Cara Cepat Mengumpulkan Uang Membeli Kamera bagi Pelajar

Apabila kamu adalah seorang pelajar yang saat ini ingin mengumpulkan uang untuk membeli kamera DSLR atau Mirrorless, Apakah kamu bisa membaca beberapa tips yang akan mimin kosngosan bahas di bawah ini. Apabila kamu memang memiliki hobi dan Passion bidang fotografi, maka tidak ada salahnya mengumpulkan duit untuk membeli salah satu peralatan utama fotografi yaitu kamera.

tips kamera pelajar

Mungkin sebagian dari kamu memiliki kelebihan dana dari orang tua, bisa langsung membeli kamera mahal tanpa harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Namun ada juga beberapa teman kita yang harus mengumpulkan uang dan menyisihkan jajannya untuk membeli barang yang diinginkan seperti kamera misalnya

Biasanya kamu yang mengumpulkan uang sendiri untuk membeli barang, akan jauh lebih menghargai barang tersebut dan menjaganya, bukan? Terlebih adalah kamera yang memiliki sensitifitas tinggi dan membutuhkan perawatan.

Dengan memiliki kamera, seorang pelajar bisa membuka bisnis seperti jasa fotografi untuk berbagai acara seperti misalnya acara Pramuka, OSIS, Acara sekolah ataupun di luar sekolah. Ini bisa menjadi bisnis sampingan yang prospektif bagi pelajar. Kamu bisa membaca postingan mengenai cara mendapatkan uang dari bisnis fotografi di sini.

Baca juga : Cara Ampuh Menabung Cepat untuk Membeli HP bagi Pelajar

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai jenis-jenisnya. Setidaknya ada 8 jenis kamera yaitu Compact Digital, Prosumer, Bridge Camera / DZLR, Consumer DSLR, Mirrorless/Hybrid, Semi Pro DSLR, Boutique Camera dan Medium Format DSLR / Professional DSLR. Masing-masing dari jenis kamera tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tips Mengumpulkan Duit Membeli Kamera


Apabila kamu sudah membaca beberapa penjelasan kamera di atas maka tiba saatnya untuk menerapkan beberapa tips di bawah ini supaya kamu bisa membeli kamera idamanmu secepatnya,

Set Niat dan Motivasi Terlebih dahulu


Tentukan niat dan motivasi motor lebih dahulu untuk membeli kamera. Setelah kamu mengetahui jenis Kamera apa yang akan kamu beli, maka tanamkan dalam dirimu untuk mengumpulkan duit secara konsisten, kamu tidak menyerah di tengah jalan.

Karena ada banyak orang yang ingin membeli sesuatu namun tergoda oleh gaya hidup yang hedon, akhirnya uangnya habis tanpa disadari dan dia tidak bisa membeli barang yang dia inginkan

Ketahui Detail dan Harga Pasaran Kamera Incaranmu


Hal ini sangat penting untuk mempersiapkan seberapa besar budget yang akan kamu keluarkan nantinya. Bacalah beberapa review yang mengulas kamera di berbagai forum atau situs terpercaya. Hal ini akan menambah referensi mengenai spesifikasi kamera yang akan kamu beli, kelebihan dan kekurangannya.

Tanyalah kepada beberapa toko, kemudian Lihat harganya di marketplace populer di indonesia, dan jangan lupa untuk menanyakannya lewat grup atau forum di media sosial yang khusus membahas mengenai kamera. Hal ini supaya kamu tidak salah memilih penjual yang menjual kamera di atas harga pasaran.

Pilih Kredit atau Cash


Ketahuilah ada kelebihan dan kekurangan dari sistem kredit dan sistem pembelian tunai ketika kamu hendak membeli kamera. Mimin sarankan apabila kamu memang memiliki duit, Lebih baik membeli kamera secara kontan atau tunai. Kenapa? bila kamu membeli barang elektronik secara kredit tentunya akan memberatkan kamu, untuk membayarnya secara rutin setiap bulan.

Namun bila kamu terlanjur untuk membeli secara kredit karena memang tidak punya duit, cara men pilihlah kredit dengan DP yang besar dan dalam jangka waktu yang singkat untuk menghindari kamu terikat oleh biaya cicilan yang nantinya akan mencekik setiap bulan.

Gunakan Prinsip Menabung 40-60


Ini adalah salah satu teknik menabung yang sangat mimin sarankan dan cukup ampuh untuk kalian yang ingin mengumpulkan duit dan membeli suatu barang. Apabila kalian memiliki pendapatan atau gaji dari bisnis sampingan, atau justru kalian tergantung sepenuhnya dari uang jajan yang diberikan orang tua, maka terapkanlah prinsip 60% digunakan untuk kebutuhan sekolah, sementara sisanya 40% digunakan untuk menabung membeli kamera. Apabila kamu bisa meningkatkan persentasi tabunganmu, tentunya ini akan mempercepat kamu bisa membeli kamera

Berhemat dan Memperketat Pengeluaran


Ketika kamu ingin membeli kamera idaman dengan harga yang relatif lebih mahal, Hal lain yang bisa kamu lakukan tentunya adalah berhemat dan melakukan seleksi pengeluaran yang tidak diperlukan, seperti misalnya pengeluaran untuk kebutuhan tersier dan selera harus benar-benar dihapuskan.

Selain itu sobat kosngosan juga harus berhemat melakukan pemotongan segala biaya pengeluaran, menerapkan gaya hidup hemat dan meninggalkan gaya hedonis yang suka menghambur - hamburkan uang tidak jelas. Mungkin kamu sering nongkrong di cafe, main PS, main di warnet, beli baju, sepatu, dan untuk saat ini, kamu harus benar benar meninggalkan kebiasaan itu untuk sementara (kalau bisa selamanya)

Memulai Bisnis Kecil Kecilan bersama Teman Sekolah


Langkah terakhir yang perlu sobat kosngosan lakukan adalah mulai membuka bisnis sampingan. Apabila kamu berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, maka mulailah untuk melirik membuka bisnis online yang bisa dikerjakan di sela-sela waktu belajar sekolah. Ini akan menambah penghasilanmu tentunya akan berdampak terhadap kemampuan membayar kamera-mu

Ada banyak sekali peluang bisnis sampingan yang bisa dikerjakan, arti bisnis kuliner, bisnis hand made, industri kreatif, daur ulang limbah, agribisnis, bisnis online dan jenis bisnis lainnya. Pelajari peluang bisnis yang ada di sekitar lingkungan mu, kemudian mulailah untuk membangun bisnis secara kecil-kecilan

Baca juga : Tips Ide Bisnis Untuk Anak SMA yang Menghasilkan

Sekian yang bisa mimin kosngosan sampaikan kepada kalian mengenai cara mengumpulkan duit untuk membeli kamera bagi pelajar. Semoga kalian bisa cepat mengumpulkan dan membeli kamera idaman kalian serta menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Jangan lupa tekan tombol share dibawa untuk membagikan tulisan ini di media sosial milik kalian, Terima kasih
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel