Profil Universitas TanjungPura (UNTAN) Pontianak, Jurusan dan Fakultasnya

Universitas Tanjungpura merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Walaupun banyak yang masih belum mengetahui mengenai profil UNTAN, dan mungkin sama sekali belum pernah mendengar perguruan tinggi ini, maka kali ini kosngosan akan membahasnya untuk teman-teman sekalian.

Untuk seleksi masuk apalagi jalur SBMPTN lumayan susah, menurut pendapat beberapa teman yang sudah diterima disana. Bahkan beberapa prodi memiliki passing grade yang lumayan tinggi setara dengan universitas ternama lainnya di Indonesia.

Selain itu lokasi UNTAN juga memiliki kampus yang strategis sekali, karena terletak di pusat kota dengan ikon tugu Digulis atau Bambu Runcing.

Kota Pontianak yang dikenal sebagai salah satu kota yang yang dilalui garis khatulistiwa, serta dilalui oleh dua Sungai besar di Kalimantan, yaitu sungai Kapuas dan Sungai Landak. Bila kamu memutuskan untuk kuliah di UNTAN, kamu juga harus mempelajari berbagai budaya di kota Pontianak, supaya lebih mudah untuk bergaul bersama masyarakat disana.

Pada awalnya, nama universitas ini adalah Universitas Daya Nasional, dengan status swasta, pada tanggal 20 Mei 1959 atas prakarsa beberapa tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Kemudian tanggal 27 Mei 1961 diubah statusnya menjadi Universitas Negeri dan dua tahun setelahnya yakni pada 16 Mei 1963 berubah nama menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP)

Baca juga : Ini bedanya jurusan ners perawat dan bidan, lebih baik mana?

Perubahan nama ini tidak lantas berhenti sampai disitu, tanggal 14 September 1965 UNEP kembali diubah namanya menjadi Universitas Dwikora. Lalu kemudian terakhir, pada tanggal 15 Agustus 1967, Universitas Dwikora diubah menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN) hingga sekarang sudah menghasilkan banyak lulusan yang berkompeten dibidangnya.

Universitas Tanjungpura sekarang berdiri dengan 9 fakultas yaitu:

Fakultas Hukum
Fakultas Ekonomis dan Bisnis
Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu hukum (Isip)
Fakultas Ilmu keguruan dan Ilmu pendidikan (IKIP)
Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan (Mipa)
Fakultas Kehutanan
Fakultas Kedokteran

universitas tanjungpura

Dengan semakin meningkatnya akreditasi UNTAN tentu semakin ketatnya persaingan masuk apalagi ditunjang dengan pembangunan dan perbaikan fasilitas UNTAN yang tak kalah dengan universitas negeri di kota-kota besar. Untuk program studi dinominasi B namun juga sudah banyak yang A sedangkan universitasnya B.

UNTAN menyediakan banyak beasiswa untuk membantu mahasiswanya asalkan kita mau usaha dan selalu mencari informasi pasti ada aja beasiswa baik dari fakultas, universitas, maupun luar.

Lalu untuk biaya kuliah untan menggunakan Uang kuliah Tunggal (UKT) yaitu biaya semesteran yang dibayar tergantung besar kecilnya pendapatan orang tua. (Semester ini uang semester bisa dicicil tidak tau kedepannya ini sangat meringankan).

rumah sakit untan

Lalu ini dilema terberat bagi kamu yang ingin merantau? Bagaimana kondisi lingkungan dan juga biaya hidup? Menurut mimin pribadi kondisi lingkungan di Pontianak cukup baik, bisa dikatakan terjamin. Namun apapun itu tergantung diri kita sendiri.

Baca juga : Download Logo Universitas, Sekolah Tinggi dan Institut di Indonesia format PNG

Untuk biaya hidup lumayan murah untuk menengah ke bawah untuk kost kisaran 4-6 juta terngantung fasilitasnya, untuk makan 10 ribu rupiah sudah bisa dapat ayam geprek. Jadi buat yang belum punya tujuan silahkan kamu list UNTAN sebagai kampus tujuanmu ya.

Demikian pembahasan singkat kita mengenai kampus kebanggaan orang Kalimantan Barat ini. Jangan lupa request juga kampus incaranmu melalui kotak komentar dibawah ini. Mohon bagikan tulisan ini di media sosial mu ya, terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel