Contoh Surat Pernyataan Permintaan Maaf +Cara Membuatnya

Surat izin permintaan maaf merupakan salah satu bukti yang menyatakan bahwa pihak yang melakukan suatu kesalahan benar-benar menyesali kesalahan yang telah diperbuatnya. Ada banyak surat permintaan maaf yang terkait dengan suatu kepentingan, misalnya surat pernyataan maaf kepada guru, dosen, klien atau perusahaan karena pencemaran nama baik, misalnya.

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai contoh surat izin permintaan maaf dan cara membuatnya yang sesuai dengan ketentuan yang baik dan benar. Ada dua jenis surat permintaan maaf yaitu yang bersifat resmi maupun tidak resmi.

Dalam surat permintaan maaf yang bersifat resmi biasanya ditujukan untuk instansi ataupun pihak yang merasa dirugikan oleh suatu perbuatan yang bisa dikategorikan melanggar hukum atau tidak menyenangkan. Surat permintaan maaf secara resmi harus menggunakan ejaan yang disempurnakan dan baku

Ketika suatu pihak melakukan kesalahan atau perbuatan yang dapat dikategorikan melanggar hukum dan merugikan orang lain, Sebenarnya cukup dengan permintaan maaf secara verbal. Namun apabila pihak yang dirugikan tidak menerima maka dibuatlah pernyataan dalam bentuk surat tertulis.

Baca juga : Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang +Cara Membuatnya

Surat permohonan tidak hanya untuk permintaan maaf saja, ada banyak jenis surat permohonan seperti, surat permohonan izin, surat permohonan kerjasama, surat permohonan cuti surat permohonan sponsor, surat permohonan kehadiran, dan jenis surat permohonan lain.

Cara pembuatan surat permohonan maaf yang baik dan benar


Baiknya apabila sobat kosngosan ingin langsung mengetahui cara pembuatan surat permohonan secara resmi bagi kosngosan, admin akan membeberkannya satu persatu di bawah ini silakan simak ya.

Langkah 1

Tulislah paragraf pembuka yang dimulai dengan Ucapan salam. Buatlah dokumen baru pada Microsoft Word, atur jarak margin dengan pilihan 3-3-3-3, ukuran font 12 dan jenis font Times New Roman ataupun Arial. Setelah itu mulailah menulis bagian surat di bawah ini.

Langkah 2

Dalam penulisan surat permohonan secara resmi dari perusahaan, pertama kamu harus membuat kop surat seperti pada surat resmi lainnya yang berisi nama perusahaan alamat serta kontak

Setelah itu di bawahnya bisa dituliskan judul surat seperti "Surat permohonan maaf kepada pelanggan atau klien".

Buatlah bagian tempat dan tanggal penulisan surat serta tujuan surat, pihak yang merasa dirugikan, baik merupakan konsumen secara individual ataupun perusahaan.

Langkah 3

Pada paragraf pembuka ini, sobat kosngosan membuat kronologis atau rentetan alur transaksi si yang dilakukan oleh kedua belah pihak serta jelaskan juga permasalahan yang dihadapi yang mengakibatkan pihak yang bersangkutan merasa dirugikan.

Dalam penjelasan Ini berikan detail mengenai jumlah pesanan, barang atau jasa yang akan diberikan kepada klien, permasalahan yang disebutkan harus dijelaskan serinci mungkin sehingga pihak yang merasa dirugikan dapat mengetahui inti dari permasalahan

Isi dari surat permohonan maaf sangat tergantung dari penjelasan pada bagian ini. Sehingga diharapkan perusahaan atau pihak yang melakukan kesalahan, bener-bener bisa bertanggung jawab terhadap kerugian yang menimpa pihak lain.

Setelah itu pada bagian penutup surat sama saja seperti surat dinas pada umumnya yaitu dengan ditandatangani oleh pihak yang bertanggung jawab serta menampilkan jabatan dalam perusahaan.

Contoh surat permohonan maaf format doc


surat permohonan maaf

Seperti biasanya, mimin kosngosan akan memberikan contoh format surat permintaan maaf untuk yang informal maupun yang formal dalam bentuk DOC yang bisa kamu edit dan sesuaikan dengan kebutuhan mu. Silakan kamu unduh linknya di bawah ini

Contoh surat permohonan maaf formal, dari perusahaan kepada klien




Download contoh surat permohonan maaf perusahaan disini

Contoh surat permohonan maaf informal, dari siswa kepada sekolah




Download contoh surat permohonan maaf sekolah disini

Petunjuk download :


Sebelum sobat kosngosan men-download file di atas, kamu akan dibawa ke halaman safelink kemudian tunggu beberapa detik hingga tombol download muncul. Setelah tombol download kamu klik maka kamu akan dibawa ke Google Drive, selamat mendownload

Baca juga : Contoh Surat Over Kredit +Cara Membuatnya

Demikian pembahasan kosngosan mengenai contoh pembuatan surat permohonan maaf secara resmi yang baik dan benar Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin membuatnya jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial milikmu dan berikan juga komentar di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel