Contoh Proposal Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa

Bagaimana cara membuat surat proposal untuk Magang, PPL, PKL atau KP? Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilakukan oleh siswa sekolah atau mahasiswa perguruan tinggi, dimana program dalam belajar sambil bekerja pada institusi profesional langsung seperti perusahaan negara, swasta, atau lembaga lainnya. Ketika hendak melakukan PKL dan magang, maka diperlukan suatu proposal supaya kegiatan tersebut disetujui oleh pihak penanggung jawab.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas panduan pembuatan proposal  yang sesuai aturan. Ketika proposal ini disahkan oleh pihak tempat kamu intern, maka kamu sudah diterima magang atau PKL di tempat tersebut. Oleh karena itu pastikan proposal yang kamu buat sebaik mungkin, sebagai salah satu syarat awal pendaftaran sebelum diterima magang atau PKL.

Format Proposal PKl dan magang sama saja dengan proposal kegiatan lainnya, hanya saja yang membedakanya hanyalah tujuan dan jenis kegiatan didalamnya. Bagi anak SMK, magang adalah kegiatan wajib sebelum tamat sekolah, begitu juga sebagian dari jurusan di perguruan tinggi (selain KKN tentunya)

Dalam proposal tersebut, mengandung setidaknya detail kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya untuk jurusan pertanian atau kelautan, mengadakan penyuluhan agribisnis kepada para petani atau peternak di suatu desa atau kabupaten.

Atau contoh lain bagi anak jurusan hukum, yang akan melakukan belajar dan praktek langsung menjadi pengacara di kantor advokat terkenal dan belajar menangani berbagai macam kasus pengadilan.

Baca juga : Tips Magang, PKL dan KP (Kerja Praktek) di kantor pemerintahan


Contoh Proposal Magang




Download contoh file proposal PKL dan magang DISINI. Sebelum mengklik tautannya, ada baiknya baca terlebih dahulu instruksinya dibawah ini

Petunjuk download


Setelah mengklik tautan download diatas, kamu akan dibawa pada halaman safelink. Tunggu kira kira 5 detik, supaya tombol download muncul.

Setelah itu klik tombol download, maka kamu akan segera diarahkan ke google drive, klik icon download pada bagian kanan atas (versi desktop), untuk versi smartphone, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu dalam akun google mu


Contoh Proposal Magang 2


PROPOSAL KEGIATAN MAGANG

A. NAMA KEGIATAN

MATA KULIAH MAGANG JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK FISIP – UNIVERSITAS KOSNGOSAN

B. LATAR BELAKANG

Universitas Kosngosan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah, harus selalu menyelaraskan dirinya terhadap berbagai perkembangan serta perubahan yang terjadi pada masyarakat saat ini. Perkembangan tersebut harus disikapi dengan peningkatan mutu kompetensi mahasiswa.

Salah satu cara untuk menyikapi perkembangan dan tantangan di masyarakat saat ini adalah dengan menghasilkan tenaga-tenaga ahli di berbagai bidang. Salah satu cara untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli yang bermutu antara lain dengan menjalankan kerjasama dengan berbagai pihak yang berkompetan dalam penyelenggaraan program-program tersebut.
UNIVERSITAS KOSNGOSAN sebagai penghasil tenaga ahli menjalin kerjasama dengan instansi-instansi sebagai upaya untuk menghasilkan tenaga kerja yang telah siap menghadapi tantangan yang ada di masyarakat.

Atas dasar komitmen tersebut maka diadakanlah program Magang. Magang adalah salah satu program mata kuliah wajib dalam Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Kosngosan yang merupakan perpaduan antara teori dan praktek di bidang studi administrasi publik yang akan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk mengenal, mengetahui, dan menganalisis gejala-gejala yang berkaitan dengan administrasi publik. Di samping itu, diharapkan dapat mengetahui, memahami, dan menganalisis fenomena yang langsung atau terjadi dalam proses administrasi publik.


Di dalam melaksanakan magang, para mahasiswa dapat bekerja pada unit-unit kerja yang sesuai dengan bidang studinya. Mahasiswa akan menerima dan melaksanakan segala tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan unit kerja selama 30 hari kerja.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang disebut sebagai "pemagang". Pemagang akan bertugas dengan senang hati dan melaksanakan tugas penuh tanggung jawab. Pemagang dipersiapkan supaya bisa merasakan sebagai pegawai yang bertanggungjawab atas setiap pekerjaan yang diberikan oleh atasannya.

Selama magang Pimpinan setempat / unit kerja yang diikutinya memberikan bimbingan dan pengarahan kepada pemagang yang menjadi bimbingannya, sehingga pemagang sadar akan tugasnya dan patuh terhadap Pimpinan Unit Kerja yang diikutinya. Pemimpin Unit Kerja dapat mengarahkan pemagang kepada pola berpikir yang kreatif, penuh inisiatif, bertanggung jawab, dan tanggap atas segala permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu, Pimpinan Unit Kerja diharapkan dapat menciptakan suasana yang rasional dalam sikap dan perilaku sehingga pemagang mengerti secara mendalam tentang situasi pekerjaan yang mereka temukan dalam kegiatan sehari-hari.

Pemagang diharapkan dapat mengadakan penelitian dan pengamatan terhadap gejala-gejala administrasi publik yang dihadapinya yang dapat dipergunakan untuk membantu memecahkan permasalahan atau membantu dalam memberikan masukan sebagai bahan-bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


C. TUJUAN MAGANG

1. Tujuan Umum

  • Meningkatkan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan keterampilan mahasiswa.
  • Mengarahkan mahasiswa untuk menemukan permasalahan maupun data yang berguna dalam penulisan skripsi.
  • Mendapatkan masukan guna umpan balik dalam usaha penyempurnaan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dunia industri dan masyarakat.
  • Membina dan meningkatkan kerjasama antara Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIVERSITAS KOSNGOSAN dengan instansi pemerintah, maupun pihak swasta di mana mahasiswa di tempatkan.
  • Pengabdian masyarakat menjadi wujud dari Tri Dharma perguruan tinggi.

2. Tujuan Khusus

  • Mendapatkan pengalaman kerja yang relevan sekaligus media adaptasi/ pengenalan terhadap lingkungan kerja sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.
  • Mengenal dan mempelajari tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia kerja, dan kemudian berusaha mencari penyelesaiannya berdasarkan ilmu yang didapat di bangku kuliah.
  • Mempersiapkan dan melatih profesionalisme di bidang Administrasi Publik yang merupakan disiplin ilmu yang menjadi ujung tombak pemerintahan di dalam pelayanan masyarakat.

D. MANFAAT MAGANG

1. Bagi Mahasiswa

  • Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam bidang admnistrasi dengan berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari Jurusan Admnistrasi Publik, FISIP UNIVERSITAS KOSNGOSAN.
  • Meningkatkan kemampuan sosialisasi dalam berinteraksi dan bekerja sama dalam dunia kerja sehingga dapat dengan mudah berintegrasi dengan lingkungan perusahaan dalam memasuki dunia kerja nanti.
  • Belajar mengenal praktek administrasi pada unit-unit kerja baik dalam instansi pemerintah pemerintah maupun swasta.
  • Mengembangkan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah dan mencoba menemukan sesuatu yang baru yang belum diperoleh dari pendidikan formal.

2. Bagi Jurusan Administrasi Publik.

  • Memanfaatkan umpan balik untuk menyempurnakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan di lingkungan dunia kerja.
  • Menumbuhkan kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat dengan pihak-pihak terlibat.

3. Bagi Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar :
  • Merealisasikan fungsi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.
  • Kemungkinan menjalin hubungan yang teratur, sehat, dan dinamis antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Provinsi dengan Lembaga Perguruan Tinggi.
  • Menumbuhkan kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dengan Lembaga Perguruan Tinggi.
  • Mahasiswa diharapkan dapat memberikan saran / masukan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.

E. PESERTA

Peserta Program Magang adalah para mahasiswa tingkat terakhir Jurusan Administrasi Publik yang telah mengumpulkan kredit minimal 100 SKS dengan data diri sebagai berikut :
Mahasiswa 1 :
a) Nama Lengkap : Muhammad Reza Harahap
b) NIM : 14020110130101
c) Jurusan : Administrasi Publik, FISIP UNIVERSITAS KOSNGOSAN
d) Tempat/Tanggal Lahir : Kampar, 27 September 1994
e) Alamat : Jalan Duren RT 05/RW 03 Tubanan Kembang Kampar

Mahasiswa 2 :
a) Nama lengkap : Octa Setiajaya
b) NIM : 14020110120040
c) Jurusan : Administrasi Publik, FISIP UNIVERSITAS KOSNGOSAN
d) Tempat/tanggal Lahir : Kampar, 04 Oktober 1994
e) Alamat : Jalan Jendral Sudirman Gang Mitra Jaya nomor 66 RT 02/RW01 Demaan Kampar

F. WAKTU MAGANG

Waktu pelaksanaan magang dilakukan sekurang-kurangnya selama 30 hari kerja yaitu mulai tanggal 14 Januari 2020 - 22 Februari 2020.

G. PELAKSANAAN MAGANG

Mahasiswa melaksanakan magang pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar sesuai dengan minat dan latar belakang studi mahasiswa yang bersangkutan.
Selama magang mahasiswa melakukan :
  • Program akademis kurikulum seperti membuat laporan aktivitas keseharian mahasiswa yang ditandatangani oleh atasan tempat mahasiswa magang.
  • Mempelajari unit kerja di tempat magang.
  • Melakukan tugas yang diberikan unit kerja tempat magang.
  • Pemagang wajib hadir selama melaksanakan magang.
  • Pemagang wajib membuat laporan berdasarkan aturan yang berlaku.
  • Pemagang wajib ikut ujian berdasarkan jadwal yang ditentukan.

Selama Magang pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar:
  • Memberikan bimbingan dan pengarahan agar kegiatan magang berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.
  • Melalui Pimpinan unit kerja setempat memfungsikan diri sebagai fasilitator bagi mahasiswa magang serta memberikan penilaian terhadap peserta magang.


H. PENUTUP

Kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kerja praktek di Instansi pemerintah akan lebih mengenalkan mahasiswa dengan lingkungan kerja yang sebenarnya, dengan demikian keterkaitan antara lembaga Perguruan Tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja akan semakin dapat diantisipasi.

Kesempatan yang diberikan oleh instansi dalam hal ini pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar tentunya akan dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh mahasiswa magang yang hasilnya akan disusun dalam bentuk laporan magang.


Demikian usulan ini kami ajukan, kami harapkan kiranya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dapat menyetujui dan menerima rencana tersebut dan kami mengharapkan pula adanya tanggapan lebih lanjut.

Atas perhatian dan kesediannya untuk menanggapi proposal magang mahasiswa Jurusan Admnistrasi Publik Universitas Kosngosan, kami ucapkan terima kasih.

Pekanbaru, 23 November 2020


Cara Membuat Proposal PKL


surat proposal pkl magang

Konsultasikan kepada teman teman, guru atau dosen pembimbing mengenai tujuan kamu akan magang / PKL. karena memilih tempat yang tepat, akan bisa meningkatkan softskill dan kemampuan mu sebagai orang baru, dalam mengenai dunia kerja yang sesungguhnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan sobat kosngosan akan mendapatkan tawaran kerja full time dengan diangkat menjadi karyawan tetap setelah program magang atau PKL selesai.

Namun sayangnya, tidak mudah untuk beradaptasi dan berprestasi dalam jangka waktu magang yang hanya sekitar satu hingga tiga bulan. Jadi saran mimin, lakukan yang terbaik untuk momen ini.

Membuat proposal PKL sama saja dengan proposal akademik lainnya. Berikut beberapa bagian yang perlu kamu buat, untuk menyempurnakan proposal PKL / Magang mu dengan baik

Membuat bagian cover


Cover atau sampul pada proposal adalah halaman awal yang pertama kali dilihat oleh pihak perusahaan. Jadi pastikan sampulnya bagus dan menarik, Isinya biasanya adalah logo perguruan tinggi, judul proposal, nama penulis, dan kampus beserta fakultas dan jurusannya.

Membuat bagian pendahuluan


Bagian pendahuluan berisi latar belakang, alasan dan teori yang melandasi sobat kosngosan untuk melakukan PKL di perusahaan atau instansi tersebut. pastikan kamu memberikan penjelasan yang komprehensif, supaya perusahaan tersebut yakin bisa menerima kamu magang atau PKL di tempat mereka.

Membuat tujuan magang / pkl


Tujuan disini adalah hal apa saja yang akan kamu capai setelah menyeselesaikan magang atau PKL tersebut. Apakah tujuan tersebut bisa menguntungkan perusahaan, memberikan manfaat untuk perusahaan atau tidak.

Membuat bentuk kegiatan magang / pkl


Bentuk kegiatan harus kamu jelaskan poin per poin, mulai dari persiapan sebelum melakukan magang, pelaksanaan magang, pembuatan laporan, serta detail waktu pelaksanaan, dan biodata dirimu secara lengkap.

Membuat bagian penutup


Bagian penutup menjadi akhir dari proposal kali ini, berisi pengharapan supaya kamu diterima magang atau PKL di perusahaan atau instansi tersebut. Ditutup dengan ucapan terimakasih kepada pihak yang terlibat.

Baca juga : Contoh Pembuatan Proposal Kegiatan Dana Desa


Kata Penutup


Demikianlah pembahasan mengenai Proposal PKL dan Magang kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang sebentar lagi akan mengadakan kegiatan tersebut.

Jangan lupa untuk terus belajar hal baru untuk meningkatkan kemampuan mu, sehingga lebih mudah diterima di perusahaan nantinya. Share artikel ini bila kamu anggap bermanfaat.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads