Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Keterangan Yatim Piatu dan Cara Membuatnya

Surat keterangan yatim piatu merupakan salah satu hal keterangan yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga pemerintahan seperti Kecamatan atau desa, yang menyatakan bahwa orang yang bersangkutan itu benar-benar berstatus sebagai tim atau yatim piatu. Dan kali ini kosngosan akan membahas cara membuat surat keterangan yatim piatu beserta contoh dalam bentuk dokumen Word

Yatim piatu adalah salah satu status yang diberikan kepada seseorang yang tidak lagi memiliki ayah dan ibu, sementara anak yatim adalah mereka yang tidak memiliki ayah, dan anak piatu adalah mereka yang tidak memiliki sosok ibu.

Dalam penggunaan sebutan yatim piatu kepada anak itu diperuntukkan khusus Apabila anak tersebut masih dalam masa kanak-kanak, sementara apabila jas pria dewasa maka anak yatim piatu lagi disandang sebagai statusnya.

Adapun tujuan penggunaan surat keterangan yatim piatu ini biasanya diperlukan untuk membuat beberapa kepentingan seperti mengurus beasiswa, mendaftarkannya ke panti asuhan, untuk keperluan bantuan sekolah dan sebagainya.

Karena anak yatim piatu harus diutamakan kepentingannya, karena mereka sudah kehilangan sosok yang dicintai dan menjadi pembimbing mereka yaitu orang tua. Maka sudah sepatutnya kita sebagai tetangga atau orang terdekat mereka mengutamakan dan membantu mereka baik dalam hal pendidikan maupun finansial.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya


Contoh Surat Keterangan Yatim Piatu


surat keterangan yatim piatu

Apabila kamu merasa repot hendak membuat dokumen tersebut dari awal, kamu cukup mengklik tautan dibawah ini Mimin kosngosan akan memberikan contoh format surat keterangan status anak yatik piatu.

Contoh 1

PONDOK PESANTREN YATIM PIATU KOSNGOSAN
PADANGSIDIMPUAN SUMATERA UTARA INDONESIA

FORMULIR SANTUNAN YATIM

A. DATA YATIM

Nama lengkap:
Tempat/tanggal lahir: Hari Jam
Jenis kelamin: Laki-laki/Perempuan
Keterampilan dan Hobi:
Nama sekolah: SD / MI
Kelas Alamat sekolah:
Kondisi kesehatan: Baik/Cukup/Berpenyakit (Diisi dengan penyakit yang diidap)
Alamat rumah:
Telp./HP (yang dapat dihubungi) :

B. DATA KELUARGA

1.Nama bapak:
Tanggal wafat:
Umur :
Sebab wafat :
Pekerjaan sebelum wafat:

2. Nama ibu:
Status perkawinan: Janda/Nikah lagi/Wafat
Pekerjaanibu: Tidak bekerja Bekerja
Pendapatan ibu perbulan
Sebab-sebab tidak bekerja
Pekerjaan yang dapat dikerjakan
Status rumah: kontrak/Milik sendiri
Kondisi rumah: Permanen/Sederhana/Sangat sederhana

C. KETERANGAN SAUDARA KANDUNG/TIRI

Jumlah saudara yatim : Laki-laki ( ) Perempuan ( )
Anak ke :
Hubungan dengan yatim
Tgl. Lahir
Usia Menikah
Pekerjaan
Pendapatan :

D. DATA PENGASUH

Nama pengasuh:
Agama :
Hubungan dengan yatim :
Pekerjaan:
Pendapatan perbulan :
Jumlah yang di asuh (termasuk yatim yang didaftarkan) :
Nama Yayasan/PA:
Alamat pengasuh:


PONDOK PESANTREN YATIM PIATU KOSNGOSAN
PADANGSIDIMPUAN SUMATERA UTARA

SURAT PERMOHONAN MENDAPATKAN KAFALAH
NO :

Kepada yang terhormat :
Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Yatim Piatu KOSNGOSAN –TEMPAT

Bismillahirrahmaanirrahim, Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokaatuh
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap: ...................................................... (L/P)
Tempat /Tgl. Lahir: ................................................
Pendidikan/Kelas: ..................................................
Status: Yatim/Yatim Piatu
Orang Tua/Wali: ....................................................
Alamat Rumah: ......................................................
Telp/HP : ..........................................................

Memohon kepada Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Yatim Piatu KOSNGOSAN agar diajukan untuk mendapatkan kafalah (Beasiswa Pendidikan) kepada Donatur/Muhsinin dimanapun mereka berada, selanjutnya demi keberhasilan saya setelah nanti mendapatkan kafalah saya berjanji dengan setulus hati :

1.Bersungguh-sungguh dalam menjalani pendidikan dan menuntut ilmu pengetahuandengan niat ibadah
2.Menta’ati dan mematuhi kebijakan Bapak Pimpinan beserta segenap pembantunya dengan melaksanakan disiplin dan sunnah pondok antara lain :

  • Bermukim di asrama untuk mengikuti seluruh kegiatan Pondok dan tidaksering bepergian selama berlangsunya proses pendidikan dan pengajaran
  • Memperbaiki, memelihara dan meningkatkan kepribadian sebagai seorangmuslim/muslimahdengan al-akhlaqul karimah sehingga mencerminkanuswah hasanah
  • Bersedia untuk diputus kafalah dan merelakannya untuk yatim lain bilamanasaya melakukan pelanggaran disiplin yang berat

Demikianlah surat permohonan ini saya buat semoga Allah SWT senantiasa berkenanmelimpahkan taufiq, hidayah, ridlo dan ‘inayah-Nya kepada kita sekalian, Amiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh


Contoh 2

Kamu bisa mendownload dalam bentuk DOC yang bisa kamu edit dan sesuaikan dengan kebutuhan. Silakan kamu download dengan klik linknya di bawah ini



Download file surat keterangan yatim piatu diatas dalam bentuk doc (editabel) dengan mengklik download disini

Petunnjuk download

Setelah mengklik tombol di atas kain akan diarahkan ke halaman baru berupa safelink, tunggu beberapa detik untuk memunculkan tombol download setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman Google Drive


Cara Pembuatan Surat Keterangan Yatim Piatu


Nah kali ini kita akan langsung membahas Bagaimana cara membuat surat keterangan yatim piatu yang dikeluarkan dari berbagai instansi pemerintahan. Kamu cukup melakukan beberapa langkah di bawah ini :

Langkah Pertama


Persiapkan lembar baru microsoft word pada laptop atau komputermu. Buatlah margin 4-3-3-3 atau 3-3-3-3, menggunakan font 12 dan jenis font arial atau times new roman. Berikan nilai 0 pada spasi after dan before-nya. kemudian pilih space 1.5 agar enak dilihat, dan mulailah mengetik.

Langkah Kedua


Dalam penulisan surat keterangan yatim piatu, buatlah judul surat diatas, kemudian diikuti oleh paragraf pembuka yang menginformasikan daerah lurah, lingkungan atau desa, kecamatan, kabupaten atau kota dan provinsi dimana surat dibuat

Langkah Ketiga


Lengkapi biodata orang yang diterangkan dibawahnya, seperti nama, tempat tanggal lahir, agama, pendidikan, alamat, pekerjaan, kewarganegaraan dan informasi lainnya yang sekiranya dinilai penting untuk dimasukkan.

Langkah Keempat


Setelah itu dibawahnya adalah pernyataan bahwa orang yang disebutkan diatas benar benar berstatus sebagai anak yatim, anak piatu atau anak yatim piatu. Ditutup dengan pernyataan hendak dibuat untuk apa surat ini, apakah untuk keperluan beasiswa, bantuan atau masuk panti asuhan dan lain lain.

Langkah Kelima


Berikan penutup berupa tempat dan tanggal pembuatan surat, disertai dengan nama kepala desa, atau lurah di tempat yang bersangkutan. Cek kembali surat tersebut apakah masih terdapat penulisan yang salah, setelah yakin, cetak dan tanda tangan, dibubuhi oleh materai 6000.

Baca juga : Contoh Pembuatan Surat Pengalaman Kerja Terbaru Format Doc


Kata Penutup


Surat keterangan yatim piatu memang menjadi bukti penting dalam pengurusan berbagai bantuan sosial untuk anak anak yang berstatus sebagai yatim piatu. Semoga dengan adanya file diatas bisa membantu kalian dalam mencari format surat yang tepat.

Demikian uraian dari blog kosngosan mengenai contoh surat keterangan yatim piatu beserta cara membuatnya, semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari format surat nya jangan lupa membagikan post ini, klik tombol share dibawah, terimakasih.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya