Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Komik Strip 4 Panel Terpopuler di Indonesia

Apa saja rekomendasi komik strip paling lucu dan gokil yang sering kita temui di media sosial? Hello sobat kosngosan, apakah kalian penggemar komik? Suka membuka Instagram, Facebook atau twitter hanya untuk membaca serial komik atau yang biasa disebut komik strip? Kalau iya kamu bisa membaca daftar komik strip buatan animator indonesia yang paling populer yang akan kosngosan berikan dibawah ini

Komik konvensional dan komik strip memiliki perbedaan yang jarang diketahui oleh orang banyak. Kita bisa mendefinisikan komik strip sebagai suatu gambar atau rangkaian gambar, yang terdiri dari beberapa panel, yang mengandung cerita serta diterbitkan secara berkala pada media tertentu

Sementara komik merupakan definisi yang lebih luas, terdiri dari satu buku utuh yang mengandung cerita yang lebih panjang, dan biasanya diterbitkan secara online maupun dalam bentuk buku

Berbicara mengenai komikstrip, tidak lengkap rasanya apabila mimin kosngosan.com tidak membicarakan sejarah awalnya. Pertama kali komik strip muncul di Indonesia pada tahun 1930 an yang bernama Ko Put On.

Komik strip ini diciptakan oleh Kho Wan Gie, seorang keturunan Tionghoa yang menjadi perintis komik strip pertama di Indonesia.Sementara itu komik memiliki sejarah panjang di Indonesia yang dimulai pada abad ke-18 hingga ke-19 yang bisa dilihat dari naskah Jawa dan Bali.

Kemudian baru pada tahun 1950 komik di Indonesia pertama kali muncul dalam bentuk buku. Banyak ditemukan di Keraton Yogyakarta hasil gubahan yang memiliki bentuk gambar yang mirip komik.

Contoh Komik Strip Lucu dan Gokil di Indonesia


komik strip terbaik indonesia

Baiklah langsung saja to the point kita akan memberikan list atau daftar berisi komik strip terbaik dan terpopuler yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia, kebanyakan tayang di Instagram sih, ada juga yang di webtoon. check these out!

Baca juga : Rekomendasi Situs Baca Komik Manga Bahasa Indonesia

1.TahiLalats


Komik strip ini menjadi salah satu yang paling terkenal di Indonesia. Dengan gaya humornya yang berkelas, dan memiliki ciri khas gambar yang membuat kamu pasti tahu bahwa ini adalah komik strip tahi lalats. Saat ini akun tahilalats masih update rutin di Instagram. Authornya bernama Nurfadhli Mursyid.

2. Kartun si Nopal


komikstrip sinopal

Komik ini merupakan salah satu favorit mimin, dimana sekarang juga sudah punya versi animasinya yang tayang di youtube. Karakter yang terkenal adalah cute girl, nopal dan abah. Sering juga memberikan fitur swipe pada akun instagramnya. Authornya bernama Naufal Faridurrazak.

3. Maghfirare (Adelia Maghfira)


komikstrip maghfirare

Kalau sobat kosngosan suka komik strip yang bergenre remaja, kamu bisa follow akun instagramnya Adelia Maghfira, dengan komik strip yang bernama Maghfirare, yang paling sering menceritakan tentang kondiri anak muda terkini yang tetap dibalut dengan kelucuan yang membuatnya untuk tersenyum dan tertawa.

4. Komik Bonju


Komik bonju juga punya gambar khas yang bisa kamu lihat dari setiap karakternya. Komik ini ditulis oleh Mas Wendix, dengan humor yang bisa membuat kamu tertawa.

5. Sampahisasi


komikstrip sampahisasi

Salah satu favorit komik strip mimin juga, sering memberikan humor aneh dan nyeleneh mengenai apa saja. Kararkternya dan ciri khas gambarnya juga membuat kita pasti tahu bahwa ini adalah komik sampahisasi (tapi bukan sampah). Authornya bernama Dimas Bagus.

6. Si Kardus (Faisal Firdaus)


Kalau kamu ingin lihat komik strip yang mengandung nilai nilai agama (islam), kamu bisa follow akun ig ini. Disini ada banyak nilai dakwah yang diberikan, kemudian dibalut dengan sedikit jokes dan penyampaian yang ringan, sesuai dengan selera anak muda saat ini.

7. KomikDimsum


Ini juga favorit mimin, komik strip dengan ciri khas karakternya dengan bibir tebal dan gambarnya yang pasti kamu tahu kalau ini adalah komik dimsum. Selera humornya nyleneh, dan ada juga yang mengandung sedikit humor dewasa. Authornya bernama Dhimas Adi Nugraha.

8. Si Itek (Alditek)


Komik ini juga punya ciri khas yang membuatnya terkenal. Sering memberikan swipe, jadi diakhir komiknya sering juga memberikan gabungan animasi, berupa gambar dan musik. Kamu bisa tahu, bahwa authornya bernama alditek. Sering juga menggambar karakter nissa sabyan nih (mungkin authornya fans dari nissa juga)


9. Komik Miris

Memiliki tampilan gambar yang mirip dengan manga ala jepang, dan bercerita mengenai hal hal yang sering kita temui sehari hari, seperti percintaan, dan juga romance yang bikin kamu menikmati scrooling instagram mu 


10. Komik Kribo

Memiliki tokoh utama kribo, yang tentu saja sangat ciri khas dan bisa membedakan antara tokoh utama komik strip di instgram juga. Kamu bisa langsung membacanya di instagram ya 


11. Komik si Fatan

Komik si fatan atau FatKomik, sarat akan nilai nilai sosial. Nilai-nilai yang diberikan juga berhubungan dengan kehidupan kita sehari hari, dan mengena juga. Komik ini bagus untuk konten anak anak dan juga remaja 


12. Si Kartu

Punya tokoh tokoh yang out of the box, bercerita Kehidupan Sehari hari para Kartu yang digambar dan memiliki cerita layaknya manusia. Walau ceritanya yang diperkenalkan sudah mainstream, namun tetap menarik untuk diikuti lho 


13. Pepe Komik

Salah satu komik favorit mimin kosngosan ini, punya tokoh tokoh yang khas dengan gambar yang khas pula. Punay cerita yang lucu dan menarik untuk diikuti setiap harinya. Walaupun ada yang receh, tapi tetap bikin tertawa dan mood kembali cerah. 


14. KomikAman

Punya penggambaran tokoh yang sederhana, cerita yang ditawarkan juga berkisah sehari hari dan mungkin joke yang ditawarkan juga tidak segokil sampahisasi atau tahilalats. Tapi tetap menarik dan bisa memberikan inspirasi buat hari harimu 


15. komikkamvret

Bercerita tentang kehidupan sehari hari, dan jujur mimin kosngosan cukup suka dengan karakter dan penggambaran setiap tokoh didalamnya. Kalau kamu suka komik yang easy topic, dengan gambar yang ciamik, komik ini bisa jadi referensi.

 
16. RysetComic (Slice of Laugh)

Komik receh dengan sense of humor yang sederhana, cocok buat keluarga dan juga tidak banyak menampilkan aksesoris dan juga karakter yang banyak. Kamu bisa mengikuti akun IG dan juga beberapa akun dari pemiliknya, juga bisa follow akun pemilik lainnya @papsiyan 


17. Komikape (Extrabawang)

Ini adalah komik sederhana, tanpa warna hanya hitam putih dengan cerita yang juga sederhana. Humornya juga tidak terlalu lucu, namun bisa lah untuk menemani hari hari sosial media mu setiap harinya. 


18. Si Abi (Abi Ma'aruf)

Seperti yang sudah kamu ketahui, ini adalah komik dengan tokoh utama nya bernama Abi. Punya karakter gambar yang khas dan juga humor yang bikin kamu ngakak, walaupun terkadang juga bisa receh dan garing. 

 
19. Si Ocong

Nama karakternya si ocong, dengan tampilan jaket merahnya. Bercerita tentang hal hal yang berkaitan dengan keseharian, ada juga humor nya namun tidak sampai membuat kalian tertawa terbahak bahak. 

 
20. Qomikin (Faris Saputra)

Kalau kamu mencari komik khas islami yang memberikan pesan kebaikan dan motivasi khas islam, maka komik ini adalah yang terbaik. Mimin kosngosan sendiri sudah follow dan banyak mendapatkan pesan pesan kebaikan dari komik ini. 

 
21. Goresan Dody

Kalau kamu suka komik strip yang sederhana, memiliki nilai sosial dan suka mengkritik kondisi saat ini, maka komik ini adalah salah satu yang terbaik. Kamu bisa mengikuti setiap kontennya yang sarat akan pesan sosial.

 
22. Lingkar Komik

Ini adalah salah satu komik strip genre islami yang banyak memberikan berbagai pesan moral terkait ajaran islam dan juga ajaran kebaikan yang universal buat semua orang. Kamu bisa foolow buat menambah motivasi dan hidayah 

 
23. EsLolloPop (Komik OmBebih)

Kalau otak mu mesum, maka sangat cocok dengan komik yang satu ini hehehe. Mimin kosngosan sarankan kalian tidak mengikutinya apabila tidak ingin pikiran kalian traveliing. Tapi buat yang suka humor dewasa, maka ini adalah salah satu komik rekomedasi terbaik di Indonesia. 


24. Komikazer (Reza Mustar)

Sang penulis bernama Reza mustar, lebih banyak memberikan pesan pesan moral ke dalam komik strip yang dia buat. Ilustrasi yang dibuat juga mewakili hal hal yang kita hadapi saat ini, jadi sangat update dan terkni lho

 
25. Komik Grontol

Grontol adalah kepanjangan dari Gurauan Orang tolol, artinya niche atau topik dari komik adalah hal hal yang lucu dan dibagi menjadi empat panel yang biasanya juga dipisah untuk swipe, khas instagram sekarang. 


26. Komiklieur

Punya tagline "Ngan saukur ngahibur" tentu saja komik ini punya sense of humor yang receh, dan kamu bisa mengikuti berbagai cerita lucu sederhana yang mudah untuk diolah otak 


27. Komik Harian

Ini bukan pemilik salah satu komik strip, melainkan akun IG yang beriisi kkumpulan berbagai komik strip yang ada di Indonesia dan kemudian di update setiap hari dan diberikan sumber ke pemilik utama. Jadi kalau kamu malas untuk follow semua strip diatas, bisa follow saja akun yang ini.

Setelah membaca list-nya, sobat kosngosan juga bisa nonton video reviewnya di youtube channel milik kosngosan. Jangan lupa like, comment dan subscribe juga ya,



Baca juga : Daftar Pengisi Suara Animasi Kartun Indonesia

Kesimpulan


Kalau kamu ingin terhibur, tinggal follow saja akun akun instagram komik strip buatan anak negeri diatas. Dijamin deh hari hari mu akan lebih ceria. Kurang-kurangi follow akun gosip, mending kamu follow akun diatas, bener tidak?

Apakah kamu sudah terhibur dan terinspirasi setelah membaca daftar komik strip terbaik di Indonesia saat ini? Kalau iya, mohon untuk menekan tombol share dan bagikan artikel ini di media sosial kalian, Terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya