Contoh Surat Keterangan Yatim Piatu dan Cara Membuatnya

Surat keterangan yatim piatu merupakan salah satu hal keterangan yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga pemerintahan seperti Kecamatan atau desa, yang menyatakan bahwa orang yang bersangkutan itu benar-benar berstatus sebagai tim atau yatim piatu. Dan kali ini kosngosan akan membahas cara membuat surat keterangan yatim piatu beserta contoh dalam bentuk dokumen Word

surat keterangan yatim piatu

Yatim piatu adalah salah satu status yang diberikan kepada seseorang yang tidak lagi memiliki ayah dan ibu, sementara anak yatim adalah mereka yang tidak memiliki ayah, dan anak piatu adalah mereka yang tidak memiliki sosok ibu.

Dalam penggunaan sebutan yatim piatu kepada anak itu diperuntukkan khusus Apabila anak tersebut masih dalam masa kanak-kanak, sementara apabila jas pria dewasa maka anak yatim piatu lagi disandang sebagai statusnya.

Adapun tujuan penggunaan surat keterangan yatim piatu ini biasanya diperlukan untuk membuat beberapa kepentingan seperti mengurus beasiswa, mendaftarkannya ke panti asuhan, untuk keperluan bantuan sekolah dan sebagainya.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Karena anak yatim piatu harus diutamakan kepentingannya, karena mereka sudah kehilangan sosok yang dicintai dan menjadi pembimbing mereka yaitu orang tua. Maka sudah sepatutnya kita sebagai tetangga atau orang terdekat mereka mengutamakan dan membantu mereka baik dalam hal pendidikan maupun finansial.

Cara Pembuatan Surat Keterangan Yatim Piatu


Nah kali ini kita akan langsung membahas Bagaimana cara membuat surat keterangan yatim piatu yang dikeluarkan dari berbagai instansi pemerintahan. Kamu cukup melakukan beberapa langkah di bawah ini :

Langkah Pertama


Persiapkan lembar baru microsoft word pada laptop atau komputermu. Buatlah margin 4-3-3-3 atau 3-3-3-3, menggunakan font 12 dan jenis font arial atau times new roman. Berikan nilai 0 pada spasi after dan before-nya. kemudian pilih space 1.5 agar enak dilihat, dan mulailah mengetik.

Langkah Kedua


Dalam penulisan surat keterangan yatim piatu, buatlah judul surat diatas, kemudian diikuti oleh paragraf pembuka yang menginformasikan daerah lurah, lingkungan atau desa, kecamatan, kabupaten atau kota dan provinsi dimana surat dibuat

Langkah Ketiga


Lengkapi biodata orang yang diterangkan dibawahnya, seperti nama, tempat tanggal lahir, agama, pendidikan, alamat, pekerjaan, kewarganegaraan dan informasi lainnya yang sekiranya dinilai penting untuk dimasukkan.

Langkah Keempat


Setelah itu dibawahnya adalah pernyataan bahwa orang yang disebutkan diatas benar benar berstatus sebagai anak yatim, anak piatu atau anak yatim piatu. Ditutup dengan pernyataan hendak dibuat untuk apa surat ini, apakah untuk keperluan beasiswa, bantuan atau masuk panti asuhan dan lain lain.

Langkah Kelima


Berikan penutup berupa tempat dan tanggal pembuatan surat, disertai dengan nama kepala desa, atau lurah di tempat yang bersangkutan. Cek kembali surat tersebut apakah masih terdapat penulisan yang salah, setelah yakin, cetak dan tanda tangan, dibubuhi oleh materai 6000.

Download Contoh Surat Keterangan Yatim Piatu


Apabila kamu merasa repot hendak membuat dokumen tersebut dari awal, kamu cukup mengklik tautan dibawah ini Mimin kosngosan akan memberikan contoh format surat keterangan status anak yatik piatu, dalam bentuk DOC yang bisa kamu edit dan sesuaikan dengan kebutuhan.Silakan kamu download dengan klik linknya di bawah ini



Download file surat keterangan yatim piatu diatas dalam bentuk doc (editabel) dengan mengklik download disini

Petunnjuk download

Setelah mengklik tombol di atas kain akan diarahkan ke halaman baru berupa safelink, tunggu beberapa detik untuk memunculkan tombol download setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman Google Drive

Baca juga : Contoh Pembuatan Surat Pengalaman Kerja Terbaru Format Doc

Demikian uraian dari blog kosngosan mengenai contoh surat keterangan yatim piatu beserta cara membuatnya, semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari format surat nya jangan lupa membagikan post ini, klik tombol share dibawah, terimakasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel