Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Langsung ke Kantor Perusahaan

Bagaimana cara menitipkan surat lamaran kerja secara langsung ke kantor perusahaan incaranmu? Kamu yang saat ini sedang mencari kerja, butuh yang namanya pekerjaan. Dan ketika ingin melamar kerja, kamu bisa menitipkan beberapa dokumen lamaran kerja sebagai salah satu syarat untuk diterima di perusahaan tujuanmu. Pada kesempatan kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja secara langsung.

Artinya di sini kita tidak melalui kantor pos ataupun secara online. Karena sebagian dari perusahaan ada yang membuka lowongan pekerjaan secara terus-menerus dan menerimanya lewat kantornya langsung. Tentunya kamu harus mencari informasinya terlebih dahulu.

Terlebih bagi kamu yang seorang fresh graduate, kamu memiliki beragam pilihan karir dari bermacam-macam perusahaan saat ini. Tentunya hal ini tergantung dari keterampilan dan latar belakang pendidikan yang kamu miliki. Oleh karena itu rajin-rajinlah mencari tahu informasi lowongan kerja baik secara online maupun offline

Pada faktanya, saat ini mencari pekerjaan tidaklah semudah saat beberapa tahun yang lalu. Ada banyak lulusan dari sekolah dan bahkan perguruan tinggi yang masih menganggur dan tidak memiliki pekerjaan. Semakin ketatnya persaingan dan tingginya kualifikasi yang diminta oleh perusahaan merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Selain itu kamu yang mengirim surat lamaran juga sebagian tidak mampu memikat hati para HRD di sebuah perusahaan. Karena ada beberapa kriteria yang sering kali kamu lewatkan sehingga pada tahap seleksi administrasi saja kamu sudah gagal dan tidak di perhitungkan oleh HRD. Sangat miris bukan?

Saat kamu merasa sudah mengirim surat lamaran dalam jumlah banyak, tetapi tidak ada satu pun yang dipanggil, maka ada baiknya kamu intropeksi dan memilih kembali lowongan kerja yang benar-benar sesuai dengan kriteria dan latar belakang pendidikan yang kamu punya.

Apalagi kamu mengirim surat lamaran melalui kantor pos yang tentunya membutuhkan biaya kirim yang tidak murah. Hanya kamu mengirim 1 surat lamaran seharga Rp10.000, apabila suatu hari kamu mengirim 3 atau 4 surat lamaran, maka dalam satu minggu kamu sudah menghabiskan duit sebesar kurang lebih Rp200.000 untuk hanya mengirim surat saja.


Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam Perusahaan

cara menitipkan lamaran kerja ke satpam

Sebelum mengantar surat lamaran kerja ke satpam, security, atau petugas keamanan yang berjaga di perusahaan tujuan mu, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal dibawah ini :

Cari Tahu Informasi Lowongan Kerja Lebih Detail


Ada baiknya kamu mencari informasi apakah perusahaan tersebut memang benar-benar menyediakan dan menerima lamaran secara langsung dari pelamar.Jika kamu memang benar-benar ingin diterima bekerja maka kamu harus ekstra untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai lowongan pekerjaan.

Apabila uangmu sudah menipis, maka kamu harus mengutamakan perusahaan yang menerima lamaran kerja secara langsung ke kantor mereka.

Persiapkan Berkas Lamaran Kerja


Langkah selanjutnya adalah kamu harus mempersiapkan berbagai berkas atau dokumen pelengkap untuk lamar kerja, seperti surat lamaran yang diketik rapi, kurikulum vitae atau daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah dan transkrip nilai, serta berbagai dokumen lain yang menjadi syarat penerimaan lamaran kerja.

Kamu bisa membaca postingan kosngosan di sini mengenai Dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melamar kerja.


Outfit dan Waktu

Kenakan pakaian yang sopan dan rapi. Berpakaian dengan baik menunjukkan keseriusan dan profesionalisme sobat kosngosan

Kemudian datanglah pada jadwal yang tepat dengan memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi kantor perusahaan. Hindari jam sibuk seperti awal pagi atau akhir hari kerja, karena petugas bisa sibuk menangani tugas lain.

Datangi Satpam atau Petugas Penerima Tamu


Setelah mengetik, mencetak dan memoto copy berkas-berkas yang diperlukan, maka masukkan berkas tersebut dalam satu map, dan berikan alamat tujuan surat pada bagian sudut kanan bawah, posisi pekerjaan pada bagian kanan atas, serta alamat pengirim pada bagian kiri atas.

Kemudian datanglah ke kantor perusahaan tersebut pada saat jam kerja berlangsung antara jam 08.00 sampai jam 15.00, ada baiknya kamu tidak datang pada saat jam istirahat tiba antara jam 12.00 sampai jam 13.00.

Kemudian datangilah ke petugas penerima tamu atau biasanya untuk menanyakan informasi seputar lamaran kerja bisa kamu tanyakan ke satpam atau hansip yang bertugas di sekitaran parkiran. Tanyakanlah apa mereka bener bener menerima surat lamaran secara langsung.

Dan apabila memang benar maka kamu bisa memberikan surat tersebut langsung kepada orang yang bersangkutan.

Lihat kembali apakah kamu adalah pelamar pertama atau pelamar yang kesekian kali. Bila memang ada berkas lamaran yang ditumpuk di sekitaran tempat penerima lamaran tersebut, maka jangan khawatir. Biasanya memang HRD akan mengambil sekaligus pada suatu waktu

Jaga Sikap

Ketika tiba di kantor, berikan salam kepada resepsionis atau petugas yang bertugas. Sampaikan tujuan mu dengan sopan dan jelas.

Sampaikan bahwa kamu ingin menitipkan surat lamaran secara langsung kepada petugas yang bertanggung jawab. Berikan informasi singkat mengenai posisi yang kamu lamar.

Pulanglah, Tunggu dan Berdoa


Apa yang bisa kamu lakukan setelah menjatuhkan lamaran tersebut? Tentu saja kamu harus pulang dan menunggu.

Sembari menunggu, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan positif, mengikuti pelatihan, seminar untuk menambah keterampilanmu. Jangan lupa juga untuk berdoa, sedekah dan melakukan kebaikan lainnya.

Cari Informasi Loker Lainnya


Ini adalah tips terakhir dari kosngosan. Biasanya para pencaker terlalu fokus dengan satu atau dua lowongan kerja yang membuat mereka lupa untuk menjatuhkan lamaran kerja lainnya.

Disini mimin beritahu, kalian harus menjatuhkan banyak lamaran kerja untuk memaksimalkan kans atau kesempatan kalian diterima. Untung untung kalian diterima sekaligus di beberapa perusahaan, jadi kalian bisa memilih mana yang terbaik, bukan?

Baca juga : Website Penyedia Lowongan Kerja Terupdate


Kata Penutup

Demikian pembahasan kosngosan mengenai panduan menjatuhkan berkas lamaran langsung ke kantor perusahaan yang kamu tuju. Hal ini tentu saja menghemat biaya kirim ke kantor pos atau bill warnet untuk mengirim lamaran online atau via email.

Apabila kamu berkenan, dan merasa artikel ini bermanfaat untuk para pencaker lainnya, silahkan tekan tombol share dan bagikan post ini di media sosial milik kalian. Terimakasih sudah berkunjung di blog kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya