Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Deskripsi di Toko Shopee yang Menarik

Bagaimana tips membuat tulisan deskripsi produk yang menarik dan memikat calon pembeli? Membuat suatu deskripsi adalah hal yang mengasyikkan, selain menambah wawasan juga menghasilkan uang, apabila ditujukan pada media jualan seperti di e-commerce besar seperti shopee, tokopedia, lazada atau bukalapak. Disini, kosngosan akan berbagi tips cara menulis artikel online shop yang baik dan benar. Sebenarnya ada berbagai jenis artikel dengan tema, niche yang berbeda beda. Ketika memutuskan menjadi seller online, maka kita akan bergelut dengan yang namanya copywriting setiap harinya.

Apabila sobat sudah memutuskan mengelola suatu toko online atau online shop menggunakan website sendiri atau menumpang lapak di ecommerce, tentunya kamu harus mendesain tampilan awal dari website mu. Menggunakan tampilan yang fresh dengan gambar dan thumbnail produk yang menarik akan menambah pengunjung


membuat deskripsi toko online

Tips Menulis Deskripsi Produk yang Baik dan Benar


Namun ada satu yang harus diperhatikan oleh seorang pemilik toko online saat ini adalah artikel deskripsi pada produk yang akan dijual. Sebenarnya membuat artikel deskripsi pada toko online Sama halnya dengan Menulis artikel pada blog pada umumnya.

Bagi pemula menulis artikel itu terbilang sulat, padahal tidak betul sepenuhnya. Di sini mimin akan membagikan tips menulis artikel dengan mudah. Karena menghasilkan artikel yang berkualitas tentunya akan mendatangkan pengunjung ke blog atau website milikmu.

Baca juga : Daftar Toko Online Bayar ditempat dan Gratis Ongkir


1. Menentukan Tema Deskripsi yang Tepat


Tema adalah hal yang penting dalam setiap deskripsi produk. Tema tidaklah harus yang berat. Mencari tema sangatlah mudah dan banyak di sekitar kita. Tentukan tema yang sudah kamu kuasai. Begitu kamu mendapatkan ide untuk menjual produk tertentu, maka carilah tema yang tepat untuk membuat deskripsi produk mu tersebut.

2. Menentukan Judul Deksripsi Produk


Ini adalah poin terpenting dalam menulis artikel deskripsi pada toko online. Pada intinya, judul artikel deskripsi adalah yang pertama kali dilihat oleh pengunjung. Usahakan buat judul yang menarik, tapi ingat, harus sesuai dengan isi artikel yaitu produk yang akan kamu jual.

Contoh nya misalnya sobat kosngosan mengambil tema atau niche toko online sepatu , kemudian Judul yang kamu ambil juga tidak harus selalu seputar menjelaskan sepatu yang akan kamu jual, tetapi juga bisa tips membuat sepatu kinclong seperti baru.

Update terbaru

3. Pelajari teknik copy writing


Dalam hal menghasilkan tulisan yang enak dibaca, menarik perhatian dan banyak mendapatkan atensi pengunjung, maka kamu perlu mempelajari berbagai teknik copy writing. Apa itu copy writing? copy writing adalah serangkaian teknik penulisan yang bertujuan untuk memperkenalkan produk, mempromosikan dan memasarkan produk tersebut supaya laku terjual.

Ada berbagi teknik yang bisa kamu lakukan, disini mimin tidak akan membahasnya, kamu bisa cari di internet dan di ebook gratis yang banyak dibagikan oleh pakar internet marketers.

4. Tentukan panjang artikel


Panjang artikel juga sangat mempengaruhi mood para pembaca mu dalam melihat deskripsi produk yang akan kamu jual. Bayangkan  kamu menulis banyak artikel sepanjang 1000 kata lebih, namun membuat mereka lelah untuk membaca

Buatlah artikel dengan panjang sedang, karena pada dasarnya pengunjung mu tidak akan tertarik dengan deskripsi yang panjang. Mereka akan lebih tertarik dengan media visual, atau penambahan gambar produk yang lebih menawan dan menarik perhatian.

5. Mulailah Menulis Isi


Buatlah isi artikel sesuai dengan judul. Ibaratnya pengujung tentunya akan mengalami pengalaman buruk, ketika orang orang mengklik artikel mu, namun mendapatkan isi artikel yang tidak sesuai dengan judul, atau dengan kata lain click bait. Isi ibaratkan tubuh dan judul adalah kepalanya. Jadi isi dan judul haruslah sesuai dengan apa yang sobat kosngosan tulis.

6. Lakukan Riset Trending


Nah, sebelum menulis artikel. Riset ini diperlukan. Kenapa? Agar mengurangi cacat informasi mengenai deskripsi produk mu. Carilah sumber sebanyak-banyaknya agar artikel yang kamu buat lebih berbobot, bisa memberikan informasi yang memang pengunjung inginkan. Selain itu cari apa yang sedang viral saat ini, dan masukkan kedalam deskripsi produkmu supaya atensinya lebih bagus

7. Sertakan Sumber Informasi yang terpercaya


Ini sangat penting agar kamu terhindar dari aktifitas plagiat atau dicap sebagai sumber hoax. Cantumkanlah sumber informasi yang kamu copy. Terkecuali kamu sudah menguasai apa yang akan kamu tulis. Ini juga akan memberikan profesionalisme terhadap toko online yang kamu kelola.

8. Make it simple


Buatlah artikel yang se simpel mungkin. Deskripsi toko online haruslah menjelaskan mengenai barang yang dijual sesimpel mungkin. Ingat bawa pengunjung blogmu kurang menguasai atau mengetahui produk yang akan sobat kosngosan jual. Jadi buatlah tulisan yang sederhana namun mudah dipahami. buat juga yang rumit namun dijelaskan dengan cara sederhana, jangan justru menjelaskan hal sederhana dengan cara yang rumit

9. Jangan membuat tulisan alay


Jangan pernah menulis artikel menggunakan gaya bahasa informal atau gaul yang menggunakan istilah-istilah anak muda atau Slank. Karena ini akan merusak profesionalisme toko online yang kamu miliki. Intinya jangan menulis menggunakan kata alay atau lebay bila tidak ingin membuat pengunjung mu ilfeel

10. Pilih produk sesuai passion


Pilihlah produk yang sesuai dengan passion mu. Hal ini tentunya akan memudahkanmu dalam menulis deskripsi produk tersebut, karena memang sudah menjadi kesenangan dan hobimu. Dengan demikian kamu juga akan menulis dengan lancar dan nyaman.

11. Take Action, Menulislah


Yups. Setelah semuanya kamu tinggal menulis artikel! Sebab, percuma kamu membaca ini bila kamu tidak menulis artikel kamu. Jadi menulis hanya bisa dinikmati apabila sudah menjadi passion dari sobat kosngosan. Jangan terburu-buru, kamu juga bisa kok menulis menggunakan suara. Wow, bagaimana caranya? baca postingan blog ini sebelumnya mengenai cara mengetik pakai voice typing ya!

12. Cek kembali tulisan yang selesai


Setelah kamu menulis deskripsi produk yang akan kamu jual, chek kembali kesalahan tulis dan istilah yang kamu gunakan. Lakukanlah check flow, check flow ini adalah melihat aliran tulisan, perhatikan neraka tulisanmu relevan dari awal hingga akhir sehingga runtut dan enak untuk dibaca.

Baca juga : Contoh Promosi Produk Instagram


Kata Penutup


Toko online memang menjadi pilihan media penjualan yang efektif tanpa mengeluarkan biaya yang berari. Mudah bukan? Oke, mungkin segitu dari mimin mengenai tips Membuat Artikel untuk Deskripsi Website Toko Online, Semoga bermanfaat. Mungkin lainnya kali akan mimin kosngosan lanjutkan pembahasannya. Jangan lupa tekan tombol share dibawah, dan bagikan tulisan ini di media sosial milikmu. Ya.
Oleh rezaharahap