Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi YouTuber Gaming Sukses bagi Pemula

Bagaimana caranya sukses jadi seorang youtuber gaming? Siapa sih yang tidak ingin menjadi youtuber yang menghasilkan banyak uang dari monetisasi channel yang dia miliki? Lihat saja Youtuber terkenal dari Indonesia, seperti Atta Gledek dan Ria Ricis. Kali ini kita kosngosan akan membahas bagaimana cara menjadi seorang youtuber yang sukses khususnya dengan niche gaming

Apa yang pertama kali terlintas di benak kalian mengenai youtuber gaming? Reza Arap, Jess No Limit atau justru Kimi Hime ? Wah parah. Seorang youtuber gaming memberikan konten mengenai bermain game yang menarik dengan visualisasi dan teknik mengobrol yang harus menarik juga.

Di sini kamu harus mampu bercerita sambil bermain game, membuat Bagaimana supaya penonton bisa betah menonton Kamu bermain game. Bisa dengan mengoceh, berkata sumpah serapah, atau memberikan sensasi seperti Kimi Hime.

Sebenarnya hal-hal tersebut harus dilakukan dengan cara yang baik dan elegan. Buatlah suatu konten gaming yang benar-benar berkualitas, tidak hanya menceritakan Kamu bermain game saja tetapi juga berbagi tips dan trik untuk menang game tersebut.

Untuk awalnya kamu bisa menjadi youtuber gaming bermodalkan HP Android. Bila dilakukan dengan serius, kamu tentunya bisa memiliki subscriber yang banyak, asal dilakukan dengan total dan konsisten. Modal awal memang adalah keseriusan dan kesabaran, karena dalam beberapa bulan awal adalah hal yang sulit bagi youtuber pemula

Baca juga : Cara Reupload Video YouTube tanpa Klaim Copyright, 100% Aman


Tips menjadi youtuber gaming sukses


cara menjadi youtuber gaming

Apa yang menjadi fokus utama adalah konten walaupun dengan bermodalkan kamera dari smartphone saja, asal dapat menarik perhatian penonton dan menerapkan teknik SEO Video YouTube yang bagus, Yakinlah kamu akan cepat mendapatkan subscriber dan viewer.

Bila kamu mengejar wanita secara teknis, yang notabene Kamu adalah pemula yang memiliki modal minim, tidak akan ada ujungnya bila hanya mengejar kesempurnaan sama produksi sebuah video.

Selanjutnya adalah mulailah memilih game yang menjadi kesukaanmu terlebih dahulu. Genre apa yang kamu sukai Apakah game dengan genre RPG, Battle Royale, dan game lainnya. Nah di sini tidak hanya menceritakan Kamu mainin saja tetapi juga serviks arti pesan seluk beluk game tersebut dan kamu bisa memberikan perspektif berbeda yang secara mendalam yang belum diketahui oleh gamer lain. Berikut tips singkat yang bisa kamu terapkan, semoga bermanfaat :


1. Konten yang Berkualitas


Kamu harus membuat konten yang berkualitas tanpa copyright, dan tentu saja original dari dirimu sendiri (jangan maling konten orang lain) jika pun repost izin dulu dengan yang punya. Biasanya jika dalam istilah jual beli "Pelanggan adalah raja", berbeda dengan dunia Youtuber "Kontenlah sebagai raja".

Walaupun kini mungkin sobat hanya bermodalkan Handphone Android atau iPhone, Video yang diunggah bisa saja terkenal. Kalau video tersebut menampilkan sesuatu yang unik dan menarik. Sobat bisa coba belajar dari para Youtuber terdahulu yang sekarang sudah sukses. Seperti apa konten mereka? bagaimana supaya bisa terlihat menarik dan banyak yang suka.

Tanyakan dalam hatimu, konten seperti apa yang unik atau belum pernah dibuat oleh Youtuber yang lainnya? Bisa juga menambahkan sesuatu yang berbeda pada video sehingga konten akan memiliki kesan original dan layak untuk mendapatkan ribuan pengunjung. Jika konten adalah raja, maka ini berarti konten video adalah yang terpenting


2. Menentukan Niche Channel


Lho, bukannya niche channel gaming ya tentang game, min? Salah besar. Walaupun kamu fokus ke gaming, tapi tetap saja harus ada satu dua jenis game yang harus fokus kamu mainkan dan review. Ketika sudah mempersiapkan channel gaming, tentukan berdasarkan topik yang sobat kosngosan sukai dan benar benar menjadi game favorit. Sehingga nanti mainnya juga enak dan bikin have fun, tidak terpaksa.

Ada banyak tema yang diangkat, seperti tips supaya menang dan bertahan, reaksi bermain game, review game atau consola baru, seluk beluk bermain game bahkan bisa juga aksesoris dan perangkat game dan sebagainya


3. Promosikan Channelmu di Sosial Media


Hari ini siapa sih yang tidak punya sosial media? Semua orang pasti menggunakan media sosial seperti instagram, Facebook, Whatsapp dan lainnya. Mana yang sering sobat gunakan? Tentunya kamu punya teman dan pengikut dari media sosial itu bukan? Nah kamu bisa memanfaatkan media sosial tersebut untuk mempromosikan channel youtube gaming. Apalagi kalau teman teman dunia maya mu juga penggila game

Share dan bagikan video video baru mu di akun jejaring sosial mu. Akan tetapi hindari melakukan spam, lakukan penerbitan secara berkala dan tidak terlalu sering dalam waktu yang hampir bersamaan. Berikan juga deskripsi pada setiap postingan video yang kamu terbitkan. Cobalah untuk beberapa kali share dan lihat tanggapan teman-temanmu tersebut.


4. Teknis Mengembangkan Channel


Buatlah Video dengan mengusahakan minimal 10 menit jika ingin cepat dapat monetisasi youtube, memang agak susah, namun banyak dari youtuber yang punya subcribe diatas 100 ribu video mereka tetap post video dengan durasi rata rata diatas 10 menit - 15 menit.

Usahakan pencahayaan dan sound baik, background belakang bisa memakai warna polos seperti biru atau merah, karna kedua warna tersebut bisa menambah pencahayaan secara alami, pencahayaan bisa dari kanan atas atau kiri atas, sesuaikan dengan selera sobat.


5. Membuat Video Serial yang Berkelanjutan


Buatlah video game yang kamu produksi menjadi serial berkelanjutan supaya penonton mu menunggu video dari mu. Hal ini juga menjaga durasi video atau tetap optimal dan tidak terlalu panjang dan membosankan. Hanya melalui cara yang sederhana ini dapat membuat kalian memiliki subcriber yang terus bertambah. Tentu saja karena dengan serial yang terus berlanjut ini akan meningkatkan minat viewer untuk ingin tahu video selanjutnya, untuk itu mereka akan segera subcribe channel mu

Serial itu merupakan satu tema dengan beberapa video pembahasan yang berlanjut. Jadi kalian bisa mulai membuatnya dengan cara memotong beberapa bagian episode video (asalkan videonya tidak terlalu pendek, minimal 10 menit) Sehingga nantinya viewer akan merasa penasaran apa yang terjadi selanjutnya. Dengan demikian mereka juga akan menunggu kelanjutan ceritanya


6. Menjaga Interaksi dengan Viewers


Penting sekali untuk "menghidupkan" konten konten mu dengan membalas komentar mereka yang telah menonton. Dengan memberikan tanggapan pada setiap komentar yang diberikan pada video gaming mu, maka akan membuat hubungan mu dan viewer terjalin dengan baik. Viewer yang baik akan langsung menyukai video mu dan melakukan subcribe.

Memang tidak semua komentar terlihat bagus, beberapa pasti ada saja yang memberikan hate speech (kalau ini tinggal kamu abaikan saja), bahkan kalau sampai komentar yang jahannam mimin suka mem-Pinned nya, biar dijadikan contoh tidak baik. Cukup katakan "Terima kasih" dan jangan pancing perdebatan yang berlebih.


7. Konsisten Upload Video secara berkala


Ini adalah tips umum di kalangan para youtuber apa pun itu. Apabila kamu ingin channel mu berkembang, maka rajinlah upload video. Kamu bisa lihat channel youtube Baim Wong atau Rans Entertainmen, mereka bahkan upload video setiap hari!

Kamu harus bisa setidaknya seperti misalnya sekali setiap dua hari, sekali 3 hari atau sekali seminggu. Namun untuk saat ini utamakan untuk jangan sampai sekali seminggu karena terlalu lama ditunggu oleh penonton mu


8. Kolaborasi dengan Youtuber lainnya


Salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan channel mu adalah dnegan melakuan collab bareng youtuber lainnya. Lebih kreatif lagi kalau kalian bisa melakukan kerjasama dengan Youtuber yang lebih terkenal. Ada banyak hal untuk melakukan kerjasama ini. Salah satunya adalah dengan kolaborasi konten video.

Kalian dan partner kreator bisa mengekspos channel masing - masing ke sekumpulan viewer channel satu sama lain. Ini bisa jadi mempunyai preferensi yang mirip namun tentu saja belum mengetahui channel milik sobat. Video yang sobat upload akan menjadi segar karena ada wajah baru yang bisa dilihat pnonton. Jadi sobat bisa gunakan cara ini juga


Tips Singkat Lainnya


9. Jika bisa konten tetap, ataupun jika banyak konten, ada keterkaitannya
10. Modal, nah ini agak sensitive, modal awal (minim)
11. PC sudah dilengkapi facecam, harga kisaran 8 - 15 juta
12. Headset murah dan bagus kisaran 100 ribuan
13. Kain Latar warna hijau untuk keperluan greenscreen, harga 200 ribu tergantung jenis kain nya
14. Sound 300 - 500 ribu
15. Aplikasi editing dan software ori lainnya 2 juta lebih
16. Internet bulanan 200 ribu-500 ribu
17. Modal traveling jika vlogger 1.2 juta-5juta
18. Pencahayaan, mouse, kursi, lampu duduk, Camera Vlog, smartphone, dan pendukung lainnya 3-10 juta

Baca juga : Tips Membuat Vlog YouTube yang Menarik dan Populer


Kata Penutup


Tambahan modal bulanan tetap ada, semisal paket data, modal traveling (buat konten), ganti alat(jika rusak), beli konten misalkan channel anda channel gamer, dan terpenting siap mental dan pembawaan saat facecame, Ini bukan hanya untuk youtuber gaming saja, tetap juga yang suka nge-vlog atau niche video lainnya.

Demikian pembahasan kita mengenai tips singkat cara menjadi youtuber gaming yang sukses dimulai sejak awal merintis channel. Semoga kamu bisa mencapai cita-cita menjadi seorang youtuber sukses dan berpenghasilan tinggi, amin.
Oleh rezaharahap