9 Cara Mengatasi Depresi Pikiran akibat Pekerjaan dan Tugas Menumpuk Tanpa Obat Obatan

Bagaimana tips mencegah terjadinya depresi dan stress? Kehidupan memang tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan, dan cara kita me-manajemen psikologi akan membentengi diri kita supaya tidak terserang gangguan mental yang berujung pada depresi

Kali ini blog kosngosan akan membahas seputar manajemen depresi dan stress, termasuk cara kita mencegah penyakit pikiran tersebut dengan antisipasi yang sederhana, namun sering diabaikan oleh kebanyakan orang.

Sebagian orang (mungkin sobat kosngosan atau orang yang dikenal) akan mengalami suatu bentuk depresi yang disebabkan oleh berbagai faktor yang ada. Apakah itu karena kisah percintaan yang gagal, kematian anggota keluarga, penyakit yang tidak kunjung sembuh, beban kerja atau akademik dan sebagainya.

Depresi sudah menjadi masalah umum bagi kehidupan masyarakat modren saat ini. Tetapi pada tingkat sosial maupun interpersonal, masalah kesehatan mental ini seringkali diabaikan Lebih buruk justru diabaikan dengan menyalahkan penderita yang dianggap lemah atau dibully dan dikucilkan.

Apa sih faktor penyebab depresi? Banyak orang percaya bahwa depresi terjadi karena ketidakmampuan personal menghadapi masalah yang ada. Respon masyarakat atau keluarga juga terkesan apatis, atau justru tidak memberikan perhatian yang semestinya ada

Baca juga : Ini yang harus dilakukan bila depresi dan stress menyerang

Tuntutan masyarakat supaya korban ‘membangkitkan diri sendiri dan melanjutkan hidup’-nya justru malah membuat korban merasa lebih terasing dari lingkungan dan semakin tenggelam dalam depresi.

Terlebih masyarakat dunia tontonan (spectacle society) konsumeris modern mengajarkan bahwa untuk membenci diri sendiri karena depresi. Ini jelas salah dan harus diperbaiki

Tidak terhitung jumlah korban penderita depresi yang tidak mencari bantuan dari psikolog karena takut dibully serta diasingkan. Jika sobat merasa depresi sekarang, jangan merasa itu adalah kesalahan yang sepenuhnya adalah salahmu.

Penyakit mental bisa diakibatkan oleh faktor biologis, genetik, lingkungan, dan sosial budaya. Tapi mimin pribadi percaya kalau kita hidup di masyarakat yang benar-benar sosialis, kita bisa mempersempit peluang kemungkinan depresi bisa terjadi.


Solusi Depresi dan Stress


solusi depresi

Beberapa hal yang mimin anjurkan adalah menghubungi psikologi dan melakukan terapi, yang seringkali berbiaya mahal. Namun sebenarnya depresi bisa dicegah dan dihindari. Oleh karena itu kamu harus kenali penyebab dan cara mengatasi depresi.

Jika tidak bisa menemukan terapi yang murah, sobat kosngosan bisa memulai mencoba beberapa cara sederhana di bawah ini untuk memberikan perlawanan terhadap depresi yang menyerang :

1. Rajin Berolahraga


Banyaak penelitian ilmiah yang sering mengklaim bahwa olahraga sama efektifnya dengan anti-depresan. Coba saja sobat kosngosan mengajak teman-teman untuk bermain futsal atau bermain badminton bareng. Siapkan jadwal, pilih waktu khusus.

Mimin merasa tidak perlu melakukan olahraga berat dan membutuhkan biaya mahal. Cukup dengan olahraga merakyat yang bisa dinikmati bersama-sama dengan teman.


2. Keterlibatan dalam komunitas


Cobalah untuk terlibat dalam proyek bersama teman-teman atau keluarga yang sudah direncanakan. Tetapi jangan mengambil lebih dari yang secara emosional berkelanjutan untuk sobat. Jangan membawa terlalu banyak tanggung-jawab dalam komunitas karena itu bukan praktik yang baik dalam hal kesehatan mental.

Bersikaplah realistis tentang berapa banyak waktu yang sobat bisa ambil untuk mengabdikan diri terhadap sebuah proyek dan terbukalah dengan orang lain ketika sobat membutuhkan bantuan.

Ada banyak pilihan untuk memulai keterlibatan pada sebuah atau beberapa komunitas.  Kamu bisa menjadi relawan pada kegiatan amal atau kegiatan lain yang positif.


3. Bercocok Tanam


Para petani dan pegiat tanaman sangat jarang sekali mengalami stress, karena memiiliki kegiatan rutin yaitu merawat tanaman-nya. Setiap pagi pergi ke ladang atau kebun, membersihkan tanaman, menyiram dan juga memberikan pupuk.

Sobat kosngosan juga bisa membuat kebun sederhana dengan sistem hidroponik, menanam sayuran konsumsi dan memiliki kegiatan rutin yang positif dan juga menguntungkan.


4. Memelihara Hewan


Memelihara hewan seperti anjing, kucing, kelinci yang lucu bisa jadi sahabat baik yang menemani dan menghibur sobat. Pertimbangkan untuk mengadopsi satu hewan untuk sobat rawat dan jaga. Ini terkesan sepele, tapi terkadang cukup ampuh.

Bagaimana hewan peliharaan bisa menjadi sahabat baik yang bisa membuatmu menjadi lebih hidup digambarkan pada film dari kisah nyata di London yang mempertautkan James Bowen, seorang pengamen jalanan yang depresi karena perceraian orang tua dan mencandu heroin secara berlebihan dengan seekor kucing bernama Bob.


5. Membaur dengan Masyarakat


Salah satu penyebab depresi dari orang intelek adalah karena mereka semakin terisolasi dari kehidupan sosial. Mereka merasa tidak satu level, satu pandangan, perspektif atau tidak tahu harus memulai dari mana untuk berbaur dengan sekitar

Mereka cenderung mencari lingkungan pertemanan yang paling tidak memiliki kesamaan pandangan dan semakin lama, orang-orang seperti mereka makin sadar bahwa mereka juga mengalami kehidupan yang monoton.


6. Travelling ke Berbagai Daerah


Ada baiknya sobat kosngosan juga refreshing dengan berjalan-jalan ke destinasi bersama teman atau keluarga. Tidak perlu ke tempat yang jauh atau mahal, cukup di daerah mu saja, atau luar kota dengan budget minim. Suasana pantai, pegunungan atau desa bisa menentramkan hati dan pikiran mu lebih normal lagi.

Baca juga : Begini Cara Menghadapi Orang Egois yang Ingin Menang Sendiri


7. Mengunjungi Panti Asuhan


Sebenarnya Ada banyak tempat yang membuat kita merasa lebih beruntung karena sudah diberikan kehidupan yang lebih dan berkecukupan. Seperti misalnya kita bisa mengunjungi anak-anak yang berada di Panti Asuhan atau orang tua yang ada di panti jompo. Kita bisa melihat bagaimana eksistensi mereka dan bagaimana mereka bertahan dengan kehidupan mereka sekarang ini.

Lalu bandingkan dengan dirimu yang sangat beruntung bisa bekerja dan memiliki keluarga dan teman-teman yang berharga. Jadi kenapa harus stres dan depresi menghadapi rutinitas yang ada?


8. Bersyukur


Nah ini sangat erat kaitanya dengan tips sebelumnya yaitu bagaimana kita mampu bersyukur mengenai keadaan saat ini. Karena ada banyak sekali orang-orang yang ternyata tidak seberuntung kita seperti memiliki tempat tinggal, pekerjaan, tabungan, teman teman, bos, rutinitas, kesehatan dan sebagainya. Kamu sudah harus menyadari mengenai pentingnya rasa syukur untuk menghindari depresi yang lebih lagi


9. Beribadah dan doa


Kemudian langkah selanjutnya dan yang terakhir adalah kamu harus benar-benar menjadi seorang penganut agama yang taat dan seringlah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa mengenai keberkahan hidup yang akan selalu diberikan dalam kehidupan kita.

Tidak ada salahnya untuk meminta materi namun yang terpenting adalah meminta kesehatan dan keberkahan Karena tanpa keduanya kita tentu tidak akan bisa menikmati harta yang kita cari selama ini. Jadi Kebahagiaan sejati menurut mimin juga bisa dimunculkan dari beberapa kita menikmati setiap ibadah yang kita lakukan kepada Tuhan


Kesimpulan


Semoga dengan membaca artikel dari kosngosan diatas mengenai mengatasi depresi dan stress, bisa bermanfaat dan semoga kamu atau orang yang kamu kenal mengalami depresi, bisa sembuh dengan menjalani tips diatas.

Jangan lupa share artikel ini, tekan tombol share dibawah ini untuk membagikannya ke social media kalian ya, terimakasih !
By

0 Response to "9 Cara Mengatasi Depresi Pikiran akibat Pekerjaan dan Tugas Menumpuk Tanpa Obat Obatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel