4+ Cara Sederhana Menggabungkan Warna dalam Desain Grafis

Apakah kamu suka desain grafis? Profesi desainer merupakan salah satu pekerjaan yang sangat protektif pada masa sekarang. Karena ada banyak industri kreatif dan industri besar yang membutuhkan promosi melalui jasa desain. Kali ini blog akan membahas mengenai bagaimana cara cara mengkombinasikan kan warna yang baik dan benar dalam desain grafis.

Desain grafis memang memiliki pangsa pasar yang luas. Oleh karena itu banyak sekolah, SMK atau pun jurusan kuliah di perguruan tinggi yang membuka desain grafis, karena memang selalu dibutuhkan oleh dunia kerja. Kamu bisa memilih menjadi desainer dan berkarya secara freelance, atau menawarkan jasamu lewat media sosial seperti Instagram.

Berdasarkan fungsi indra manusia, warna merupakan unsur yang paling berpengaruh, kemudian diikuti oleh bentuk, simbol dan kata. Penggunaan warna menjadi sangat penting, begitu juga di dalam desain grafis. Sekarang ini tentu saja tantangannya adalah bagaimana memilih pewarnaan yang tepat dalam karya desainmu.

Baca juga : 8+ Tren dan Gaya Desain Grafis Terbaru, Wajib Tahu

Karena penggunaan warna yang tepat akan bisa membangun emosi yang tepat pula bagi suatu brand. Sebelum kamu belajar mengenai bagaimana cara membangun pewarnaan yang tepat, mari sobat kosngosan bahas dahulu mengenai tentang istilah Hue, Shade, Tint dan Tone terlebih dahulu.


  • Hue adalah jenis-jenis warna yang ada seperti ketika kamu membuka kotak Cat Crayon yang berisi warna kuning, hijau, biru, ungu, pink, merah, dan lainnya
  • Shade adalah semua warna pada Hue yang kamu beri warna hitam
  • Tint merupakan kebalikan dari shade, dimana warna pada Hue kamu beri warna putih
  • Tone adalah warna Hue yang kamu beri warna abu-abu


Sobat kosngosan akan lihat langsung pada adobe Photoshop, pada kotak Color Picker, Hue adalah spektrum warna vertikal dari atas bewarna Merah, Lanjut ke bawah warna pink, biru, hijau, kuning, sampai merah kembali di bawah, Shade adalah dimana color pickernya kamu drag ke arah Hitam ke bawah.

Tadi kamu memilih Hue warna merah, Shade adalah ketika kamu pilih warna merah gelap ke bawah, Tint adalah dimana color pickernya kamu drag ke arah Putih di samping kiri, Sedangkan Tone adalah dimana color pickernya kamu drag diagonal. Selanjutnya kamu akan menampilkan warna warna tadi kedalam lingkaran yang bernama Color Wheel.

Sobat kosngosan harus ingat bahwa ada 3 warna primer atau warna utama, yaitu Merah, Kuning, dan Biru. Apabila diantara warna utama ini dikawinkan maka akan ada warna sekunder, yang mana warna merah kawin dengan kuning menjadi orange, kuning dengan biru menjadi hijau, biru dengan merah menjadi ungu.

Lalu ada kombinasi antara warna sekunder, warna primer akan menghasilkan warna tersier, seperti merah dan orange menghasilkan orange ke merahan, dan lain sebagainya. Sekarang kamu akan belajar bagaimana memadukan warna yang baik dari Color Wheel

Complementary


desain grafis warna

Pertama ada teknik Complementary, dimana kamu mengkombinasikan 2 warna yang saling berseberangan. Contohnya adalah merah dan hijau. Kamu bisa mengganti dengan warna yang berseberangan lainnya, seperti Biru dengan Orange. Kamu akan coba buat skema warna menggunakan teknik ini

Disini mimin menggunakan rectangle tool, mimin isi dengan kedua warna tadi yaitu warna biru dan orange, Kemudian kamu buat variasi warnanya menggunakan Hue, Shade, Tint dan Tone yang sudah kosngosan bahas tadi. Disini mimin menggunakan kedua warna ini, lalu yang biru mimin mainkan tint dan shade nya.

Begitu juga dengan warna orange. Jadi kamu coba membuat variasinya. Kamu coba ke bawah saja. Apabila sudah jadi kombinasi warna complementary nya. Kamu bebas memilih warna lain dengan teknik ini.

Analogous


Teknik kedua adalah Analogous, dimana kamu mengkombinasikan 3 warna yang bersebelahan satu sama lain. Sobat kosngosan bisa memilih warna lain, misalnya warna Biru Toska, Biru, dan Biru Keunguan. Selanjutnya kamu akan membuat skema warna menggunakan warna warna ini. Sama seperti tadi, kamu buat 4 buat rectangle disini.

Kamu isi dengan warna-warna yang sudah terpilih. Kemudian masih ada satu rectangle lagi yang masih kosong. Kamu bisa ambil warna biru, dan kamu memainkan tint dan shade nya atau bahkan tonenya. Skema warna ini sudah siap kamu gunakan didalam desainmu. sobat kosngosan bisa lanjut ke teknik berikutnya.

Triadic


Teknik ketiga yaitu Triadic, dimana kamu mengkombinasikan 3 warna yang saling berpasangan dalam bentuk segitiga. Seperti misalnya sobat kosngosan bisa lihat ada warna Merah, Kuning, dan Biru. Kamu bisa memutar segitiga dan pilih warna lain, misalnya warna Ungu, Orange, dan Hijau. Lalu kamu akan membuat skema warna menggunakan warna warna ini.

Mimin isi 3 rectangle dengan warna-warna yang sudah terpilih, selanjutnya mimin isi 1 rectangel lain dengan memainkan tint, shade, atau tone dari salah satu warna. Disini mimin pilih warna ungu dan memainkan shade nya. Skema warna ini bisa kamu kembangkan lagi ya. Misal kamu mau memainkan tint dari ungu nya. Tinggal kamu gkamukan satu rectanglenya dari warna ungu, dan mainkan Tint nya

Teknik pewarnaan triadic ini kamu gunakan ketika kamu ingin membuat desain yang ceria atau yang membutuhkan banyak warna. Seperti apabila pada UI Design, kamu akan membuat design Chart atau Graph yang butuh banyak warna, sehingga pewarnaan Triadic ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Teknik lain yang mimin gunakan untuk membuat skema warna yang bagus adalah dengan memanfaatkan foto alam, yang begitu indah dan luar biasa.

Kamu bisa mengambil dua buah foto dari situs Unsplash, dan kamu akan membuat skema warna berdasarkan kedua foto alam ini. Pertama kamu akan buat dari foto ini. Mimin akan buat 5 rectangle disebelah fotonya. Selanjutnya mimin isi rectangle yang pertama dari warna yang gelap terlebih dahulu Rectangle kedua mimin akan isi warna gelap tapi sedikit lebih cerah dari yang sebelumnya

Kemudian tambahkan wrna yang lain yang kira-kira akan melengkapi, sekarang kamu akan mencoba membuat skema warna dari foto yang kedua. Seperti tadi kamu akan membuat 5 rectangle dan kamu akan hunting warna dari foto ini. Sobat kosngosan bebas untuk berexperiment dan memilih warna pada foto ini.

Menggunakan Aplikasi


Cara berikutnya yang sering mimin pakai untuk mencari atau membuat kombinasi warna yang bagus adalah menggunakan aplikasi atau situs. Salah satu yang mimin rekomendasi adalah situs Coolors.co Untuk memulai silakan klik tombol Start bewarna biru, lalu akan terbuka tampilan utamanya, Klik OK.
Situs Coolors.co akan men-generate secara otomatis kombinasi warna yang bagus

Baca juga : Contoh Pembuatan Desain Presentasi Seminar Skripsi ppt

Demikian pembahasan kita mengenai Cara Sederhana Menggabungkan Warna dalam Desain Grafis, kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah sumber referensi untuk kamu. Mohon bagikan tulisan ini di media sosial mu ya, untuk mendukung mimin mengembangkan tutorial menarik lainnya. Terimakasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel