Cara Pendaftaran Dapodik Sekolah Offline dan Online Terbaru

Bagaimana cara registrasi atau pendaftaran Dapodik terbaru? Dapodik terbaru bisa didaftarkan secara offline maupun online. Seperti yang kita ketahui Dapodik merupakan kepanjangan dari data pokok pendidik, yang merupakan satu sistem pendataan terpadu skala nasional.

Ada banyak sekali pertanyaan dari guru atau tenaga pendidik, mengenai kenapa registrasi Dapodik begitu lama. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan sistem ataupun keterlambatan petugas dalam menginput data yang telah dimasukkan.

Sebagian pendidik juga pernah mengalami kegagalan Ketika mendaftar atau registrasi Dapodik. Dengan mendaftarkan Dapodik maka kamu akan mendapatkan yang namanya kode registrasi, kemudian melengkapi berbagai jenis data yang diminta untuk mendapatkan nomor registrasi.

Baca juga : Layanan Web Hosting Unlimited Terbaik untuk Kebutuhan Website Sekolah

Dapodik sendiri dibagi menajadi 3 jenis, yaitu Dapodik-PAUDNI (Data Pokok Pendidik Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal), Dapodikdas (Data Pokok Pendidik Dasar dan Menengah) serta Dapodikmen (Data Pokok Pendidik Menengah).

Panduan pendaftaran Dapodik Sekolah Terbaru


Adapun beberapa langkah pendaftaran dapodik secara online atau offline, bisa kamu ikuti dibawah ini :

Langkah 1

Sebelum mendaftar Dapodik secara online pastikan dulu pihak sekolah memiliki Nomor Pokok sekolah nasional dan email yang aktif. Setelah itu lanjut ke tahap kedua.

Langkah 2

Kunjungi alamat dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan dan download aplikasi dapodikdasmen-nya. Selanjutnya install aplikasi seperti biasa di komputer atau laptop. Kamu juga bisa mendownload aplikasinya disini atau alternatif disini.

Langkah 3

Setelah terintall pada perangkat, pilih jenis registrasi, apakah online atau offline. Kemudian isi username (email), kode registrasi, password, pilih jenjang, dan isikan password dan tulis ulang password (konfirmasi password). Kemudian submit

Langkah 4

Tunggu beberapa waktu, hingga muncul tampilan dashboard utama dari dapodik seperti dibawah ini



Langkah 5

Selesai, dapodik sudah aktif dan bisa digunakan untuk keperluan pendataan sekolah. Banyak yang bertanya kenapa pendaftaran dapodik secara offline, sering gagal? Hal ini dikarenakan pada profil dapodiknya. Terkadang apabila kamu melakukan registrasi secara offline, data profilnya sering hilang, jadi pastikan profl dapodiknya sudah terdapat pada folder "profil_dapodik" di local C



Untuk permasalahan kegagalan pendaftaran secara online, banyak disebabkan karena sinyal internet yang dipakai tidak stabil. maka pastikan sinyalnya sudah stabil, bila perlu diatas 1 mbps, atau menggunakan jaringan 4G supaya lebih baik.

Tonton video panduan registrasi dapodik dibawah ini :


Baca juga : Download Aplikasi Latihan TryOut UNBK 2019 SMP, SMA, SMK untuk PC dan Android

Demikianlah yang dapat mengenai cara pendaftaran atau registrasi Dapodik terbaru secara offline maupun online. Bagi para guru atau pendidik Ayo silakan daftar Dapodik sekarang juga untuk mempermudah pemerintah dalam proses pendataan di bidang pendidikan.

Silakan tekan tombol share di bawah ini untuk membagikan bantuan di atas di media sosial seperti Facebook Twitter ataupun WhatsApp. Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, jangan lupa berkunjung kembali ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel