala? Jadi apabila memutuskan untuk berumah tangga, jangan melulu berpikir tentang apa mau saya, tetapi apa mau kita.

Menjunjung Kejujuran


Kamu harus jujur sama pasangan kamu walau itu menyakitkan. Mengapa demikian? Karena kejujuran itu sangat penting dalam sebuah hubungan. Kenapa sangat penting? karena jika suatu hubungan tidak lagi dilandasi dengan kejujuran maka akan dipastikan hubungan itu akan hancur dengan sendiri nya. Ingat pepatah, sepandai-pandainya tupai meloncat, akhirnya jadi jatuh juga.

Saling Memberikan Perhatian


Kamu harus memberikan perhatian ke pasangan kamu sekecil apapun itu, bahkan jika itu hanya bertanya, apakah kamu sudah makan? Perhatian kecil seperti itu, tetep harus diberikan, karena perhatian akan membuat hubungan sobat kosngosan dan pasanganmu semakin harmonis dan mimin kosngosan jamin akan langgeng hingga maut memutuskan.

Saling Terbuka


Kamu dan pasangan harus sama-sama terbuka. Terbuka disini maksudnya tidak ada yang ditutup-tutupi. Kalau kamu punya masalah atau pasangan kamu punya masalah cepat saling kasih tahu atau saling curhat. Karena kalau kamu dan pasangan kamu cepat menceritakan permasalahan yang terjadi, ini akan meminimalisr terjadinya konflik yang berlaut-larut.

Ingat Kembali Komitmen Pernikahan


Ketika kamu merasa kecewa dengan pasanganmu, ingatlah kembali komitmen kalian untuk bersama ketika pernikahan berlangsung. Kamu adalah sosok yang dia pilih untuk menemani hidupnya, begitu juga dia adalah sosok yang kamu sudah pilih dalam hidupmu. Jangan rusak hubungan kalian dengan permasalahan sepele yang bisa dicari jalan tengahnya.

Baca juga : Persepsi dan Teori Pernikahan Ditinjau dari Ilmu Psikologi

Bagaimana, apakah kamu yang saat ini sudah menikah, bisa menerapkan tips-tips sederhana diatas? Atau mungkin kamu yang belum menikah, tidak ada salahnya mulai belajar mempersiapkan diri untuk menghadapi permasalahan dengan solusi diatas.

Semoga artikel Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Supaya Awet dan Tahan Lama kali ini, benar benar bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa share di media sosial kalian, dengan menekan tombol bagi di bawah ini. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan ya. Salam langgeng!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel