Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Penawaran Invoice Pembuatan Website, +Cara Membuatnya

Kamu sedang mencari contoh invoice jasa pembuatan website? Invoice adalah dokumen yang berisi informasi detail pembelian beserta jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh konsumen atau pembeli. Pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara membuat surat penawaran terkait pembuatan website. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Invoice disebut juga sebagai faktur penjualan, digunakan sebagai surat penagihan. Dalam bahasa lapangannya pengusaha lebih senang menyebutnya sebagai Bon. Setiap bisnis sebaiknya menggunakan invoice untuk detail yang akan di transaksi kan. Begitu juga dengan pembuatan website.

Saat ini mimin kosngosan sedang mendapatkan Project untuk membuat Website company profile dari suatu perusahaan properti penjualan rumah di Pekanbaru.

Pihak perusahaan meminta adanya surat penawaran atau penagihan untuk melihat detail dari keperluan apa saja dalam membuat satu website.

Dalam invoice pembuatan website harus dicantumkan detail mengenai jasa apa saja yang akan diberikan kepada client, serta yang paling penting biaya sewa domain dan hosting web selama 1 tahun atau sesuai kesepakatan.

Apa perbedaan antara invoice dan faktur? Sebenarnya invoice dan faktur sama saja. Kamu dapat membuat invoice menggunakan Microsoft Word ataupun Excel. 

Kelebihan membuat invoice lewat Excel kamu tidak perlu lagi menghitung secara manual, cukup memasukkan formula Excel, maka kamu akan langsung mengetahui total biaya yang akan ditagih kan kepada klien.

Baca juga : Contoh Invoice Content Placement Blog

Contoh Invoice Pembuatan Website


contoh invoice pembuatan website

Invoice Jasa Pembuatan Website atau Blog ini berisi informasi mengenai produk atau jasa yang dibeli, harga, jumlah, dan detail pembayaran. 

Dokumen ini digunakan sebagai bukti pembelian dan dapat digunakan untuk melakukan proses pembayaran. Berikut contohnya untuk sobat kosngosan :


Invoice Pembuatan Website

No. Invoice: INV-001
Tanggal: 01/01/202x

Kepada:
Nama: John Doe
Alamat: Jl. Example 123, Jakarta, Indonesia

Dari:
Nama: XYZ Web Design
Alamat: Jl. Example 456, Jakarta, Indonesia

Deskripsi:

Pembuatan website e-commerce dengan fitur: homepage, kategori produk, keranjang belanja, checkout, dan integrasi pembayaran online.
Desain website custom sesuai brief yang diberikan.
Optimisasi SEO untuk website.
1 tahun hosting dan maintenance.
Jumlah: Rp. 10,000,000,-

Terima kasih atas kerjasamanya.

Salam,
Kosngosan Web Design

Contoh Invoice Pembuatan Website format Word Docx

Seperti biasanya, bila kamu tidak ingin membuat surat penawaran dari awal, pakai saja contoh surat penawaran yang sudah mimin kosngosan berikan kepada kalian, dalam bentuk xlsx, bisa kalian edit sesuai kebutuhan.



Download contoh surat penawaran pembuatan website Contoh Surat Penawaran Website

Penting :

Setelah klik link diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink, silahkan tunggu beberapa detik hinggga muncul tombol download. Klik tombolnya lalu kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Happy downloading.


Cara Membuat Surat Penawaran Invoice Pembuatan Website

Pada umumnya, surat penawaran pembuatan website sama saja dengan surat penawaran lainnya, hanya saja yang membedakannya adalah detail jasa yang diberikan kepada pihak klien. 

Klien harus dijelaskan mengenai penggunaan sumber daya apa saja yang dipakai, termasuk biaya pembuatan artikel, jasa optimasi seo dan internet marketing (apabila dipakai)

Berikut tahapan pembuatan surat invoice atau penawaran pembuatan website :

Langkah 1

Buat lembar baru pada excel atau word (disini mimin kosngosan membuat dari excel, supaya lebih mudah untuk perhitungan total nantinya). Buatlah judul penawaran sesuai tujuan pembuatan surat.


Langkah 2

Kemudian dibawah nya buat nama, alamat, kontak, tanggal pembuatan surat dan nomor surat bila ada. Setelah itu dibawah nya juga buat nama pihak yang dituju dalam pembuatan surat, alamat serta kontaknya.


Langkah 3

Buatlah tabel yang terdiri dari menu jenis modal pembuatan website, lama atau durasi, harga dan keterangan atau deskripsi. 

Misalnya di kolom jenis kamu tulis Hosting website, kemudian lama 1 tahun, harga 500.000 rupiah, dan keterangan biaya sewa hosting unlimited (shared hosting) untuk 1 tahun pertama.


Langkah 4

Setelah itu dibawah hitung total biaya keseluruhan. Dan jangan lupa berikan keterangan terbilang untuk nominal totalnya.

Kalau ada, tulis catatan yang menjelaskan kalau biaya perpanjangan untuk tahun depan berapa, dan biaya apa yang tidak dihitung lagi.


Langkah 5

Tanda tangan dan berikan nama mu dibawah. Pada langkah ini kemudian kamu bisa save as pdf atau print sebagai file pdf. Kamu bisa baca postingan kosngosan mengenai cara membuat pdf dengan cepat disini.


Kata Penutup

Demikian contoh surat penawaran pembuatan website sekaligus cara pembuatannya dari mimin kosngosan. Semoga dapat bermanfaat dan kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat surat penawaran lainnya. 

Mohon untuk menekan tombol share di bawah, akan membantu membagikan tulisan ini di media sosial seperti Facebook atau Twitter milikmu, terima kasih
Oleh rezaharahap