Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Membuat Kontes GiveAway yang Menarik Banyak Peserta

Bagaimana cara membuat giveaway yang banyak diikuti peserta dan punya perhatian yang besar? Ketika kamu adalah seorang youtuber, selebgram, blogger atau influencer (tiktok, instagram, twitter) yang ingin untuk mengadakan promosi, marketing dan meningkatkan kedekatan dengan follower atau subscriber mu, maka salah satu caranya adalah dengan melakukan giveaway.

Hai sobat kosngosan semuanya, kali ini mimin akan menulis seputar hal giveaway, yang cocok dilakukan bagi kalian seorang content creator.

Banyak yang bertanya seperti apa contoh hadiah giveaway yang menarik, untuk pengguna media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram, Twitter atau yang lainnya.

Sebenarnya bagaimana cara kita memilih pemenang giveaway dan hadiah yang dipilih, tergantung dari seberapa besar modal yang kita miliki, jangkauan peserta serta tujuan awal kita untuk mengadakan giveaway.

Seperti misalnya apabila sobat kosngosan memiliki subscriber 10.000, tentu saja kamu tidak akan mampu mengadakan giveaway mobil seperti yang dilakukan oleh Raditya Dika.

Begitu juga apabila kamu memiliki tujuan giveaway untuk hanya sekedar merayakan jumlah follower mu yang sudah mencapai 1.000.000, maka kamu tidak akan rela untuk memberikan giveaway kaos oblong, bukan?

Nah disini perlu untuk mengadakan riset dan survey kecil-kecilan di antara pengikut atau subscriber mu di media sosial. Sampai justru giveaway yang sobat kosngósan lakukan tidak diminati atau bahkan sepi peserta.

Selain hadiah, hal yang paling perlu selanjutnya adalah cara cara memilih pemenang giveaway. Apakah itu dengan proses pengundian, atau justru diambil dari yang terbaik seperti model perlombaan
 

Contoh GiveAway yang Menarik

contoh giveaway yang menarik

Seperti apa sih giveaway yang bisa menarik perhatian banyak orang serta mampu menjadi media promosi bagi channel atau akun media sosial mu? Berikut beberapa jenisnya sudah dirangkum oleh kosngosan :

Baca juga : Cara Menerima Endorse buat Pemula

GiveAway untuk Perayaan Momen Tertentu

Giveaway ini banyak dilakukan untuk merayakan momen spesial seperti merayakan ulang tahun admin, ulang tahun akun Instagram atau channel YouTube, kata untuk merayakan hari spesial seperti Hari Kartini, Hari Guru, Hari Ibu dan sebagainya

Tentunya untuk membuat giveaway ini kamu harus menyesuaikan momennya, dan juga hadiah yang akan diberikan. 

Seperti misalnya untuk merayakan hari Kartini sobat kósngosan memberikan giveaway baju batik dan hal lain yang relevan.


GiveAway untuk Pencapaian Tertentu

Giveaway karena pencapaian tertentu banyak dilakukan oleh para youtuber atau selebgram, soalnya untuk merayakan tercapainya 100.000 subscriber youtube, baru atau 1 juta follower di Instagram.

Hadiah yang akan sobat kosngosan berikan biasanya sangat bervariasi tergantung dari budget yang sobat kosngosan miliki. 

Tentunya selain akan merayakan pencapaianmu tersebut, ini juga akan mengangkat brand yang kamu miliki sehingga banyak dikenal oleh orang baru


GiveAway Pesanan dari Sponsor atau Endorser

Contoh giveaway selanjutnya adalah hasil kerjasama dengan para endorser atau sponsor. Misalnya sobat kośngosan memiliki akun Instagram bertema olahraga, dan ada produsen jersey bola yang ingin bekerja sama dengan kamu.

Maka kamu bisa mengadakan giveaway yang hadiahnya berasal dari produsen jersey bola tersebut.

Tentunya nanti sobat kosngosan juga menyebutkan peran mereka sebagai salah satu sponsor utama dari giveaway yang kamu buat. Ini akan menjadi simbiosis mutualisme antara sobat kosngosan sebagai pemilik akun, dengan endorser


GiveAway karena Alasan Pribadi

Entah karena alasan tertentu, secara pribadi kamu bisa mengadakan giveaway. Misalnya untuk merayakan hari jadian mu, merayakan putusnya kamu dengan mantan, dan sebagainya.

Jangan lupa alasan yang akan sobat berikan mungkin bisa saja pribadi, namun berikan kesan unik dan lucu supaya pengikutmu malah senang dan ikut serta dalam giveaway akan sobat kosngosan lakukan


GiveAway Spontanitas

Mungkin jarang dari orang-orang mengadakan giveaway dadakan, misalnya ketika live di Instagram atau Facebook.

Akan tetapi cara ini bisa menjadi salah satu gimmick dan bumbu manis untuk meningkatkan atensi dan interaksi antara sobat kosngośan sebagai pemilik akun dengan follower atau subscriber mu


GiveAway untuk Kebutuhan Konten

Contoh giveaway terakhir adalah untuk kebutuhan konten secara rutin. Artinya give away ini tidak bertujuan khusus untuk merayakan sesuatu atau menaikkan susbcriber, tetapi karena memang konten nya niche nya adalah give away

Ada beberapa channel youtube dan influencer yang punya konten give away seperti ini, sebut saja seperti Bobon Santoso atau Hobi Makan.


Tips Membuat GiveAway yang Menarik

infografis contoh give away yang menarik

Apalah arti suatu giveaway tanpa peserta yang banyak? Salah satu tujuan pemberian giveaway adalah untuk meningkatkan interaksi antara subscriber atau follower dengan pemilik akun. Jadi perhatikan beberapa tips dibawah ini sebelum mengadakan giveaway :


Sediakan Hadiah yang Menarik

Hadiah yang menarik disini bukan berarti selalu mahal dan mewah. Jadi tips untuk mengadakan giveaway yang baik dan benar adalah pertama menyediakan hadiah yang menarik dan dibutuhkan oleh banyak orang

Tidak selalu mengeluarkan uang yang banyak seperti televisi, laptop atau smartphone, akan tetapi hadiah tersebut bisa digunakan sehari hari dan disukai oleh banyak orang.

Bisa juga sobat kosngosan memberikan produk hasil buatan mu sendiri, dimana itu bisa mewakili brand dari aku sosial media mu seperti akun IG, youtube atau Blog mu. Bisa mencetak kaos sablon, mug atau aksesoris lainnya. Jadi bisa dikreasikan saja.


Cara Pengundian Giveaway Pemenang

Tentukan cara pengundian pemenang apakah pemenang ditentukan oleh :
  • Like to win
  • Comment to win
  • Mention atau tag to wini
  • Photo Challenge
  • Repost to Win
Nah masing masing cara pengundian tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Disini apabila sobat kosngosan menentukan pemenang dengan cara diundi

Tentunya tidak terlalu berdampak terhadap pengembangan jumlah followert, like atau subscriber mu. Akan tetapi berbeda apabila kamu menentukan nya dengan cara "terbanyak"

Yang artnya kuantitas sangat diperlukan, dan ini akan mempengaruhi jumlah follower atau subscriber mu secara signifikan.


Membuat Pengumuman

Dan yang paling penting adalah buatlah pengumuman mengenai aturan syarat dan deskripsi yang jelas dari pengadaan giveaway tersebut. Jangan membuat giveaway yang abal abal

Artinya kamu mengumumkan cara ikut kontesnya, namun setelah beberapa waktu sesuai kesepakatan, kamu justru tidak mengadakan pengumuman secar resmit terkait siapa pemenangnya. 

Orang orang tentu akan illfell atau kapok lagi ikutan setelahnya. Ini juga akan merusak brand media sosial mu kalau begitu.


GiveAway yang Mudah

Jangan membuat giveaway dengan peraturan yang rumit dan ribet, hari ini akan membuat peserta malas untuk mengikuti dan justru akan membuat giveaway mu seperti peminat. 

Ingat kembali tujuan kamu mengadakan kontes ini, bukan untuk mencari siapa yang terbaik dari mereka, tetapi untuk mengembangkan brand dan influence mu kepada mereka bukan? Jadi stop mengadakan giveaway yang rumit dengan segudang persyaratan


Hadiah Free Ongkir

Orang orang, termasuk para followers dan subscriber mu tentu tidak akan senang apabila mereka menang, namun harus mengeluarkan uang untuk biaya ongkos kirim hadiahnya bukan? 

Nah disini sobat kosngosan juga harus mempertimbangkan mengenai hadiah yang diberikan dengan free ongkir. artinya pemenang tinggal terima beres saja. Ini akan menyenangkan mereka


Meminta Testimoni

Jangan lupa setelah pemenang mendapatkan hadiah yang telah menjadi haknya, kamu kirim barangnya dalam bentuk apa pun lewat jasa ekspedisi

Kemudian mintalah mereka untuk membuat video, gambar atau teks testimoni yang intinya berterimakasih dengan dirimu.

Jangan lupa minta mereka untuk mengajak temen teman yang lain untuk subscribe, like, dan follow akun media sosial mu. Hal ini akan memberikan efek yang luar biasa terhadap pengembangan brand medsos mu.


Terus Jaga Interaksi

Setelah selesai mengadakan giveaway, kamu tidak serta merta menutup interaksi dengan para follower dan subscriber mu bukan? Terulah melakukan interaksi dengan mereka, termasuk menanyakan seperti apa giveaway selanjutnya.

Minta mereka untuk berpendapat mengenai hadiah apa yang sebaiknya sobat kosngosan berikan pada giveaway selanjutnya, bagaimana mekanisme nya, dan berbagai hal lain yang membuat mereka seperti diperhatikan oleh mu.

Baca juga : Cara Memenangkan Kuis dan Lomba Online


Kesimpulan

Setelah semua siap saatnya sobat kosngosan untuk mempromosikan giveaway tersebut, bisa dengan cara mengadakan pengumuman lewat channel YouTube atau akun Instagram mu, serta mengunjungi pihak admin website yang khusus menyediakan informasi seputar kuis dan giveaway, yang menjadi rumah para kuis hunter

Berakhir sudah pembahasan kita mengenai bagaimana cara membuat giveaway dan contoh giveaway yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share bagikan artikel ini di sosial media kalian, Terima kasih
Oleh rezaharahap