Contoh Naskah Moderator dan Narasumber Seminar Kenakalan Remaja

Dalam sebuah wawancara atau interview pastinya kan ada posisi moderator dan narasumber. moderator bertugas sebagai pembawa acara sekaligus bertanggung jawab terhadap kelangsungan diskusi. sedangkan narasumber merupakan pihak yang kompeten yang menjadi pemberi materi dalam diskusi atau interview

Bagi kalian yang sedang mencari materi percakapan berupa naskah untuk narasumber dan juga moderator bisa mengunjungi postingan kosngosan kali ini mengenai contoh naskah untuk narasumber dan pembawa acara.

Apa itu narasumber? Narasumber atau pembicara merupakan pihak yang dipandang memiliki ilmu atau pakar dalam suatu bidang yang akan diperbincangkan atau ditelaah dalam suatu acara diskusi atau debat. Narasumber ini Tentunya competent dan memiliki keahlian di bidangnya sehingga dibutuhkan pendapat dan arahan dalam jalannya acara

naskah seminar

Apa itu moderator? Moderator dapat diartikan sebagai seorang yang memiliki tugas untuk mengawasi dan membawa acara suatu kegiatan diskusi atau debat. Moderator harus dapat memimpin acara dengan baik, memberikan waktu bicara kepada narasumber sesuai dengan susunan acara yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca lainnya : Tips dan Cara Sukses Berbicara Lancar di Depan Umum, Anti Gagu!

Tentunya kita sering melakukan kegiatan diskusi atau musyawarah baik dalam sekolah, kuliah ataupun ketika kerja di suatu perusahaan. Kita bisa lihat kualitas seorang moderator akan mampu membawa acara menjadi lebih baik dan juga adanya narasumber yang memberikan informasi kredibel.

Contoh naskah untuk moderator


Oke langsung saja kita akan membahas mengenai teks narasi yang bisa digunakan sebagai pembuka suatu seminar atau acara, untuk yang berperan sebagai moderator :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua, yang saya hormati Bapak dan Ibu yang hadir Pada kesempatan kali ini Serta narasumber dan audiens yang berbahagia.

Bersyukur kita telah diberikan nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga dapat hadir pada acara yang besar ini, kemudian pada hari ini kita akan melaksanakan suatu seminar yang membahas mengenai pentingnya peran agama bagi kehidupan remaja saat ini.

Disini saya sebagai moderator akan menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan yang pertama adalah pengenalan beberapa pihak yang terkait saya Harahap sebagai Kemudian, narasumber menyampaikan materi selama kurang lebih 20 menit, kemudian Saya sebagai moderator akan membuka sesi tanya jawab kepada audiens sebanyak 10 pertanyaan dan ditutup oleh kesimpulan yang akan dibawakan oleh saya sebagai moderator.

Acara ini akan ditutup dengan penampilan dari Band Kasamsida. Baiklah langsung saja kita akan memulai narasumber untuk menyajikan materi mengenai seminar waktu dan tempat saya persilahkan.

SETELAH PEMAPARAN MATERI

Terima kasih kepada narasumber atas waktu dan kesempatannya untuk menjelaskan materi, selanjutnya, dagang buka sesi tanya jawab kepada audience, silakan untuk bertanya.

Dengan berakhirnya sesi tanya jawab ini maka dapat kita simpulkan materi yang bisa kita ambil dari pemaparan sebelumnya adalah pentingnya peran agama terhadap perkembangan karakter remaja di Indonesia saat ini. Bagian seminar kita kali ini terima kasih kepada para audiens atas perhatian dan antusiasmenya selama seminar berlangsung wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh naskah untuk narasumber


Adapun contoh teks naskah narasumber terkait dengan seminar mengenai pentingnya agama terhadap perkembangan karakter remaja di Indonesia saat ini, bisa kita lihat dibawah, sebagai berikut

Terima kasih kepada moderator atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengobarkan materi mengenai hal yang kita anggap urgent saat ini yaitu pendidikan karakter dan pendidikan agama bagi remaja kita di Indonesia.

Hadirin yang saya hormati salah satu proses pembentukan karakter yang paling penting terjadi di saat masa anak-anak dan juga remaja. Sayangnya saat ini kenakalan remaja yang akibatkan oleh lingkungan yang tidak sehat, menjadikan anak-anak kita tidak memiliki karakter positif yang kuat.

Tidak sedikit remaja kita yang berperilaku menyimpang dari nilai agama dan karakter seperti melakukan tawuran, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, hingga hamil diluar nikah. Hal ini sejalan dengan berkurangnya akhlak dan karakter agamis pada diri remaja. Hal ini membuat pendidikan agama dan karakter menjadi sangat penting bagi remaja karena menjadi tanah yang kuat bagi mereka di tengah krisis moral saat ini.

Agama sebagai pedoman hidup dibutuhkan oleh setiap manusia karena merupakan salah satu sarana penanaman karakter yang benar, di dalam ajaran agama terdapat contoh karakter yang sangat membantu setiap individu untuk menghadapi budaya negatif saat ini.

Bisa kita simpulkan bahwa keberhasilan pendidikan terletak pada pendidikan agama dan karakter. Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang membangun kepribadian dan akhlak bagi remaja yang bisa dijadikan sebagai modal untuk bersosialisasi di tengah masyarakat.

Hal ini menjadi tugas dan perhatian yang serius bagi para pendidik serta orang tua. Bukan hanya menjadi suatu wacana tetapi harus dapat direalisasikan dan diimplementasikan dengan an unggul dan memiliki perilaku yang positif serta dapat dibanggakan dan memiliki prestasi.

Oleh karena itu pendidikan agama harus tetap ditanamkan kepada remaja di manapun dan kapanpun mereka berada baik pendidikan secara formal maupun nonformal. Kepribadian positif ini bisa dibentuk dari pendidikan agama yang diberikan oleh guru dan orang tua. Dengan demikian Seiring berjalannya waktu karakter remaja kita akan terbentuk dan menjadi generasi unggul dengan sifat spiritual dan karakter yang positif.

Demikian pemaparan yang saya sampaikan pada seminar kali ini, saya kembalikan kepada moderator untuk membuka sesi tanya jawab.

Baca juga : Contoh kata sambutan ketua panitia acara dan cara membuatnya

Demikianlah pembahasan kosngosan mengenai materi naskah moderator dan narasumber pada sebuah diskusi. bagi kamu yang sudah membaca Mohon untuk memberikan share di media sosial jangan lupa berikan komentar mu di bawah ini. Terima kasih sudah berkunjung di kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel