Contoh Pembuatan Surat Over Kredit yang Baik dan Benar

Ketika kamu memutuskan untuk mengkredit suatu barang, seperti motor, mobil atau rumah, maka sudah menjadi kewajibanmu lah untuk membayar uang angsurannya secara berkala, tergantung dari kesepakatan. Namun pada kenyataannya, ada beberapa debitur (pihak yang melakukan kredit) tidak mampu membayar angsuran tersebut

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Satu satunya adalah dengan melakukan over kredit atau pengalih tanggung jawaban suatu beban kredit dari debitur lama kepada debitur baru dengan pembayaran yang sesuai kesepakatan.

Contohnya bila si A sudah melakukan kredit rumah KPR selama 3 tahun dengan angsuran 1 juta per bulan, sisanya tinggal 12 tahun lagi. Karena dia merasa KPR ini sangat berat baginya, karena tidak memiliki gaji yang cukup, maka dia mencari pihak yang mau menanggung KPR tersebut

Artinya pihak B setuju, bahwa dia akan membayarkan sisa angsuran 12 tahun tersebut, dengan membayar kelebihan dari 3 tahun yang sudah dibayarkan A kepadanya, sehingga pada akhirnya setelah lunas, rumah tersebut akan dimiliki oleh B seutuhnya.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan contoh surat perjanjian over kredit dibawah tangan yang baik dan benar beserta prosedur pembuatannya. Setelah kamu mengurus surat ini, secara otomatis kamu sudah menggantikan pembayaran angsuran kredit orang lain yang rumahnya kamu beli.

Baca juga : Solusi Umat Islam Membutuhkan Modal untuk Bisnis

Ada beberapa cara dimana masing-masing metode sangat berpengaruh terhadap legalitas dokumen hukumnya. Kamu hanya memilih salah satu cara mana yang paling aman menurut mu pribadi, supaya nantinya pada saat kredit tersebut lunas kamu bisa mengambil sertifikat kepemilian rumah dari bank tanpa adanya permalasahan dikemudian hari.

Cara membuat surat perjanjian Over Kredit


surat over kredit

Membuat surat perjanjian over kredit sama saja dengan membuat surat perjanjian pada umumnya. Mengenai teknis pembuatan surat ini, akan dijelaskan lebih terperinci lagi dibawah ini :

Langkah 1


Membuat lembar kerja baru pada aplikasi pengolah kata, kemudian mulai mengetik judul perjanjian over kredit. Perhatikan format font standar yang digunakan pada surat formal seperti times new roman atau arial, juga ukuran nya 12 dan margin 3-3-3-3.

Langkah 2


Membuat pernyataan dari kedua belah pihak, yang menjelaskan mengenai nama, pekerjaan, tempat tinggal, nomor KTP dan penyebutan pihak pertama serta pihak kedua.

Langkah 3


Setelah itu membuat penjelasan mengenai kesepakatan bersama antara kedua belah pihak, mengenai prosesi penyerah terimaan barang dengan menyebut rincian barang yang akan diserah terimakan, merinci poin per poin butir butir kesepakatan over kredit (bisa dilihat pada contoh dibawah)

Langkah 4 


Membuat bagian penutup surat perjanjian, dengan menyatakan antara pihak pertama dan pihak kedua memiliki kekuatan hukum yang sama. Kemudian ditandatangi antara kedua belah pihak, dan dicatat nama saksi-saksinya

Apa tujuan pembuatan surat ini?


Tujuannya antara lain sebagai surat bukti pemindahan tanggung jawab pembayaran barang, dan berpindahnya kepemilikan antara pihak pertama ke pihak kedua. Jadi ini menjadi bukti yang sah secara hukum, apabila suatu waktu terjadi perselisihan atau sengketa.

Contoh surat perjanjian over kredit format doc




Kamu bisa mengunduh contoh file diatas dengan mengklik tautan ini. Setelah itu kamu akan mendapatkan file dalam bentuk doc yang bisa diedit sesuai kebutuhanmu.

Perhatian, sebelum download


Setelah meng-klik tautan download, kamu dibawa pada halaman baru safelink. Tunggu 5 detik, agar tombol download muncul. Setelah itu klik tombol download, maka kamu akan segera diarahkan ke google drive, klik icon download pada bagian kanan atas (versi desktop), untuk versi smartphone, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu dalam akun google mu.

Baca juga : Cara Mudah Meminjam Uang Kedua Kalinya ke Bank

Baiklah semoga setelah membaca postingan ini kamu bisa lebih melek akan prosedural pengurusan surat perjanjian over kredit yang sesuai hukum. Jangan lupa untuk share artikel ini dan berikan komentar mu dibawah ya. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel