-->

11 Media Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pemula

Bagaimana cara cepat belajar bahasa arab? melalui berbagai tips pembelajaran yang efektif, kali ini kosngosan akan memberikan beberapa media yang bisa kamu manfaatkan untuk menguasai bahasa arab. Simak penjelasan kosngosan selengkapnya dibawah ini

Siapa yang tidak mau mempelajari bahasa arab dengan cepat? tentunya kamu juga paham bahwa bahasa arab saat ini sudah banyak dipakai di seluruh dunia, karena dominasi negara negara arab dalam industri minyak. Jadi penggunaan bahasa arab sehari-hari, bisa membantu mu dalam menguasainya juga

Disini mimin akan memberikan beberapa materi dasar yang harus dipelajari oleh pemula, supaya bisa mempelajari bahasa arab dengan lebih baik dan cepat. Tips singkat ini akan membuat sobat kosngosan bisa melihat gambaran belajar bahasa arab lebih luas dan menyeluruh

1. Menghapal banyak kosakata atau mufrodat
2. Belajar percakapan sederahana atau muhaddatsah
3. Install dan buka kamus bahasa arab lengkap diperangkat elektronikmu
4. Sobat kosngosan bisa terjemahkan beberapa teks dari bahasa indonesia ke bahasa arab, begitu juga sebaliknya menggunakan google translate
5. Berteman dengan orang orang yang menggunakan bahasa arab dalam kehidupan sehari harinya
6. Konsisten dan terus belajar setiap hari

Selain itu yang terpenting dalam belajar bahasa arab (belajar bahasa asing apaa pun) adalah dengan melakukan praktik. Percakapan langsung akan membuat sobat kosngosan semakin terbiasa untuk mengucapkan bahasa arab dengan baik.

Baca juga : Media Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat dan Mudah


Tips Belajar Bahasa Arab


media belajar bahasa arab

Belajar bahasa arab juga butuh tahapan. Mulai dari bahasa arab dasar, medium hingga profesional. Namun untuk pemula seperti kita, mungkin dimulai dari hal hal dasar dan mempelajari kosakata arab yang disebut sebagai Mufradat.

Cukup mudah untuk belajar bahasa arab, terlebih saat ini dengan bantuan berbagai teknologi informasi, sobat kosngosan bisa belajar lewat berbagai media online seperti video di youtube, instagram, kamus online, dan juga percakapan langsung dengan teman teman orang arab di media sosial.

Baiklah langsung saja, kosngosan akan memberikan pembahasan inti dari uraian ini, yaitu mengenai media apa saja yang bisa sobat kosngosan manfaatkan untuk belajar bahaasa arab lebih efektif dan efisien. Berikut adalah rekomendasi nya :


Lewat software kamus


Salah satu kelebihan teknologi informasi saat ini adalah adanya aplikasi kamus berbagai bahasa salah satunya adalah bahasa Arab.

Kalau zaman dulu kita menggunakan buku kamus yang tebal, mengerti setiap kosakata bahasa Arab, namun sekarang kita cukup mendownload dan instal aplikasi kamus offline atau online di perangkat seperti laptop atau smartphone milik sobat kosngosan. Tinggal buka saja, ketik kata yang ingin kita terjemahkan, maka arti kata dalam bahasa indonesianya langsung muncul


Lewat google translate


Salah satu kelebihan dari Google adalah adanya fitur translator online dari berbagai bahasa di seluruh dunia, salah satunya dalam bahasa Arab.

Selain kamu bisa memanfaatkan fitur kamus online nya, kamu juga bisa memanfaatkan fitur audio sehingga bisa belajar pengucapan bahasa arab yang baik dan benar dari setiap kata yang kamu masukkan.

Kamu bisa menggunakan Google Translate secara online ataupun offline. Tentunya apabila lain kamu harus mendownload databasenya terlebih dahulu. Caranya sobat kosngosan bisa cari di Google


Lewat menonton film


Salah satu media yang sangat efektif dan efisien untuk belajar bahasa Arab adalah langsung menonton film atau video yang menggunakan bahasa Arab dan subtitle yang menggunakan huruf Arab juga.

Selain kamu belajar langsung pengucapan, istilah penting serta penggunaan bahasa sehari-hari, kamu juga bisa terhibur dengan menonton film atau tayangan tersebut.


Menyanyikan lagu


Ada banyak sekali lagu lagu yang berlirik arab yang bisa kamu hapal dan pelajari liriknya. Dengan menyanyikan lagu berbahasa arab, kamu akan terbiasa dengan menggunakan berbagai kosakata yang digunakan.

Selain itu belajar menggunakan lagu juga menyenangkan. Kamu bisa memilih berbagai lagu populer yang enak didengar, kemudian unduh di smartphonemu. Kamu bisa mendengarkannya setiap hari melalui handsfree atau headset.


Lewat membaca buku


Apabila kamu adalah tipe yang tidak suka menonton film, lebih suka membaca buku, kamu bisa membaca kitab kitab yang bersifat sastra atau ilmu agama dalam bahasa Arab.

Tentunya selain belajar huruf dan bahasa Arabnya, sobat kosngosan juga bisa menambah ilmu dari buku yang sudah kamu baca tersebut


Lewat media sosial instagram


Media sosial tidak hanya digunakan sebagai hiburan dan media curhat semata, tetapi juga bisa digunakan untuk media belajar, salah satunya adalah belajar bahasa Arab.

Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler saat ini yang bisa menyajikan konten visual seperti gambar dan video klip singkat. Sobat kosngosan bisa mencari beberapa akun yang mengajarkan konten bahasa Arab seperti akun @belajar_bahasa.arab_ yang sudah memiliki follower ribuan


Lewat channel youtube


Selain Instagram, salah satu media yang paling banyak digunakan orang-orang adalah YouTube. Itu sudah menjadi media hiburan dan pembelajaran yang lengkap dan banyak yang menganggap YouTube lebih dari TV.

Berbagai konten pembelajaran ada di YouTube dan salah satunya adalah bahasa Arab. Sobat kosngosan bisa subscribe beberapa channel akun YouTube yang khusus memberikan pembelajaran bahasa Arab seperti channel yang bernama "Harakah Islamiyah" dan chanel lain, tinggal search saja dikolom pencarian dengan kata kunci "Belajar bahasa arab"

Baca juga : Rekomendasi Channel YouTube Pendidikan Terbaik


Teman medsos orang timur tengah


Carilah teman media sosial yang memang berasal dari timur tengah seperti dari Arab saudi, Yaman, Quwait, Uni Emirat Arab dan berbagai negara yang menggunakan bahasa arab sebagai bahasa ibu mereka. Dengan memiliki teman medsos asli, kamu bisa chatting dan video call langsung kepada mereka, berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan mereka juga.


Game online


Dengan adanya game online berbahasa arab, bisa kamu install melalui smartphone mu. Kamu bisa mempelajari secara tidak langsung menggunakan bahasa arab dengan orang di seluruh dunia. Selain itu kamu bisa mencari tampilan interface untuk game bahasa arab , jadi secara tidak langsung kamu akan terbiasa dan belajar bahasa ini dari game tersebut.


Program televisi


Kamu yang sering menonton program televisi dari luar negeri seperti Al-jazeera dan sejenisnya dan juga berbagai reality show bisa memberikan pembelajaran bagi kamu untuk mendengar secara langsung percakapakan ala native speaker seperti apa. Kamu juga harus mempraktekkannya ketika selesai menonton program acara tv tersebut.


Lewat percakapan langsung


Belajar bahasa asing tidak akan lengkap apabila tidak langsung praktek dan melakukan percakapan dengan para pengguna asli bahasa tersebut, misalnya bahasa arab yaitu orang-orang Timur Tengah.

Selain itu kamu juga bisa belajar praktek langsung, kepada teman-temanmu yang sudah menguasai bahasa Arab. Atau sobat kosngosan bisa mencari teman maya di media sosial dari berbagai negara pengguna bahasa Arab.

Saat ini jarak tidak lagi menjadi masalah, kalian bisa berkomunikasi lewat chatting, video call atau telepon, kemudian latihlah kemampuan bahasa Arab mu secara langsung melalui pengucapan

infografis belajar bahasa arab

Baca juga : Bisnis Sampingan Santri Pesantren


Kesimpulan


Bahasa arab merupakan salah satu bahasa dunia yang banyak dipakai di daerah timur tengah. Mempelajari bahasa arab juga penting dalam agama Islam, karena merupakan dasar dalam mempelajari ilmu agama. Lewat berbagai media seperti yang disebutkan diatas, maka proses pembelajaran bahasa arab akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Terimakasih sudah membaca uraian mengenai cara cepat belajar bahasa arab dasar bagi pemula. Semoga bermanfaat dan bisa mambantu kalian dalam belajar bahasa arab dengan efektif. Jangan lupa share atau bagikan tulisan ini untuk media sosial kalian ya
By