Cara Cepat Mengumpulkan Uang Membeli Mobil Bagi Mahasiswa

cara beli mobil mahasiswa

Bagaimana cara mengumpulkan duit untuk membeli mobil impian? Nah Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips sederhana untuk kamu yang seorang mahasiswa apabila ingin memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, yang mendukung mobilitas mu supaya lebih produktif.

Mobil saat ini sudah menjadi salah satu transportasi pribadi yang sudah banyak dimiliki oleh berbagai kalangan. Tidak hanya untuk kalangan menengah atas saja, namun mobil juga bisa dimiliki oleh kalian yang berpendapatan pas-pasan atau bahkan seorang mahasiswa.

Banyaknya dealer atau showroom mobil yang menawarkan harga terjangkau, serta dengan metode pembayaran cicilan dengan DP ringan, maka ini terus mendorong pembelian mobil lebih masif di kalangan masyarakat kita.

Walaupun sebagian kalangan seperti pecinta lingkungan menolak tren adanya harga mobil murah dengan spesifikasi low car, namun di sisi lain sebagian kalangan juga diuntungkan untuk mendapatkan kendaraan pribadi dengan harga yang kompetitif dan sesuai dengan kemampuan membayar mereka.

Kendaraan roda empat dengan harga murah (LCGC) yang dijual di Indonesia banyak menggunakan BBM RON 92 atau pertamax, dengan kapasitas silinder 980 cc - 1.200 cc untuk mobil bensin, dan mobil diesel berkapasitas 1.500 cc dengan konsumsi BBM 20 km per liter

Baca juga : Cara Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan

Tidak bisa dipungkiri, kelebihan mobil memang lebih memberikan kenyamanan berkendara yang maksimal untuk kalian para mahasiswa yang memang memiliki mobilitas tinggi, terlebih aktif di organisasi dan sering bepergian ke berbagai daerah.

Tips Mendapatkan Mobil Idaman bagi Mahasiswa


tips mobil mahasiswa

Oke Langsung saja apabila sobat kosngosan ingin memiliki mobil, dapat mengikuti dan menerapkan beberapa tips di bawah ini supaya kalian bisa dengan cepat memiliki kendaraan mobil pribadi dari hasil keringat sobat kosngosan. check these out!

Mintalah persetujuan dan rekomendasi orangtua


Dan ada baiknya untuk meminta saran dari orangtua, siapa tahu orangtua juga bisa membantu mu. Bagi yang memiliki orang tua berpendapatan tinggi, tentunya meminta kendaraan mobil bukanlah hal yang sulit. Namun ada juga orang tua yang tidak memberikan barang secara percuma, hanya karena ingin anaknya mandiri dan harus berusaha apabila ingin membeli sesuatu.

Di sini dukungan orang tua bukan hanya secara materi, tetapi juga berupa bimbingan dan arahan supaya si anak bisa mendapatkan mobil yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Orang tuamu bisa memberikan rekomendasi tempat pembelian mobil yang mereka ketahui, atau justru mengenal Marketing Eksekutif nya langsung.

Teliti spesifikasi dan harga mobil sebelum membeli


Barang apapun itu ketika kita hendak membelinya tentunya kita harus menelitinya terlebih dahulu. Ada banyak aspek yang harus kita diketahui sebelum membeli mobil, misalnya mengenai jenis mobil, city car SUV, MPV atau yang lain. Ketahui juga mengenai spesifikasinya, cara perawatannya, biaya service dan sparepart nya, pajak dan surat-surat.

Dan yang paling penting adalah harga pasarannya. Bisa melakukan riset kecil-kecilan di berbagai dealer atau showroom mobil di kota mu, juga bisa melihat di berbagai situs otomotif terpercaya dan menanyakannya langsung ke Marketing Eksekutif-nya.

Pilih jenis pembayaran, kredit atau tunai


Apabila kamu sudah memiliki uang diatas 60% dari harga mobil idaman mu, baiknya kamu mau beli mobil secara cash atau tunai. Mintalah kepada orang tua atau kerabat untuk tambahan sisanya, mungkin polanya bisa dalam bentuk hutang yang akan kamu cicil kepada mereka. Ini lebih baik ketimbang kamu mencicil di dealer atau showroom mobil.

Sekalipun kamu terpaksa untuk kredit mobil, maka Pilihlah DP atau uang muka yang besar serta jangka waktu cicilan yang relatif singkat. Ini tentunya akan meringankan biaya cicilan setiap bulannya yang akan berdampak pada kondisi finansialmu

Kumpulkan uang untuk DP


Bagi kalian yang mengkredit mobil, sesuai dengan saran mimin diatas pilihlah jenis kredit dengan DP besar diawal supaya nantinya memperingan cicilan kamu. Kamu harus mempersiapkan biaya DP yang berasal dari beberapa pemasukan, yang akan dijelaskan di bawah ini

Menabung dengan pola 30-70


Salah satu cara yang paling efektif dan efisien adalah menerapkan metode menabung dengan porsi 30% dari total penghasilan kita selama sebulan. Kemudian sisanya 70% digunakan untuk keperluan kamu sehari hari. Penghasilan disini bisa berasal dari akumulasi uang jajan, dan profit dari bisnis yang kamu jalani.

Apabila kamu merasa porsi menabung bisa ditingkatkan lagi, maka kamu bisa menaikkannya menjadi 40% atau bahkan 50%, sesuai dengan kemampuanmu. Intinya semakin besar kamu alokasikan uang mu untuk ditabung, semakin cepat kamu bisa mengumpulkan duit untuk membeli mobil impian mu.

Menerapkan gaya hidup hemat ekstrim


melakukan seleksi pengeluaran yang tidak diperlukan, seperti misalnya pengeluaran untuk kebutuhan tersier dan selera harus benar-benar dihapuskan. Selain itu kita juga harus berhemat melakukan pemotongan segala biaya pengeluaran, menerapkan gaya hidup hemat dan meninggalkan gaya hidup hedonis suka menghambur - hamburkan uang tidak jelas.

Hindari juga untuk berhutang diluar keperluan pembayaran rumah, karena ini akan memperberat cicilan setiap bulannya. Kamu bisa membaca postingan kosngosan berikut mengenai cara membuat pembukuan keuangan pribadi sehari hari.

Membuka bisnis sampingan dan berinvestasi


Menjadi mahasiswa tentunya tidak sama dengan belajar. Kamu sudah seharusnya memiliki penghasilan tambahan di luar dari pemberian orang tua setiap bulannya. Oleh karena itu kamu bisa bergabung dengan teman-temanmu untuk memulai bisnis kecil-kecilan di kampus. Dengan begitu akan memberikan kemampuan lebih secara finansial untuk mengumpulkan duit membeli mobil idamanmu.

Misalnya kamu bisa membuka bisnis kuliner, minuman dan jajanan unik, menyediakan jasa, bisnis bidang otomotif, pertanian, peternakan, handmade kreatif dan sebagainya. Untungnya kosngosan sudah memberikan beberapa ide bisnis ala mahasiswa disini.

Setelah mendapatkan keuntungan atau profit dari bisnis mu, jangan langsung menabung kannya. Tapi kamu lebih baik menginvestasikan nya ke berbagai instrumen investasi seperti deposito, membeli emas batangan atau reksadana. Selain itu kamu juga harus memutar kembali modalmu dan bisa memanfaatkan sebagian dari keuntungan untuk mengembangkan bisnis mu

Pilihan Mobil Bekas, Why not?


Mobil pribadi sendiri bisa sobat kosngosan dapatkan dengan dua alternatif yaitu dalam kondisi baru atau dalam kondisi bekas. Bila kamu memang memiliki budget yang terbatas namun ingin mobil dengan spesifikasi tinggi, maka salah satu caranya adalah dengan membeli mobil bekas yang masih bagus.

Di sinilah diperlukan ketelitian, dan kemampuan untuk mengetahui kondisi mobil luar dalam. Kita yang ingin membeli mobil bekas tidak membeli kucing dalam karung. Ada baiknya kamu membeli langsung dari orang yang sudah kamu kenal, supaya lebih terpercaya dan meminimalisir penipuan

Baca juga : Tips Mengatur Anggaran Keuangan Mahasiswa Baru

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk mengumpulkan duit demi membeli mobil idaman mu itu? well, Tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa tips yang sudah mimin kosngosan bagikan seperti yang ada diatas. Jangan lupa untuk tekan tombol share, dan bagikan tips ini di media sosial kalian. terimakasih
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel