Contoh Pembuatan Proposal PKL-Magang yang Baik dan Benar

Contoh Pembuatan Proposal PKL-Magang yang Baik dan Benar

Baca juga :

Magang dan PKL adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi, dimana program dalam belajar sambil bekerja pada institusi profesional langsung seperti perusahaan atau sekolah. Ketika hendak melakukan PKL dan magang, maka diperlukan suatu proposal supaya kegiatan tersebut disetujui oleh pihak penanggung jawab.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas yang namanya cara membuat proposal PKL dan Magang yang sesuai aturan. Ketika proposal ini disahkan oleh pihak tujuan, maka kamu sudah diterima magang atau PKl di tempat tersebut.

Oleh karena itu pastikan proposal yang kamu buat sebaik mungkin, sebagai salah satu syarat awal pendaftaran sebelum diterima magang atau PKL.

Format Proposal PKl dan magang sama saja dengan proposal kegiatan lainnya, hanya saja yang membedakanya hanyalah tujuan dan jenis kegiatan didalamnya. Bagi anak SMK, magang adalah kegiatan wajib sebelum tamat sekolah, begitu juga sebagian dari jurusan di perguruan tinggi (selain KKN tentunya)

Dalam proposal tersebut, mengandung setidaknya detail kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya untuk jurusan pertanian atau kelautan, mengadakan penyuluhan agribisnis kepada para petani atau peternak di suatu desa atau kabupaten.

Atau contoh lain bagi anak jurusan hukum, yang akan melakukan belajar dan praktek langsung menjadi pengacara di kantor advokat terkenal dan belajar menangani berbagai macam kasus pengadilan.

Baca juga : Tips magang, PKL dan KP (Kerja Praktek) di kantor pemerintahan

Konsultasikan kepada teman teman, guru atau dosen pembimbing mengenai tujuan kamu akan magang / PKL. karena memilih tempat yang tepat, akan bisa meningkatkan softskill dan kemampuan mu sebagai orang baru, dalam mengenai dunia kerja yang sesungguhnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan tawaran kerja full time dengan diangkat menjadi karyawan tetap setelah program magang atau PKL selesai.

Namun sayangnya, tidak mudah untuk beradaptasi dan berprestasi dalam jangka waktu magang yang hanya sekitar satu hingga tiga bulan. Jadi saran mimin, lakukan yang terbaik untuk momen ini.

Cara pembuatan proposal PKL / Magang yang baik dan benar


surat pkl magang

Membuat proposal PKL sama saja dengan proposal akademik lainnya. Berikut beberapa bagian yang perlu kamu buat, untuk menyempurnakan proposal PKL / Magang mu dengan baik

Membuat bagian cover


Cover atau sampul pada proposal adalah halaman awal yang pertama kali dilihat oleh pihak perusahaan. Jadi pastikan sampulnya bagus dan menarik, Isinya biasanya adalah logo perguruan tinggi, judul proposal, nama penulis, dan kampus beserta fakultas dan jurusannya.

Membuat bagian pendahuluan


Bagian pendahuluan berisi latar belakang, alasan dan teori yang melandasi kamu untuk melakukan PKL di perusahaan atau instansi tersebut. pastikan kamu memberikan penjelasan yang komprehensif, supaya perusahaan tersebut yakin bisa menerima kamu magang atau PKL di tempat mereka.

Membuat tujuan magang / pkl


Tujuan disini adalah hal apa saja yang akan kamu capai setelah menyeselesaikan magang atau PKL tersebut. Apakah tujuan tersebut bisa menguntungkan perusahaan, memberikan manfaat untuk perusahaan atau tidak.

Membuat bentuk kegiatan magang / pkl


Bentuk kegiatan harus kamu jelaskan poin per poin, mulai dari persiapan sebelum melakukan magang, pelaksanaan magang, pembuatan laporan, serta detail waktu pelaksanaan, dan biodata dirimu secara lengkap.

Membuat bagian penutup


Bagian penutup menjadi akhir dari proposal kali ini, berisi pengharapan supaya kamu diterima magang atau PKL di perusahaan atau instansi tersebut. Ditutup dengan ucapan terimakasih kepada pihak yang terlibat.

Contoh proposal PKL/Magang format Doc




Download contoh file proposal PKL dan magang disini. Sebelum mengklik tautannya, ada baiknya baca terlebih dahulu instruksinya dibawah ini

Petunjuk download


Setelah mengklik tautan download diatas, kamu akan dibawa pada halaman safelink. Tunggu kira kira 5 detik, supaya tombol download muncul.

Setelah itu klik tombol download, maka kamu akan segera diarahkan ke google drive, klik icon download pada bagian kanan atas (versi desktop), untuk versi smartphone, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu dalam akun google mu

Baca juga : Contoh Laporan Magang Jurusan Peternakan format Doc

Demikianlah pembahasan mengenai Proposal PKL dan Magang kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang sebentar lagi akan mengadakan kegiatan tersebut.

Jangan lupa untuk terus belajar hal baru untuk meningkatkan kemampuan mu, sehingga lebih mudah diterima di perusahaan nantinya. Share artikel ini bila kamu anggap bermanfaat.
Buka Komentar