-->

Contoh Surat Perjanjian Damai Kecelakaan Lalu Lintas Doc

Setiap orang pastinya pernah melalui jalan raya untuk mobilitas sehari-harinya. Ada yang mengendarai mobil, motor, atau pun angkutan umum seperti bus dan ojek online. Lalu lintas yang ramai dan padat, membuat resiko kecelakaan semakin besar, seperti misalnya terjadinya kecelakaan.

Berbagai macam kecelakaan seperti kecelakaan tunggal, adu kambing atau tabrak lari menjadikan pihak tertentu merasa dirugikan. Biasanya penyelesaian masalah ini selain dimulai dengan adu mulut, akan berakhir ke proses hukum denga melibatkan kepolisian.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan contoh surat perjanjian damai antara pihak yang  berseteru, sehingga masalah kecelakaan tidak sampai dilanjutkan ke pengadilan atau menjalani proses hukum yang bisa menyita waktu dan tenaga.

Surat perjanjian ini berupa surat keterangan yang menjelaskan bahwa pihak yang terkait dengan kecelakaan, menyatakan untuk berdamai, atau tidak membawa kasus ini ke proses hukum. Karena seperti yang kita ketahui, ada banyak kerugian materi dan waktu yang diterima apabila kedua belah pihak melanjutkan perkara ke proses pengadilan

Seperti harus menyewa pengacara, menghadiri setiap proses pengadilan yang menyita waktu, dan juga terkadang adanya pihak yang dirugikan dengan keputusan hakim. Hanya saja, surat perdamaian ini hanya terwujud bila kedua belah pihak bisa menghilangkan egoisme-nya masing masing.

Ditambah lagi, penyebab kecelakaan mungkin akibat kesalahan keduanya, dan kerugian keduanya juga bisa ditoleransi, dengan biaya perdamaian tertentu dari pihak yang dianggap sebagai penyebab awal terjadinya kecelakaan.

Baca juga : Tips Menghadapi Orang Egois yang Ingin Menang Sendiri dan Tidak Mau Kalah


Contoh surat penjanjian damai kecelakaan


Apabila kamu tidak ingin repot membuat surat pernyataan damai dari awal seperti diatas, kamu bisa langusng unduh contoh suratnya dibawah ini dalam format doc yang bisa kamu edit menggunakan microsoft word sesuai dengan keperluan mu, setelah itu tinggal print dan tanda tangan saja. Semoga bermanfaat.

Silahkan scrool langsung kebawah.



Kamu juga bisa mengunduh contoh surat perjanjian diatas dengan mengklik tautan disini. Sebelumnya baca terlebih dahulu petunjuk downlaod dibawah ini ya.


Contoh 2

SURAT PERJANJIAN PERDAMAIAN

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama :
Jenis Kelamin :
Umur :
Pekerjaan :
Kewarganegaraan :
Alamat :

Selanjutnya disebut selaku pihak Pertama

Nama :
Jenis Kelamin :
Umur :
Pekerjaan :
Kewarganegaraan :
Alamat :

Selanjutnya disebut selaku pihak Kedua

Bahwa pihak pertama dan pihak kedua telah sepakat untuk membuat perjanjian perdamaian atas kejadian di parkiran pada hari Jumat tanggal 25 Maret 2021 Pukul 11.00. yang mengakibatkan perselisilah antara pihak pertama dan pihak kedua.

Bahwa berdasarkan uraian diatas, Kedua Belah Pihak sepakat untuk menyelesaikan Permasalahan / Perselisihan Hukum yang terjadi secara damai.

MENYATAKAN

Kedua Belah Pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Perdamaian dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

Pasal 1
Atas kejadian tersebut diatas pihak pertama sudah memohon maaf pada tanggal 2 April 2011 Pukul 09.00 di rumah kediaman pihak kedua.

Pasal 2
Atas permintaan pihak kedua, maka surat perjanjian perdamaian ini dibuat sebagai bukti bahwa pihak pertama dan pihak kedua sudah sepakat untuk menyelesaikan kejadian tersebut secara kekeluargaan.

Pasal 3
Surat perjanjian perdamaian ini akan digunakan pihak kedua untuk mencabut BAP yang sudah dilaporkan ke Polsek pada tanggal 30 April 2011 oleh pihak kedua dengan nomor surat pemanggilan S.pgl/166/VI/2011/Sek.Sanggar.

Pasal 4
Pihak pertama dan pihak kedua sepakat untuk meningkatan keamanan lingkungan RW dimana ada pada wilayah RW tersebut, dan selalu berkoordinasi dengan Pihak Manajemen atau Pengelola.

Setelah ditandatanganinya surat perjanjian perdamaian ini maka pihak kedua tidak akan melakukan tuntunan hukum apapun lagi kepada pihak pertama.

Demikian Surat Perjanjian perdamaian ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pekanbaru, 23 Juni 2021

Pihak Pertama Pihak Kedua

Mengetahui,

Kepala Kepolisian Sektor Pesanggrahan

Komisaris Polisi NRP


Disaksikan oleh :

Petunjuk download


Tunggu dulu, sebelum mengunduh file proposal diatas, kamu harus tahu ketika mengklik link-nya, kamu akan dibawa ke halaman baru safelink. Tunggu 5 detik sampai tombol download muncul. Klik tombolnya dan kamu akan diarahkan ke halaman download google drive.

Klik icon download di kanan atas (versi desktop) atau langsung otomatis terdownload (versi smartphone). Pastikan kamu sudah log in ke akun google mu sebelum mendownload filenya.


Cara membuat surat perjanjian damai kecelakaan


surat damai

Surat ini bisa diketik menggunakan microsoft word, seperti format surat keterangan lainnya, dalam satu halaman, dicetak dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak. Berikut cara pembuatan surat perjanjian damai :

Langkah 1 

Buat lembar kerja baru di microsoft word, margin 3-3-3-3, ukuran font 12 dan jenis font Arial atau Times New Roman.

Langkah 2

Buat judul surat seperti "Surat Pernyataan Perdamaian Kecelakaan" dan sejenisnya. Kemudian langsung ke bagian isi surat yang terbagi menjadi dua yaitu :

Identitas pihak pertama berisi nama, jenis kelamin, umur, pekerjaan, alamat. Begitu juga pada bagian bawahnya diisi oleh pihak kedua

Langkah 3

Membuat paragraf pernyataan perdamaian, menyatakan kedua pihak berdamai, pihak pertama dengan jenis kendaraan "blablabla" memiliki plat nomor "blablabla" dengan pihak kedua.

Baca juga : Cara Klaim, Produk dan Premi Asuransi Kecelakaan

Setelah itu pada bagian selanjutnya, mencantumkan persyaratan perdamaian, seperti misalnya pihak pertama bersedia menanggung biaya perawatan rumah sakit untuk pihak kedua

Langkah 4

Bagian akhir, diisi oleh tanda tangan kedua pihak yang berdamai, dan disertakan nama para saksi yang menjadi penengah keduanya.

Baca juga : Pilih asuransi jiwa syariah untuk perlindungan kecelakaan


Kata Penutup


Surat damai memang penting untuk kamu ketahui cara pembuatannya, karena ini juga menyangkut kemmapuanmu dalam negosiasi. Apabila terjadi apa apa di jalan raya, maka kamu bisa segera bertindak.

Baiklah semoga dengan membaca postingan ini, kamu bisa tersadar bahwa menjaga keselamatan diri di jalan raya itu adalah yang terpenting. Bila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, lakukanlah pendekatan damai terlebih dahulu untuk diselesaikan, sebelum menempuh jalur hukum.
By